Pages

04 May 2017

Suzuki IGNIS Urban SUV, Nyaman, Irit dan Stylish


Ketika pertama kali melihat IGNIS, di acara Test Drive, mobil terbaru keluaran Suzuki, hati saya langsung jatuh cinta .. :) Beneran. Tampilannya mobil ini sporty dan kece banget. Gagah tapi sekaligus cantik menawan. *ini apaan sih. Gagah tapi cantik* Hahaha, entahlah. Bagi saya di balik kegagahannya tetap ada sisi manisnya. Apalagi, pas lihat yang warna merah. Duh, rasanya pengen langsung bawa pulang.. ^^ 

Melihatnya aja udah jatuh hati, ya.. Gimana saat berkendara? *nggaksabar!




Itulah perasaan saya ketika, 17 April 2017 lalu, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan genre baru di kelas Sport Utility Vehicle (SUV)  untuk konsumen Indonesia. Seperti kesan pada pandangan pertama saya, desain IGNIS memang memikat. Detail setiap sisinya manis banget. Nggak cuma manis, tapi juga fungsional. Dan hadir dengan berbagai pilihan warna. 

Untuk yang berjiwa muda penuh semangat, IGNIS cocok banget untuk dikendarai menembus padatnya aktivitas. Karena bodinya ringan. Desain aerodinamika nya memungkinkan untuk memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik saat melaju dengan kecepatan konstan.  Udah cakep trus irit pulak. Suka banget lah, ya..

Trus, mesinnya gimana dong?

Buat saya yang nggak paham banget dengan mesin, tentu saja penilaian berdasarkan enak enggaknya saat mobil dibawa berkendara di jalan. Tanjakan, turunan, atau ketika harus menikung. Waktu test drive, kan ada jalanan yang bergelombang gitu ya, nah IGNIS jalan dengan mulus. Smooth, nggak ada hentakan yang ngagetin. Langsung kebayang deh, kalau yang naik Ibu hamil pasti bakalan nyaman.




Nah, dari info yang saya dapatkan, mesin Suzuki IGNIS ini bertipe K12M dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC. VVT, sangat handal digunakan dalam hal performa dan efisiensi bahan bakar juga terbaik di kelasnya.
Dari tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar IGNIS mencapai 23,64 km/liter transmisi Manual dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS.




Oh ya, Suzuki IGNIS memiliki dimensi sepanjang 3.700 mm. Dengan ban profil 175/65 R15 yang membuat IGNIS nyaman saat melewati jalan yang nggak rata. Sesuai lah dengan apa yang saya dan teman-teman rasakan ketika melakukan test drive.

Dimensi mobilnya kecil,  ya?

Kalau sekilas, Suzuki Ignis memang hadir dengan dimensi yang cukup kecil dibandingkan dengan rival di kelasnya seperti SUV lain (Honda Brio, Ford Ecosport dan Honda HR-V)



Namun jangan salah, meskipun dimensinya cukup mungil untuk mobil di segment ini, kayaknya nanti cukup mencuri perhatian konsumen Indonesia! Saya aja jatuh hati pada pandangan pertama kok.. *anaknya gampang jatuh cinta..huahaha*
Biarpun kecil, namun ruang dalam terasa lapang, temans.. Karena tinggi ruang kabin Suzuki Ignis berdimensi 3.700 x 1.690 x 1.595 mm

Desain Suzuki Ignis




Gagah adalah kesan pertama, karena pada bagian depan, tampilan grill serta aksen warna chrome yang mengelilingi bagian headlamp dan grill terlihat mewah.
Bumper bawah menggunakan wana hitam dop. sedangkan untuk tampilan foglamp didesain tetap bulat sehingga terkesan klasik.
Velg berwarna hitam dengan lingkar ban berukuran R16.
Handle pintu berwarna krome, dengan spion mobil otomatis.
Sistem Auto Gear Shift dan bahan bakar
Suzuki Ignis ini ternyata sama seperti Karimun Wagon terbaru,
berteknologi transmisi unik di mana terdapat pilihan mode otomatis dan manual sekaligus dalam satu paket.
Sistem ini memang bukan teknologi baru, namun yang pertama di kelas mobil terjangkau ramah lingkungan atau LCGC (low cost green car) yang menjadi program pemerintah.

Teknologi yang disebut Suzuki sebagai auto gear shift (AGS) ini memberi fleksibilitas besar bagi pengendara, yaitu bisa memilih transmisi otomatis (matic) saat terjebak kemacetan, dan berpindah ke manual jika menginginkan gaya mengendara yang lebih agresif.

Apa? Saya?
Saya termasuk yang kalem, jadi pakai manual aja ya.. ^^

Sedangkan untuk sistem suplai bahan bakar mobil ini menggunakan MPFI (injeksi Bahan Bakar) dimana pada suplai bahan bakar ini akan lebih mengkontrol konsumsi bahan bakar. Irit adalah pilihan utama buat kaum urban, bukan?

Harganya gimana?

Walaupun mobil ini didesain dengan komplit, memiliki banyak fitur unggulan (seperti sudah adanya sistem rem Auto Break System yang aman), Dual Airbags jika terjadi benturan kepada mobil, harganya cukup bersahabat.

Desain interior Suzuki Ignis dengan dashboard moderen dan speedometer yang sporty dan digital. Kesan pertama yang juga “wow” buat saya adalah kunci. Sederhana, ya.. kunci! Sesederhana cara saya melihat dia yang… >.<
Kunci Suzuki Ignis menggunakan sistem Auto Lock System, tanpa perlu memasukkan anak kunci di lubangnya. Cukup kita berjarak sekitar 80 cm dari kemudi! Bagaimana jika kita lupa mengunci pintu? Otomatis sesudah kita berjarak beberapa meter, pintu akan terkunci secara otomatis!



Tombol engine On/Off bikin mobil ini oke, fixed jadi deretan mobil canggih buat saya.
Pada dashboard, terlihat  head unit yang digunakan, katanya sih kalau di India sudah memakai layar sentuh dengan desain floating sebagai standarnya, di Indonesia masih mengusung head unit konvensional dengan koneksi Bluetooth. Untuk di Indonesia, fitur touch screen bisa dijadikan fitur opsional bagi konsumen.


Dengan melihat apa yang ditawarkan oleh Suzuki IGNIS, sepertinya bakal ada yang jatuh cinta kayak saya nih.. So, gimana? Masih ragu milih mobil apa? Suzuki IGNIS bisa jadi pilihan utama nih…






No comments:

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)