22 March 2019

LUMPIA GORENG ISI AYAM DAN SAYURAN UNTUK CAMILAN DI SAAT SANTAI


Memiliki anak-anak yang beranjak remaja,  membuat hidup saya semakin berwarna. Selalu saja ada cerita baru yang mereka bagikan. Entah itu curhat tentang hal-hal mengganggu yang mereka alami, sampai cerita yang menyenangkan. Saya selalu menikmati setiap kali mereka bercerita. Kadang, sambil mendengarkan, ingatan  saya melayang ke saat-saat mereka masih kecil. Saat seperti inilah, tiba-tiba menyadari betapa waktu cepat sekali berlalu.

Seiring bertambahnya usia anak-anak, Kesibukan dengan tugas-tugas sekolah akan semakin meningkat. Waktu untuk curhat mulai berkurang. Apalagi si adek sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir, dan kakaknya, saat ini sedang magang di sebuah hotel di Jakarta Selatan dengan jam kerja yang selalu berganti-ganti. Sesuai schedulle yang didapat. Ritme kerja yang nggak teratur ini, yang harus disiasati dengan menjaga tubuh agar tetap fit. Makannya harus dijaga banget, jangan sampai telat.

Untuk mengimbangi jadwal mereka yang padat, saya berusaha untuk menyiapkan makanan yang praktis, cepat dimasak dan cepat juga disantap. Untuk olahan sayuran pun, saya usahakan untuk masak sedekat mungkin dengan waktu makan. Jadi, rasanya segar. Favorit mereka sih kangkung, capcay dan tumis bayam. Untuk rasa yang lebih enak, saya tambahkan Masako bumbu penyedap masak. Masako dibuat dari daging asli dan rempah pilihan. Sekarang ada Masako baru loh, kemasan 10 gram. Resep barunya membuat kaldu dagingnya terasa lebih lezat. Rasa gurihnya pun membuat kita nggak perlu lagi menambahkan garam ke dalam masakan. Anak-anak makan sayurnya jadi lebih lahap.

Dengan kesibukan yang dihadapi anak-anak sekarang, saya selalu menyiapkan camilan di sore hari. Karena anak saya suka camilan yang berbumbu, jenis makanan kecil yang saya buat biasanya nggak jauh-jauh dari risoles isi sayuran atau mayones, martabak telor, makaroni schotel atau siomay yang dikukus atau pun digoreng. Yang paling sering sih lumpia. Karena kulit lumpia selalu tersedia di kulkas. bikinnya pun cepat dan lebih praktis. Selain itu, isiannya bisa diganti-ganti.
Rasanya seneng deh, kalau lihat dia menghabiskan camilan yang saya buat. Sehabis mengerjakan soal-soal di buku pelajaran, dia jadi semangat makan.


Oh ya, kali aja ada teman-teman yang mau bikin lumpia juga, di bawah ini saya tuliskan resepnya.




LUMPIA GORENG

Bahan :

  • 12 lembar kulit lumpia
  • 2 buah kentang potong kotak kecil, rebus sebentar
  • 2 buah wortel, potong kotak kecil, rebus sebentar
  • 200 gram dada ayam, rebus. potong kotak kecil atau bisa juga disuwir
  • 1 buah bawang bombai 
  • 2 siung bawang putih 
  • 1 sdt masako kaldu ayam
  • 1/2 gelas susu cair
  • terigu secukupnya
  • pala bubuk secukupnya
  • merica secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • margarin secukupnya



Cara Membuat :

  1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang kasar sampai harum. Masukkan daging ayam. Aduk-aduk.
  2. Tambahkan kentang dan wortel.
  3. Tambahkan susu cair, masako kaldu ayam, gula pasir, pala bubuk dan merica. Koreksi rasanya.
  4. Tambahkan susu cair.
  5. Aduk sampai rata dan sedikit mengental.
  6. Tambahkan tepung terigu, aduk cepat hingga rata.
  7. Matikan api. Dinginkan.
  8. Ambil selembar kulit lumpia, isi dan gulung sesuai selera.
  9. Rekatkan dengan putih telur atau air yang dikentalkan dengan tepung terigu.
  10. Goreng sampai matang.


Sebenarnya, banyak sekali ide camilan yang bisa dibuat dari kulit lumpia. Kadang, kalau lagi pengen yang kriuk-kriuk dan pedas, kulit lumpianya saya potong memanjang, trus digoreng. Setelah itu, siapkan bumbu pedasnya yang dibuat dari cabe merah besar dan cabe rawit merah, sedikit bawang putih, gula pasir dan masako kaldu ayam dan daun jeruk. Campurkan dengan kulit lumpia goreng sampai terbalut rata. Abis itu masukin toples deh. 


Hm, ujian akhir sudah makin terpampang nyata di depan mata. Sejujurnya, saya deg-degan banget. Perasaan inilah yang selalu muncul setiap kali anak-anak akan naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mungkin mamanya lebih cemas dari anaknya ya.. hahaha.

Semoga nanti hasilnya memuaskan. Dapat nilai bagus dan diterima di SMA impiannya. Doakan ya, teman-teman.. :)










22 comments:

  1. amin, semoga dilancarkan ujiannya dan bisa masuk sekolah yg diimpikan.
    Camilannya enak nih, aku suka camilan lumpia, anak-anak juga suka. Tapi kalo aku makannya dengan cabe rawit, tambah nikmat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih Mbakli.
      Iya Mbak, kalo aku juga suka pake cabe rawit.lebih nikmat ya :)

      Delete
  2. Lumpia ini termasuk cemilan yang sering dibikin sama mamaku. Padahal bikinnya gampang kayaknya tapi tetep aja aku males bikinnya hahaha. Lihat postingan mbWay jadi pengen bikin deh aku. Pakai masako tambah endeus endolita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka nyetok kulit lumpia, soalnya isinya bisa dimacem-macemin. Kalo lagi males banget, tinggal masukin potongan keju, taburi gula dikit, trus digoreng. Jadi camilan deh :)

      Delete
  3. Aku lumpia. Cuma selama ini taunya yang isinya rebung. Ternyata bisa juga diisi selain rebung. Coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak Ade. Malah diisi potongan nanas aja udah enak :)

      Delete
    2. wah.. iya ya.. segar banget kalo pake nanas ya waya

      Delete
  4. Mbak wayaaa mau dooong. Isiannya enaaak. Kalo bikin sendiri isian ayamnya bisa banyaaak & pake banyak sayuran juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Isti, ayamnya banyakin. Bisa juga ganti dengan daging sapi dan sayuran favorit anak-anak. Pokoknya bebas :)

      Delete
  5. Aku pasti semangaaat nih belajar sambil makan makanan yang enaaak home made seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya. Kalo ada camilan itu rasanya tenang ya. Belajarjya nyangkut :D

      Delete
  6. Sekarang mah praktis ya Mbak. Mau bikin lumpian camilan anak anak, kulit lumpia bs dibeli dan stock di lemari es. Kapan pun mau bikin, tinggal bikin isiannya. Aku dong, belum sukses bikin lumpia. Kulitnya selalu petjah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kulit lumpianya beli jadi Astin. Nggak pernah coba bikin sendiri :D

      Delete
  7. Ya ampuun, aku mau dong mbak buat bekal klo lg ngetik2 haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, buat bekal ngetik boleh banget Mel, nggak berasa abis brrapa biji aja :D

      Delete
    2. Mauuu yaaa mbak dibuatin. Pesen deh peseeeen. Kirim pake gojek ya.

      Delete
  8. Kapan-kapan bikin lumpia juga ah... Kulit lumpia pernah bikin tapi gagal terus 😂🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  9. Aku ngelihat anakku sedang belajar di sekolah aja, terharu. Apalagi pas ujian. Semoga mamanya bikin cakilan nan lezat ini, anaknya nambah semangat belajarnya ya, Mbak

    ReplyDelete
  10. Mbak Waya, thank for resepnyaa. Ini kesukaan tanteku.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Waah favoritku banget niih lunpia. Pokoknya makanan apapun yang pake cabe atau saus sambal makannya aku sukaaa. Yang paling susah dr lunpia itu bikin kulitnya kalo aku.

    ReplyDelete
  13. Wah, bisa ngalahin Lumpia khas kampung saya nih..

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)