22 March 2019

LUMPIA GORENG ISI AYAM DAN SAYURAN UNTUK CAMILAN DI SAAT SANTAI


Memiliki anak-anak yang beranjak remaja,  membuat hidup saya semakin berwarna. Selalu saja ada cerita baru yang mereka bagikan. Entah itu curhat tentang hal-hal mengganggu yang mereka alami, sampai cerita yang menyenangkan. Saya selalu menikmati setiap kali mereka bercerita. Kadang, sambil mendengarkan, ingatan  saya melayang ke saat-saat mereka masih kecil. Saat seperti inilah, tiba-tiba menyadari betapa waktu cepat sekali berlalu.

Seiring bertambahnya usia anak-anak, Kesibukan dengan tugas-tugas sekolah akan semakin meningkat. Waktu untuk curhat mulai berkurang. Apalagi si adek sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir, dan kakaknya, saat ini sedang magang di sebuah hotel di Jakarta Selatan dengan jam kerja yang selalu berganti-ganti. Sesuai schedulle yang didapat. Ritme kerja yang nggak teratur ini, yang harus disiasati dengan menjaga tubuh agar tetap fit. Makannya harus dijaga banget, jangan sampai telat.

Untuk mengimbangi jadwal mereka yang padat, saya berusaha untuk menyiapkan makanan yang praktis, cepat dimasak dan cepat juga disantap. Untuk olahan sayuran pun, saya usahakan untuk masak sedekat mungkin dengan waktu makan. Jadi, rasanya segar. Favorit mereka sih kangkung, capcay dan tumis bayam. Untuk rasa yang lebih enak, saya tambahkan Masako bumbu penyedap masak. Masako dibuat dari daging asli dan rempah pilihan. Sekarang ada Masako baru loh, kemasan 10 gram. Resep barunya membuat kaldu dagingnya terasa lebih lezat. Rasa gurihnya pun membuat kita nggak perlu lagi menambahkan garam ke dalam masakan. Anak-anak makan sayurnya jadi lebih lahap.

Dengan kesibukan yang dihadapi anak-anak sekarang, saya selalu menyiapkan camilan di sore hari. Karena anak saya suka camilan yang berbumbu, jenis makanan kecil yang saya buat biasanya nggak jauh-jauh dari risoles isi sayuran atau mayones, martabak telor, makaroni schotel atau siomay yang dikukus atau pun digoreng. Yang paling sering sih lumpia. Karena kulit lumpia selalu tersedia di kulkas. bikinnya pun cepat dan lebih praktis. Selain itu, isiannya bisa diganti-ganti.
Rasanya seneng deh, kalau lihat dia menghabiskan camilan yang saya buat. Sehabis mengerjakan soal-soal di buku pelajaran, dia jadi semangat makan.


Oh ya, kali aja ada teman-teman yang mau bikin lumpia juga, di bawah ini saya tuliskan resepnya.




LUMPIA GORENG

Bahan :

  • 12 lembar kulit lumpia
  • 2 buah kentang potong kotak kecil, rebus sebentar
  • 2 buah wortel, potong kotak kecil, rebus sebentar
  • 200 gram dada ayam, rebus. potong kotak kecil atau bisa juga disuwir
  • 1 buah bawang bombai 
  • 2 siung bawang putih 
  • 1 sdt masako kaldu ayam
  • 1/2 gelas susu cair
  • terigu secukupnya
  • pala bubuk secukupnya
  • merica secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • margarin secukupnya



Cara Membuat :

  1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang kasar sampai harum. Masukkan daging ayam. Aduk-aduk.
  2. Tambahkan kentang dan wortel.
  3. Tambahkan susu cair, masako kaldu ayam, gula pasir, pala bubuk dan merica. Koreksi rasanya.
  4. Tambahkan susu cair.
  5. Aduk sampai rata dan sedikit mengental.
  6. Tambahkan tepung terigu, aduk cepat hingga rata.
  7. Matikan api. Dinginkan.
  8. Ambil selembar kulit lumpia, isi dan gulung sesuai selera.
  9. Rekatkan dengan putih telur atau air yang dikentalkan dengan tepung terigu.
  10. Goreng sampai matang.


Sebenarnya, banyak sekali ide camilan yang bisa dibuat dari kulit lumpia. Kadang, kalau lagi pengen yang kriuk-kriuk dan pedas, kulit lumpianya saya potong memanjang, trus digoreng. Setelah itu, siapkan bumbu pedasnya yang dibuat dari cabe merah besar dan cabe rawit merah, sedikit bawang putih, gula pasir dan masako kaldu ayam dan daun jeruk. Campurkan dengan kulit lumpia goreng sampai terbalut rata. Abis itu masukin toples deh. 


Hm, ujian akhir sudah makin terpampang nyata di depan mata. Sejujurnya, saya deg-degan banget. Perasaan inilah yang selalu muncul setiap kali anak-anak akan naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mungkin mamanya lebih cemas dari anaknya ya.. hahaha.

Semoga nanti hasilnya memuaskan. Dapat nilai bagus dan diterima di SMA impiannya. Doakan ya, teman-teman.. :)










15 March 2019

BLOGGER DAY 2019, SERUNYA BERMAIN DI TRANS STUDIO BANDUNG DAN MOMEN BAHAGIA DI CROWNE PLAZA BANDUNG


Hari masih pagi ketika saya memasuki area titik kumpul Mitra Terace, untuk bergabung dengan peserta acara Blogger Day 2019 dalam rangka merayakan hari ulang tahun Blogger Crony Community yang ke-4. Ya, saya terpilih menjadi salah satu peserta di antara 100 orang blogger yang berasal dari berbagai daerah. Rasanya seneng banget, karena akan berkenalan dengan teman-teman baru dan bersenang-senang sambil menimba ilmu.




Jika sebelumnya Blogger Day diadakan di Bogor dan Jakarta, kali ini Blogger Crony Community memilih Bandung sebagai tempat puncak pelaksanaan hari jadinya. Nggak tanggung-tanggung, acaranya didukung oleh sponsor-sponsor keren yang bikin peserta merasa sangat dimanjakan.

Gimana nggak dimanjakan ya, di hari pertama seluruh peserta akan diajak bermain sepuasnya di Trans Studio Bandung, untuk mencoba semua wahananya. Nah, buat saya yang memang belum pernah ke sana, rasanya seperti pucuk dicinta, ulam tiba. Lagi pengen piknik, trus tiba-tiba

09 March 2019

INSPIRASI MASJID DI 5 BENUA UNTUK 30 TAHUN SHAFIRA

Saya selalu mengagumi arsitektur masjid yang indah, baik itu di negeri sendiri maupun masjid yang ada di luar. walau hanya menikmatinya lewat layar kaca, rasanya decak kagum tak henti mengalir. 

Selalu ada pesona berbeda setiap kali memandang lengkung kubah yang indah. Belum lagi bagian dalamnya yang masing-masing memiliki ciri khas, siapapun yang ada di bawah naungannya, pastilah merasa nyaman melakukan ibadah di rumah Allah. Setelah itu pulang dengan membawa segenap keindahan berupa kenangan yang abadi dalam ingatan. Keindahan yang tak pernah hilang. Masya Allah.

Indahnya arsitekstur masjid yang menawan ternyata juga membuat jatuh hati, SHAFIRA, sebuah brand fashion muslim ternama yang menjadikan keindahan arsitektur masjid sebagai inspirasi untuk koleksi terbarunya. 



Mengusung tajuk World Wanderer, keindahan arsitektur masjid tertuang dalam karya-karya yang unik dan elegan dalam memaknai perjalanan panjang selama 30 tahun. 

30 tahun? 
Ya, ternyata SHAFIRA sudah malang melintang di dunia fashion muslim selama itu. Di saat saya masih

14 February 2019

MAKAN ENAK DENGAN HARGA BERSAHABAT DI BROTTA SUKI & BARBEQUE


Wah, nggak terasa lusa udah weekend lagi ya. Saat yang paling tepat untuk kumpul-kumpul quality time bersama orang-orang tersayang. Biasanya, aktivitas yang selalu ditunggu-tunggu adalah saat makan bersama, baik itu di rumah atau pun makan di luar.

Nah, untuk yang punya rencana menghabiskan waktu dengan makan di luar, saya punya rekomendasi tempat makan yang enak, tapi harganya bersahabat. Lokasinya ada di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat dan cukup mudah ditemukan karena letaknya di pinggir jalan, dengan warna merah kuning yang memikat mata.




Sabtu tanggal 9 Februari lalu, saya dan teman-teman pencinta makanan enak, nyobain menu di Brotta Suki & Barbeque. Resto yang berdiri sejak 13 Juli 2018 ini menyediakan menu Suki dan Barbeque dengan konsep rasa yang berbeda dari resto sejenis.

Dari bincang-bincang dengan mbak Riri dan mas Febri, owner Brotta Suki & BBQ, tercetuslah alasan mengapa mereka mendirikan resto di kawasan Cempaka Putih ini. Alasannya sih, karena mereka sama-sama hobi makan enak, khususnya suki dan barbeque. Tapi, udah tau lah ya, menu yang kayak gitu harganya bikin kita nggak bisa sering-sering berkunjung. Padahal yang namanya hobi, kadang pengennya suka susah ditahan. Atas alasan inilah, ownernya jadi kepikiran untuk bikin usaha sendiri sekaligus pengen menyenangkan hati penikmat suki. Mereka mendirikan sebuah resto dengan menu favorit tapi

13 February 2019

 Sedia Payung Sebelum Hujan Supaya Tidak Menyesal




Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan seorang teman lama yang sudah sekian tahun menghilang. Nggak menghilang juga sih, Cuma sejak nggak lagi menjadi wali murid di sekolah yang sama, kami jadi jarang bertemu. Berkabar pun rasanya bisa dihitung dengan jari.

Karena beberapa tahun nggak pernah bertemu itulah, yang membuat kami akhirnya memutuskan untuk melepas kangen. Melipir sejenak buat ngobrol sambil ngopi-ngopi cantik. Saling bertukar cerita tentang aktivitas masing-masing. Dari cerita nostalgia yang lucu-lucu, yang manis-manis sampai yang pahit dan getir. Hahaha, lengkap ya. Kayak Nano-nano. Ada manis dan asemnya. 

Teman saya juga berbagi pengalaman tentang kejadian yang menimpanya beberapa bulan yang lalu. Tentang mobil baru kesayangannya yang nggak sengaja ketabrak karena kecerobohan orang lain. Padahal beli mobilnya juga nggak gampang. Ya, resiko di jalan sih memang begitu ya. Kecerobohan selalu merugikan orang lain. Padahal