27 August 2019

Mau Liburan Sehari di Blitar dengan Bujet Terbatas? Yuk, Coba Itinerary Ini


Punya rencana liburan dalam waktu dekat? Nggak usah jauh-jauh, ada banyak tempat liburan menarik yang bisa dijangkau dengan mudah. 

Meski tidak terlalu jauh, tetap saja ada beberapa hal yang harus dipikirkan saat merencanakan liburan ke sebuah daerah, mulai dari transportasi, akomodasi, tempat wisata, dan makan. 
Namun, sepertinya memikirkan semua hal tersebut belumlah cukup, ya.. tanpa dana dan waktu yang cukup, rencana perjalanan tidak akan terlaksana. Seringkali, karena keterbatasan akan dua hal tersebut, sering membuat orang mengurungkan niat liburan.

Tapi, meski dengan waktu dan dana terbatas, liburan bisa tetap terlaksana, kok. Asal pandai-pandai aja atur strategi agar liburan terlaksana dengan baik dan menyenangkan.
Nah, bagaimana kalau liburannya ke Blitar aja.. nggak perlu jauh-jauh, kan.


(Sumber : jejakpiknik.com)


Jika berencana berlibur ke Blitar dengan bujet terbatas dan hanya punya satu hari, Kita bisa ke mana saja, ya?
Ok, berikut ini, adalah rencana perjalanan hemat yang bisa dicoba jika berkunjung ke Blitar.


1. Pecel Mbok Bari 6

 Memulai hari dengan sarapan di kedai Pecel Mbok Bari 6. Tempat makan satu ini terbilang cukup legendaris di Blitar. Pasalnya, Pecel Mbok Bari 6 sudah ada sejak tahun 1964. Angka 6 di belakang nama Pecel Mbok Bari merupakan pertanda nomor cabang. Itu artinya setidaknya sudah ada enam cabang kedai pecel ini di Kota Proklamator. Dengan harga murah, teman-teman sudah bisa mendapatkan seporsi nasi pecel. Sayuran yang disiram sambal pecel dari kacang tanah sungguh begitu nikmat. Belum lagi, tambahan tempe sekaligus iwak peyek membuat kuliner sederhana ini semakin menggugah selera. Kita pun bisa menambahkan lauk sesuai keinginan. Selain nasi pecel, tersedia beberapa pilihan menu yang bisa dicoba, seperti rawon atau urap. 


 2. Makam Bung Karno 

Setelah kenyang, teman-teman bisa berkunjung ke objek wisata andalan Blitar, yaitu Makam Bung Karno. Tempat peristirahatan terakhir Sang Proklamator ini berada di sebuah area khusus di bawah naungan bangunan joglo. Tak hanya berziarah ke makam presiden pertama Indonesia, Teman-teman juga bisa berkunjung ke museum yang ada di kompleks Makam Bung Karno. Di sini, terdapat lukisan, foto, dan berbagai barang peninggalan Bung Karno. Selain itu, ada pula sebuah perpustakaan yang menyimpan berbagai buku karangan Soekarno, termasuk buku-buku karya pengarang lain. Peta, atlas, lukisan, foto, relief, sampai referensi berbentuk CD/VCD juga tersimpan dengan baik di kompleks Makam Bung Karno.

3. Candi Penataran

 Objek wisata sejarah peninggalan Kerajaan Kediri—tetapi sempat digunakan oleh Kerajaan Majapahit—ini berada di Penataran, Nglegok. Candi Penataran merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Jawa Timur dengan luas mencapai 12.946 m2. Kompleks di lereng Gunung Kelud ini terbagi menjadi beberapa area, di antaranya halaman depan, tengah, dan belakang. Di masing-masing halaman, terdapat candi yang berbeda, mulai Candi Candra Sengkala, Candi Naga, dan candi utama yang sering disebut Candi Palah (Penataran). Selain candi-candi besar, Teman-teman juga dapat menyaksikan candi-candi perwara, beragam patung dan relief, dan artefak kuno lainnya.


4. Pantai Tambakrejo

Rasanya kurang lengkap berwisata ke suatu daerah tanpa mampir ke pantainya. Saat di Blitar, Teman-teman dapat bertandang ke Pantai Tambakrejo. Objek wisata ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, yakni sekitar 10 km. Pantai Tambakrejo memiliki hamparan pasir putih yang sempurna untuk  duduk santai sembari menikmati pemandangan alam. Ombak Pantai Tambakrejo tergolong cukup besar dengan perairan berwarna kebiruan. Besarnya ombak tersebut membuat larangan berenang di pantai ini. Namun, jangan kuatir, masih ada alternatif kegiatan lain, yaitu menikmati pemandangan senja memikat di Pantai Tambakrejo. 


 Bagaimana? Sudah siap menjelajah Blitar dengan itinerary hemat di atas? Atau, teman-teman sudah punya rencana perjalanan yang lebih beragam? Ayo, segera siapkan segala sesuatu sebelum teman-teman berlibur ke Blitar, termasuk masalah akomodasi. Pilih salah satu hotel di Blitar untuk memanjakan waktu istirahat selama berada di kota ini. Saatnya booking hotel tanpa ribet melalui Airy. Dengan begitu, teman-teman bisa semakin menghemat pengeluaran. Selamat berlibur.

3 comments:

  1. Mengawali pagi hari dengan sarapan terlebih dahulu di Pecel Mbok Bari 6 aja ya kalau sedang ke Blitar

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget nih. Ternyata di Blitar ada banyak tempat yang bisa dikunjungi nih

    ReplyDelete
  3. Saya jadi pingin nih berkunjung ke Blitar apalagi ke Makam Bung Karno itu

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)