29 May 2017

Ide Liburan ke Kuala Lumpur, Dijamin Seru dan Berkesan


Liburan ke Malaysia lekat dengan jalan-jalan di Kuala Lumpur. Ibu Kota Negara Semenanjung ini memang sangat menarik untuk dikunjungi pada musim apapun, dan kamu nggak akan kehabisan ide untuk jalan-jalan ke mana saja selama berada di sana.

Ada banyak lokasi yang bisa dikunjungi di Kuala Lumpur, beberapa di antaranya pasti  kamu sudah mendengar namanya, karena memang sudah terkenal sampai manca Negara. Yang pasti, lokasi-lokasi ini adalah destinasi wajib kunjung kalau kamu berencana liburan di Kuala Lumpur.

BATU CAVE


foto via kuala-lumpur.ws


Malaysia adalah Negara multikultural dan memiliki beragam agama seperti Indonesia. Salah satu agama yang dianut oleh masyarakat Malaysia adalah Hindu Tamil yang menyembah Dewa Murungan.
Beberapa tahun lalu Malaysia membangun sebuah patung Dewa Murungan dengan ukuran raksasa di Goa Batu. Patung Dewa Murungan berwarna emas inilah yang kemudian menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Kini tak hanya penganut Hindu Tamil yang berdatangan ke Batu Caves untuk beribadah, namun juga wisatawan yang ingin melihat keindahan tempatnya. Total ada tiga goa besar yang bisa dikunjungi, dan beberapa goa kecil lainnya yang tak kalah menarik.


BUKIT BINTANG


foto via tempo.co


Bagi pecinta shopping, surga belanja yang sebenarnya adalah Kuala Lumpur. Kamu bisa menemukan banyak barang branded original dengan harga murah dan diskon besar-besaran di sana. Salah satunya bisa kamu temukan di Bukit Bintang, kawasan pedestrian yang memiliki banyak toko barang branded yang bisa bikin kamu kalap untuk belanja.

Selain memanjakan mata dan menguras kantong dengan berbagai barang murah meriah, Bukit Bintang juga punya banyak street food yang lezat. Cukup dengan jalan kaki, kamu akan menemukan pasar kaki lima yang menyediakan berbagai makanan khas Malaysia dengan harga terjangkau.



Kuala Lumpur City Centre



foto via wikipedia.org

Tempat ini adalah pusatnya kota Kuala Lumpur dengan berbagai hiburan yang menarik. Ketika malam tiba, kamu bisa melihat air mancur warna-warni di kolam yang ada tepat di tengah KLCC. Air mancur ini dihiasi dengan lampu yang indah dan punya koreografi yang cantik. Asyiknya, untuk melihat air mancur ini kamu nggak dikenakan biaya, alias gratis.

Tak jauh dari air mancur menari, kamu akan menemukan Twin Tower Petronas yang sudah ternama itu. Di malam hari, lampu dari menara kembar ini menyala dengan indahnya, cocok buat spot foto dari halaman depannya, dan gratis. Kalau kamu datang di pagi hari, sebelum pukul 09.00 bisa masuk ke dalam menara kembar sampai lantai tertentu. Setelah perkantoran dibuka, menara ini tertutup untuk umum dan kamu bisa melihat dari luarnya saja.

Di kawasan KLCC juga banyak café-café cantik yang cocok buat tempat nongkrong. Datanglah di sore hari untuk menikmati indahnya kawasan ini dengan lebih nyaman.
Liburan ke Kuala Lumpur nggak cuma ke beberapa tempat di atas loh. Paket wisata Kuala Lumpur lainnya bisa kamu lihat di Traveloka.com. Caranya gampang, kamu tinggal cek paket wisata Kuala Lumpur di Traveloka, dan ada banyak lokasi lain yang bisa dijelajahi.

Agar liburanmu ke sana makin nyaman, lebih baik membeli paket wisata Kuala Lumpur di Traveloka. Dengan paket wisata ini, kamu mendapatkan harga yang jauh lebih murah untuk tiket pesawat sekaligus hotel tempat menginap. Bisa menghemat lebih dari 40 persen dari total harga loh. Menarik kan?
Ayo, buruan rencanakan liburan dari sekarang.. :)


*foto via visit-malaysia.com


28 May 2017

Jalani Ramadan dengan Makan Makanan Sehat dan Praktis bersama Philips





Menjelang datangnya bulan Ramadan, tepatnya tanggal 15 Mei 2017 lalu, saya dan teman-teman Blogger menghadiri acara yang diadakan Philips, yang mengambil tema tentang menyediakan makanan sehat dan praktis selama berpuasa. Temanya emang lagi dibutuhkan banget. Apalagi buat Ibu-ibu kayak saya yang sampai sekarang masih suka salah kaprah dalam mengatur menu sahur dan buka untuk keluarga. Bertahun-tahun, kebiasaan yang nggak baik selalu terulang dan terulang lagi. 

Teman-teman punya kebiasaan seperti saya juga nggak? Misalnya nih, saya selalu menyiapkan teh manis untuk buka puasa. Rasanya kebiasaan ini udah melekat. Bahkan sejak sebelum saya menikah, berbuka dengan teh manis yang panas ini sepertinya sudah tradisi. Walaupun Ibu menyiapkan kue atau kolak yang manis, itu teh manis tetap aja ada. 

Menurut ibu Rita Ramayulis DCN, M. kes, seorang nutrisionis yang sudah menulis sejumlah buku tentang gizi, diet untuk berbagai penyakit dan mengatur pola makan yang sehat, pola makan kita memang tercermin dari pola yang dilakukan oleh orang tua kita. Kalau orang tua kita biasa memasak makanan bersantan, ya.. otomatis kita juga akan memasak seperti itu. Nah, PR nya nih, kita mau nggak, anak kita memakai cara yang sama untuk keluarganya kelak. Sudahkah kita menanamkan kebiasaan makan makanan sehat. Duh.. kalo ingat ini, rasanya saya langsung sadar.

Kata Bu Rita lagi, sebenarnya sih di bulan puasa tubuh kita nggak begitu banyak membutuhkan energi. Walaupun kegiatan sehari-harinya tetap sama, efek puasa membuat tubuh melakukan penghematan energi. Saat berpuasa tubuh kita akan mengalami proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Dengan memperhatikan asupan makanan pada saat sahur dan berbuka maka manfaat detoks pastinya akan lebih terasa.

Pada saat berbuka dan sahur, jangan minum, minuman yang sangat manis dengan jenis gula hanya sukrosa. Tinggalkan juga kebiasaan makan gorengan ynag mengandung tepung terigu. Makanan yang mengandung kafein, terlalu asam dan pedas. Hindari sayuran yang mengandung gas seperti nangka, kol dan durian. Jangan sampai puasa kita terganggu karena makanan yang bisa mengganggu kesehatan ini. Enak sih, enak. Tapi akibatnya itu..

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh pada saat berpuasa, konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Cukup protein, karbohidrat dan jangan lupa untuk mencukupi jumlah cairan yang masuk untuk mencegah dehidrasi. Perbanyak juga asupan serat seperti sayuran dan buah-buahan.




Hindari makanan berlemak dan  berkalori tinggi. Kurangi masakan bersantan. Selain nggak sehat, pasti nggak mau BB jadi bertambah, kan.. ^^ *ntar lebaran bajunya jadi nggak muat lho..
Hm, tenyata ya, keberhasilan dalam menjalani puasa yang baik bisa ditandai dengan berat badan yang menjadi ideal, profil lipida darah membaik, kadar gula darah stabil, tekanan darah stabil,lebih aktif dan produktif, pemikiran lebih positif dan lebih fokus dan emosional membaik.

(Sepertinya, saya kok salah terus ya? Hahahha. Soalnya, setiap habis puasa Ramadan, yang ada badan tambah lebar. Dengan penjelasan dari Bu Rita, saya jadi ngerti. Ternyata pola makan saya tinggi lemak dan kalori. Oke deh, Ramadan ini  dicoba ya.. )

Menurut survey yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan menyebutkan bahwa menu makan saat puasa memang sebaiknya mengikuti prinsip seimbang dan beraneka ragam, yaitu terdiri dari 50% karbohidrat, 25% lemak dan 15% protein dari total kebutuhan energi, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan setiap orang. Sedangkan porsi makan sahur yang dianjurkan adalah 1/3 dari kebutuhan kalori sehari dan tidak terlalu kenyang.


Saat berbuka puasa, rasanya susah banget nolak gorengan ya.. mulai dari pisang goreng, tahu isi, risoles, bakwan, pastel, lumpia.. duh banyak banget godaannya. Padahal, kata Bu Rita, ketika berbuka, konsumsi minuman dan makanan dengan manis yang alami seperti jus atau buah yang banyak mengandung air. Jangan teh atau sirup. Karena manisnya akan membuat gula darah cepat naik drastis. Nggak boleh buru-buru makan ini itu juga. Aturlah makanan yang masuk ke tubuh secara bertahap. Malam hari setelah sholat tarawih, boleh lanjutkan makan makanan selingan sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Oh ya, balik lagi ke soal makanan seperti gorengan yang "enak-enak" itu, rasanya dilema ya.. gimana caranya supaya bisa makan gorengan tapi nggak kena dampak buruk kelebihan minyaknya..

Nah, Philips sebagai partner Ibu yang selalu mengerti akan kebutuhan keluarga menghadirkan berbagai peralatan dapur inovatif sebagai solusi untuk meringankan tugas Ibu.  Apalagi untuk yang bekerja di luar rumah. Pastinya butuh peralatan yang praktis. Memasak cepat, sehat dan hemat waktu.


Demo Masak Praktis dengan Philips





Acara hari itu nggak cuma talkshow aja lho. Ada demo memasak masakan yang praktis yang bisa dicoba di rumah. Senangnya lagi, setiap undangan yang hadir ikut terlibat dengan kelompoknya masing-masing. Setiap meja sudah disediakan bahan-bahan dan peralatan lengkap. Ada blender dan Airfryer yang canggihnya bikin saya pengen banget punya.. *ngileer!
Saya dan dua orang teman blogger kebetulan satu kelompok dengan teman-teman dari media. Praktek masak ini seru banget karena kami harus mengikuti setiap langkah pembuatannya sesuai instruksi.
Ini dia resep masakannya :

Bola-Bola Ayam Sayur


Bahan :
150 gram dada ayam cincang
1 buah wortel potong dadu, rebus setengah matang
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Bawang Goreng secukupnya
100 gram tepung terigu
1 butir telur ayam
150 gram tepung roti

Cara Membuat :

1 Masukkan ayam cincang ke dalam wadah, tambahkan potongan wortel, gula, garam dan merica, aduk hingga rata.
2. Bentuk adonan menjadi bulat menyerupai bola.
3. Masukkan bola-bola ayam ke dalam tepung terigu kering.
4. Lumuri bola-bola dengan telur yang telah dikocok.
5.Balut bola-bola ayam dengan tepung roti
6. Goreng bola-boa ayam dengan menggunakan Philips Airfryer, masak selama 15 menit dengan suhu 200 derajat celcius, bolak-balik bola-bola pada saat masak agar matang merata.
7. Bola-bola siap disajikan.




Memasak dengan Airfryer itu ternyata gampang banget. Udah gitu hasil gorengannya gak mengandung minyak. Cocok banget untuk yang menginginkan gaya hidup sehat. Rasa masakannya enak. Cepat dan matang sampai ke dalam. Karena rasanya enak, bola-bola ayam yang baru aja dipindah ke piring, langsung dicomot. Tuh, tinggal dua buat difoto.. ^^

Untuk minuman, hari itu kami membuat Energizer Juice. Minuman ini bermanfaat untuk mengganti cairan dan elektrolit serta menaikkan kadar glukosa darah. Yuk, intip dulu bahan-bahannya :


Energizer Juice

Bahan :

2 potong Melon
1/2 buah Mangga Manalagi
1 buah jeruk pontianak, peras, ambil airnya
Es batu 4 kotak

Cara Membuat :

1. Campurkan seluruh bahan dalam blender
2. Blender selama 30 detik
3. Siap disajikan.




Energizer Juice ini rasanya segar. Enak banget kalau diminum pas buka puasa. Bikinnya juga cepat. Blender Philips melumat buah dan es batu jadi satu.


Oh ya, selain talkshow, demo masak, masih ada acara games, siapa yang bisa membuat jus paling cepat dan juga penarikan undian doorprize. Hadiahnya? Huhuuhuu.. tentu saja hadiah menarik dari Philips. *males nyebutinnya, bikin sirik..hahahahaa

Meski belum hoki dapat hadiah, tapi hari itu saya seneng banget. Tips makanan sehat dan praktis selama berpuasa pastinya akan saya terapkan.

FYI, puasa hari ke 2 ini, saya sudah bisa menghilangkan teh manis dari menu berbuka. Suami dan anak-anak mengerti ketika saya jelaskan. Bayangkan, setelah bertahun-tahun berbuka dengan teh manis hangat. Sekarang mereka bisa dengan legowo nurut aja kata-kata mamanya. Ya, namanya juga pengen sehat kan ya..  Semoga ini akan berlanjut terus. *Aamiin.





















23 May 2017

Mudik Aman dan Nyaman Bersama Mitsubishi Mirage


Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Bulan yang sangat dirindukan. Di mana kita bisa beribadah sebanyak,-banyaknya dan menyambung tali silaturahim di hari lebaran. Pasti masih kebayang deh ya, gimana sibuknya mempersiapkan mudik tahun lalu. Apalagi kalau menempuh perjalanan jauh ke luar kota bahkan propinsi. Pasti banyak banget pengalaman yang didapat.

Nah, kemaren saya dapat pengetahuan tambahan gimana caranya agar perjalanan mudik bersama keluarga menjadi perjalanan yang aman, nyaman dan menyenangkan.
Bertempat di Foodism, Kemang - Jakarta Selatan, tanggal 17 Mei lalu, saya dan teman-teman blogger mengikuti obrolan seru seputar mudik bersama portal otomotif nomor 1 di Indonesia dan Mitsubihi.

Mudik, adalah sebuah kegiatan yang sarat akan makna. Perjalanan sejauh apapun akan ditempuh dengan penuh rasa cinta. Karena saya tinggal jauh dari keluarga, saya tau banget rasanya. Rasa rindu pada keluarga besar dan nggak mau kehilangan moment saat lebaran tiba membuat kita menyambut saat mudik dengan penuh sukacita.



Apa aja yang harus diperhatikan saat mudik?


Mudik di saat sedang berpuasa tentunya dibutuhkan kondisi tubuh yang fit. Jangan sampai di perjalanan malah ngantuk. Khususnya buat yang mengemudi, jangan begadang. Pokoknya kondisi tubuh yang fit ini syarat yang nggak bisa ditawar-tawar deh.

Kalau dalam perjalanan rasa kantuk menyerang, segera berhenti dan cari tempat yang aman untuk beristirahat sebentar. Nggak usah memaksakan diri. Keselamatan lebih penting.

Untuk barang bawaan, jangan terlalu banyak. Misalkan banyak, lebih baik sebagian dipaketkan aja. Supaya lebih nyaman. Oh ya, bekal makanan dan minuman juga harus diperhatikan untuk mengantisipasi seandainya terjebak macet. Tau sendiri kan, arus mudik selalu menimbulkan kemacetan yang panjang. Misalkan waktu buka puasa tiba, kita punya makanan dan minuman untuk berbuka.

Beberapa hari sebelum mudik, pastikan kendaraan yang akan dipakai sudah dalam kondisi siap jalan. Periksa keamanan, kebersihan dan kenyamanannya, agar perjalanan mudik menyenangkan.



Mudik dengan Mitsubishi Mirage


Kalau tahun ini teman-teman juga berencana mudik melewati jalan darat menggunakan mobil, Mitsubishi mengeluarkan mobil terbaru yang cocok banget buat dipake mudik. Ada New Mitsubishi Mirage yang nyaman dikendarai dan memiliki kelebihan irit bahan bakar. Kapasitasnya 1200 cc. Soal keiritannya ini sudah melewati uji LEMTEK Universitas Indonesia loh. Jadi emang bener-bener irit. Dari model dan warnanya juga hadir dengan warna-warna menarik. Ada 5 warna yang bisa jadi pilihan. Ada Wine Red Pearl, warna ini belum dimiliki oleh brand mobil lain. Jadi unik banget. Warna lainnya ada White Pearl, Red Metallic, Black Mica, dan Titanium Gray Metallic.



Rasanya pengen bawa pulang satu .. ^^

Soal tampilannya sudah pasti sporty dan stylish banget. Untuk interior, kabinnya luas. Memiliki multi fungsi storages yang dilengkapi fitur tercanggih di kelasnya, dengan kualitas material terbaik. Dari segi keamanan, Mirage memiliki fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang berkualitas saat dikendarai. Pokoknya buat mudik bersama keluarga, perjalanan jauh tetap nyaman.

Oh ya  trus bagasinya gimana dong?
Untuk bagasi, pengaturan luasnya dapat disesuaikan dengan mudah, disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan saat berkendara.


Fitur Keamanan Mitsubishi Mirage


Dalam perjalanan tentunya kita berharap jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk memperkecil kemungkinan itu,  baiknya kita sudah mengantisipasi dengan persiapan yang matang dan menomor satukan keamanan kendaraan.

Mirage memiliki excellent safety features. Fitur-fitur keamanannya berkualitas dan akan melindungi saat berkendara. Dengan body yang sporty, teknologi kerangkanya kokoh namun ringan sebagai standar keamanan modern dari Mitsubishi.

Designnya yang Aerodinamic membuat Mirage merespon segala bentuk gesekan angin, membuatnya bergerak lebih lincah dan dinamis.

Mirage memiliki Dual SRS Airbag, fitur keamanan yang memberikan perlindungan maksimal saat terjadi benturan maupun kecelakaan. *jangan sampai deh!

Untuk keamanan pengemudi dan penumpang depan, tersedia Automatic Contacting Seat Belt yang akan mengurangi resiko benturan saat tabrakan. Selain itu, ada 3 point Rear Seatbelt, untuk perlindungan penumpang yang ada di baris kedua dengan tingkat keamanan lebih tinggi.

Untuk sistem pengereman, Mirage memiliki Brake System, 4 ABS + EBD. Meski saya nggak tau ini apa, tapi sistem ini menghasilkan pengereman yang konsisten dan terprediksi serta mencegah slip saat pengereman mendadak. Ini yang penting banget!



Nah, dengan perencanaan yang matang dan kendaraan yang memadai, perjalanan mudik bersama keluarga tentunya akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Yuk, jadikan mudik tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Udah tau, mau pilih Mirage warna apa?















16 May 2017

Cegah Bahaya Hipertensi dengan Waspada Sejak Dini


Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, saat ini menjadi penyakit yang ditakuti karena dapat menyebabkan kematian. Apalagi hipertensi kadang nggak menampakkan gejala sehingga membuat orang sama sekali nggak sadar kalau dirinya berpotensi memiliki tekanan darah yang tinggi. Padahal, hipertensi bisa dicegah sejak awal lho.. 

Bertempat di Yayasan Jantung Indonesia (YJI) - Jakarta, saya bersama teman-teman dari Blogger Cihuy, menghadiri acara Peringatan Hari Hipertensi Sedunia. YJI kembali bermitra dengan PT. Omron Healthcare Indonesia dalam kegiatan edukasi mengenai bahaya hipertensi.




Ibu Syahlina Zuhal, Ketua umum Yayasan Jantung Indonesia, mengatakan, hipertensi adalah salah satu penyakit yang diam,-diam membunuh (silent killer) di dunia. Termasuk di Indonesia. Penyakit yang minim gejala ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi sehingga masyarakat perlu menyadari bahaya penyakit hipertensi dan cara mencegahnya, seperti memantau tekanan darah secara rutin di rumah sakit atau melakukan sendiri di rumah. YJI selalu menganjurkan masyarakat menerapkan Panca Usaha Jantung Sehat. Yaitu, Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan Atasi Stress, Awasi Tekanan Darah, dan Teratur Berolahraga. Salah satu misi YJI adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui berbagai program edukasi.

Hadir juga Ibu Siska Surianda Danny, SpJP, FIHA dari YJI yang mengatakan, hipertensi tidak mengenal usia, jenis kelamin dan domisili baik di perkotaan mau pun pedesaan. Hipertensi menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Jika hipertensi tidak terkendali, maka akan menimbulkan stroke dan serangan jantung karena terjadi kerusakan pada pembuluh darah di otak dan jantung. Hipertensi dapat pula berdampak kepada organ penting lainnya seperti ginjal dan mata. Hipertensi juga mengancam ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Namun, hipertensi dapat dikendalikan dengan memperhatikan berat badan melalui olahraga teratur, mengurangi konsumsi garam serta istirahat yang cukup. Yang paling penting adalah mengukur tekanan darah secara rutin sebagai deteksi dini. Pada umumnya tekanan darah normal adalah 120/80mm Hg. Selain itu, gaya hidup masyarakat juga harus diubah menjadi pola hidup sehat.


Cek Tekanan Darah dari Rumah dengan Omron





Beruntungnya sekarang, untuk mengetahui tekanan darah sudah bisa dilakukan dari rumah. Omron, sebagai perusahaan yang berpengalaman selama lebih dari 40 tahun dalam mengembangkan alat pengukur tekanan darah digital semakin berinovasi dalam mengembangkan alat pengukur tekanan darah.

Dari bermacam alat pengukur tekanan arah digital,  sekarang Omron mengeluarkan alat tekanan darah digital yang terbaru. Alatnya bisa dikoneksikan dengan bluetooth. Nantinya, melalui aplikasi Omron yang diinstall di HP, kita bisa mendapatkan data tekanan darah yang bisa disimpan di HP. Jadi sebagai rekam medis gitu. Setiap kali cek tekanan darah, hasilnya bisa disimpan dan ketika melakukan pemeriksaan ke dokter kita tinggal memberikan data yang sudah dibuat. Sangat membantu sekali ya..

Pentingnya melakukan cek tekanan darah secara mandiri, memungkinkan kita untuk terhindar dari serangan penyakit hipertensi. Kita bisa melakukan tindakan dengan cepat begitu tekanannya lebih tinggi dari biasanya.  Jadi, penting  banget memiliki Omron di rumah, karena kondisi tubuh kita mudah sekali berubah. Dengan adanya Omron di rumah. Hipertensi bisa dicegah.






Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow Teman Untuk Tetap Sehat Secara Maksimal

Teman-teman pasti suka tablet hisap Vitacimin, kan? Saya juga, tentunya karena rasanya yang enak dan manfaat vitamin C nya yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh. 

Sekarang Vitacimin dari Takeda ini, hadir dengan manfaat yang lebih banyak. Nggak cuma satu loh, tapi ada dua suplemen vitamin terbaru untuk menjaga kesehatan wanita. Yaitu Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow. Eh, nggak buat wanita aja. Pria juga boleh ikut mengkonsumsi kok. Waktu acara peluncuran Vitacimin yang saya hadiri bersama teman-teman Blogger Cihuy, Brand Ambassador-nya  Vitacimin, Ruth Sahanaya dan Vidi Aldiano berbagi cerita bahwa Vitacimin sangat membantu menunjang kesehatan mereka, sehingga aktivitas sehari-harinya tetap berjalan lancar.




Ya, tau sendiri lah ya.. Ruth Sahanaya adalah seorang ibu sekaligus pekerja seni yang jam kerjanya nggak sama dengan orang biasa. Udah gitu, penampilan fisik juga menjadi suatu tuntutan. Kulit jangan sampai kusam dan terlihat kurang terawat. Pokoknya performa Ruth Sahanaya saat menyanyi harus total. Kalau kesehatan nggak terjaga, bisa kacau semuanya. 

Nggak jauh berbeda, Vidi Aldiano juga mengungkapkan hal yang sama. Kesehatan adalah hal yang paling utama. Bagi Vidi, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Nggak pake ribet, dia mah.. cukup konsumsi vitacimin secara teratur aja. Praktis.


Apa aja sih, kandungan yang terdapat di dalam Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow?




Vitacimin White, tablet salut gula yang dikemas dalam kemasan berwarna putih dan biru ini, mengandung vitamin C, Vitamin E, Vitamin B2, L-Cysteine dan Vitamin B5 (Pantothenate). 

Sedangkan untuk Vitacimin Nutriglow dalam kemasan putih dan merah, mengandung Vitamin C, Biotin, Vitamin B6, Vitamin B-2, L-Cystein dan Nicotinamide. Seluruh kandungan yang terdapat di dalam kedua suplemen ini memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum, sehingga dapat mengoptimalkan performa sehari-hari.

Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow direkomendasikan untuk wanita berusia 25-55 tahun yang menginginkan tubuh sehat dan segar terawat.

Cara penggunaannya disarankan 1-2 tablet sehari ( 1 tablet di pagi hari dan 1 tablet di malam hari).

Harganya gimana?

Satu kotak Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow berisi masing-masing 3 alubag @1 blister @10 tablet berlapis gula. Harga jual yang disarankan di toko Rp. 55.000 - Rp. 58.000,- *Paling lebih-lebih dikit lah ya.. :)


Kampanye Sehat "Make the World C You"


Menandai peluncuran dua produk Vitacimin White dan Vitacimin Nutriglow ini, Takeda Indonesia juga menjalankan kampanye bertajuk "Make the World C You." Kampanye ini sebagai bentuk dukungan bagi para wanita Indonesia agar semakin bersemangat dalam menjalani kehidupan secara maksimal.

Wanita sebagai istri, ibu dan juga pekerja, membutuhkan ruang untuk tetap menjaga eksistensinya. Tetap berkontribusi penuh pada keluarga, sekaligus tetap berkarya di masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Yuk, sukseskan kampanye ini dengan menunjukkan bahwa kita bisa menjalani hidup secara maksimal. Sehat dan bahagia..


15 May 2017

Citi Microentrepreneurship Award 2017, Penghargaan untuk Wirausaha Berprestasi




Menjadi pengusaha atau seorang wirausaha yang sukses tentunya nggak mudah. Ada perjuangan dan proses di sepanjang perjalanannya. Bahkan untuk tetap eksis di tengah masyarakat pun, diperlukan kegigihan dan inovasi yang terus-menerus agar tetap mendapat tempat di hati orang banyak. Selain itu diperlukan juga kesiapan untuk bersaing secara sehat, untuk sama-sama membangkitkan perekonomian Indonesia.

Sebagai langkah untuk meningkatkan pentingnya  kewirausahaan, Citibank melalui program CSR yang diberi nama #CitiPeka yaitu singkatan dari Citi peduli dan berkarya, setiap tahun rutin mengadakan ajang pemilihan Citi Microentrepreneurship Award (CMA). Bertempat di Hotel Gran Mahakam, tanggal 9 Mei lalu, saya dan beberapa teman blogger, menghadiri acara penyerahan CMA yang tahun ini sudah memasuki tahun ke-12. Di acara ini juga hadir CEO Citi Indonesia, Bapak Batara Sianturi, Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Bapak Budi Mustopo, Country Head Coorporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki dan Program DFirector Agriculture and Financial Services Mercy Corps Indonesia, Andi Ikhwan.




Acara penyerahan Award berlangsung penuh kekeluargaan. Mungkin karena ke-20 finalis yang berasal dari berbagai daerah ini, sudah mengikuti boothcamp sebelum acara penyerahan award. Canda tawa lebur jadi satu. Udah nggak ada tuh rasa canggung. Hangat dan saling mendukung satu sama lain.  

Citi Microentrepreneurship Award ini dilaksanakan lebih dari 30 negara di dunia lho. Dengan pemenang yang mencapai 6 ribu orang. Setiap tahun, para wirausaha yang mendaftarkan diri untuk mengikuti ajang pemilihan ini selalu membludak. Tahun 2017, untuk CMA Indonesia mencapai 500 lebih pendaftar dengan berbagai bidang usaha. Proses seleksinya juga sangat ketat. Dari beberapa proses seleksi terpilihlah 20 finalis dari 12 propinsi. Nah, 20 orang finalis ini, akan diseleksi lagi untuk memperebutkan berbagai penghargaan bergengsi.

Di acara penyerahan CMA 2017, ikut pula di pajang berbagai bentuk hasil produksi usaha para finalis. Dari bidang kerajinan, inovasi sampai pada kuliner. Berikut ini beberapa foto-fotonya :








Penghargaan Berbagai Kategori



Penghargaan yang diberikan dalam CMA 2017 ini terdiri dari berbagai kategori. Selain tentunya penghargaan utama adalah Microentreupreneur of the Year. Berikut ini adalah kategori penghargaan beserta nama-nama para pemenangnya.


Green Microentrepreneur    -     Briane Novianti Syukmita

Fishery Microentrepreneur  -   Aris Hartana

Service Microentrepreneur   -   Nufus Muthmainah

Creative Microentrepreneur    -  Rita Indriana

Agriculture Microentrepreneur  -   Heri Susanto


Sedangkan untuk 3 penghargaan khusus diberikan kepada :




Young Microentrepreneur - Endi Putra Roza

Best Woman Microentrepreneur - Lia Nilamdewi

Most Innovative Microfinance Institution - KSPPS Bina Sejahtera Ummat Banda Aceh


Penghargaan utama sebagai Microentrepreneur of the Year diberikan kepada :

Rita Indriana


((*Yeeay.. selamat untuk semua pemenang ya..))


Ini adalah pemenang kategori Young Microentrepreneur lho.. Bangga rasanya, usia masih muda tapi bisa berprestasi. 





Siapkan Diri Untuk Citi Microentrepreneur 2018





Para pemenang dan seluruh finalis CMA tahun ini tentunya bisa menjadi sumber inspirasi bagi para pelaku wirausaha di Indonesia. Bertemu dengan teman berbagai daerah dan bisa berbagi pengalaman tentunya akan memperkaya wawasan. Ditambah lagi bimbingan dan mentoring yang didapatkan selama berada di boothcamp. OMG mereka pasti makin keren. Yang pasti ajang pemilihan ini bikin ilmu mereka makin segunung. 

Nah, buat yang pengen ikutan CMA tahun depan,ayo.. siapkan diri dari sekarang ya. Semangat untuk terus berkarya. Makin berkembang usaha yang dijalankan makin banyak juga kesempatan orang lain untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Makin sejahtera deh, ekonomi kita. 

Sampai jumpa di Citi Microentrepreneurship tahun depan ya.. :)










10 May 2017

150th RS JIwa Dr. Soeharto Heerdjan, Tetap Setia Melayani Kesehatan Jiwa


Selama tinggal di Jakarta, belum pernah terpikirkan kalau saya akan mengunjungi rumah sakit jiwa. Bahkan RSJ tersebut terletak di Grogol pun, saya juga nggak pernah tahu. Jujur. saya memang kurang familiar dengan daerah Grogol. Makanya, ketika saya dan teman-teman Blogger Cihuy mendapat kesempatan untuk berkunjung ke RSJ Dr. Soeharto Heerdjan sekaligus memperingati hari ulang tahunnya yang ke 150 tahun, saya seneng banget. Bisa melihat langsung fasilitas yang ada di RSJ tersebut benar-benar sesuatu yang nggak pernah saya sangka-sangka.




Dalam bayangan saya, RSJ adalah rumah sakit yang menangani pasien dengan masalah kejiwaan tanpa adanya kegiatan-kegiatan yang bisa menggali potensi dari pasiennya. Duh, persepsi saya keliru banget. Di RSJ ini, pasien yang sudah melalui masa rehabilitasi mendapatkan terapi pelatihan keterampilan yang akan meningkatkan kemandirian sehingga nantinya mereka siap untuk berbaur kembali dengan masyarakat.

Dan ini adalah sebagian hasil karya mereka. Keren, keren yaa..






Ada beberapa kegiatan terapi yang dilakukan di RSJ Dr. Soeharto Heerdjan. Dengan aktivitas pembuka, pertemuan pagi dan pertemuan sore. Terapi edukasi meliputi, Kelas Bahasa Inggris, Administrasi Komputer, Remedial dll. Sedangkan untuk terapi okupasi ada Tata Boga, Salon, Menjahit, Kerajinan Tangan, Perkebunan, Sablon Mug dll. Ada terapi musik juga dengan Organ Tunggal, Band, Musik, Paduan Suara, Karaoke dll. Sedangkan untuk latihan Kerja Mandiri ada RH Ponsel, RH Garden, RH Corner dan RH Cleaning Service.

Semua kegiatan terapi dilakukan oleh Tim Pelaksana dari RSJ. Oleh Dokter / psikiater, Psikolog Klinis, Perawat Jiwa, Pekerja Sosial, Terapis Okupasi, dan Instruktur untuk keterampilan Tata Boga, CS, Kerohanian dll.

Saya dan teman-teman sempat mengunjungi beberapa ruang kelas yang dipakai untuk kegiatan keterampilan. Ruangannya bersih dan  aktivitas yang dilakukan sangat bermanfaat. Sempat juga berkunjung ke gerai roti yang semua prosesnya dilakukan secara berkelompok. Ada yang menyiapkan bahan, membuat adonan, memanggang roti, sampai dengan menawarkan roti kepada pembeli. Uuh, roti isi duriannya enak banget. isinya melimpah. Sampe sekarang masih terbayang enaknya..  :D




Sempat juga berkunjung ke ruang musik. Hari itu ada latihan vocal grup. Beberapa pelatih mendampingi. Dan suara mereka bagus dan kompak. Saya sampai terharu menyaksikannya.



PEMASUNGAN ITU MASIH ADA



Selepas mengunjungi ruang rehabilitasi, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan mendengarkan langsung pengalaman dari bapak dan ibu dokter selama menjalankan tugasnya. Gangguan kejiwaan sangat erat hubungannya dengan dukungan keluarga. Beberapa keluarga ada yang malah memperburuk gangguan kejiwaan pasien. Mengurung atau memasung pasien yang sulit diatasi dengan caranya sendiri.

Pada kasus pasien yang sudah tidak dapat mengurus dirinya sendiri, memang harus mendapatkan perawatan, pengobatan dan terapi. Bayangkan kalau pasien malah dipasung, kaki dirantai, dikurung di ruangan yang sempit. Bukannya sembuh, pasien justru akan tambah parah dan memperburuk kondisi fisiknya.

Masyarakat bisa kok, melaporkan bila di sekitarnya terdapat kasus pemasungan. Keluarga atau puskesmas terdekat dapat melaporkan ke RSJ, dan Tim RSJ akan segera melakukan penjemputan. Pasien akan dibujuk dan dibawa ke RSJ dan diberikan perawatan. Banyak pasien kasus pemasungan yang membaik setelah dirawat di RSJ.

Ini PR bagi kita, kalau ada kasus pemasungan, jangan diam. Laporkan, mereka punya hak untuk mendapatkan perawatan dan diperlakukan sebagaimana layaknya manusia.


Hal-hal yang bisa menyebabkan gangguan kejiwaan


Saya sempat kaget ketika mengetahui bahwa gangguan kejiwaan kadang disebabkan hal-hal yang bagi sebagian orang hanya hal sepele. Ada kasus yang menimpa anak umur 7 tahun, yang harus mendapatkan terapi dan perawatan karena terlalu larut bermain game. Miris dan sedih banget dengernya. Ada juga yang nggak bisa menerima kegagalan. Atau ada juga gangguan yang disebabkan karena ketidakmampuan seseorang dalam menerima takdir. Misalnya, kehilangan orang yang dicintai untuk selamanya. Kehilangan memang sakit, sebagian orang ada yang tidak bisa mengatasi rasa kehilangan dan menyebabkan kesedihan yang mendalam dan berlanjut menjadi gangguan kejiwaan.

Gangguan kejiwaan memang memiliki beberapa tingkatan. Dari yang ringan sampai yang serius. Keluarga adalah orang yang mestinya paling peka dan bisa memutuskan langkah apa yang bisa diambil. Bisa lewat terapi atau ditangani dengan perawatan. Dukungan keluarga, kerjasama yang baik dengan dokter dan juga lingkungan akan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Selain memiliki ruang rawat inap, rawat jalan dan rehabilitasi, RSJ. Dr. Soeharto Heerdjan juga memiliki instalasi kesehatan jiwa anak dan remaja. Selain itu ada terapi wicara, terapi kelompok dan gangguan Autisme. Intinya, berbagai fasilitas ada di RSJ yang sudah berdiri selama 150 tahun ini. Di usianya kini, tentunya pelayanan kesehatan akan terus ditingkatkan.

Semoga RSJ Dr. Soeharto Heerdjan semakin jaya ya.. tetap setia melayani kesehatan jiwa masyarakat Indonesia.























05 May 2017

Serunya Lomba Busana Nusantara Hari Kartini Bersama Kidzania dan Belfoods




Dalam rangka memperingati Hari Kartini, 21 April 2017 lalu, KidZania Jakarta dan PT. Belfoods Indonesia bikin acara lomba Busana Nusantara yang melibatkan 100 murid TK se-Jabodetabek. Tujuannya adalah untuk menanamkan rasa cinta pada Indonesia tanah air kita, lewat busana adat yang diperagakan. Lomba ini memperebutkan juara 1,2,3 dan juara favorit dengan hadiah piala dan uang tunai jutaan rupiah. Dengan jumlah peserta 100 orang, tentunya persaingan terasa ketat ya..

Tapi, pagi itu semua peserta terlihat santai. Wajah-wajah mungil adik-adik (((adik))) TK, tampak begitu sumringah. Tersenyum dan penuh percaya diri. Gimana nggak pede ya.. kan udah didandanin cantik dan ganteng. Apalagi busana yang dikenakan memang bikin aura meningkat berkali-kali lipat. Ada busana Jawa, Sunda, Aceh, Sumatera, Bali dan masih banyak lagi. Bagus-bagus semua..
Tapi salah satu yang membuat peserta jadi santai, tentu karena diadakan di Kidzania sih ya.. panggungnya berada di sekitar area permainan. Jadi, nggak bikin nervous. 




Tuh, lihat aja yang ini. Percaya diri banget,kan.. 




Di kesempatan lomba busana nusantara ini, mereka tentunya jadi tau bahwa Indonesia memiliki banyak suku dan adat istiadat yang berbeda, 





Dari Sabang sampai Merauke, baju adat yang berbeda menunjukkan betapa kayanya budaya Indonesia.



Chef Marketing Officer KidZania Jakarta, Faisal Reza mengatakan, kegiatan lomba busana memang sebuah kegiatan yang sangat menarik untuk anak-anak. Mereka nggak cuma sekedar tampil aja. Tapi menumbuhkan rasa percaya diri, lebih ekspresif dan semangat untuk berkompetisi meraih prestasi. Benar juga ya, kalau dimulai sejak kecil, mereka akan terpacu untuk terus berprestasi.

Sejalan dengan apa yan disampaikan Bapak Faisal Reza, General Manager Marketing Belfoods Indonesia, Addyono H. Koloway juga menjelaskan Belfoods memang mendukung anak-anak untuk sehat dan berprestasi. Sebagai brand makanan frozen terkemuka di Indonesia, Belfoods memiliki kepedulian akan kecerdasan anak Indonesia. Asupan makanan yang sehat dan bergizi tentunya akan mendorong tumbuh kembang dan kecerdasan anak. Tapi sesungguhnya kecerdasan bukan hanya dilihat dari nilai akademisnya saja. Orang tua juga harus mengembangkan kemampuan dan bakat anak. Sayang banget kan kalau bakat yang dimiliki anak harus tenggelam karena orang tua nggak peka.



Ibu Dada Sabra Sathilla, Marcom Manager Kidzania Jakarta dan Bapak Addyono H.Koloway, General Manager Marketing Belfoods.


PERCAYA DIRI DI ATAS PANGGUNG


Peserta yang tampil di acara lomba busana nusantara kali ini, semangatnya luar biasa. Ada sih yang malu-malu. Tapi hanya beberapa dan wajar banget. Soalnya peserta terdiri dari kelas TK A dan B. Jadi soal keberanian memang nggak bisa disamakan. Berani naik panggung aja udah hebat banget. Saya aja dulu lupa, umur 4 tahun jangan-jangan saya malah sembunyi di belakang Ibu saya.. ^^

Ini nih, lucu bangetkan.. gayanya anti mainstream.. ^^



Penilaian juri untuk lomba busana ini meliputi, pembawaan peserta, keberanian, busana, make up dan kepercayaan diri. Saya yakin, jurinya pasti bingung deh. Pesertanya bagus-bagus. Tapi, pemenang juga dipisahkan sesuai dengan kelasnya. Jadi ada kriteria TK A dan TK B.


Si kecil yang lucu ini jadi juara 1 loh.. gemesin banget ya..  *cubitpipinyaaah*



INI DIA PEMENANGNYA




Bapak Addyono H. Koloway dari Belfoods memberikan hadiah kepada para pemenang






Pemenang juara Favorit. Mendapatkan Piala dan bingkisan menarik dari Belfoods

Yuhuu, selamat ya buat semua yang menang.. 



Menyaksikan langsung lomba busana nusantara kemaren berhasil membuat saya bernostalgia, mengingat kembali saat dulu sibuk mengantarkan anak-anak untuk ikut lomba sebagai perwakilan sekolah. Memang benar sih, mereka tumbuh menjadi anak yang percaya diri. Lebih kreatif dan cepat beradaptasi dengan lingkungan.

Buat Ibu-ibu, ayo.. dukung bakat anak kita. Karena kelak, mereka akan jadi penerus bangsa. Semoga anak-anak kita menjadi anak yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa, ya.. *Aamiin..










04 May 2017

Terpikat Cantiknya Lurik LAWE Indonesia


Melangkahkan kaki ke JCC untuk mengunjungi INACRAFT 2017 "The Magnificence of Yogyakarta" minggu lalu, membuat saya terpesona. Sungguh, bangga Indonesia punya karya-karya yang menarik. Hari itu banyak warga negara asing juga yang berkunjung. Mereka sangat antusias dan nggak bisa menyembunyikan kekagumannya. Sama lah kayak saya, tapi perasaan saya bercampur rasa bangga sebagai orang Indonesia.
Apalagi ketika sampai di booth LAWE Indonesia. Kebanggaan dan kecintaan saya pada kain tradisional Indonesia makin bertambah.

Hadir sebagai brand yang mengkhususkan diri mengeksplore sekaligus melestarikan kain lurik dari kota Yogyakarta, membuat Lawe nggak cuma berkembang sendiri. Produk-produk Lawe yang juga bisa ditemui di salah satu displaynya di Grand Indonesia, memiliki banyak orang-orang di belakangnya. Dengan melalui berbagai proses, Lawe Indonesia semakin mengembangkan diri. Membuka banyak pelatihan keterampilan untuk perempuan di berbagai daerah. Berperan serta dalam mendukung Ibu rumah tangga untuk terus berkarya.

Kembali ke kain lurik. Kain tradisional khas Yogyakarta ini memang udah lekat banget dengan kehidupan masyarakatnya. Baju, stagen dengan warna-warna gelap sepertinya udah abadi. Founder Lawe, Ibu Adinindyah membuat lurik tampil warna-warni seperti yang kita lihat sekarang, selain tetap mempertahankan warna-warni asli juga tentunya. Lawe hadir dengan produk dan pilihan warna yang makin memikat. Siapa pun bisa memakai dan menggunakan produknya. Malah sudah beberapa kali bekerjasama dengan negara-negara luar dalam penyediaan souvenir.



Kalau dulu penggunaan kain lurik sangat terbatas, sekarang malah semakin variatif. Lawe membuat berbagai produk yang bisa kita gunakan sehari-hari. Mulai dari produk yang mempercantik rumah seperti table runner, sarung bantal  sampai produk yang bisa kita bawa-bawa kayak dompet, tas, pouch kosmetik, pouch serba guna, tempat handphone, pashmina sampai gantungan kunci, bandana dan ikat rambut. *Banyak lagi deh, saya lupa namanya*. Yang lucu-lucu juga ada. Boneka kura-kura, jerapah, gajah, kepiting dan banyak lagi. Semuanya lucuu.. *ya ampuuun. Gemeess!*




Oh ya, harga produk Lawe cukup terjangkau. Untuk pernak-pernik lucu harga mulai 15K. Sedangkan untuk Tas, ada yang harganya 950K. Ini karena bahannya dipadukan dengan kulit asli. Ada juga yang lebih mahal sih, kayak Bed Cover. Tapi, sesuailah ya dengan kepuasan memiliki produknya. Jahitannya rapi dan kuat.





 Pengen bawa pulang semuanyaaa! ^^


Keistimewaan produk Lawe, adalah paduan warnanya yang memikat. Ragam corak warna lurik yang terinspirasi dari kekayaan fauna Indonesia seperti burung Rangkong Badak, Kacamata Sangihe atau Cekakak Jawa dan beberapa burung lainnya, dituangkan dalam motif lurik yang colorfull. Untuk pemanisnya, lurik dipadukan juga dengan kain polos dengan berbagai tone warna yang berbeda. Ungu, biru, hijau, kuning, merah, abu-abu.. semuanya bikin lurik jadi makin cantik. Jujur aja ya, saya sampai bingung waktu memilih mau beli motif yang mana. Sampai semuanya dikeluarin.. Mbak yang jaga sabar banget. Pasti deh udah sering menghadapi pembeli yang galau.. hahahaaa.
Ohya, akhirnya karena nggak bisa memutuskan pilih yang mana, saya ambil tempat handphone-nya dua. Baru rasanya lega.. ^^




Buat yang suka fashion, jangan khawatir. Ada kain lurik yang siap untuk dijadikan baju juga loh. Satu lembar kain yang disiapkan Lawe, bisa jadi satu potong baju yang bakal bikin kita makin bergaya. Atau kalau mau seragaman sama teman, kakak, adik atau pasangan, boleh juga. Tambah aja kainnya. Biar puas dijadikan model apa aja. Cari model yang unik, pasti luriknya bakal makin gaya.

Kemaren saat ketemu dengan Mba' Fitria Werdiningsih, Marketing unit bisnis Lawe Indonesia, saya todong langsung buat foto. Model bajunya bisa untuk inspirasi model kain lurik. Tambah aksesories jadi tambah keren. Suka deh, sama gayanya Mba' Fit. *thanks ya mba' :)



Kan seneng ya, kalau dilihat sama orang-orang di negara tetangga. Trus jadi pada tau kalau itu kain khas tradisional kita. Hitung-hitung ikut mempromosikan dan ikut melestarikan lurik. Ada hal lain lagi sih. Dengan membeli, berarti kita juga ikut meningkatkan taraf hidup perempuan-perempuan hebat penenun lurik. Karena kain lurik dikerjakan dengan tangan. Bukan mesin. Mereka bisa menambah penghasilan keluarga, menyekolahkan anak-anak dan eksistensi mereka dalam berkarya tetap terjaga.


Yang mau lihat koleksi LAWE, cek sosial media di bawah ini ya :

LAWE Indonesia

Instagram : @laweindonesia
Twitter     : @laweindonesia
Facebook: Lawe Indonesia














Suzuki IGNIS Urban SUV, Nyaman, Irit dan Stylish


Ketika pertama kali melihat IGNIS, di acara Test Drive, mobil terbaru keluaran Suzuki, hati saya langsung jatuh cinta .. :) Beneran. Tampilannya mobil ini sporty dan kece banget. Gagah tapi sekaligus cantik menawan. *ini apaan sih. Gagah tapi cantik* Hahaha, entahlah. Bagi saya di balik kegagahannya tetap ada sisi manisnya. Apalagi, pas lihat yang warna merah. Duh, rasanya pengen langsung bawa pulang.. ^^ 

Melihatnya aja udah jatuh hati, ya.. Gimana saat berkendara? *nggaksabar!




Itulah perasaan saya ketika, 17 April 2017 lalu, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan genre baru di kelas Sport Utility Vehicle (SUV)  untuk konsumen Indonesia. Seperti kesan pada pandangan pertama saya, desain IGNIS memang memikat. Detail setiap sisinya manis banget. Nggak cuma manis, tapi juga fungsional. Dan hadir dengan berbagai pilihan warna. 

Untuk yang berjiwa muda penuh semangat, IGNIS cocok banget untuk dikendarai menembus padatnya aktivitas. Karena bodinya ringan. Desain aerodinamika nya memungkinkan untuk memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik saat melaju dengan kecepatan konstan.  Udah cakep trus irit pulak. Suka banget lah, ya..

Trus, mesinnya gimana dong?

Buat saya yang nggak paham banget dengan mesin, tentu saja penilaian berdasarkan enak enggaknya saat mobil dibawa berkendara di jalan. Tanjakan, turunan, atau ketika harus menikung. Waktu test drive, kan ada jalanan yang bergelombang gitu ya, nah IGNIS jalan dengan mulus. Smooth, nggak ada hentakan yang ngagetin. Langsung kebayang deh, kalau yang naik Ibu hamil pasti bakalan nyaman.




Nah, dari info yang saya dapatkan, mesin Suzuki IGNIS ini bertipe K12M dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC. VVT, sangat handal digunakan dalam hal performa dan efisiensi bahan bakar juga terbaik di kelasnya.
Dari tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar IGNIS mencapai 23,64 km/liter transmisi Manual dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS.




Oh ya, Suzuki IGNIS memiliki dimensi sepanjang 3.700 mm. Dengan ban profil 175/65 R15 yang membuat IGNIS nyaman saat melewati jalan yang nggak rata. Sesuai lah dengan apa yang saya dan teman-teman rasakan ketika melakukan test drive.

Dimensi mobilnya kecil,  ya?

Kalau sekilas, Suzuki Ignis memang hadir dengan dimensi yang cukup kecil dibandingkan dengan rival di kelasnya seperti SUV lain (Honda Brio, Ford Ecosport dan Honda HR-V)



Namun jangan salah, meskipun dimensinya cukup mungil untuk mobil di segment ini, kayaknya nanti cukup mencuri perhatian konsumen Indonesia! Saya aja jatuh hati pada pandangan pertama kok.. *anaknya gampang jatuh cinta..huahaha*
Biarpun kecil, namun ruang dalam terasa lapang, temans.. Karena tinggi ruang kabin Suzuki Ignis berdimensi 3.700 x 1.690 x 1.595 mm

Desain Suzuki Ignis




Gagah adalah kesan pertama, karena pada bagian depan, tampilan grill serta aksen warna chrome yang mengelilingi bagian headlamp dan grill terlihat mewah.
Bumper bawah menggunakan wana hitam dop. sedangkan untuk tampilan foglamp didesain tetap bulat sehingga terkesan klasik.
Velg berwarna hitam dengan lingkar ban berukuran R16.
Handle pintu berwarna krome, dengan spion mobil otomatis.
Sistem Auto Gear Shift dan bahan bakar
Suzuki Ignis ini ternyata sama seperti Karimun Wagon terbaru,
berteknologi transmisi unik di mana terdapat pilihan mode otomatis dan manual sekaligus dalam satu paket.
Sistem ini memang bukan teknologi baru, namun yang pertama di kelas mobil terjangkau ramah lingkungan atau LCGC (low cost green car) yang menjadi program pemerintah.

Teknologi yang disebut Suzuki sebagai auto gear shift (AGS) ini memberi fleksibilitas besar bagi pengendara, yaitu bisa memilih transmisi otomatis (matic) saat terjebak kemacetan, dan berpindah ke manual jika menginginkan gaya mengendara yang lebih agresif.

Apa? Saya?
Saya termasuk yang kalem, jadi pakai manual aja ya.. ^^

Sedangkan untuk sistem suplai bahan bakar mobil ini menggunakan MPFI (injeksi Bahan Bakar) dimana pada suplai bahan bakar ini akan lebih mengkontrol konsumsi bahan bakar. Irit adalah pilihan utama buat kaum urban, bukan?

Harganya gimana?

Walaupun mobil ini didesain dengan komplit, memiliki banyak fitur unggulan (seperti sudah adanya sistem rem Auto Break System yang aman), Dual Airbags jika terjadi benturan kepada mobil, harganya cukup bersahabat.

Desain interior Suzuki Ignis dengan dashboard moderen dan speedometer yang sporty dan digital. Kesan pertama yang juga “wow” buat saya adalah kunci. Sederhana, ya.. kunci! Sesederhana cara saya melihat dia yang… >.<
Kunci Suzuki Ignis menggunakan sistem Auto Lock System, tanpa perlu memasukkan anak kunci di lubangnya. Cukup kita berjarak sekitar 80 cm dari kemudi! Bagaimana jika kita lupa mengunci pintu? Otomatis sesudah kita berjarak beberapa meter, pintu akan terkunci secara otomatis!



Tombol engine On/Off bikin mobil ini oke, fixed jadi deretan mobil canggih buat saya.
Pada dashboard, terlihat  head unit yang digunakan, katanya sih kalau di India sudah memakai layar sentuh dengan desain floating sebagai standarnya, di Indonesia masih mengusung head unit konvensional dengan koneksi Bluetooth. Untuk di Indonesia, fitur touch screen bisa dijadikan fitur opsional bagi konsumen.


Dengan melihat apa yang ditawarkan oleh Suzuki IGNIS, sepertinya bakal ada yang jatuh cinta kayak saya nih.. So, gimana? Masih ragu milih mobil apa? Suzuki IGNIS bisa jadi pilihan utama nih…