28 December 2018

DRAMA MUSIKAL DONGENG POHON IMPIAN



Hai, teman-teman..
Masih ingatkah dengan tulisan saya beberapa waktu yang lalu, tentang Drama Musikal Dongeng Pohon Impian yang digelar oleh NIVEA, sebagai bagian dari kampanye #SentuhanIbu? Tulisannya ada di sini.

Akhirnya, waktu yang ditunggu datang juga. Senang sekali saya mendapat

SEMARAKNYA KADO AKHIR TAHUN DARI MNC VISION





Wah, nggak berasa ya, kita sudah berada di penghujung tahun 2018. Momen akhir tahun begini adalah momen yang sangat dirindukan, karena waktunya berkumpul dengan keluarga menikmati liburan seru bareng di akhir tahun. Liburan yang ditunggu-tunggu banyak orang.

Btw, teman-teman pada liburan kemana, nih?

Untuk yang pergi liburan ke luar kota atau ke luar negeri, pasti

27 December 2018

Wisata Kuliner Pucuk Coolinary X Big Bang JI Expo Kemayoran



"Dek, kita jalan-jalan yuk.. sekalian kulineran"

Tanpa perlu menunggu lama, ajakan saya langsung diiyakan Si Bungsu. Dengan wajah berbinar dan senyum mengembang, segera ia bersiap. Sayangnya, Kakak menolak ikut karena terlanjur janji dengan teman-temannya.

Pukul 13.00, Saya dan Naufal meninggalkan rumah menuju JI-Expo Kemayoran. Perjalanan kami terasa panjang karena siang itu dihadang kemacetan. Pukul 15.30 kami memasuki area Gedung Niaga. Membeli tiket masuk sebesar 30 ribu/orang dan langsung menuju

25 December 2018

PENTINGNYA MENGETAHUI HUKUM PERJANJIAN PERKAWINAN DAN SEGALA AKIBAT HUKUMNYA





Memutuskan untuk menikah dan memulai hidup baru dalam sebuah ikatan perkawinan adalah dambaan setiap orang. Karena dengan menikah, sebuah babak baru dalam kehidupan akan dimulai. 
Selain mempersiapkan diri dengan segala pernak-pernik pernikahan, termasuk memenuhi semua persyaratan untuk melangsungkan pernikahan. ternyata masih ada hukum perjanjian perkawinan yang penting untuk diketahui.

Pasti pada tau perjanjian pranikah, kan?

Nah, Desember 2018 lalu, saya berkesempatan untuk mengetahui lebih jauh tentang perjanjian perkawinan, di acara Coffee Morning - Postnup Agreement bersama Irma Devita Learning Center, di kawasan Kelapa Gading - Jakarta Timur, dengan narasumber Irma Devita, SH, MKn & Windi Berlianti, SH, MKn. Dihadiri oleh berbagai kalangan dari dalam dan luar Jakarta.
Materi yang dibicarakan adalah Prenuptial Agreement dengan segala akibatnya, akibat hukum dari Postnup Agreement, pembuatan Akta dan Pendaftarannya.

Perjanjian pranikah atau disebut juga Prenuptial Agreement, adalah perjanjian yang dibuat sebelum perkawinan dilangsungkan. Perjanjian ini bertujuan untuk memberi kejelasan tentang segala sesuatu yang disepakati bersama. Biasanya sih, tentang harta yang dimiliki pribadi kedua pasangan. Tapi, nggak selalu tentang harta sih, ada juga tentang hal-hal lain, yang pada intinya memerlukan kesepakatan bersama.



Mungkin buat sebagian orang, membicarakan soal perjanjian pranikah rasanya agak gimana gitu ya..
Kesannya, baru mau menikah, kok udah mikirin yang enggak-enggak. Atau ada perasaan, belum apa-apa udah ada rasa saling nggak percaya. Padahal tujuannya nggak gitu juga sih. Semata-mata bukan masalah ketidakpercayaan. Dan untuk perjanjian ini ada undang-undang yang diterbitkan pemerintah untuk mengatur hal ini.

Kalau dilihat dari manfaatnya, ternyata perjanjian pranikah bisa memberikan jaminan kepada kedua belah pihak, loh. Keduanya akan lebih nyaman karena harta bawaan masing-masing tetap menjadi tanggung jawab masing-masing. Bayangkan jika salah satu memiliki tanggung jawab dengan utang atau hal lainnya, kasian kan, akibatnya jadi ikut terlibat.
Demikian juga bila terjadi sesuatu yang nggak diinginkan lainnya. Perjanjian ini akan memposisikan semuanya sesuai dengan kesepakatan. Sesuai dengan undang-undang.

Jadi, harta yang didapat setelah menikah, barulah menjadi milik bersama. Tapi, perjanjian ini bisa berubah kok. Kalau nanti di tengah perjalanan berumah tangga, ingin membuat kesepakatan baru, ya boleh-boleh aja.

Pada umumnya perjanjian pranikah juga dilakukan oleh orang yang akan menikah dengan orang asing. Ada juga yang membuat perjanjian karena ingin menjadi pengusaha. Menjadi direktur dari persero aktif atau CV. Jadi, dari awal sudah dilakukan kejelasan.

Adapun syarat untuk melakukan perjanjian pranikah berdasarkan pasal 29 UU Perkawinan tahun 1974, akan dinyatakan sah dan mengikat apabila

  • Dibuat pada waktu atau sebelum perkawinan dilangsungkan
  • Dilangsungkan oleh kedua pihak atas persetujuan bersama
  • Dibuat dengan tertulis
  • Disahkan oleh pegawai pencatat perkawinan

Jadi, pada intinya yang harus diingat adalah perjanjian prenuptial harus didaftarkan atau dicatatkan dalam buku nikah atau kutipan akta perkawinan catatan sipil. Jika tidak didaftarkan, maka tidak akan mengikat bagi pihak ketiga.

Bagaimana dengan orang  yang menikah di luar negeri?

Perjanjian Prenuptial juga bisa dilakukan di luar negeri, kok. Namun baru dianggap berlaku apabila memenuhi syarat sah perjanjian kawin dalam pasal 29 UU No.1/1974, dan harus dilegalisasi oleh Kementerian Kehakiman dan/atau Kementerian Luar Negeri negara dimaksud dan Perwakilan Republik Indonesia di negara setempat.


Nah, selanjutnya bagaimana dengan perjanjian setelah menikah yang dikenal dengan Postnuptial Agreement?

Berbeda dengan Prenuptial Agreement, Postnuptial dapat dibuat di bawah tangan dan disahkan oleh pencatat perkawinan atau dengan akta notaris.
Pemisahan terhadap harta dapat dilakukan terhadap harta-harta yang diperoleh setelah perjanjian kawin dibuat. Terhadap harta yang diperoleh sebelum perjanjian kawin dibuat, berlaku ketentuan pasal 21 (3), pasal 30 (2) dan pasal 33 (2) UUPA
Dalam perjanjian kawin sebaiknya dibuatkan list harta yang sudah dimiliki sebelumnya, di mana terhadap harta tersebut tetap tercampur.


Jadi, apapun pilihannya, baik itu Prenuptial Agreement atau Postnuptial Agreement lakukan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku.

Untuk lebih jelasnya, bisa kunjungi  website : www.irmadevita.com 




Irma Devita Learning Center



Kegiatan Coffee Morning yang diadakan oleh Irma Devita Learning Center (IDLC) ini, adalah event pertama yang digelar, untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang masalah hukum.

Dalam waktu dekat, IDLC akan mengadakan seminar hukum dengan bemacam-macam topik menarik lainnya. Untuk informasi bisa cek di
twitter @irmadevita.com@irmadevita.com, fb : panduanhukumpraktis Instagram : irmadevitacom

Sampai jumpa di event berikutnya, ya. :)















24 December 2018

BELANJA HEMAT DENGAN HARGA TEMAN DARI GIANT




Sebagai Ibu yang memiliki kewajiban mengurus belanja rumah tangga, menjelang perayaan hari-hari besar, biasanya adalah waktu untuk pintar-pintar cari solusi dalam menghadapi kenaikan harga.
Harga kebutuhan sehari-hari meningkat tajam. Seperti saat ini, jelang natal dan tahun baru, beberapa bahan pokok sudah mengalami kenaikan sejak beberapa minggu lalu. Padahal di hari libur akhir tahun begini, kebutuhan bertambah dengan aktivitas libur sekolah anak-anak.

Sebenarnya, supaya urusan belanja tetap aman, keinginan saya sih nggak muluk-muluk. Bila nggak mungkin turun, cukup lah harga-harga di pasaran dibuat stabil, supaya saya bisa menyajikan yang terbaik untuk keluarga. Nggak usah pakai naik-naikan harga. Karena, yang namanya kebutuhan sehari-hari tetap juga harus dibeli, kan.

Kalau teman-teman gimana, pada setuju nggak, kalau harga-harga tetap stabil?

Saya yakin pada setuju, sih. Walau pun sebenarnya di lubuk hati terdalam, kita semua selalu menginginkan harga diskon. Selisih harganya kan bisa dialokasikan buat beli yang lain.

Ternyata ya, keinginan sederhana saya terjawab. Giant melanjutkan program Harga Teman sebagai lanjutan dari program di bulan Agustus lalu. Wah, seketika jadi semangat belanja.

19 December 2018

DUKUNGAN MINESKI UNTUK ESPORTS INDONESIA



Pertama kali melihat jejeran foto profil para gamers ini, saya teringat dialog yang sering saya ucapkan di rumah.

“Adeeek.., jangan main game terus!”

“Kakak, udahan dong main game nya..”

“Aduh, ini mau berhentinya kapan sih? Susah amat dibilangin, ya”

Hahaha, gitu amat ya!

Sebagai orang tua yang punya anak jelang remaja, saya yakin banyak teman-teman yang sering mengucapkan hal yang sama pada anak-anaknya. Khususnya di hari-hari libur seperti sekarang ini.

Main game bagai memiliki magnet luar biasa. Saya tau banget rasanya. Soalnya dulu pernah

08 December 2018

LEZATNYA OLAHAN BEBEK DI RESTO BEBEK BENTU BSD YANG BIKIN NAGIH




Siapa suka bebek goreng, ditambah dengan nasi panas mengepul dan sambal pedas yang bikin garuk-garuk kepala?

Saya sih suka bangeeet! Bebek goreng dengan aroma yang menggoda, dijamin nggak perlu waktu lama buat menghabiskannya. 😋

Bebek memang menjadi hidangan favorit banyak orang karena rasanya yang unik. Apalagi cocok disajikan dengan bermacam-macam sambal.
Seperti yang saya coba di Resto Bebek Bentu Serpong Jaya, minggu lalu. Sebagai pecinta makanan enak, rasanya rugi kalau

05 December 2018

DRAMA MUSIKAL DONGENG POHON IMPIAN UNTUK KELUARGA INDONESIA DARI NIVEA



Kapan terakhir kali Buibu mendongeng untuk anak?
Mendongengnya dengan sepenuh hati ya. Dalam artian dilakukan dengan penuh cinta, pikiran yang nggak kemana-mana dan sentuhan lembut ketika bercerita.

Mendongeng ternyata penting banget dilakukan untuk menumbuhkan bonding antara ibu dan anak. Termasuk ayah juga lho. karena para ayah juga bertanggung jawab untuk membangun kedekatan dengan anak.

Mengapa mendongeng itu menjadi penting?

Karena ketika kita bercerita, anak akan memfokuskan seluruh perhatiannya kepada kita.

Tapi, bagi sebagian orang, mendongeng nggak semudah itu. Banyak orang tua yang nggak percaya diri untuk bercerita di depan anak-anaknya. Belum lagi kalau orang tua nggak punya banyak cerita. Kasian anaknya kan, tiap hari didongengin cerita yang itu-itu aja. Padahal, seiring berjalannya waktu, ada saingan berat yang siap mengalihkan perhatian anak dari kita.
Siapa dia?
Dia adalah gadget 😊
Kalau kita nggak menumbuhkan kedekatan dengan anak sejak dini, nantinya kita juga yang akan susah. Kedekatan secara emosional harus dibangun. Jangan dadakan.

Mendongeng Dengan Sepenuh Hati




Di acara yang diadakan NIVEA, #SentuhanIbu Melalui Mendongeng, yang saya hadiri pada tanggal 28 November 2018 lalu, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, dipandu oleh MC Mona Ratuliu membuat saya semakin mengerti betapa pentingnya mendongeng. Dengan narasumber Kak Seto Mulyadi, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia dan Kak Ariyo Zidni, Pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Berbagai pertanyaan tentang sulitnya mendongeng terjawab.

Menurut Kak Seto, membaca dan mendongeng berkontribusi dalam perkembangan anak, karena dapat mengaktifkan pusat emosi di otak dan melatih fokus perhatian mereka. Mendongeng membantu melatih anak berpikir secara terstruktur, menstimulasi kreativitas, memperkenalkan berbagai nuansa emosi dan proses identifikasi yang erat kaitannya dengan pembentukan pribadi positif ketika kelak anak menjadi dewasa.

Mendongeng bukan semata-mata bercerita tentang kisah-kisah pada jaman dulu seperti legenda dan sebagainya. Orang tua bebas bercerita tentang apa saja. Tentang lingkungan sekitar. Tentang kehidupan binatang. Atau tentang hal-hal sederhana yang dipadukan dengan pesan moral di dalamnya. Supaya nggak kehabisan bahan, rajin-rajinlah membaca untuk memperkaya koleksi cerita.
Supaya lebih seru, sesekali mintalah anak untuk bercerita kepada kita. Biarkan mereka membebaskan imajinasinya kemana saja. Lama-lama kreativitas mereka akan terus terasah.

Gimana kalau orang tua nggak pede saat bercerita?

Nah, untuk hal ini, Kak Ariyo Zidni mengungkapkan kalau mendongeng atau bercerita itu mudah. Semua orang dapat melakukannya. Nggak perlu malu untuk memainkan ekspresi wajah. Anak-anak akan menikmati cerita sederhana yang disampaikan dengan ekspresif, intonasi suara dan gerak tubuh yang pas Nggak perlu berlebihan juga. Tapi akan membuat cerita menjadi lebih menarik.

Kebiasaan mendongeng yang kita lakukan, akan berdampak pada tumbuh kembang anak. Kelak ketika mereka tumbuh dewasa, mereka akan menyimpan kenangan indah saat Ibu atau Ayah mendongeng.


Persembahan Drama Musikal Dongeng Pohon Impian




Menyambut Hari Ibu tanggal 22 Desember nanti, NIVEA yang telah menjadi bagian dari keluarga di dunia selama satu abad, mengkampanyekan NIVEA #SentuhanIbu. Seperti yang disampaikan Mr. Halger Walters, President Director PT. Beiersdorf Indonesia, 'Momen Sentuhan Ibu' adalah melalui mendongeng. Dengan mendongeng, Ibu dapat memberikan kenyamanan dan menyampaikan nilai-nilai penting seperti saling menghargai, berani, tulus dan penuh kasih sayang sejalan dengan filosofi NIVEA. Melalui kampanye ini, NiVEA ingin mendorong para Ibu untuk menjadikan mendongeng sebagai kegiatan yang menarik.

Ada persembahan spesial dari NIVEA untuk keluarga Indonesia. Inspirasi mendongeng akan tersaji indah dalam drama musikal 'Dongeng Pohon Impian' pada tanggal 22 Desember tepat di hari Ibu nanti.

Seperti yang dijelaskan oleh Brand Manager NIVEA Creme, PT. Beiersdorf Indonesia, Arum Nurhandayani, drama musikal 'Dongeng Pohon Impian' mengembangkan konsep mendongeng melalui digital video musical. Dongeng Pohon Impian menceritakan makna sentuhan Ibu bagi anak dengan berbagai karakter yang unik. Disajikan dengan cerita yang menarik dan lagu-lagu yang ceria.

Pohon impian yang saya saksikan ketika acara berlangsung, memang mengundang rasa penasaran. Ekstrak pohon impian memiliki kekuatan untuk...
Hm, jangan diceritain lah yaa. Pokoknya dongeng Pohon Impian bakalan seru. Pas banget untuk memeriahkan hari yang sangat istimewa. Hari Ibu.. ❤



Untuk tiketnya udah bisa dibeli lho. Bisa didapatkan di Lazada. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa cek di www.nivea.co.id 

27 November 2018

5 BARANG YANG SELALU ADA DI TAS SAYA




Hai, hai.. apakabar?
Hari ini, saya mau kasih tau 5 barang yang selalu ada di tas saya. Kali aja ada yang kepo, saya bawa apa aja.
Hm, nggak ada yang aneh sih, karena semuanya memang barang yang penting. Kalau satu aja nggak kebawa rasanya nggak nyaman.


1. Handphone

Ini super dupper penting. Rasanya lebih rela ketinggalan dompet daripada ketinggalan handphone. Karena semua pekerjaan mengharuskan saya untuk main hp 😆. Nggak bawa handphone berarti saya nggak bisa live twitt, nggak bisa posting di media sosial seperti facebook, Instagram dan blog, sedangkan pekerjaan seorang blogger meliputi itu semua. Makanya, jangan sampai ada cerita handphone ketinggalan.

2. Powerbank

Kalau ketinggalan powerbank, rasanya mati gaya. Event belum selesai, batre hp udah sekarat. Gimana mau posting-posting. Makanya powerbank penting banget untuk menemani pekerjaan seorang blogger.

3. Dompet Kartu

Segala kartu ada di sini. KTP, ATM. Paling banyak sih, kartu Flazz.. hahahah. Emang ya, dasar anak TJ.

4. Pouch Kosmetik

Kalau yang ini senjata untuk touch up. Isinya bedak, lipstik, ada permen, lotion botol kecil, pulpen dan  juga memo ukuran kecil.

5. Tas Serbaguna

Kalau ini berguna untuk jaga-jaga kalau saya mendadak mampir ke minimarket. Sebisa mungkin belanja nggak pakai plastik.



Sebenarnya ada beberapa barang lagi yang selalu ada di tas. Tapi, 5  udah cukup lah ya..😊
FYI, ada rasa bahagia ketika melihat semua barang yang saya foto untuk tulisan ini. Semua saya dapatkan dari hasil menulis. Dari hasil ngeblog.

- Handphone
Hadiah dari lomba blog yang diadakan Viva news.

- Powerbank
Hadiah dari lomba foto produk The Body Shop di event launching buku.

- Dompet Kartu
Goodiebag dari event gathering Sunlife. Dompet ini kesayangan banget. Gak peduli walau sebagian kulitnya udah menipis. Soalnya suka saya kantongin juga. 😅

- Pouch Kosmetik
Ini saya dapatkan ketika liputan produk LAWE Kain Lurik Indonesia. Lipstik dan Bedak Two Way Cake juga saya dapatkan dari bingkisan di event gathering blogger. Memo dan pulpennya juga. Lotion?
Hihii, itu saya pindahin dari wadah TBS yang gede. Dapat dari event juga.. 😄😄

- Tas Serbaguna
Saya dapatkan dalam berbagai ukuran, di dalam goodiebag ketika meliput event Prestasi Junior. Ini juga kesayangan 😊

Hm, baru nyadar. Jadi yang saya beli sendiri apa dong, ya..
Permen?
Hahahahaa.. iyaaa. Alhamdulillah, ya. Pekerjaan sebagai blogger benar-benar membawa berkah buat saya. Sampai-sampai seluruh isi tas  adalah hadiah. Nikmat mana lagi yang mau saya dustakan.

Alhamdulillah, alhamdulillah..









25 November 2018

5 FAKTA TENTANG SAYA



Sebenarnya tema hari ini tuh rasanya agak-agak gimana ya.. Berasa buka-buka rahasia sendiri. Bayangkan, masa sih, saya harus membeberkan 5 fakta tentang saya ke seluruh jagad maya? Padahal udah susah-susah jaga image loh.. 😂 hahahaha *apa'ansiiy^^

Tapi, demi kelangsungan one day one blog post ini, saya akan beberkan fakta-fakta yang mungkin orang lain belum tau. Terimalah fakta ini dengan lapang dada 😆

5 fakta tentang saya :

1. Perajuk

Mungkin ada yang belum tau perajuk itu apa. Kalau dalam bahasa Melayu, orang yang perajuk adalah orang yang suka merajuk. Gampang ngambekan gitu. Hatinya mudah terluka. Fragile kayak gelas kaca. Kadang suka meledak-ledak. Tapi kadang diam aja sambil merenung dalam-dalam. Biasanya kalo udah gini, butuh waktu sebentar untuk menenangkan diri.  Habis itu ya ceria lagi..
*Duh, malu rasanya mengakui ini 🤣

2. Cengeng & Baperan

Saya orang yang gampang sekali terharu. Kesentuh hati dikit, langsung meleleh. Diam-diam elap air mata.
Nonton juga gitu. Kadang saya nangis sampe mata sembab. Udah tau baperan, gampang nangis tapi malah hobi nonton film drama.
Maunya semua film tuh endingnya happy. Saking bapernya, sampe sekarang masih gak puas dengan sad ending di film Me Before You & film India Tum Hi Ho. Kenapa ya, kedua cowok itu harus mengakhiri hidupnya. Kenapa nggak memilih bahagia aja sama pasangannya. Kenapa mereka nggak....
Duh, gemes. Padahal walaupun endingnya begitu, saya tetap aja nonton filmnya berkali-kali. Tetap nangis dan tetap baper. 😅😅

3. Repot Kalo Mau Beli Sepatu

Dari dulu saya selalu males-malesan kalau mau beli sepatu. Soalnya, ukuran sepatu saya kalo nggak 41 ya 42. Jarang banget ketemu yang cocok. Apalagi salah satu kaki saya panjangnya lebih setengah senti. Dan masalahnya, kadang beda brand beda juga ukurannya. Tapi, sekarang udah nggak terlalu jadi masalah. Saya sudah menemukan satu brand yang cocok. Ukurannya udah pas di kaki saya. Jadi nggak repot lagi kalau mau cari sepatu.

4. Tukang Nyasar

Entah kenapa, saya susah sekali mengingat arah dan nama jalan. Kadang semua tampak sama. Nggak terhitung berapa kali saya nyasar dan buang-buang waktu di jalan. Untuk meminimalisirnya kalau pas harus berangkat sendiri, saya naik gojek. Tapi, kadang-kadang drivernya nggak hapal jalan. Jadi, dia ngelewatin jalan utama yang jadinya lebih jauh. Saya tau sih, ada jalan pintas, tapi saya nggak bisa kasih tau dia lewat mana. Pernah sih sok-sok kasitau gitu. Tapi selanjutnya saya lupa. Jadinya malah nanya-nanya mulu ke orang-orang. Konyol banget rasanya..

5. Cinnamon Lovers

Saya suka sekali dengan aroma eksotis kue dan biskuit kayu manis. Biskuit Verkade yang bentuknya lucu itu favorit saya. Sore-sore ditemenin biskuit dan secangkir teh hangat bisa bikin kebahagiaan saya sempurna.

Apalagi kalo ada kue-kue yang dipadu kismis. Kayak Cinnamon Rolls, Klapertart, setup buah atau apple pie dengan kayu manis yang banyak. Hm, bisa-bisa saya abisin sendiri. 😋😋

Nggak cuma suka makannya aja, sih. Buat saya, menghirup aroma kayu manis bisa mendatangkan ketenangan. Nggak percaya? Coba aja..


Nah, itulah 5 fakta tentang saya yang udah saya buka. Tema ngeblog soal buka-bukaan fakta diri sendiri ini, ternyata seru ya.
Legaaa.. untung cuma 5.  Kalo 10? Hahahah, kebongkar semua rahasia saya ^^

Sekarang tinggal rasa penasaran, kira-kira teman-teman lain pada nulis  apa ya?
Nggak sabar pengen baca. Siapa tau  ada yang sama dengan saya ^^

Sampai bertemu di tema selanjutnya.


Salam :)















24 November 2018

TENTANG MEDIA SOSIAL




Pernah kesel nggak, baca-baca komentar di Instagram atau Facebook di postingan seseorang yang kebetulan nggak sejalan dengan pikiran yang membuat komentar?
Kalimat-kalimat negatif, keluar dengan mudahnya. Sumpah serapah, cacian bahkan hinaan mengalir tanpa ada rem sedikitpun. Sampai-sampai kita yang baca hanya bisa mengelus dada. Kok, bisa ya..

Ada pepatah yang udah populer sejak dulu, "Mulutmu Harimaumu" yang mengingatkan kita untuk hati-hati bicara. Sekarang, itu aja udah nggak cukup lagi, ya.
Perlu ditambah dengan "Jempolmu Harimaumu" Karena kebebasan berkomentar di media sosial membuat jempol-jempol cepat sekali mengetik. Tanpa pikir lagi langsung reply. Mungkin karena nggak bertatap muka ya, mereka merasa sah-sah aja nyinyirin hidup orang.

Yah, begitulah. Hidup di jaman now, media sosial menjadi wadah untuk berekspresi. Bagi yang memanfaatkan akun media sosialnya dengan baik, akan mendapatkan keuntungan. Misalnya untuk membangun networking. Pertemanan yang baik akan membawa kita ke hal-hal yang baik. Sebaliknya, kalau nggak bisa menggunakan dengan baik, apa yang dilakukan jadi sia-sia. Komentar-komentar jelek, suka menghina orang lain sebenarnya mencerminkan siapa diri kita.

Padahal, banyak sekali peluang yang bisa didapat kalau kita bijak. Ibarat pegang remote control, kita sendiri yang tentukan mau pilih yang mana.

Media Sosial buat saya, membuka banyak sekali kesempatan. Dari media blog saya belajar untuk menulis dan dengan berjalannya waktu, benefit datang sendiri. Lewat Facebook pun demikian. Banyak teman banyak rejeki. Berteman dengan orang-orang positif membuat saya juga terpacu untuk meningkatkan kemampuan seperti mereka.
Sebaliknya, dengan orang-orang yang selalu menebar hal negatif yang bikin saya nggak nyaman, saya pilih skip aja. Lebih baik jaga hati sendiri.

Lewat media sosial Facebook pun, saya bersyukur banget,  bisa bertemu lagi dengan teman-teman masa sekolah yang sudah 24 tahun nggak ketemu. Berkat adanya facebook kami bersatu lagi dalam persaudaraan yang lebih erat. Langsung reuni pulak. Bahagianya nggak bisa dijelaskan :)

Dulu terakhir kali ketemu, kami masih putih abu-abu, sekarang udah ibu-ibu.. ^^



Apapun media sosial yang kita punya, baiknya lakukanlah untuk hal yang bermanfaat. Membangun usaha online, mempererat tali persaudaraan, menyatukan lagi yang tadinya sempat terpisah, menebar ilmu dan hal-hal positif lainnya.


Buat yang hobi share berita, pastikan dulu yang kita share bukan hoax.  Telusuri dulu sumbernya. Percayalah, ada kok, postingan-postingan yang sengaja dibuat untuk memancing keributan. Jangan sampai gara-gara kita, banyak orang jadi kemakan hoax. 🙄
Jangan lupa, ada Undang-undangnya.

UU-ITE siap mencaplok siapa saja yang melanggarnya. Ngeri, kan.. udah banyak loh, yang dipenjara.
So, mari sama-sama jaga jempol.

Semoga kita selalu dilindungi Allah SWT dari hal-hal buruk  ya.

Salam..



23 November 2018

KENAPA SAYA BERGABUNG KE BLOGGER PEREMPUAN NETWORK



Hello..
Apakabar teman-teman semua?
Semoga semangat selalu menyertai langkah kita, ya..
Sebagai mamah-mamah kekinian, semangat jangan dikasih kendor. Karena tugas kita tiap hari sebagai istri dan ibu (dilanjut dengan intip-intip sosial media 😆), adalah tugas mulia.

Meski bukan wanita karir dan lebih banyak berada di rumah. Bukan halangan untuk kita mengembangkan diri lho. Walaupun beberapa orang kadang nggak bisa menahan kenyinyirannya untuk memandang ibu rumah tangga sebelah mata. Seolah-olah memilih untuk tidak bekerja di luar itu, adalah keputusan yang tidak keren.

Saya pernah mengalaminya beberapa kali. Dan rasanya nggak enak banget. Tapi, begitu saya jelaskan kalau saya punya pekerjaan lain, yaitu blogger, eh dia malah nanya "blogger itu apa ya Mbak?"
Hahahahaa.. saya malah pengen ketawa ngakak. Mainnya kurang jauh yaa ^^

Walau berada di rumah, bukan berarti perempuan tidak bisa mengembangkan diri. Apalagi hari gini. Yang punya minat berwirausaha, bisa merintis usaha online dengan memanfaatkan akun sosial medianya.
Yang berminat tulis menulis juga bisa mengasah kemampuan menulisnya dengan mengikuti kegiatan di komunitas menulis.

Sebagaimana layaknya (duh, bahasanya jadul ya 😂) wanita karir yang memiliki penghasilan. Kita yang di rumah juga bisa kok, menambah pemasukan dari hobi menulis. Jadi, hobi yang menghasilkan gitu.

Karena yang namanya hobi pasti ngerjainnya dengan rasa senang.



Saya merasa beruntung banget, bergabung dengan Blogger Perempuan Network. Sebuah platform khusus untuk kaum Hawa yang ingin belajar dunia blogging seluas-luasnya dan memaksimalkannya. Anggotanya? Sekarang sudah lebih dari 4 ribuan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Saya banyak mendapatkan manfaat ketika bergabung dengan Blogger Perempuan. Mulai dari ilmu-ilmu yang membuat wawasan kita menjadi kaya, juga kesempatan untuk meraih penghasilan. Banyak tawaran kerjasama yang bisa didapatkan sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Untungnya Blogger Perempuan sering banget ngadain gathering dengan tema-tema  yang memang dibutuhkan oleh seorang blogger. Seperti gimana caranya mereview sebuah produk dengan menarik, atau tehnik mengambil foto yang apik. Jadi, dengan ilmu yang kita dapat, apa yang kita sajikan di blog jadi semakin baik.

Blog yang dikelola dengan baik, akan memikat brand-brand untuk memilih kita sebagai perpanjangan tangan mereka. Kalau sudah begini, pasti deh jadi makin cinta sama blognya. Karena bisa menghasilkan.
Kan ada yang bilang " pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar"

Tapi  jangan lupa ya, di antara itu semua, yang penting adalah menikmati prosesnya. Tumbuh dan berkembang bersama teman-teman yang mempunyai misi yang sama. Nikmatnya menjadi berdaya dan menjadi bermanfaat bagi sesama.

Semoga apa yang kita sebarkan selalu bermanfaat, ya..

Salam :)






































22 November 2018

INILAH ALASAN SAYA MENGGUNAKAN NAMA UNTUK BLOG




Bertemu lagi kitah 😍
Hari ke 3 ini saya mau ngomongin soal apa alasan saya memilih nama blog yang sekarang.
Ngomongin alasan saya ketika memilih nama blog ini membuat saya jadi flashback ke saat awal-awal bikin blog. Cari nama itu nggak mudah. Apalagi sebuah nama yang bisa mewakili diri kita. Paling enggak ya sesuai lah dengan konten apa yang akan kita tulis di blog tersebut.
Seringkali ketika ketemu yang cocok, pas dipasang ternyata udah ada yang pakai. Akhirnya gak jadi. Trus terpaksa mikir lagi.

Mungkin teman-teman juga ada yang merasakan seperti apa yang saya alami, ya..
Berulang kali masukin nama, tapi gak bisa karena sudah dipakai orang lain. Rasanya malesin banget, kan..

Hm, saya jadi ingat, dulu pernah punya blog di blogdetik dengan nama Menarahati. *Uwuwuw.. unyu yaa 😂 rencananya khusus buat curhat galau-galau gitu. Tapi, akhirnya gak saya terusin. Malu.. hahaha. Lalu sempat juga bikin di wordpress. Tapi saya lupa semua passwordnya.

Memilih nama blog yang menurut saya nggak mudah itu, akhirnya menemukan solusi. Ketika pertemanan di dunia blogger semakin meluas, dan saya mulai ikut workshop-workshopnya, saya mulai paham istilah personal branding. Mulai paham juga soal domain blog yang berbayar.

Nah, mumpung mau mengganti blog gratisan menjadi berbayar, kesempatan buat ganti nama blog terbuka lebar. Setelah timbang sana timbang sini, akhirnya saya memutuskan untuk memakai nama pena yang saya pakai untuk akun sosial media sebagai nama blog. Maksudnya, untuk memudahkan mereka yang berniat bekerjasama dengan saya.
Kalau ada yang nanya-nanya pun saya bisa menjawab dengan mudah. Semua akun socmed saya menggunakan nama Waya Komala. Silakan kontak aja ya.. *Eeaaa.. ❤

Memilih menggunakan nama sendiri sebagai nama blog memang lebih memudahkan untuk urusan pekerjaan.  Tapi, nggak menutup kemungkinan juga untuk memakai nama-nama yang sama sekali nggak identik dengan kita. Semua tergantung sejauh mana kita bisa memperkuat kontennya. Membuat orang ingat bahwa blog dengan konten tersebut adalah blog punya kita.

Btw, apa ya alasan teman-teman menggunakan nama blognya? Jadi pengen tau deh, saya..








21 November 2018

TEMA BLOG YANG DISUKAI



Memasuki hari ke 2 Blog Challenge, saya menyempatkan diri untuk menulis di pagi hari. Di sela-sela waktu berbenah, cuci piring dan nunggu cucian siap dijemur. Paragraf lanjutannya nanti akan dicicil di sela kegiatan lainnya.
Beruntungnya, saya nggak perlu mikirin tema apa yang akan ditulis. Semua udah ditentukan oleh tim Blogger Perempuan sampai di hari ke 30 nanti.

Eit, tapi tunggu dulu!
Membaca tema untuk hari ini membuat saya sejenak tertegun.
O..o.. ada apakah? Temanya memang bener kok, tentang "Tema Blog Yang disukai"
Kening saya berkerut.
Hm, ini cerita tentang tema blog saya, yang saya sukai? Apa cerita tentang tema blog lain yang saya sukai?
Hahahah, entahlah. Heran aja kenapa jadi bingung. *Emang sih, kadang-kadang saya seperti suka ngeribetin diri sendiri ya.. 🤣

Hm, baiklah. Blog saya ini kan, nggak ada tema yang khusus. Kalau mau nulis, ya nulis aja.
Nah, karena blog saya tak berniche, alias gado-gado alias lifestyle, jadi saya akan cerita tentang blog teman-teman aja deh. Kira-kira, tema seperti apakah yang membuat saya nggak ragu untuk langsung klik begitu liat linknya lewat di time line.

1. Tema tentang fotografi
Sebagai orang yang suka menikmati foto-foto indah, seneng banget kalo ada yang nulis tema ini. Misalkan "Bagaimana cara mengambil foto supaya.. bla, bla, bla"
Tema fotografi akan selalu saya datangi. Soalnya saya terobsesi untuk bisa menghasilkan foto-foto yang bagus suatu hari nanti. 😊

2. Tema Kesehatan
Penting banget untuk selalu update tentang masalah kesehatan. Waspada terhadap penyakit dan bagaimana cara pencegahannya. Alhamdulillahnya Blogger selalu dilibatkan dalam kegiatan Kemenkes. Jadi, melalui tulisan teman-teman yang meliput, saya bisa nambah wawasan juga.

3. Tema How to
Nah, tema ini juga selalu saya suka. How to - apa aja deh. Kayak "How to monotize your blog" Atau how to lainnya. Atau hal simpel semacam bagaimana cara membuat judul tulisan, atau bagaimana cara merapikan rak buku super cepat, atau hal-hal lainnya. Bagi saya, tulisan seperti itu bermanfaat banget.

4. Tema Review Kosmetik
Saya suka baca cara teman-teman beauty blogger mereview suatu produk. Walau saya belum tentu beli produknya, tapi saya jadi tau kurang lebihnya produk tersebut.

5. Review Film dan Cafe
Ini untuk update film-film yang lagi beredar dan juga tempat hang out yang asyik.


6. Tema Masak Praktis dan Lezat
Kalau yang ini, berguna banget untuk aktivitas sehari-hari. Saya nggak suka lama-lama di dapur. Pengennya yang cepat selesai dan bisa ngelanjutin kerjaan lain. Jadi, kalau ada yang nulis tema ini, segera saya kunjungi blognya.

7. Tema yang menyejukkan hati
Inì lebih ke tema yang isinya mengingatkan sih. Motivasi ke perbaikan diri yang nggak menggurui.

Nah, itulah dia beberapa tema blog yang saya sukai. Eh travelling dan parenting juga ding. Saking suka semuanya saya jadi nggak bisa milih. Jadi sebenarnya, bisa dibilang saya suka tema apapun.
Selagi  saya ada waktu untuk buka linknya, saya akan baca.

Okey, baiklah. Sekian dulu untuk hari ini ya. Sampai jumpa besok. Blog Challenge hari ketiga.

Salam :)















20 November 2018

MENGAPA SAYA MENULIS BLOG?




Yes. Akhirnya, saya berhasil juga mengikrarkan diri untuk ikutan Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Ngeblog nonstop selama 30 hari.

Hiyaa., 30 hari guys! Ini tantangan luar biasa buat saya yang nulisnya angin-anginan. Kalau dapetnya angin sepoi, ngeblognya jadi selow.

Btw, kenapa sih saya terima tantangan ngeblog selama 30 hari ini? Bukan kah, kesibukan yang ada udah bikin saya susah membagi waktu?

Ya, awalnya, itu juga yang jadi pikiran saya. Beberapa hari maju mundur mikirin ikut apa enggak. Hingga akhirnya, Senin pukul 23.56 saya putuskan untuk posting banner tanda keikutsertaan di instagram. Dengan harapan, saya akan rajin update blog.

Kalo mikir soal sibuk. Semua orang pasti punya kesibukan. 
Masa sih, saya nggak bisa curi-curi waktu buat nulis. Apalagi dengan panjang tulisan minimal 300 kata. Insya Allah, dibisa-bisain deh.

MENGAPA SAYA MENULIS BLOG?


Dulu, sebelum mengenal blog, saya rajin sekali menulis di buku harian. Diary yang pake gembok itu loh. Mungkin itulah yang membuat saya senang menulis. Seru aja baca-baca tulisan lama. Malah dulu, lengkap dengan tempelan potongan tiket nonton bioskop. *Eeaa.., hahahah. Saya pernah sealay itu!

Kalau menulis di diary hanya untuk dibaca sendiri, beruntung di dunia maya ada diary digital. Untung ada blog. Tulisan kita bisa menjangkau lebih banyak orang. Tapi, dulu belum kepikiran sih. Mau ada yang baca atau enggak, yang penting saya punya media untuk menyimpan kenangan.

Lebih senang lagi, karena tulisan bisa disertai dengan foto-foto. Kenangan ketika anak-anak masih kecil tersimpan rapi. Senang sekali membacanya.

Selain untuk menyimpan kenangan, menulis blog buat saya juga menjadi sarana untuk latihan menulis. Kadang mood suka berubah-ubah. Kadang lancar. Kadang juga bengong. Terpaku pada paragraf yang nggak nambah-nambah. Padahal rangkaian cerita rasanya sudah tak sabar untuk dituliskan.

Paling gemes kalau tiba saat nggak bisa menuangkan apa yang ada di kepala menjadi untaian kalimat. Jadinya seperti kehilangan kata-kata. Ya, begitulah. Meski nggak selalu mulus, menulis di blog selalu mengundang rasa penasaran. Meski kadang banyak gagal, nggak sreg dan tulisan berakhir jadi penghuni draft. Nggak apa-apa. Suatu saat bisa diteruskan lagi.

Oh ya, selain hal-hal yang saya tuliskan di atas, tujuan saya menulis blog juga untuk memberikan manfaat buat orang lain. Siapa tau ada yang lagi cari info tentang review sebuah tempat atau cafe. Dan jawabannya ada di blog. Kan, alhamdulillah banget bisa bantu-bantu.

Trus, apa jadinya bila saya tidak menulis 
blog?




Hm, suatu hari, saya pernah membayangkan apa yang terjadi andaikan saya nggak pernah menulis blog. Ya, kayaknya mungkin hidup saya nggak akan seasyik ini. 😄

Anak saya nggak akan terpacu untuk punya blog juga. Menulis hal-hal yang dia sukai yang akan dikenang suatu hari nanti.

Kalau saya nggak menulis blog,  mungkin saya nggak akan tau kalau blog bisa menghasilkan uang buat nambah-nambah tabungan.

Kalau saya nggak menulis blog, saya nggak akan pernah merasakan gimana gemetarnya saat tulisan yang kita buat mendapat apresiasi. Hadiah yang diidam-idamkan.😊
*rasanya pengen lompat-lompat dengan noraknya. 😂

Bersentuhan dengan dunia blogger pun membuat saya senang bisa berkumpul dengan orang-orang yang semangat berbaginya luar biasa.

Memetik pelajaran dari apa yang mereka tuliskan. Belajar menghargai bahwa sekecil apapun kontribusi kita pada dunia, pasti ada manfaatnya. Kebaikan demi kebaikan akan datang. Pintu-pintu akan terbuka lebar. Mengantarkan kita pada kesempatan-kesempatan yang tak pernah kita duga.

Banyak contoh blogger-blogger hebat yang kini terus melesat. Proses demi proses mereka lalui hingga sampai di titik itu.
Senang rasanya bisa ikutan bangga. 😊

Saya akan tetap menulis blog. Walaupun nulisnya akan pasang surut.  Supaya ketika tua nanti, saya bisa menelusuri jejak kenangan yang pernah saya buat. Event apa yang pernah saya ikuti dan manfaat apa yang pernah saya dapat.

Kalau panjang umur, dan saya udah jadi nenek-nenek, Kira-kira apa ya, yang akan saya tulis?
Apakah menulis tentang cucu-cucu?
Ehehe.., membayangkan aja rasanya udah lucu. 😄

Ngeblog memang semenyenangkan itu..













07 November 2018

DOMUS, RUMAH PERMANEN INSTANT TAHAN GEMPA


Ketika bencana menimpa Palu dan Donggala dengan begitu dahsyatnya, tak terhitung jumlah orang-orang yang kehilangan keluarga tercinta. Dalam waktu sekejap, semua hilang. Nyawa, bahkan harta benda termasuk tempat tinggal pun ikut musnah. Tak sanggup rasanya membayangkan andai kita yang mengalaminya. *Doa terbaik untuk mereka yang tertimpa musibah.

Mengikuti perkembangan daerah-daerah yang terdampak bencana yang masyarakatnya harus segera bangkit untuk membenahi hidup,  sangat diperlukan gerak cepat untuk membantu masyarakat yang butuh tempat tinggal. Kasihan kan kalau harus tinggal lama dalam pengungsian. Dengan hanya tenda sebagai tempat berteduh. Mereka butuh hunian sementara sebagai tempat berlindung. Tempat tinggal yang kuat dan aman.


Di pikiran saya yang awam tentang membangun rumah, pastinya butuh waktu ya, untuk membangun sebuah rumah yang bisa memenuhi segala aspek. Jika waktu membangunnya cepat, apakah kualitasnya tetap terbaik? Apakah juga bisa tetap kuat dan aman untuk penghuninya?

Banyak banget pertanyaan yang muncul di benak saya. Apalagi, Indonesia memang daerah rawan gempa. Membangun sebuah hunian yang tahan gempa rasanya menjadi impian banyak orang.

Akhirnya saya menemukan jawabannya ketika mengikuti acara Pameran Construction  Indonesia di JI-EXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Kementrian PUPR dan LPJK. Acara pembukaan pameran dihadiri oleh Presiden RI, Bapak Jokowi  dan dihadiri oleh 10.000 tenaga ahli konstruksi pada hari Rabu, 31 November 2018.



MENGENAL DOMUS SI RUMAH PERMANEN INSTANT





Melalui Pameran Konstruksi yang berlangsung hingga tanggal 2 November ini lah, membuat saya bisa mengenal lebih jauh tentang DOMUS. Untuk yang belum tau, DOMUS adalah rumah permanen instant yang dibangun dengan sistem yang dikembangkan oleh PT. TATALOGAM LESTARI yang memungkinkan membangun rumah dalam waktu cepat.

Oh ya, PT. TATALOGAM LESTARI adalah perusahaan genteng metal dan baja ringan terbesar di Indonesia yang selalu berinovasi dalam mengembangkan produk-produknya.

Inovasi DOMUS memungkinkan membangun rumah hanya dalam hitungan hari. Untuk HUNTARA (hunian sementara) seperti daerah yang tertimpa bencana seperti Palu, konsep yang digunakan adalah menggunakan kerangka baja ringan dengan rangkaian-rangkaian yang disambung dengan baut khusus. Nantinya akan menggunakan dinding terpal atau batako dan berbagai material lain hingga menjadi sebuah rumah. Bila keadaan sudah membaik dan trauma masyarakat sudah pulih, bangunan Huntara bisa diubah menjadi Huntap atau hunian tetap. Materialnya bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.

Nah, ide tentang HUNTARA yang bisa beralih fungsi ini ternyata datang dari Bapak BasukiHadimuljono, Menteri PUPR yang disampaikan kepada PT.TATALOGAM LESTARI dalam sebuah pameran. Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Stephanus Koeswandi, Vice President PT.TATALOGAM LESTARI pada hari itu.

Untuk HUNTARA DOMUS standar dengan luas bangunan 36 M2 bisa dibangun dalam waktu 2 hari saja. Cepat sekali ya. Jadi, masyarakat yang menjadi korban gempa bisa cepat tertolong.

Spesifikasi HUNTARA adalah :

  1. Rangka kolom : praktis
  2. Rangka atap  : taso/kaso
  3. Penutup atap : sakura mx
  4. Penutup dinding : terpal tanpa sekat ruangan


Uniknya, Huntara dengan teknologi DOMUS ini, jika sudah tidak terpakai bisa dibongkar, disimpan dan digunakan lagi jika dibutuhkan. Jadi nggak ada istilah mubazir.




Hm, kalau dibuat dari rangkaian dan baut gitu, kira-kira kuat nggak ya?

DOMUS memang memiliki keunggulan dalam konsep bangunannya. Yaitu :


  •  KUAT


Rangka bangunan, kolom praktis dan rangka atap, menggunakan Baja Ringan. Pengalaman PT. TATALOGAM LESTARI selama puluhan tahun membuat reputasinya menjadi yang terbaik di Indonesia. DOMUS sudah lolos uji Ketahanan Gempa di PUSLITBANG PUSKIM KEMENTRIAN PUPR. PT. TATALOGAM LESTARI pun sudah meraih berbagai penghargaan untuk inovasi produk-produknya.



  • CEPAT
Proses pengerjaan dilakukan dengan matang. Manajemen waktu yang terukur dan sistematis. Mulai dari penentuan bahan, pengadaan material, tahap-tahap perakitan dan pemasangan, juga pembagian kerja tukang yang disesuaikan dengan keahliannya. Pengerjaan jadi lebih cepat.


  •  HEMAT
Biaya bahan menjadi lebih hemat, karena sudah melalui perhitungan yang matang. Bahan sisa dapat diminimalisir.


  • INDAH
Kualitas material yang baik dan pekerjaan yang dilakukan dengan sentuhan yang artistik menjadikan bangunan nggak hanya sekadar bangunan. Tapi juga memiliki keindahan.



DOMUS UNTUK RUMAH TINGGAL


Selain cocok untuk HUNTARA, DOMUS juga bisa jadi pilihan untuk membangun rumah di perkotaan, daerah urban, pertambangan atau perkebunan. Atau bisa juga untuk gudang, pasar atau ruko. Dengan DOMUS, Rumah Permanen Instant bisa dibuat hanya dalam waktu 5 hari. Bahkan hanya dengan 4 tukang.

Kok bisa cepet ya?

Bisa laah. Kuncinya terletak pada Perencanaan yang matang, material yang tepat, teknik pengerjaan yang benar , efektif dan efisien.

Waktu pengerjaan selama 5 hari itu, akan digunakan dengan maksimal. Mulai dari hari pertama sampai penyempurnaan



DOMUS tersedia dalam 3 tipe standar. Yaitu :
  • Tipe 21
  • Tipe 30
  • Tipe 36
  • Tipe 45

Dengan 3 pilihan paket rangka yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  1.  PAKET RANGKA. Paket ini meliputi Rangka praktis, Rangka kuda-kuda TASO, Rangka plafond dan Genteng metal sakura mx.
  2.  PAKET PUTIH. Paket Rangka ditambah  bata ringan, roster keramik, kloset dan keran, jendela, pintu dan penutup plafon dan instalasi listrik dan air.
  3. PAKET KOMPLIT. Paket Putih ditambah Plesteran + aci (bagian luar), Aci bagian dalam dan pengecatan.

Dengan inovasi DOMUS dari PT. TATALOGAM LESTARI, memiliki rumah yang kuat dan tahan gempa, ternyata nggak makan waktu lama ya.. cukup 5 hari saja!

Pengen tau info lebih lanjut?
Boleh  banget kok. Silakan intip websitenya di www.tatalogam.com atau Instagram @simantap. Atau pengen tanya-tanya langsung lewat telepon, bisa hubungi 021 - 5688284 / 5688285.





































26 October 2018

Tentang Menghidupkan Kepekaan Rasa




Tadinya saya ingin menuliskan ini sebagai pengingat untuk diri sendiri.  Tapi, setelah dipikir-pikir, sepertinya  baik juga kalau bisa berbagi. Siapa tau  ada hikmah yang bisa dipetik dari kejadian yang saya alami.

---


Rabu kemaren, sepulang sekolah Si Adek buru-buru ke kamar mandi. Teman-temannya menunggu di teras. Saya tahu, siang itu mereka akan mengerjakan tugas kelompok.

"Ma, ada teman-teman di depan. Fal mandi dulu ya.. badan gatal-gatal" teriaknya dari kamar mandi.

"Gatal kenapa, Dek?"
Saya sudah sedikit curiga. Sekilas tadi wajahnya tampak tak biasa. Apalagi nggak biasanya dia langsung mandi gitu.
"Digigit binatang ya?"
Dia nggak menjawab.
Saya temui temannya di teras.

Nggak lama Adek keluar. Mereka pamit pergi ke rumah seorang teman yang tinggal tak jauh dari rumah. Beberapa kali dia pulang ke rumah untuk mengambil bahan praktek yang ketinggalan. Saya menangkap kecemasan di wajahnya. Tapi, saya tak bertanya. 😔

Sekitar jam 5 sore, Adek pulang dan langsung ke kamar mandi. Kali ini lebih lama. Saya ngomel dan bilang jangan lama-lama di kamar mandinya.

Selesai mandi.

"Ma, tolong liatkan punggung, Ma, dari tadi perih banget. Gatalnya nggak nahan. Pengen dicakar-cakar rasanya"

Saya menarik handuk dari punggungnya. Seketika rasanya mau pingsan.

"Allahu Akbar.. Adeeeek. Kenapa punggungnya?"
Separuh bagian punggung dan bahu meruam, merah dan menebal. Bintik bintik kecil seperti gelembung yang berisi air  menyebar di beberapa tempat. Sebagian terlihat lecet. Sebagian lagi seperti kulit yang mengering. Ada dua luka lecet yang agak dalam. Meski hanya setengah senti, tapi melekuk ke dalam. Saya serap air yang terperangkap di dalamnya dengan tisu.
Badan saya terasa lemas.

"Tadi di sekolah, kesenggol botol cairan pembersih.  Lupa namanya. Pokoknya ada stek-stek gitu.."
"P*rst*x?" Tanya saya
"Iya.., itu" dia mengangguk.

"Abis itu gak Adek siram?"
'Enggak, soalnya buru-buru. Udah dipanggil-panggil disuruh cepat kumpul sholat jemaah di masjid" jawabnya.
"Jadi, Adek sholat dengan baju basah itu"
"Iya. Trus pas sholat rasanya panas, perih"

Duh, rasanya lemas membayangkan apa jadinya kulit bersentuhan dengan baju basah dalam waktu yang cukup lama. Kalau cuma air gak masalah. Tapi ini dikompres dengan cairan pembersih.

"Dek, yuk ke kamar mandi lagi. Kita siram dulu"

Sumpah, saya nggak tau harus berbuat apa. Saya hanya ingat, bila cairan pembersih terkena kulit, harus disiram dengan air mengalir. Tapi harusnya saat itu juga.
Lah, ini.. kejadiannya sudah beberapa jam. Sudah sangat terlambat.

Saya menyesali diri, kenapa saya lupa mengajarkan tentang pertolongan pertama kalau terkena benda berbahaya, apalagi yang mengandung bahan kimia.
Saya lupa menanamkan bahwa keselamatan lebih penting dari segalanya. Segala aktivitas bisa menunggu. Harusnya dia bisa minta ijin pulang ke rumah. Harusnya dia nggak takut ketinggalan pelajaran.
Harusnya dia tau kalau dia begitu berharga.
Ibu macam apa saya ini!



Ada kali sekitar 15 menit, punggungnya saya biarkan di bawah air mengalir. Saya sampai lupa, kalau sebelumnya kan dia sudah mandi. Bahkan sudah dua kali.

Ketika saya tutup punggungnya dengan handuk, dia mengaduh.

Duh, Nak, rasanya dada mama penuh 😢

Dari kamar Si Kakak datang sambil bawa hp.

"Ma, itu bahaya kalau dibiarkan. Bisa infeksi. Trus bernanah"
Kakak menyodorkan hp. Saya membaca hasil browsingnya.

Seketika kecemasan saya semakin meninggi. Ngeri! Kami segera ke rumah sakit terdekat.
Waktu terasa lama.

Di ruang tunggu, sesekali Adek meringis kalau punggungnya gak sadar menyentuh sandaran kursi.
Saya mengajaknya ngobrol. Sekadar mengalihkan keinginannya untuk menggaruk punggung. Kalau bosan, dia main game. Kalau gatal tak tertahankan dia menggenggam tangan saya dengan erat.


Hampir dua jam menunggu, baru namanya dipanggil. Kami maju. Dokter memeriksa punggungnya. Dan menginstruksikan perawat untuk melakukan penanganan terhadap lukanya. Nantinya akan dikasih obat dan salep untuk perawatan di rumah.
Alhamdulillah, kata dokter nggak apa-apa.

Punggung Adek dibersihkan dan dikompres dengan perban yang diberi cairan yang saya lupa namanya.

Katanya perih. Tanpa dikasitau pun saya bisa menduga pasti rasanya perih. Terlihat dari caranya meremas alas tempat tidur.

Seorang Ibu mendekat sambil tersenyum. Sedikit berbisik, dia bilang "saya pikir anak saya aja yang kurus!"

Tenggorokan saya tercekat. Tapi, saya paksakan tersenyum. Dia lanjut cerita tentang aktivitas anak sekolah dan lainnya. Tapi, hati saya terlanjur patah. Saya sibuk menduga kata-katanya. Apakah maksudnya anak saya lebih kurus daripada anaknya?


Huft, saya menghela napas. Jujur, malam itu perasaan saya sedang kacau. Saya sedang merasa gagal menanamkan betapa pentingnya untuk bertindak cepat dalam kondisi darurat. Saya juga menyesal mengapa tak bertanya lebih jauh, saat menangkap ada kecemasan di wajah Adek. Saya mengabaikan kepekaan rasa. Naluri seorang Ibu yang mencium ada sesuatu yang tidak beres.
Dan sekarang, ditambah lagi dengan rasa gagal membesarkan anak dengan baik. Anak saya kurus!



Saya seka kedua ujung mata saya yang basah. Saya pandangi badannya yang baru beranjak remaja. Beberapa bulan ini, tingginya memang melesat. Kaki panjangnya membuat semua celana ngatung dan harus diganti dengan yang baru. Kami semua bahagia melihatnya tumbuh tinggi. Meski sesekali juga pernah menertawakan kelangsingannya.

"Ma.. " Adek memanggil saya.
Saya mendekatkan kepala.

"Ma.. kasian ya, Novel Baswedan. Di punggung aja sakitnya kayak gini. Apalagi di mata. Nggak kebayang itu sakitnya gimana"

Masya Allah, seketika saya tersadar. Sesungguhnya anak saya masih dilindungi dari bahaya yang lebih besar. Bisa saja kan, cairan itu tumpah ke bagian lain. Naudzubillah.

Saya mengucap syukur. Syukur yang teramat dalam.

Saya yakin, ada hikmah dan pelajaran di balik kejadian ini. Adek pastinya akan lebih berhati-hati lagi. Nggak grasa grusu dalam melakukan sesuatu. Insya Allah, pelajaran mahal ini akan dia bawa sebagai pengalaman hidup.

Pelajaran lainnya adalah soal menghidupkan lagi kepekaan rasa. Peka terhadap sesuatu yang tak biasa dan peka juga pada perasaan orang lain.

Bila tak bisa mengucap kata-kata yang membawa kesejukan, lebih baik diam.
Tahan diri atau doakan dalam diam.

Jangan sampai ada hati yang patah karena lisan yang salah berucap. Meski maksudnya bukan untuk  menyudutkan.
Salah persepsi sudah sangat sering terjadi, kan..


Oh ya, saat menulis ini, alhamdulillah punggung Adek sudah membaik. Gelembung-gelembung kecil yang berisi air sudah mengering dan lenyap. Rasa gatalnya juga sudah hilang. Alhamdulillah, benar-benar nggak nyangka akan pulih secepat ini.

Terima kasih untuk semua teman-teman yang mendoakan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah ya..
(Aamiin)



















18 October 2018

PROTEKSI DIRI DARI PENYAKIT KRITIS DENGAN PRIMA DARI BCA DAN AIA




Padatnya aktivitas sehari-hari, tanpa disadari kadang membuat kita lupa menjaga kesehatan. Lupa untuk istirahat cukup. Lupa menjaga pola makan. Bahkan lupa untuk berolahraga.

Apalagi bila tekanan kerja meningkat. Waktu terasa begitu cepat. Tuntutan pekerjaan yang terus meningkat dan sulit diatasi, tanpa kita sadar, lama-lama bisa menimbulkan stress.

Baru nyampe rumah, pantang kesulut dikit bawaannya marah-marah. Lalu memicu tensi darah naik.

Stress yang menghantui, pola makan yang nggak dijaga membuat tubuh kita rentan terkena penyakit. Penyakit mudah sekali datang pada orang yang stress dan pada kondisi tubuh yang tidak fit. Mulai dari penyakit ringan, sampai penyakit yang berat atau penyakit tidak menular seperti sakit jantung dan lainnya.

Tapi, kalau kita ngobrolin soal penyakit. Pada kenyataannya, banyak juga menimpa pada orang yang baik-baik saja. Pernah dengar, kan, pengalaman teman atau kerabat yang tadinya seolah tampak sehat, tiba-tiba terserang penyakit kritis seperti penyakit jantung atau stroke?

Kabar ini mengejutkan. Menyadarkan kita kalau Penyakit-penyakit seperti ini, akan selalu mengintai. Tidak bisa diprediksi.

Masalahnya adalah biaya berobatnya nggak bisa dibilang sedikit. Apalagi untuk orang yang nggak punya tabungan, situasinya pasti akan terasa sulit.

Lebih sedih lagi bila ternyata, keluarga ikut menanggung biaya pengobatan. Mau nggak mau pasti jadi dilema juga.

Proteksi Penyakit Kritis Maksima (PRIMA) Persembahan  BCA & ASURANSI AIA



Menyadari bahwa datangnya penyakit memang tidak bisa diprediksi, BCA bekerjasama dengan AIA, meluncurkan PRIMA - Proteksi Penyakit Kritis Maksima, pada tanggal 11 Oktober 2018 lalu, bertempat di Kembang Goela Resto, Jakarta.

Hadir pada hari itu, Direktur BCA Suwigyo Budiman, Direktur BCA Erwan Yuris Ang yang didampingi oleh Senior Executive Vice President Wealth Management BCA Christine Setyabudhi, Executive Vice President Wealth Management Eva Sumampouw, Presiden Direktur AIA Financial Ben Ng, Direktur Distribusi Kemitraan AIA Financial Naresh Krishnan dan Chief Marketing Officer AIA Financial Lim Chet Ming.






PRIMA adalah produk bancassurance, kerjasama BCA dengan perusahaan asuransi AIA yang merupakan produk asuransi tradisional yang memberikan proteksi penyakit kritis seumur hidup yang meliputi tiga resiko, yaitu penyakit kritis, meninggal dan meninggal akibat kecelakaan.

PRIMA memberikan manfaat 100% uang pertanggungan untuk kejadian meninggal, dan 200% uang pertanggungan manfaat meninggal akibat kecelakaan. Sedangkan untuk penyakit kritis minor mendapat pertanggungan sebesar 100%, tindakan bedah angioplasti sebesar 25% pertanggungan dengan jumlah maksimal 250 juta, penyakit kritis minor (opsional) sebesar 25% uang pertanggungan dan manfaat akhir polis sebesar 100% uang pertanggungan.

Dijelaskan juga oleh Chief Marketing Officer AIA Financial Lim Chet Ming, PRIMA memberikan perlindungan terhadap 60 kondisi penyakit kritis major ( termasuk kanker dan serangan jantung) dan tindakan bedah Angioplasti.

Bagaimana dengan masa pembayarannya?

Nah, untuk pembayaran premi nasabah bisa memilih rentang waktu antara 10 atau 20 tahun dengan premi yang terjangkau, mulai dari 300 ribu. Nasabah akan mendapat perlindungan hingga seumur hidup. Premi juga tidak akan berubah sepanjang masa pembayaran. Tetap berdasarkan usia masuknya.

Cara ikutan asuransinya?
Gampang, tinggal datang ke cabang BCA terdekat, dan pilih sendiri mau ikutan yang mana. Yang penting, sesuaikan dengan kebutuhan.



Menjalani hidup sehat, adalah dambaan semua orang. Tapi, sebagai manusia yang tak berdaya, tak ada salahnya kita melakukan proteksi diri untuk mengatasi kondisi yang sama sekali tak bisa diprediksi. PRIMA bisa jadi solusi untuk tenangkan hati.





Selamat menjalani aktivitas dan tetap jaga kesehatan ya teman-teman.. :)






(*Sebagian foto milik Imawan Anshari :)







07 October 2018

Pristine 8+ Sahabat Jalani Gaya Hidup Sehat Seimbang




Akhir-akhir ini saya sering merasa cepat lelah, pusing dan kadang disertai dengan sakit di bagian pinggang. Rasanya nggak enak banget. Cukup mengganggu karena sering membuat rencana yang sudah saya susun jadi terkendala. Padahal, saat ini saya sedang semangat-semangatnya mewujudkan impian.

Coba bayangin deh, sebelum tidur saya membuat list pekerjaan yang akan saya kerjakan esok hari, rencananya sih oke, tapiiii.. kadang hanya beberapa aja yang bisa terlaksana. Penyebabnya? Siang hari tiba-tiba kepala rasanya berat. Di lain hari kadang disertai dengan munculnya sakit pinggang. Uuuh, nggak kuat rasanya kalo dipaksain duduk. Akhirnya rencana menguap karena saya terpaksa tiduran menunggu baikan. Hiks, rasanya sedih banget deh. Jadinya seperti keinginan besar tapi tenaga kurang. Ujung-ujungnya faktor U yang jadi kambing hitam.  Padahal, banyak orang dengan usia yang sama tapi tetap sehat-sehat aja.

Karena sering banget pusing, saya mulai menelusuri kebiasaan saya yang mungkin tanpa saya sadari menjadi penyebabnya. Saya cek lagi, berapa gelas air yang saya minum setiap hari. Saya install lagi aplikasi drink reminder di HP. Ternyata, saya banyak lalainya. Tubuh saya kayaknya sering dehidrasi. Kulit mulai kering dan selama ini saya sadari, saya sering mengabaikan rasa haus yang muncul. Ih, pokoknya enggak banget. Padahal cuaca di Jakarta, panasnya bikin keringat keluar terus.  Udah kurang minum, kurang makan sayur, malamnya sering begadang juga karena terlalu asyik ngerjain pesanan. Duh, hidup saya benar-benar nggak seimbang.

Sadar dengan kebiasaan yang nggak sehat, akhirnya saya memutuskan untuk mulai membenahi gaya hidup yang nggak seimbang. Saya memulainya dengan disiplin memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh. Apalagi untuk saya yang sudah terlanjur merasa nggak nyaman dengan keluhan penyakit. Saya harus memastikan kalau tubuh terhidrasi dengan baik. Jadi, saya pilih air yang cepat diserap oleh tubuh. Saya minum Pristine 8+ yang mengandung mikromolekul yang lebih cepat diserap tubuh. Pristine 8+ adalah air alkalin yang mengandung pH tinggi untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi basa. Bisa untuk detoks juga.  Pokoknya, demi lancar beraktivitas, saya dan Pristine 8+ harus jadi sahabat dekat.




PRISTINE 8+ AGAR TUBUH TETAP FIT


Saat awal mengenal Pristine 8+ sempat timbul pertanyaan juga, kenapa sih, baiknya minum air yang mengandung pH tinggi. pH adalah satuan ukur untuk menunjukkan tingkat asam atau basa dari suatu larutan. Air dengan pH lebih dari 7 yang bersifat alkali sangat baik untuk tubuh.



Ternyata pH rendah dapat disebabkan karena berbagai hal. Bisa karena kandungan Co2 dalam tubuh yang terlalu banyak akibat polusi udara, serta asupan makanan yang kurang tepat. Membuat tubuh mengalami berbagai perubahan. Rambut jadi nggak sehat dan penuaan dini.  Penuaan dini ini, serem banget ya.. hahaha

Nah, pH tinggi dapat menetralkan kembali asam tubuh menjadi seimbang. Membuang racun-racun yang masuk. Dengan pH tubuh yang netral, tubuh akan menjadi rileks, merasa fit dan segar.

Pristine 8+ dibuat dengan teknologi  NIHON TRIM yang merupakan perusahaan produsen mesin ionisasi nomor satu di Jepang. Sehingga kualitasnya sangat baik dan aman untuk dikonsumsi. Aman untuk yang punya sakit mag.

Memang beda sih, setelah rutin minum Pristine 8+ saya merasa lebih bersemangat. Badan rasanya fit. Sakit kepala sudah jauh berkurang. Dan rasa sakit di bagian pinggang menghilang dengan sendirinya.


Selain minum Pristine 8+, saya juga mulai membenahi pola makan dan sedang berusaha keras untuk olahraga. Supaya gaya hidup sehatnya nggak nanggung. Di awal-awal, olahraga ringan aja sih. Peregangan dan jalan kaki seputar komplek. Mudah-mudahan bisa terus ditingkatkan dengan waktu yang lebih lama. Ya, maklumlah, anak-anak sekolahnya pagi, jadi jalannya nggak bisa lama-lama. Kecuali di hari sabtu. Kalau minggu? Hm, minggu udah sibuk sama urusan me time lainnya :)



Btw, Pristine 8+ ini, kemasannya cantik banget ya.. langsing dan mudah dibawa-bawa. Tapi, sebenarnya Pristine 8+ tersedia dalam beberapa ukuran lho. Selain hadir dalam kemasan botol dengan ukuran yang berbeda, tersedia juga ukuran galon untuk konsumsi keluarga. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk malas minum.

Menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat, sama juga dengan menghargai apa yang sudah Allah SWT berikan kepada kita. Mengubah gaya hidup mungkin nggak selalu mudah. Tapi, nggak mau jugakan, kalau udah sakit baru nyesel belakangan. Yuk lah, semangat. Nggak ada kata terlambat. Mulai sekarang, yuk hidup seimbang.







22 September 2018

SAVASA Smart Lifestyle, Hunian Pintar Idaman






Setiap orang pasti memiliki konsep tentang rumah idaman. Kriterianya bermacam-macam, tergantung kebutuhan masing-masing. Ada yang mementingkan lingkungan, lokasi yang strategis, fasilitas dan lainnya. Kalau saya sih, pengennya rumah yang aman, nyaman dan tenang. Soal keamanan selalu jadi kriteria nomor satu.

Hmm, kalau kamu, apa kriteria rumah idaman, mu?

Bicara soal rumah idaman, Sabtu tanggal 15 September lalu, saya dan tak kurang dari 50 orang teman-teman blogger, berkunjung ke Deltamas, Cikarang, untuk menyaksikan Opening Ceremony  Marketing Gallery,  SAVASA - Smart Lifestyle. Sebuah hunian pintar di Deltamas.

Kota Deltamas sendiri sedang giat-giatnya mengembangkan banyak fasilitas dan infrastruktur yang mendukung prinsip life, work and play. Sekolah-sekolah bermutu ada di sini. Termasuk juga berbagai fasilitas yang mendukung gaya hidup modern. Hadirnya SAVASA membuat Deltamas semakin memiliki daya pikat.


OPENING CEREMONY MARKETING GALLERY SAVASA





Memasuki halaman Marketing Gallery SAVASA, saya sempat melirik dua unit rumah dengan bentuk bangunan yang unik. Tampak luar sudah mencuri perhatian. Rasanya tak sabar untuk melihat bagian dalam. Tapi, saya harus mengikuti acara pembukaan dulu.

Acara pembukaan dimulai dengan persembahan angklung dari SMK Mitra Industri, penampilan dari Japanese Taiko "BENTENG" disusul dengan penampilan dari Icha Zahra dan Hiroaki Kato. Duh, suaranya bagus-bagus bangeet.

Pada opening speech, Bapak Rahmat Gobel menjelaskan tentang latar belakang didirikannya hunian SAVASA Deltamas. Menyatunya Sinar Mas Land dan Panasonic Home dalam mengembangkan SAVASA menghasilkan sebuah konsep Smart Living dengan teknologi Jepang yang canggih.

Hunian Pintar SAVASA dikembangkan dengan konsep dasar :

  • Smart Township
  • Smart Security
  • Smart Home
  • Smart Community 


Konsepnya kekinian banget. Hari gini, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Orang-orang bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat. Nggak mau lagi waktu terbuang. Dengan konsep smart lifestyle SAVASA, semua kebutuhan terpenuhi di satu tempat.

SAVASA terletak di lokasi yang sangat strategis. Di antara jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menghubungkan 2 kota  besar, Jakarta dan Bandung. Jaraknya hanya 5 menit dari Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Stasiun Karawang.

Sebagai konsep bangunan yang Smart Home, SAVASA memiliki kecanggihan yang bikin kita berdecak kagum. Soalnya, hunian ini dilengkapi dengan berbagai fitur dari Panasonic Home Network System. Mulai dari luar sampai dalam, semua dapat dikontrol oleh penghuninya.







Konstruksi bangunan juga dibuat dengan konsep tahan gempa dengan teknologi POWERTECH Panasonic. Selain itu dilengkapi juga dengan sistem penyaring udara dan ventilasi PURETECH. Yaitu sebuah alat yang dapat menyaring 97% debu, kotoran dan partikel berbahaya yang masuk ke dalam rumah. Sistem cross ventilationnya dapat meningkatkan sirkulasi udara dan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan sehat.








Konsep ruang juga dibuat efisien. Ada dua type yang tersedia. Type A dan Type B. Semua kamar berada di lantai atas. Nyaman dan fungsional.
Dengan semua konsep yang dimiliki SAVASA Smart lifestyle tentunya menjadi rumah idaman semua orang ya.  Pengen tau lebih lanjut. Yuk, kunjungi websitenya : www.savasa.id