10 December 2019

PEREMPUAN BERDAYA INDONESIA MAJU



Pada suatu pagi saat mampir di sebuah minimarket, saya bertemu seorang teman lama. Teman sesama wali murid ketika anak kami masih TK. Waktu terasa begitu cepat, karena sekarang, anak-anak sudah duduk di kelas 10. Hm, rasanya masih terbayang betapa gemasnya melihat mereka memakai seragam TK. 

Karena lama tak bertemu, kami memutuskan untuk melanjutkan cerita, sambil menikmati bubur ayam di warung yang terletak di sebelah minimarket. Membuka obrolan dengan menanyakan kegiatan masing-masing. Apalagi, sekarang anak-anak sudah remaja, tentu banyak sekali pengalaman tentang betapa serunya mendampingi mereka.

Selain tugas rumah tangga, yang setiap hari tak pernah berubah, ternyata kami berdua punya kegiatan lain yang juga sama. Sama-sama punya usaha online. Saya memproduksi perlengkapan foto untuk baby newborn, teman saya menerima pesanan kue-kue. Menyenangkan memang, bisa bebas berkarya tanpa ada hambatan. Meski tak bisa dimungkiri, masih banyak perempuan lain yang masih terbatas langkahnya, dan kami termasuk yang beruntung.

Ya, saya ingat teman saya yang lain. Situasinya tidak

23 November 2019

SELAMATKAN KELUARGA DARI BAHAYA DIABETES


Memiliki orang tua dengan riwayat penyakit diabetes, membuat saya sedikit khawatir. Karena, mau nggak mau, saya bersaudara memiliki risiko yang sama, rentan terkena dibetes juga. Sadar dengan risiko ini, akhirnya membuat saya rutin memeriksakan darah setiap tiga bulan sekali, Sekadar buat jaga-jaga dan membuat saya tetap waspada. Selain itu, tetap meng-update info seputar diabetes.

Beruntung, saya bisa hadir dalam acara yang diadakan Kemenkes, dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia 2019. Berbagai informasi tentang penyakit Diabetes disampaikan oleh narasumber yang hadir. Di antaranya,  dr, Michael Triangto, Sp. KO, Prof. dr. Jose RL Batubara, PhD, SpA [K], Dr, Cut Putri Arianie, Ibu Suharyati, SKM, MKM, RD-PERSAGI dan dr. Fatimah Eliana Taufik, Sp.PD, KEMD.




Diabetes memang bukan penyakit menular, tapi harus diwaspadai. Karena merupakan penyakit yang bisa menyebabkan masalah serius seperti kematian, dan merupakan penyakit yang memerlukan perawatan dan biaya yang tidak sedikit. Penderita Diabetes tak lagi leluasa, karena ketergantungannya pada insulin. Ya, semakin lama angka penderita penyakit diabetes terus meningkat setiap tahunnya. 

Banyak data yang menunjukkan bahwa penderita Diabetes sama sekali tidak menyadari kalau dirinya sudah terkena Diabetes. Gaya hidup yang tidak sehat, banyak makan makanan yang mengandung gula berlebih, kurang serat dan olahraga, menjadi penyebab utama seseorang terkena Diabetes. Apalagi dengan kebiasaan menggunakan gadget yang menyebabkan kita jadi kurang gerak, lemak makin menumpuk dan menyebabkan ketidakseimbangan terjadi di dalam tubuh. Padahal, Diabetes bisa dicegah.

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menyikapi bahaya Diabetes ini, membuat pemerintah tak henti-hentinya mensosialisasikan pentingnya hidup sehat. Bahkan dikeluarkan INPRES NO 1 Tahun 2017. yang isinya :
  • Peningkatan Aktifitas Fisik
  • Peningkatan Perilaku Hidup Sehat
  • Penyediaan Pangan Sehat dan Percepatan Perbaikan Gizi
  • Peningkatan Pencegahan dan Deteksi Dini Penyakit
  • Peningkatan Kualitas Lingkungan
  • Peningkatan Edukasi Hidup Sehat
Kesadaran untuk memiliki gaya hidup sehat harus dimulai dengan menjaga kesehatan dalam ruang lingkup keluarga. Karena Diabetes, bukan hanya menyerang orang dewasa. Sekarang, anak-anak pun tak luput dari ancaman Diabetes. Dan akibatnya tetap sama. Sama-sama menyebabkan kematian. Peranan keluarga sangat penting dalam upaya menekan jumlah penderita Diabetes. Menciptakan generasi yang sehat baik fisik, mental, dan sosial.

Beberapa upaya untuk menghindari penyakit Diabetes adalah dengan rajin memeriksan diri melalui cek gula darah. Menjaga agar berat badan tetap ideal dengan mempertahankan agar lingkar pinggang tidak lebih dari 80cm. Selain itu, tentu saja dengan berolahraga minimal 30 menit, atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Pentingnya menjaga agar seluruh anggota keluarga terhindar dari bahaya penyakit Diabetes tentunya harus menjadi tekad kita bersama. Karena sehat adalah segala-galanya.














02 November 2019

PENTINGNYA MENDETEKSI PENYAKIT STROKE SEJAK DINI


image : Pixabay.com

Menjalani hari-hari dengan badan sehat dan bugar, adalah nikmat yang luar biasa. Bisa lari pagi tanpa napas tersengal, atau bisa jalan kaki tanpa keluhan sakit, adalah anugerah yang harus disyukuri. Soalnya, sedikit saja ada bagian tubuh yang sakit, bisa membuat kita jadi nggak nyaman. Konsentrasi jadi berkurang dan menyebabkan pekerjaan jadi terbengkalai. Begitu mahalnya kesehatan, hingga ketika sakit menyerang, kita bahkan mau melakukan apa saja untuk mendapatkan kembali nikmatnya sehat.

Sering terjadi, kita baru menyadari betapa berharganya nikmat sehat, setelah penyakit datang menyerang. Baru tersadar, kenapa ya, nggak menjaga pola makan. Kenapa ya, nggak membiasakan diri berolahraga. Kenapa ya, nggak cepat-cepat memeriksakan diri  ke dokter. Padahal, penyakit bisa dicegah, bila kita waspada dengan gejala-gejala yang disampaikan tubuh.


WASPADA BAHAYA PENYAKIT STROKE

22 October 2019

MEBO dan MEDERMA Sahabat untuk Sembuhkan dan Hilangkan Bekas Luka Bakar


Sejak belasan tahun menikah, saya akui, untuk urusan memasak, apalagi yang namanya menggoreng, saya masih nggak mahir-mahir juga. Tangan sering banget kecipratan minyak panas. Malah kadang pipi juga nggak luput dari cipratan minyak ketika menggoreng ati atau ampela.  Padahal udah pakai tutup panci juga saat menggoreng, eh, sekali-kali masih kena juga. Belum lagi kalau tangan nyenggol panci panas. Alamaak, sakitnya! Apakah saya harus pakai tameng? *LOL*

Di dapur, memang banyak banget kejadian yang bisa menimpa. Kecelakaan seperti teriris pisau, terkena peralatan memasak yang panas, atau terciprat minyak panas seperti saya, kayaknya semua pernah merasakannya. Karena mau gimana lagi, ya, sehari-hari, memang beraktivitas di dapur. Kalau nggak hati-hati, berbagai kemungkinan bisa terjadi.

Tapi, sebenarnya bukan itu aja bahaya yang mengintai saat kita berada di rumah. Banyak resiko yang dapat menyebabkan kejadian serius. Hal ini terbukti dari banyaknya kejadian akibat kelalaian dan mengabaikan pentingnya menjaga keselamatan.

Hal ini saya ketahui ketika mengikuti Women's Community Gathering Mebo Mederma, di Grand Kemang, Jakarta Selatan, tanggal 13 Oktober lalu. Narasumber yang hadir hari itu adalah dokter bedah plastik Afriyanti Sandhi, SpBB-RE. MARS, Ibu Hernita Astriyani, S. Fam, Brand Manager Mebo Mederma Combiphar, Chef Benny Sarta dari Grand Kemang, dan Mbak Tanti Amelia, blogger dan penulis.



Menurut keterangan yang disampaikan oleh dokter Afriyanti Sandhi, prevalensi luka bakar di Indonesia

10 October 2019

MERIAHKAN LIBURAN DENGAN BERBURU TIKET PROMO DI MISTER ALADIN TRAVEL FAIR 2019





Tanpa terasa, kita sudah hampir sampai di penghujung tahun, ya.
Artinya, sebentar lagi, waktu liburan akan segera tiba. Yeeay, senangnya!
Hm, pada mau liburan kemana nih, mau wisata dalam negeri atau mau ke luar, aja?

Kalau saya, mau liburan kemana pun, yang penting bisa menikmati waktu dengan maksimal. Dan yang terpenting, jangan sampai melebihi anggaran. Kalau bisa sih, dengan budget minimal, hehehe.. teteup, ya.

Supaya liburan berlangsung dengan  sukses, ada baiknya membuat rencana jauh-jauh hari. Tahu sendiri, kan.. makin dekat dengan waktu libur, harga-harga tiket wisata, tiket pesawat bahkan kamar hotel akan mengalami kenaikan. Nggak seru, kan kalau malah jadi over budget. Makanya,

06 October 2019

MENIKMATI LEZATNYA SAJIAN DI HUK FAMILIY RESTO JATI ASIH BEKASI



Beberapa waktu yang lalu, saya pernah cerita tentang sebuah resto di Bintaro, yang memiliki banyak sekali pilihan menu. Namanya HUK Family Resto. Nah, minggu lalu saya dapat kesempatan untuk mengunjungi salah satu cabangnya yang berada di Jatiasih - Bekasi.
Yes, senang sekali bisa bertemu lagi dengan ownernya yang ramah dan seru diajak bercanda. Bapak Bangkit Kuncoro dan Ibu Siti Zulfa.



Pagi hari, tepatnya 30 September 2019, saya dan beberapa teman blogger berjanji untuk bertemu di stasiun pasar minggu, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online. Nggak pake lama, karena di hari sabtu pagi, jalanan masih lengang. Jadi, masih bisa santai dan pede aja bisa datang tepat waktu. 

Nggak sampai setengah jam perjalanan, kami sudah tiba di Jatiasih. HUK Family Resto berada di Jl. Parpostel No.6 Jati Asih - Bekasi. Bangunannya

16 September 2019

MENGENAL LEBIH JAUH DITJEN AHU KEMENKUMHAM



Hai, teman-teman.. kali ini kita ngomongin tentang layanan Ditjen AHU, yuks.
Mungkin masih ada yang belum tahu tentang apa saja layanan yang ada di Direktorat  Jenderal Administrasi Hukum. Tak kenal maka tak sayang, kan..

Sebagai warga negara yang baik, sudah semestinya kita tau, apa-apa aja yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Keberadaan kita di negeri ini, haruslah benar-benar sah sebagai warga negara Indonesia. Nggak masalah sih, kalau kita terlahir dari orang tua yang memang asli orang Indonesia. Tapi, kalau salah satunya adalah warga negara asing, tentunya masalah kewarganegaraan bukanlah hal sepele.

Belum lama ini ada beberapa kejadian yang sempat menjadi sorotan. Masih ingat nggak,

14 September 2019

PESONA KERAJINAN INDONESIA DI PAMERAN KRIYA NUSA 2019


Suatu siang di sebuah acara di Kembang Goela Resto,

"Seberapa Indonesia, kah, kamu?" Suara Yosh Aditya sang pemandu acara, menyapa seluruh tamu undangan yang hadir pada 9 September 2019 lalu. 
Mendengar pertanyaannya, semua menjawab dengan spontan. "Indonesia banget laah.."

Sudah pasti dong, ya. Siapa yang nggak cinta sama tanah airnya sendiri.




Tapi masalahnya, bukan soal cinta tanah air yang ditanyakan Yosh. Tapi, sejauh mana, kita sebagai warga negara Indonesia, mencintai produk-produk hasil buatan tangan bangsa sendiri. Mulai dari ujung kaki, sampai ujung kepala. Nah, lho!

Makanya, waktu itu, Yosh bikin games tentang seberapa Indonesianya kamu. Pesertanya adalah, siapa yang berani maju dan nunjukin apa aja produk Indonesia yang dipakai saat itu. Yang terbanyak pakai produk dalam negeri, dialah yang

27 August 2019

Mau Liburan Sehari di Blitar dengan Bujet Terbatas? Yuk, Coba Itinerary Ini


Punya rencana liburan dalam waktu dekat? Nggak usah jauh-jauh, ada banyak tempat liburan menarik yang bisa dijangkau dengan mudah. 

Meski tidak terlalu jauh, tetap saja ada beberapa hal yang harus dipikirkan saat merencanakan liburan ke sebuah daerah, mulai dari transportasi, akomodasi, tempat wisata, dan makan. 
Namun, sepertinya memikirkan semua hal tersebut belumlah cukup, ya.. tanpa dana dan waktu yang cukup, rencana perjalanan tidak akan terlaksana. Seringkali, karena keterbatasan akan dua hal tersebut, sering membuat orang mengurungkan niat liburan.

Tapi, meski dengan waktu dan dana terbatas, liburan bisa tetap terlaksana, kok. Asal pandai-pandai aja atur strategi agar liburan terlaksana dengan baik dan menyenangkan.
Nah, bagaimana kalau liburannya ke Blitar aja.. nggak perlu jauh-jauh, kan.


(Sumber : jejakpiknik.com)


Jika berencana berlibur ke Blitar dengan bujet terbatas dan hanya punya satu hari, Kita bisa ke mana saja, ya?
Ok, berikut ini, adalah

08 August 2019

Mencoba Facial Blue Light Acne di Kusuma Beauty Clinic




"Cewek sekarang kenapa deh, ribet banget
ama skincare!"

Hehehe, akhir-akhir ini saya sering memerhatikan timeline twitter yang beberapa di antaranya membahas masalah perempuan yang rela mengeluarkan uang lebih untuk melakukan perawatan wajah.

Kayaknya, menurut sebagian cowok, nggak perlu lah sampe gitu-gitu amat.
Wah, opini kayak gini tentu saja membangkitkan amarah para cewek, ya.. Uang ya uang sendiri, kenapa juga pada ribut. Cewek kan merawat diri untuk kebahagiaannya sendiri. Ya, nggak..

Yap, bener banget. Sebagai wanita dewasa yang usianya sudah 40+, saya seneng banget melihat mereka mau merawat kulit dengan baik. Saya aja nyesel, kenapa dulu males menyediakan waktu untuk facial. Kenapa dulu nggak aware dengan panasnya matahari di siang yang menyengat. Selow aja nggak pake sunblock. Padahal, sinar ultraviolet bisa membawa dampak buruk bagi kulit. Ditambah lagi dengan bertambahnya usia, perubahan seperti kerutan halus nggak bisa ditolak, di sekitar mata, di garis senyum, di jidat. Uuuuh, betapa deh rasanya :D padahal, tuh ya, masalah kayak gini bisa dicegah supaya datangnya agak lama'an dikit.

Yah begitulah. Penyesalan memang selalu datang terlambat. :(

Jadinya malah saya yang belajar dari anak-anak muda yang care banget sama kulitnya itu.

So, setelah memerhatikan kondisi wajah di depan cermin, saya memutuskan untuk mulai peduli. Please deh, nggak akan cukup hanya dengan cleansing milk, facial wash dan toner. Apalagi masker yang hanya seingatnya! Nggak cukup, Way!

Saya buka box tempat menyimpan kosmetik. Masih lengkap sih. Day cream, night cream, essence dan lain-lain masih ada. Tapi, OMG, semua expired antara bulan Juli dan Agustus. Whuaaaaaa!
Seketika rasa penyesalan datang lagi. Nyesek liat isinya cuma berkurang secuil. Huuft.

Akhirnya, ya sudahlah. Ikhlasin aja. Toh waktu juga gak akan kembali. Saya mulai dari nol aja lagi.^^


Mulai merawat kulit dengan Facial Blue Light Acne





Atas saran beberapa teman yang pernah mencoba, sebagai langkah awal saya mencoba facial di Kusuma Beauty Clinic. Sebuah klinik kecantikan yang sudah berdiri selama 20 tahun. Udah lama banget, ya.

Terletak di jalan metro pondok Indah - Jakarta Selatan, Kusuma Beauty Clinic sangat mudah ditemukan, karena posisinya berada persis di pinggir jalan. Selain itu, tulisannya juga cukup besar terlihat dari jalan raya.


Pukul 13.00 wib, saya sampai di lokasi, sesuai dengan jam kunjungan yang telah saya infokan sebelumnya kepada resepsionis.
Kedatangan saya disambut dengan senyum ramah. Setelah diminta menunggu beberapa saat, akhirnya saya dipanggil untuk memasuki ruangan perawatan.

Kusuma Beauty Clinic memiliki beberapa macam treatment. Jadi ada beberapa ruang perawatan, sesuai dengan fungsinya. Saya pun nantinya akan pindah ruangan juga.

Pada tahap pertama, wajah saya dibersihkan dulu dengan lembut. Seneng deh, rasanya kayak dimanjain gitu. Abis itu diuap. Supaya nantinya lebih mudah mengeluarkan komedo ataupun jerawat. Sayangnya, saya datang sendiri, jadi nggak ada yang fotoin. :D

Sampai pada saat pembersihan komedo, saya sudah bisa menebak apa yang akan terjadi. Mbaknya panen komedo 😂
Hahaha, entahlah, saya nggak bisa mengingat kapan terakhir kali saya facial. Selama ini, untuk menumpas komedo, saya selalu pake perekat untuk mengangkat komedo bandel. Ternyata nggak boleh sering-sering juga. Komedo nggak seutuhnya nempel di perekat. Seringkali sebagian malah tertinggal. Jadi, yang bersih hanya di permukaan. Begitu kata mbaknya. Oke, catet!

Untungnya tahap pemencetan komedonya nggak terlalu sakit. Jadi, saya merasa nyaman.

Setelah tahap pembersihan komedo, selanjutnya dioleskan obat anti radang. Supaya bekas jerawat dan komedo yang tadinya diangkat, nggak meradang.

Setelah itu ada beberapa tahap lagi, sayangnya saya lupa. Mungkin karena suasananya nyaman saya jadi ngantuk dan ketiduran. Pas sadar, ketika
Samar-samar mbaknya ngasih tau kalau saya harus pindah ruangan.

Saya pindah ke ruangan yang ada alatnya. Bellalux adalah alat untuk melakukan perawatan blue light acne.
Cara penggunaannya, kedua mata dikasih penutup dulu, setelah itu wajah akan disinari dengan cahaya biru selama beberapa menit.
Agak degdegan sih. Soalnya baru kali ini saya melakukan perawatan dengan menggunakan alat seperti ini.




Setelah beberapa menit, blue light acne selesai. Tanpa terasa, semua tahap tuntas sudah.
Di sesi terakhir, saya akan berkonsultasi dengan dokter.

Sambil mengenakan jilbab, saya melihat ke cermin. MasyaAllah, muka saya bersih banget. Kayak sulap aja. Wajah berseri seketika. Hahaha.. *norak yaaa 😂




Konsultasi dengan dokter 



Akhirnya sampai juga saya di tahap terakhir. Yaitu konsultasi dengan dokter. Kulit wajah saya diperhatikan dengan seksama. Katanya, cara saya membersihkan salah. Saya nggak bisa ngeless lagi, karena, bekas tarikan kapas saat memakai cleansing meninggalkan bekas tarikan yang cukup jelas. Selama ini, saya menarik kapas ke samping arah luar pipi. Padahal caranya gak gitu. Seka aja perlahan ke arah atas. Jangan ke samping.
Huhuhuu, nyesel lagi, deh.

Selain itu, masalah kulit wajah saya yang dulunya berminyak, sekarang malah jadi cenderung kering. Ya, jadi butuh perhatian ekstra.




Usai konsultasi, dokter menyarankan untuk mencoba serum dan krim malam untuk saya pakai. Oh ya, ada pesan juga dari dokter, jangan lupa setiap hari pakai sunblock untuk menghindari efek buruk sinar matahari.
Oke, dok. InsyaAllah gak kan saya lupakan. :)

Setelah mencoba facial dengan blue light acne, saya merasakan kulit menjadi lebih bersih dan bercahaya. Next, saya mau cobain facial oxy juga. Kata teman-teman sih, bagus dan bikin fresh gitu. Jadi pengen juga.



Kalau teman-teman tertarik untuk mencoba, bisa langsung kepoin IGnya ya. Datengin aja klinik yang paling dekat. Karena Kusuma Beauty Clinic ada di Puri Indah, Modernland dan Pondok Indah. Jangan lupa juga, ada promo di waktu-waktu tertentu. Lumayan kan, sisanya bisa buat yang lain-lain.











09 June 2019

Ramadan Sehat dan Cantik Bersama Marcks' Venus dan HIJUP






Hai, teman-teman.. 
Selamat lebaran, ya.. Minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin :) 

Setelah menjalankan puasa selama sebulan penuh, pasti banyak banget pengalaman mengesankan selama menjalankan ibadah puasa kemarin. Alhamdulillah bila semua berjalan lancar. Semoga di tahun depan, kita masih dipertemukan lagi dengan indahnya bulan ramadan. Aamiin. 

Oh ya, di bulan ramadan kemaren juga, saya bersama teman-teman dari Blogger Crony Community mendapat kesempatan untuk menghadiri acara yang diadakan  HIJUP dan Marcks Venus di Madame Delima, Menteng, pada tanggal 26 Mei 2019. Dalam acara "Iftar & Beauty Soiree" bersama beauty influencer Linda Kayhz, yang akan berbagi tips menjalani ramadan yang sehat dan cantik. Acara dihadiri juga oleh Ibu Tri Tunggal dan Ibu Tanti Meliantina dari Marcks Venus. 





Selain itu juga ada workshop menghias

25 May 2019

PPH Plus dan PPH Plus Syariah, Asuransi Senyaman Memilih OOTD



Dalam penampilan sehari-hari, setiap orang selalu punya gaya favorit masing-masing. Ada yang nyaman dengan OOTD casual, sporty atau pun girly. 

Ada juga yang meramu gayanya sendiri dengan gabungan berbagai gaya, yang akhirnya menjadi ciri khas karena lain dari yang lain. 

Mau ganti-ganti gaya seperti apapun juga nggak masalah sih, karena kita lah yang paling tau apa yang dibutuhkan. Kita lah yang mengatur apa yang ingin kita padu padankan. Yang penting, apapun yang dipakai, pastinya harus mendatangkan rasa nyaman. Kalau udah nyaman, dengan sendirinya penampilan akan tampak lebih oke. 

Bicara soal kenyamanan, kemaren saya

19 May 2019

Buka Bareng Saudagar Muda BNI di Halal Park




Saya senang sekali ketika menerima undangan untuk menghadiri acara Bukber Saudagar Muda BNI, pada tanggal 14 Mei lalu di kawasan Halal Park, Senayan GBK. Gimana nggak senang, soalnya saya bakal bertemu dengan peserta program Aku Saudagar Muda yang merupakan program unggulan dari BNI, yang memiliki tujuan mulia untuk menciptakan wirausaha sejak dini. Rasanya nggak sabar ingin menyaksikan sendiri,  seperti apa semangat anak-anak muda tersebut.

Jelang pukul 16.00 WIB, saya dan teman-teman blogger bergabung dengan saudagar-saudagar muda BNI, kali ini siswa dari SMK Bisnis dan Teknologi kota Bekasi. Sore itu, acara yang merupakan kelas kreatif BUMN, akan dimulai dengan bincang-bincang tentang membangun bisnis yang out of the box di era global. Narasumber yang hadir adalah pebisnis sukses yang sudah malang melintang di bidangnya

09 May 2019

Puasa Lancar Tanpa Gangguan Susah BAB




Alhamdulillah, hari ini kita sudah memasuki hari ke empat puasa. Apakabarnya nih teman-teman?
Semoga ibadah puasanya berjalan lancar dan tetap jaga kesehatan, ya. 

Sebagai Ibu yang mengurus pekerjaan rumah tangga, memang dibutuhkan tenaga ekstra.  Mulai dari menyiapkan makan sahur, beres-beres, masak untuk menu berbuka dan memastikan bahwa keluarga mendapat asupan dengan gizi seimbang selama berpuasa. 

Menyiapkan menu selama berpuasa, bisa dibilang gampang-gampang susah. Nggak seperti hari-hari biasa, yang jadwal makan bisa kapan aja. Di bulan puasa, waktu makan yang hanya beberapa jam, harus banget dimaksimalkan. Asupan cairan, karbohidrat, protein dan serat harus bisa masuk ke dalam tubuh. Kalau enggak, bisa lemes dan nggak semangat menjalani puasa. Apalagi kalau sampai kena sembelit. Huhuu, itu nggak enak banget.

Saya jadi teringat dengan

Maltofer untuk Penuhi Kebutuhan Zat Besi Segala Usia


"Duh, gawat nih. Kemaren nyimpen dompet di mana ya, perasaan di sini,deh! Kok, sekarang nggak ada?"

Pernah merasa seperti ini nggak?
Lupa habis nyimpen barang di mana. Padahal udah yakin banget, tau persis letaknya di mana. Ujung-ujungnya, langsung bilang 
"Yah, gini deh, faktor U memang nggak bisa dibohongin.."

Tuh, kan.. cari pembenaran sendiri ;D
Memang sih. seringkali tanpa disadari, selalu ada aja yang nyeletuk, kalau faktor U begitu mengganggu keseharian kita. Padahal, ada faktor lain juga yang berperan hingga kita kurang konsentrasi. mudah lelah dan jadi susah mengingat.

Nah, Jumat 3 mei 2019 lalu, bertempat di Graha Pengayoman Kemenkumham, saya mengikuti acara Seminar Kesehatan yang diadakan oleh Maltofer Woman Community. Tema acaranya "Cegah Anemia Sedini Mungkin" Peran Penting Zat Besi dalam 1000 Hari Kehidupan Pertama (Golden Age) dengan narasumber dr. Herbowo A.F Soetomenggolo, Sp. A (K)




Di acara inilah saya jadi

25 April 2019

Pentingnya Imunisasi Demi Masa Depan Anak Indonesia



( image : pixabay.com)

"Kamu sih, anak diimunisasi segala.. badannya jadi panas, kan!"

Saya pernah mendengar dialog seperti ini, ketika anak tetangga saya, panas badannya sehabis imunisasi. Suaminya marah-marah. Menurutnya imunisasi hanya bikin anak sakit. Imunisasi nggak ada gunanya. :(

Mungkin teman-teman juga pernah punya pengalaman yang sama. Sebagian orang masih menganggap imunisasi hanya membuat anak yang sehat ceria, jadi panas badannya. Sebagian masih menganggap bahwa vaksin yang diberikan pada anak, malah membuat anak jadi terkena penyakit baru. Padahal pada saat itu, anak sedang ditingkatkan kekebalannya. 

Bukan berita baru bahwa banyak virus dan kuman penyakit yang siap menyerang anak-anak yang tidak divaksin. Bahkan setelah wabah penyakit Polio, Campak dan Difteri yang menyerang

19 April 2019

MAKAN ENAK DENGAN MENU BERAGAM DI HUK FAMILY RESTO


Yeay, sudah di penghujung minggu. Saatnya untuk menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga. Udah bikin rencana apa aja nih? Buat yang pengen makan di luar, dan tinggal di seputaran Bintaro, saya punya rekomendasi tempat makan yang asyik. Menunya banyak dan suasananya pun nyaman. Namanya Huk Family Resto.



Huk Family Resto terletak di Jalan Jombang Raya N0. 9, Ruko Acacia Arcade 2 Blok M 1 Bintaro, letaknya di depan Perumahan Villa Bintaro Regency. Cukup mudah ditemukan karena

10 April 2019

KE BELANDA LEWAT KOMPETISI FARMER2FARMER FRISIAN FLAG INDONESIA


Jumat, 5 April lalu, saya terharu sekali ketika menyaksikan wajah-wajah bahagia para peternak sapi perah, di acara pengumuman pemenang program Farmer2Farmer 2019. Seisi ruangan Aula Pyramid di Kementan, Ragunan, diliputi kegembiraan. Sorak sorai dan ucapan selamat terdengar riuh. Akhirnya, jerih payah para peternak sapi perah yang selama ini telaten merawat peternakannya mendapat apresiasi. 4 peternak akan diberangkatkan ke Belanda.



Yes, program Farmer2Farmer dengan hadiah kunjungan ke peternakan modern di Belanda, diselenggarakan oleh frisian flag Indonesia. Program ini dibuat untuk mengapresiasi para peternak sapi perah yang melakukan pekerjaannya

06 April 2019

MERIAHNYA EARTH HOUR 2019 DI ASTON PRIORITY HOTEL SIMATUPANG & CONFERENCE CENTER



Pernah kesal nggak, dengan tagihan listrik yang membengkak?
Padahal rasanya  udah bawel banget mengingatkan orang-orang di rumah untuk menggunakan listrik seperlunya. Tapi, tetap saja ada yang lupa. Lupa matikan lampu teras ketika sudah pagi, atau lupa matikan lampu kamar mandi ketika tidak lagi digunakan.

Soal mematikan lampu, saya juga nggak pernah bosan mengingatkan anak-anak. Tiap hari diingatkan juga kadang lupa. Tapi, nggak apa-apa sih, memang harus ekstra sabar membimbing mereka supaya terbiasa menghemat pemakaian listrik.

29 March 2019

BELAJAR HUKUM JADI MUDAH DENGAN IDLC DAN APLIKASI IRMA DEVITA


Hari masih pagi ketika saya menyusuri jalan KH. Wahid Hasyim, menuju Hotel ibis Tamarin - Jakarta Pusat, untuk mengikuti talkshow yang diselenggarakan oleh IDLC. Karena hari libur, suasana pagi itu masih tenang. Jalanan masih sepi dari lalu lalang kendaraan. 

Memasuki ruang pertemuan, kursi-kursi yang disediakan hampir penuh terisi. Dari informasi yang saya dapatkan, peserta-peserta yang datang, nggak hanya dari Jakarta, tapi juga berasal dari luar kota dengan berbagai latar belakang dan profesi. Rupanya acara-acara yang diadakan oleh IDLC adalah acara yang selalu ditunggu-tunggu.

Oh ya, btw, teman-teman sudah tahu IDLC?




IDLC adalah singkatan dari Irma Devita Learning Center. Sebuah wadah yang mengkhususkan diri untuk memberikan seminar, talkshow dan juga pelatihan-pelatihan seputar masalah hukum dan kenotariatan dengan menghadirkan narasumber  yang kompeten di bidangnya. Jadi, masyarakat yang membutuhkan bisa belajar langsung dari ahlinya.

Sesuai dengan namanya, pasti sudah ketebak ya, kalau foundernya adalah seseorang dengan nama Irma Devita. Yap, bener banget! Irma Devita, adalah sosok perempuan yang sangat menginspirasi. Ibu cantik dengan satu anak ini sudah lama malang melintang dan berkecimpung dalam dunia hukum dan mendirikan kantor notaris IDP di kawasan kelapa gading. 

Dalam kesibukannya sebagai notaris dan pembicara di berbagai acara, beliau masih sempat menulis buku-buku panduan hukum praktis, novel dan komik. Bahkan masih sempat

27 March 2019

WAJAH CERAH DENGAN WARDAH LIGHTENING SERIES


Beberapa bulan belakangan, saya dilanda kegalauan. Rasanya ada sesuatu yang bikin nggak nyaman kalau lagi ngaca. Wajah terlihat kusam, komedo mengganggu dan flek cokelat mulai menampakkan diri di beberapa tempat. Sedih deh..

Sadar banget sih, kalau usia yang sudah kepala 4 ini, memang nggak bisa lagi seperti ketika berusia 20 atau 30 tahun dulu. Apalagi karena kesalahan saya yang suka lalai merawat kulit wajah. Ketika kulit wajah mulai bermasalah, baru deh menyesal.

Untungnya saya menemukan skincare yang cocok untuk mengatasi masalah kulit wajah. Menghilangkan kusam dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Saya mencoba Wardah Lightening Series, yang memiliki perawatan lengkap. Dipakainya juga nyaman dan lebih ringan.


PERAWATAN WAJAH WARDAH LIGHTENING SERIES




Saya menyadari sepenuhnya bahwa kebiasaan baik yang kita lakukan akan membawa dampak baik di kemudian hari. Seperti halnya menjaga kesehatan yang bisa membuat kita terhindar dari penyakit. Demikian juga dalam menjaga kesehatan kulit. Merawatnya sejak awal

22 March 2019

LUMPIA GORENG ISI AYAM DAN SAYURAN UNTUK CAMILAN DI SAAT SANTAI


Memiliki anak-anak yang beranjak remaja,  membuat hidup saya semakin berwarna. Selalu saja ada cerita baru yang mereka bagikan. Entah itu curhat tentang hal-hal mengganggu yang mereka alami, sampai cerita yang menyenangkan. Saya selalu menikmati setiap kali mereka bercerita. Kadang, sambil mendengarkan, ingatan  saya melayang ke saat-saat mereka masih kecil. Saat seperti inilah, tiba-tiba menyadari betapa waktu cepat sekali berlalu.

Seiring bertambahnya usia anak-anak, Kesibukan dengan tugas-tugas sekolah akan semakin meningkat. Waktu untuk curhat mulai berkurang. Apalagi si adek sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir, dan kakaknya, saat ini sedang magang di sebuah hotel di Jakarta Selatan dengan jam kerja yang selalu berganti-ganti. Sesuai schedulle yang didapat. Ritme kerja yang nggak teratur ini, yang harus disiasati dengan menjaga tubuh agar tetap fit. Makannya harus dijaga banget, jangan sampai telat.

Untuk mengimbangi jadwal mereka yang padat, saya berusaha untuk menyiapkan makanan yang praktis, cepat dimasak dan cepat juga disantap. Untuk olahan sayuran pun, saya usahakan untuk masak sedekat mungkin dengan waktu makan. Jadi, rasanya segar. Favorit mereka sih kangkung, capcay dan tumis bayam. Untuk rasa yang lebih enak, saya tambahkan Masako bumbu penyedap masak. Masako dibuat dari daging asli dan rempah pilihan. Sekarang ada Masako baru loh, kemasan 10 gram. Resep barunya membuat kaldu dagingnya terasa lebih lezat. Rasa gurihnya pun membuat kita nggak perlu lagi menambahkan garam ke dalam masakan. Anak-anak makan sayurnya jadi lebih lahap.

Dengan kesibukan yang dihadapi anak-anak sekarang, saya selalu menyiapkan camilan di sore hari. Karena anak saya suka camilan yang berbumbu, jenis makanan kecil yang saya buat biasanya nggak jauh-jauh dari risoles isi sayuran atau mayones, martabak telor, makaroni schotel atau siomay yang dikukus atau pun digoreng. Yang paling sering sih lumpia. Karena kulit lumpia selalu tersedia di kulkas. bikinnya pun cepat dan lebih praktis. Selain itu, isiannya bisa diganti-ganti.
Rasanya seneng deh, kalau lihat dia menghabiskan camilan yang saya buat. Sehabis mengerjakan soal-soal di buku pelajaran, dia jadi semangat makan.


Oh ya, kali aja ada teman-teman yang mau bikin lumpia juga, di bawah ini saya tuliskan resepnya.


15 March 2019

BLOGGER DAY 2019, SERUNYA BERMAIN DI TRANS STUDIO BANDUNG DAN MOMEN BAHAGIA DI CROWNE PLAZA BANDUNG


Hari masih pagi ketika saya memasuki area titik kumpul Mitra Terace, untuk bergabung dengan peserta acara Blogger Day 2019 dalam rangka merayakan hari ulang tahun Blogger Crony Community yang ke-4. Ya, saya terpilih menjadi salah satu peserta di antara 100 orang blogger yang berasal dari berbagai daerah. Rasanya seneng banget, karena akan berkenalan dengan teman-teman baru dan bersenang-senang sambil menimba ilmu.




Jika sebelumnya Blogger Day diadakan di Bogor dan Jakarta, kali ini Blogger Crony Community memilih Bandung sebagai tempat puncak pelaksanaan hari jadinya. Nggak tanggung-tanggung, acaranya didukung oleh sponsor-sponsor keren yang bikin peserta merasa sangat dimanjakan.

Gimana nggak dimanjakan ya, di hari pertama seluruh peserta akan diajak bermain sepuasnya di Trans Studio Bandung, untuk mencoba semua wahananya. Nah, buat saya yang memang belum pernah ke sana, rasanya seperti pucuk dicinta, ulam tiba. Lagi pengen piknik, trus tiba-tiba

09 March 2019

INSPIRASI MASJID DI 5 BENUA UNTUK 30 TAHUN SHAFIRA

Saya selalu mengagumi arsitektur masjid yang indah, baik itu di negeri sendiri maupun masjid yang ada di luar. walau hanya menikmatinya lewat layar kaca, rasanya decak kagum tak henti mengalir. 

Selalu ada pesona berbeda setiap kali memandang lengkung kubah yang indah. Belum lagi bagian dalamnya yang masing-masing memiliki ciri khas, siapapun yang ada di bawah naungannya, pastilah merasa nyaman melakukan ibadah di rumah Allah. Setelah itu pulang dengan membawa segenap keindahan berupa kenangan yang abadi dalam ingatan. Keindahan yang tak pernah hilang. Masya Allah.

Indahnya arsitekstur masjid yang menawan ternyata juga membuat jatuh hati, SHAFIRA, sebuah brand fashion muslim ternama yang menjadikan keindahan arsitektur masjid sebagai inspirasi untuk koleksi terbarunya. 



Mengusung tajuk World Wanderer, keindahan arsitektur masjid tertuang dalam karya-karya yang unik dan elegan dalam memaknai perjalanan panjang selama 30 tahun. 

30 tahun? 
Ya, ternyata SHAFIRA sudah malang melintang di dunia fashion muslim selama itu. Di saat saya masih

14 February 2019

MAKAN ENAK DENGAN HARGA BERSAHABAT DI BROTTA SUKI & BARBEQUE


Wah, nggak terasa lusa udah weekend lagi ya. Saat yang paling tepat untuk kumpul-kumpul quality time bersama orang-orang tersayang. Biasanya, aktivitas yang selalu ditunggu-tunggu adalah saat makan bersama, baik itu di rumah atau pun makan di luar.

Nah, untuk yang punya rencana menghabiskan waktu dengan makan di luar, saya punya rekomendasi tempat makan yang enak, tapi harganya bersahabat. Lokasinya ada di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat dan cukup mudah ditemukan karena letaknya di pinggir jalan, dengan warna merah kuning yang memikat mata.




Sabtu tanggal 9 Februari lalu, saya dan teman-teman pencinta makanan enak, nyobain menu di Brotta Suki & Barbeque. Resto yang berdiri sejak 13 Juli 2018 ini menyediakan menu Suki dan Barbeque dengan konsep rasa yang berbeda dari resto sejenis.

Dari bincang-bincang dengan mbak Riri dan mas Febri, owner Brotta Suki & BBQ, tercetuslah alasan mengapa mereka mendirikan resto di kawasan Cempaka Putih ini. Alasannya sih, karena mereka sama-sama hobi makan enak, khususnya suki dan barbeque. Tapi, udah tau lah ya, menu yang kayak gitu harganya bikin kita nggak bisa sering-sering berkunjung. Padahal yang namanya hobi, kadang pengennya suka susah ditahan. Atas alasan inilah, ownernya jadi kepikiran untuk bikin usaha sendiri sekaligus pengen menyenangkan hati penikmat suki. Mereka mendirikan sebuah resto dengan menu favorit tapi

13 February 2019

 Sedia Payung Sebelum Hujan Supaya Tidak Menyesal




Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan seorang teman lama yang sudah sekian tahun menghilang. Nggak menghilang juga sih, Cuma sejak nggak lagi menjadi wali murid di sekolah yang sama, kami jadi jarang bertemu. Berkabar pun rasanya bisa dihitung dengan jari.

Karena beberapa tahun nggak pernah bertemu itulah, yang membuat kami akhirnya memutuskan untuk melepas kangen. Melipir sejenak buat ngobrol sambil ngopi-ngopi cantik. Saling bertukar cerita tentang aktivitas masing-masing. Dari cerita nostalgia yang lucu-lucu, yang manis-manis sampai yang pahit dan getir. Hahaha, lengkap ya. Kayak Nano-nano. Ada manis dan asemnya. 

Teman saya juga berbagi pengalaman tentang kejadian yang menimpanya beberapa bulan yang lalu. Tentang mobil baru kesayangannya yang nggak sengaja ketabrak karena kecerobohan orang lain. Padahal beli mobilnya juga nggak gampang. Ya, resiko di jalan sih memang begitu ya. Kecerobohan selalu merugikan orang lain. Padahal

29 January 2019

JALAN-JALAN BERKESAN KE TANJUNG PINANG KEPULAUAN RIAU


Kemaren pas lagi senggang, saya iseng scroll foto-foto waktu liburan. Rasanya seneng deh ngeliatin foto kalau pas lagi jalan. Bawaannya jadi happy aja. Memori langsung kembali ke saat ketika menikmati perjalanan.
Gara-gara ngeliatin foto-foto itu, akibatnya sudah bisa ditebak ya.. saya jadi kangen liburan. Apalagi ketika mata saya tertuju pada foto-foto waktu jalan ke Tanjung Pinang. Indahnya pantai, gurun pasir dan tempat wisata lainnya, membuat rindu makin terusik.

Terakhir kali jalan sih, emang kurang puas. Karena waktu yang sangat terbatas dan cuaca yang saat itu kurang bersahabat. Tapi, karena alasan inilah yang bikin saya jadi pengen balik lagi ke kota yang penuh kenangan itu.

Tanjung Pinang adalah kota yang sangat ramah. Pemandangan alamnya indah, sekaligus menyimpan banyak cerita dan benda-benda bersejarah serta wisata kuliner yang memanjakan lidah.

Saya mau cerita ah, gimana perjalanan saya waktu berkunjung ke sana. Kali aja ada yang sedang bersiap-siap mau liburan ke sana juga. Jadi, bisa dapat gambaran dari perjalanan singkat saya.

Saya memulai perjalanan ke Tanjung Pinang, setelah lebih dulu menghabiskan waktu di kampung halaman tercinta, Pekanbaru. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Tanjung Pinang melalui Bandara Hang Nadim, Batam. Sebenarnya ada sih, pesawat yang langsung ke Tanjung Pinang. Tapi, karena saya dan kakak ada keperluan, kami bermalam dulu di Batam.

Dari Batam perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Telaga Punggur menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura. Dengan waktu tempuh sekitar satu jam, akhirnya saya menjejakkan kaki juga di Tanjung Pinang. Cuaca cukup cerah. Ah, senangnya bisa melihat kapal-kapal yang sedang bersandar. ^^




Tapi, nggak lama perut saya rasanya nggak bisa diajak kompromi. Kebiasaan deh, ya.. begitu nyampe di satu kota, pasti nggak sabar untuk

26 January 2019

KETIKA KAMU PATAH HATI



Kalau bisa memilih, semua orang pasti ingin selalu merasa bahagia dalam hidupnya. Nggak perlu ada rasa sedih dan kecewa. Kalaupun ada air mata, yang ada hanya air mata bahagia. 


Tapi, itu kan nggak mungkin. Namanya hidup, perasaan kita akan selalu menimbulkan reaksi terhadap suatu peristiwa. Seperti kulit yang akan merasa sakit kalau kegores, begitu juga hati. Kita perlu memaknai berbagai rasa. Misalnya, merasakan betapa sedihnya dikecewakan, akan membuat kita nggak mau

Dukung Wakil Indonesia Jadi Juara di Asia Pacific Predator League 2019, Yuk!



Teman-teman suka main game?
Buat yang suka, main game tuh emang seru banget ya. Apalagi saat ini, permainan game udah bukan sekadar kegiatan iseng untuk memanfaatkan waktu luang. Menghilangkan ketegangan dan merefresh otak sejenak. Untuk gamer yang serius, keahliannya bermain game malah bisa dijadikan profesi. Karena, sudah masuk dalam kategori esports. Bahkan bisa mewakili Indonesia di turnamen bergengsi tingkat dunia.

Seperti Jumat 25 Januari lalu, bertempat di Atrium Mall Taman Anggrek Jakarta, saya dan teman-teman blogger menyaksikan Pembukaan Babak Final Turnamen esports untuk menentukan tim yang berhak mewakili Indonesia dalam Asia Pacific Predator League 2019 yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand pada Februari yang akan datang.




Seperti yang dijelaskan oleh Presiden Direktur Acer Indonesia, Herbet Ang, tim yang berhasil lolos dari babak kualifikasi yang diadakan di 14 kota, berhasil maju ke babak final adalah, 16 Tim PUBG dan 8 Tim DOTA 2.  Kedua tim ini akan melanjutkan perjuangan untuk menjadi yang terbaik di kategori masing-masing dan mengukuhkan diri menjadi wakil Indonesia, untuk memperebutkan hadiah dengan total prize pool sebesar USD 400,000 atau Rp. 6 milyar. Wow, totalnya aja 6 milyar. Nggak tanggung-tanggung ya, hadiahnya.




16 Tim PUBG adalah BOOM.ID, Kocak Koplak, Astaga Gaming, Xgate, Royal Esports KRS, Aerowolf, TeamSeven, TeamEight, Louvre Emporium, Alter Ego, Victim Reality, U2G, Ghost Alliance PIFF, Ghost alliance Ayres, Rival, Pixel-Geim.M.I, Existency.

Sedangkan 8 Tim DOTA 2 adalah Alter Ego, BOOM.ID, Rex Regum Qeon, PG.Barracx, Evos, Aura, The Prime, HPG. Armored Project.

Mereka adalah anak-anak muda yang berhasil menunjukkan, kalau sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang nggak main-main. Meski pekerjaan yang mereka tekuni adalah "bermain-main" ;D


Kiprah Acer untuk Asia Predator Pasific 2019





Pelaksanaan event kedua Asia Pasific Predator 2019 yang akan diselenggarakan dengan lebih megah dan spektakuler ini semakin mengukuhkan kiprah Acer sebagai PC brand yang memiliki komitmen untuk membangun ekosistem esports di indonesia.

Produk-produk berteknologi canggih yang diciptakan Acer untuk lini gamingnya membuat pertarungan di dunia gamers semakin seru.  Adalah Predator, teknologi Acer yang membuat brand ini, dalam waktu dua tahun mampu menginisiasi Asia Pasific Predator League, turnamen gaming berskala internasional. Dan untuk tahun 2019 ini, Asia Pasific Predator League 2019 diikuti oleh 16 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, Philipina, Singapore, Hongkong, Macau, Australia, India, Korea, Srilanka, Myanmar, Jepang dan Mongolia.




Saya sempat mencoba duduk di singgasana gaming paling mutakhir, Predator Thronos yang menimbulkan decak kagum. Canggih banget! Yaiyalah, harganya aja ratusan juta :D Gak tau lagi lah, itu gimana serunya mereka yang duduk dan merasakan pengalaman main game yang seperti nyata.
Dan kabar baiknya, selama tiga hari, mulai 25 hingga 27 Januari saat pertarungan kedua tim berlangsung, pengunjung juga bisa merasakan langsung lho bagaimana serunya main game  dengan Predator Thronos. Ayo cobain deh.

Melalui acara ini juga Acer mengundang gamers Indonesia untuk menjadi saksi, siapakah yang terpilih menjadi yang terbaik dalam pertandingan final yang didukung oleh CBN Fiber, sebagai penyedia koneksi internet cepat hingga 1 Gbps selama pertandingan dan juga streaming di Dens TV.

Selain itu, masih banyak kegiatan seru yang bisa diikuti. Ada Cosplay Competition, Fighting Mini Games, Photo Contest dengan hadiah-hadiah yang menarik dan Lelang Produk Acer.

Buat kamu yang ingin tau lebih lanjut tentang Asia Pacific Predator League 2019, bisa berkunjung ke https://www.acerid.com/predator-league


Yuk, sama-sama kita dukung semoga tim yang menjadi pemenang dari masing-masing kategori di babak final nanti, bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang Asia Pasific Predator League 2019.
Semangaat!






15 January 2019

SKILLED YOUTH III, SAATNYA ANAK MUDA RAIH KEMANDIRIAN FINANSIAL




Tingginya jumlah pengangguran di Indonesia menjadi salah satu masalah yang masih harus ditemukan solusinya oleh pemerintah. Dari waktu ke waktu, jumlahnya masih belum bisa terlalu banyak ditekan.

Lapangan kerja yang terbatas, kurangnya keterampilan membuat sumber daya yang ada, tidak mampu untuk bersaing dalam dunia kerja. Mirisnya lagi, yang menjadi pengangguran justru anak-anak muda yang masa depannya masih sangat panjang.

Kenyataan ini saya dapatkan ketika