10 December 2017

KUATNYA GODAAN KORUPSI DI BIDANG PENGADAAN BARANG DAN JASA



"Katakan tidak pada korupsi!"

Masih ingat dengan slogan yang dulu cukup sering berseliweran di layar kaca? Masih lah ya..

Apalagi, sampai saat ini cerita tentang korupsi belum juga surut, malah dengan jumlah yang cukup membuat kening berkerut. Trilyunan, milyaran.. ckckck, tega banget sih, mencuri uang yang tadinya bisa untuk kepentingan orang banyak, bisa diatur sedemikian rupa sampai masuk ke rekening sendiri. 

Korupsi, baik dengan jumlah yang besar atau receh sekalipun, saat ini semakin merambah ke berbagai urusan. Di mana ada celah, ada aja oknum yang memanfaatkannya. Awalnya sedikit, lama-lama jadi keterusan. Lupa dengan tanggung jawab yang sedang diemban.

Pernah dengar lahan basah?
Yap, kata-kata ini pastinya bukan sesuatu yang asing lagi dalam dunia kerja. Khususnya di ruang lingkup pemerintahan. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal   30 November 2017, bertempat di The Media Hotel & Towers, saya dan teman-teman blogger mendapat kesempatan untuk mengikuti diskusi tentang pengadaan barang dan jasa. Seminarnya sendiri diadakan selama dua hari dengan peserta dari berbagai daerah. Semua keluh-kesah, hambatan dan harapan bisa dicurhatin sama narasumber yang hadir. :)




KUATKAN IMAN UNTUK MENGHADAPI GODAAN


Godaan korupsi memang kerap menjadi tantangan bagi setiap orang yang berkecimpung dalam Pengadaan Barang. Hal ini disampaikan oleh Bapak Hifdzil Alim, SH, M.H dari Pusat Kajian Anti Korupsi FH. UGM. Apalagi dengan besarnya anggaran infrastruktur yang ditetapkan pada tahun 2018 ini mencapai angka 409 trilyun (APBN). Angka ini belum dihitung dengan infrastruktur yang dibiayai pemerintah daerah (APBD). Nggak bisa dimungkiri, semakin besar anggaran, semakin besar juga potensi untuk korupsi.

Ini adalah satu contoh dari korupsi PBJ, sumber dari KPK, tahun 2016.



Penyuapan ternyata menduduki angka paling  tinggi, ya. Termasuk juga jabatan yang sering disalah gunakan untuk mengeruk keuntungan. :(

Saya jadi ingat ketika sesi tanya jawab, ada peserta yang menanyakan bagaimana caranya menghindari masalah suap. Karena sampai saat ini, pekerjaan yang mereka dapatkan semuanya karena berani melakukan itu. Kalau mereka nggak mengikuti 'cara mainnya', nggak bakalan ada proyek yang mampir. Duh! Ternyata ini lah fakta yang ada.

Bagaimana caranya supaya terhindar dari godaan korupsi? 

Godaan memang selalu ada sih. Apalagi kalau orang-orang di lingkungan kerja kita terbiasa dengan mark up, suap-menyuap, bikin belanjaan fiktif dan sebagainya, tentu perlu keteguhan hati untuk menghadapinya.

Kata Pak Hifdzil, sih, semua balik lagi ke iman masing-masing. Menggunakan uang yang nggak halal untuk menghidupi keluarga, pasti akan dampak buruknya. Sudah banyak contoh yang bisa kita lihat. Pendidikan anak jadi nggak beres, terlibat narkoba dan hal-hal buruk lainnya. Ngeri banget, kan..

Nah, supaya nggak salah langkah, pahami lah peraturan dan undang-undang yang berlaku. Sadaril lah bahwa semua pelanggaran akan ada konsekwensinya. Sekecil apapun keterlibatan kita pada satu kasus yang menentang undang-undang, ya.. siap-siap aja keseret-seret. *Situ mau pake baju orens? hahaha.. *Ups*





Memang, untuk mencegah korupsi di Pengadaan Barang/Jasa ini dibutuhkan  kesadaran bersama untuk mematuhi undang-undang yang berlaku. Kalau semua taat aturan, tentunya lebih mudah untuk mewujudkan lingkungan kerja yang bersih dari korupsi. Sebagai masyarakat awam, saya hanya berharap bahwa bidang apapun yang sedang dikerjakan , semoga memang bermanfaat. Bukan akal-akalan. Sama seperti harapan dan doa baik yang dituliskan banyak orang di wall menuju pintu masuk ruang diskusi. Semoga doa dan harapan baik itu terwujud. *Aamiin.
























06 December 2017

Cara Cerdas Memanfaatkan Promo harbolnas 2017 untuk Membeli Sepatu Anak



Awal bulan Desember menjadi tanggal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Hal ini berkaitan dengan adanya moment perayaan hari belanja online nasional atau Harbolnas yang dirayakan oleh banyak pelaku ecommerce. Para pelaku ecommerce yang tergabung dalam satu situs belanja online besar maupun memiliki toko online dan website jual beli sendiri secara serempak akan merayakan Harbolnas secara bersama-sama. Perayaan tersebut umumnya akan memberikan manfaat kepada para calon pembeli karena para penjual online akan memberikan potongan harga dalam jumlah yang besar. Promo Harbolnas 2017  yang datang di bulan Desember ini juga bisa dimanfaatkan untuk Anda para orang tua yang ingin membelikan anak Anda berbagai perlengkapan sekolah yang baru.

Desember selain merupakan bulan akhir tahun juga menjadi bulan yang sarat akan liburan sekolah. Pada bulan ini anak-anak sekolah akan mendapatkan liburan semester yang cukup lama. Moment tersebut biasanya dimanfaatkan orang tua untuk membelikan anak-anak mereka perlengkapan sekolah baru agar di semester berikutnya mereka lebih bersemangat. Salah satu perlengkapan sekolah yang bisa Anda berikan adalah sepasang sepatu baru. Ukuran kaki anak biasanya mengalami perkembangan yang cukup cepat sehingga sepatu baru bisa menjadi opsi yang baik untuk sebuah hadiah semester.

Harga sepatu anak memang sangat beragam tergantung dari merk dan modelnya. Untuk sepatu sekolah, Anda akan bisa mendapatkannya di range harga Rp. 150.000,- hingga Rp. 500.000.- angka tersebut memang tak seberapa dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan si kecil untuk berprestasi. Namun jika Anda bisa membayar lebih murah untuk mendapatkan sepatu yang berkualitas, pastinya akan lebih baik karena sisa uangnya bisa dibelikan perlengkapan sekolah lain. Agar bisa mendapatkan sisa uang tersebut, Anda bisa memanfaatkan promo harbolnas 2017 yang menyediakan berbagai jenis sepatu sekolah untuk anak laki-laki maupun perempuan.




Meski diperingati setiap tanggal 12 Desember, namun Harbolnas di Bukalapak sudah bisa Anda nikmati dari sekarang. Berbagai jenis produk dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran termasuk sepatu. Anda bisa mengecek apa saja produk yang memiliki promo potongan harga dengan cara langsung masuk ke website Bukalapak. Cara yang lebih mudah juga bisa Anda lakukan dengan menginstal aplikasi Bukalapak di smartphone Anda sehingga bisa melakukan cek barang promo di mana saja dengan mudah dan cepat.

Untuk mencari produk yang sedang promo, yang perlu Anda lakukan adalah memilih sistem promo yang sedang berlangsung di Bukalapak. Umumnya promosi akan langsung Anda lihat di beranda depan.

Berikut ini adalah beberapa sistem promo yang biasa diberikan oleh Bukalapak :


  • Promo free ongkir untuk layanan paket tertentu.
  • Promo potongan harga untuk produk tertentu.
  • Promo cashback untuk pembelian dengan jumlah harga tertentu.
  • Promo cicilan.
  • Dsb.


Untuk produk sepatu, Anda bisa langsung mencarinya di sistem promo yang sedang berlangsung saat itu. Anda bisa langsung bertransaksi saat itu juga untuk mencegah kehabisan barang karena pastinya banyak sekali yang juga ingin memanfaatkan promo harbolnas 2017. Jika saat itu belum ada produk sepatu yang di diskon, tak perlu khawatir karena Bukalapak juga memberikan promo berupa voucher belanja. Gunakan kode promo di voucher diskon belanja  tersebut untuk mendapatkan potongan harga pada pembelian sepatu untuk putra-putri Anda. Agar belanja Anda hemat ongkos kirim, pilih penjual yang lokasinya dekat dengan rumah dan pilih ekspedisi terpercaya yang memiliki tarif lebih hemat.

Selamat berbelanja ya.. :)





04 December 2017

GAWE, SOLUSI TEPAT UNTUK PEKERJA DAN PENCARI KERJA HARIAN




Ada yang pernah merasa tak berdaya, ketika menyadari punya keinginan besar tapi tenaga kurang?  Hihii, saya pernah! Rasanya kesal, campur marah, campur sedih. :(

Semua orang pasti punya keinginan agar usaha yang dijalaninya makin besar dan sukses. Tapi, memiliki usaha sendiri, apalagi buat pemula memang nggak gampang. Masing-masing orang pasti punya kendala. Yang terjadi pada saya adalah susahnya mencari tenaga kerja. Sekalinya ada, mereka minta tinggal di rumah. Di samping nggak kuat bayarnya, saya juga jadi nggak santai kalau di rumah ada orang lain. Jadi, agak dilema.

Sempat juga sih, pakai tenaga yang bekerja dengan hitungan harian, tapi karena masih punya balita, seharian sibuk didatengin anaknya terus. Emaknya lagi kerja ditungguin, Akibatnya pekerjaan jadi terganggu. Akhirnya, saya putuskan untuk nggak memakai tenaga mereka lagi. 

Hm, mau tau apa jadinya? Saya kewalahan! Hahahah.. 
Akhirnya saya menyadari, supaya usaha tetap berjalan, kita tetap butuh tenaga orang lain. Kalau semua kita lakukan sendiri, jadinya kita kelelahan.  Keinginan yang tadinya besar, pelan-pelan bisa surut. Sayang banget kan..

Beruntungnya sekarang, masalah bisa terpecahkan. Rasanya bahagia banget ada yang mikirin urusan kayak gini. Ada GAWE  dari @gaweapp  yang siap membantu. 
Hm, btw apa sih GAWE? Caritau dulu yuuk..


GAWE APLIKASI UNTUK PEKERJA DAN PENCARI KERJA 


GAWE, adalah aplikasi buatan anak muda Indonesia, yang dibuat dengan konsep untuk memudahkan masyarakat atau pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk mendapatkan tenaga kerja harian. Aplikasi ini mempertemukan secara realtime, pencari kerja harian dan pencari pekerja harian.

Didirikan oleh Kurniawan Aryanto, Budiarto Harsono dan Elroy Hafidi HardoyoGAWE menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat untuk membantu menggerakkan perekonomian di Indonesia. Setidaknya hambatan-hambatan yang muncul bisa segera diatasi.

Seringkali ketika menghadapi lonjakan pesanan, pelaku UKM kesulitan untuk memenuhi jumlah produksi karena tenaga yang kurang. Mereka butuh karyawan lepas yang siap untuk bekerja. Entah itu bagian packing, antar barang, atau pekerjaan lainnya. (Kira-kira sama seperti yang saya rasakan waktu itu. Ada yang bantu cuci piring aja, itu udah berarti banget.

Begitu juga dengan tenaga kerjanya sendiri. GAWE memberikan peluang kepada mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa harus meninggalkan bangku kuliah. Bebas atur jam kerja, besaran upah dan pekerjaan sesuai dengan kemampuan. Lumayan kan, bisa bantu-bantu meringankan tugas orang tua. Ke depan, nggak cuma buat mahasiswa aja sih, GAWE akan membuka peluang untuk siapa saja yang serius bekerja.

Bagaimana ya caranya bila ingin meggunakan aplikasi GAWE? 
Hm, mudah kok.. Cari aja aplikasinya di playstore. 
Logo huruf  g  berwarna kuning cerahnya langsung memikat mata. Segera install dan ikuti petunjuk yang ada.




Kemudian isi kolom-kolom yang tersedia sesuai dengan apa yang kita cari. Bila ingin menjadi pekerja, kita akan diminta untuk mengisi beberapa informasi penting seperti ini :





Untuk pencari kerja, dibutuhkan waktu untuk verifikasi data





Aplikasinya cukup mudah untuk digunakan. Apalagi untuk kita yang ingin mencari pekerja harian, bisa disesuaikan dengan anggaran biaya yang ada. Jadi, lebih hemat kan..


Hadirnya aplikasi GAWE ini, jujur bikin saya semangat. Usaha saya bisa bangkit lagi. Tenaga kerja yang dibutuhkan dapat dengan mudah ditemukan. Selain itu, jadi kebahagiaan juga bisa membantu mahasiwa menambah penghasilan. Ah, seneng deh. Sebelum mereka memasuki dunia kerja yang sesungguhnya ketika selesai kuliah nanti, mereka bisa coba Gawedulu..



  





28 November 2017

MAKAN ENAK DAN HEMAT DENGAN VOUCHER DISKON BAMBIDEAL


Meninggalkan keluarga selama 10 hari karena suatu urusan, bikin saya kangen berat. Apalagi setelah semua tugas saya diambil alih oleh suami. Dari urusan sekolah anak-anak, masak,  sampai berbenah rumah. Semua beres. Saya pulang semuanya kinclong! Rasanya seneng banget. :)

Makanya, sebagai ucapan terima kasih saya berniat untuk mentraktir suami makan malam usai menyelesaikan sebuah pekerjaan di kawasan Sarinah - Thamrin. Pengennya sih, makan sesuatu yang beda, dan yang paling penting harganya harus tetap hemat. Hahaha, ini yang paling penting ya..

Karena sebelumnya sudah tahu tentang bambideal.id , saya langsung akses webnya aja. Buka akun dan cari tempat makan terdekat dengan lokasi. Alhamdulillah, ketemu yang pas. Ternyata di Food  Court Sarinah Building, ada Toriageru Steak yang lagi promo diskon sampai dengan 50%. Yeaay.., pucuk dicinta ulam pun tiba. Setelah lihat menu dan harganya cocok, saya langsung menuju lokasi. Sempat sih, terbersit rasa ragu, karena ini adalah kali pertama saya bertransaksi di Bambideal. Khawatir ada kesulitan saat menggunakan vouchernya yang memang paperless. Tapi, ternyata kekhawatiran saya nggak beralasan. Pihak Toriageru sangat membantu. Apalagi saat saya salah memasukkan total quantity menjadi total harga, yang membuat jumlah yang harus dibayar menjadi puluhan juta, mereka ikut mikir salahnya di mana, hahahah..

Sesuai dengan apa yang saya inginkan, saya memesan paket A, dengan menu 2 Chicken Steak + 2 ice tea. karena menggunakan voucher promo diskon sebesar 50%, saya hanya membayar paket tersebut sebesar 89K saja melalui dana yang tersimpan di akun Bambideal saya. Wow, happy banget deh bisa dapat harga miring..




Jadi deh, saya

23 November 2017

HIT EXPERT, CARA MUDAH BASMI NYAMUK BANDEL




Suatu masa dulu, dua anak saya pernah dua kali kena demam berdarah. Di usia mereka yang masih 5 dan 3 tahun, rasanya nggak tega menyaksikan ujung jarinya disuntik setiap pagi dan sore untuk diambil darah. Ketika hasilnya belum sesuai harapan. badan saya mendadak lemas. Sekiranya bisa meminta, ingin rasanya segera bertukar tempat. Biarlah saya yang menanggung sakitnya..

Gara-gara pengalaman dengan nyamuk bandel inilah yang membuat saya sangat konsen dalam urusan membasmi nyamuk. Begitu mendengar suara : 

Ngiiiing....  ngiiing...

Nggak pake lama, saya langsung berburu nyamuk. Ya, setiap hari,

20 November 2017

WANGI DOWNY BARU BERTAHAN DARI SABANG SAMPAI MERAUKE



"Mamaa.. , hujan ma, jemuraaan.."

Bergegas saya menuju pintu belakang begitu mendengar suara si adek mengingatkan, hujan sudah mulai turun.  Yap, kalo gak buru-buru, jemuran bisa basah lagi.
Beberapa minggu belakangan, hujan turun hampir setiap hari. Rasanya rugi banget kalau jemuran basah. Sayang pewanginya, sih.. *emakirit banget ^^

Sebagai Ibu yang punya tugas untuk memastikan pakaian keluarga harum mewangi sepanjang hari. Sekarang saya nggak perlu khawatir lagi. Saya sudah tahu rahasia supaya pakaian suami dan anak-anak jadi nyaman dan wangi meski tanpa parfum mahal. Apa artinya kan dandanan keren tapi baju yang dipakai berbau tak sedap. Iya, kan..
Mau tahu rahasianya?

17 November 2017

CEGAH OBESITAS DENGAN MAKANAN BERGIZI BERSAMA MASAKO



Pixabay.com



Wah, lucunyaa..
Gemesin banget ya!

Reaksi spontan seperti ini pasti udah nggak asing lagi bila bertemu dengan anak-anak bertubuh gemuk dengan pipi chubby, dagu berlipat dan mata menyipit ketika tertawa.

Padahal, anak-anak yang terlihat gemuk dan secara fisik terlihat lucu, seringkali mengalami gangguan kesehatan. Kegemukan atau obesitas yang disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang, bisa menyebabkan penyakit serius. Penyakitnya bukan penyakit menular lho. Tapi penyakit seperti diabetes. Kasihan kan, kalau masih kecil sudah kena diabet. 

Meski penyakit diabet bisa diturunkan oleh orang tua, bukannya gak mungkin anak dengan orang tua yang tidak diabet bisa terhindarkan. Anak bisa menjadi pencetus untuk keturunannya kelak. 
Hiks, serem ya. Jangan sampai anak-anak kita kena diabet.

Fakta ini saya dapatkan ketika mengikuti acara blogger gathering di Dapur Umami, Bincang Gizi Bersama Masako dengan narasumber dokter Rita Ramayulis, DCN, M,Kes dan Chef Yunita, Ibu Early Asria - Brand manager Masako. Bapak Haris Fadillah- PR. Manager Indonesia dan Ibu Yani Herliani, Consumer Food & Seasoning Departemen pada tanggal 8 November 2017 lalu.  Acara dibagi menjadi beberapa sesi. Ada bincang-bincang tentang strategi mengatasi obesitas pada anak, Memasak Lezat dan Sehat bersama Masako lewat cooking demo dan cooking challenge bersama teman-teman blogger.


Bicara tentang obesitas, menurut dokter Rita, saat ini

13 November 2017

Mengintip Rahasia Di balik Pengolahan Makaroni Pedas Manis


image : Pixabay
Makaroni merupakan makanan sejenis pasta yang memiliki berbagai bentuk. Salah satunya berbentuk elbow. Berbagai jenis makaroni dapat diolah menjadi berbagai macam sajian. Misalnya diolah dengan cara digoreng dan diberi bumbu pedas manis. Makaroni goreng sangat disukai dan sering dijadikan teman ngemil pada saat menonton tv, teman ngobrol atau bahkan sebagai teman setia pada saat sedang belajar. Karena rasanya yang unik, banyak yang penasaran mengenai cara membuat bumbu pedas manisnya.


Untuk membuatnya sangatlah sederhana, Anda dapat untuk membuatnya sendiri. Apalagi makanan ringan ini memang disukai segala usia untuk dijadikan sebagai cemilan yang menyehatkan. Selain menjadi cemilan yang istimewa, makanan ringan ini pun  sangat mudah dalam penyajiannya, tak perlu banyak waktu saat ingin menyajikannya. Karena praktis makaroni goreng menjadi makanan ringan yang banyak dicari.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuat macaroni  goreng, maka

11 November 2017

Menikmati Lezatnya Chicking Ayam Top Dubai di Mall Bassura




Panas matahari yang menyengat siang hari tanggal 5 November 2017 lalu, tak menyurutkan niat saya untuk bergegas melangkahkan kaki menuju Mall Bassura. Jujur, ini adalah kali pertama saya berkunjung ke Mall yang letaknya berdekatan dengan pasar Gembrong- jatinegara. Karena masih belum paham daerah Jatinegara, saya sampai salah naik kereta. Untungnya nggak nyasar sih. Ada ojek online yang siap membawa saya kembali ke jalan yang benar. Hahhaha.. #apasih!

Btw, ngapain sih saya jauh-jauh ke Mall Bassura?

Nah, ini dia yang menarik. Sebagai penggemar makanan yang kaya citarasa, saya nggak akan melewatkan acara Blogger Gathering bersama Chicking Ayam Top Dubai. Sebuah gerai makanan siap saji yang menyajikan menu berbeda dari yang

06 November 2017

KARENA KITA BEGITU BERHARGA


image : Pixabay


Sudahkah tersenyum hari ini?

Saya kenal seseorang yang sampai saat ini, nggak pernah mau tersenyum. Wajahnya selalu cemberut,  dan membuat wajahnya tampak lebih tua dari usianya. Lagi nyuapin anak, wajahnya murung. Lagi nyapu halaman pun begitu. Kalau nggak sengaja bertatap muka, jangan harap dia mau senyum. Mukanya lempeng, datar, tanpa ekspresi. Aneh ya? 
Karena sikapnya yang terus begitu, nggak ada lagi yang mau coba-coba beramah-tamah. Jangankan tersenyum, menoleh pun tidak. Lama-lama keberadaan dia seperti antara ada dan tiada. Kasihan.

Kalau saya pikir-pikir, mestinya sebagai mahmud (mamah-mamah muda) pada umumnya yang lagi seru-serunya merawat balita, berinteraksi dengan sesama mahmud lain pasti akan menyenangkan ya. 
Tapi ini beda. Sampai-sampai ada yang bilang, mungkin hidupnya terlalu banyak masalah. Mungkin stress harus mengerjakan apa-apa sendiri. Bahkan ada juga yang bilang dia sakit gigi berkepanjangan sampai-sampai nggak bisa berwajah manis. OMG, gara-gara sikapnya semua orang jadi berasumsi sendiri-sendiri.


HEMPASKAN STRESS JAUH-JAUH


Semua orang pasti meyakini bahwa yang namanya hidup, selalu akan mengalami pasang surut. Kita nggak bisa menghindar kalau tiba masanya, masalah datang pada kita. Yang membedakan satu dengan yang lain hanya cara menghadapinya. Ada yang slow, ada yang langsung down nggak berdaya, ada juga yang melampiaskannya dengan makan yang banyak. Saat makan, semua persoalan seakan lenyap. Lalu, pengen makan lagi dan lagi. Sekalinya berdiri di timbangan, baru sadar kalau angkanya semakin berat ke kanan. Nyesek!

Sebagai ibu yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari yang seperti nggak ada habisnya. Stress memang kerap mengintai. Apalagi bila terus bekerja tanpa henti. Sibuk mengurus keperluan keluarga sampai lupa mengurus diri sendiri. Lupa kapan terakhir memanjakan diri. Kapan terakhir creambath, facial apalagi luluran. Padahal merawat diri merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada diri sendiri. 

Nah, Sabtu 28 Oktober 2017 lalu,bertempat di The Maja Restaurant- jakarta Selatan, saya mendapat kesempatan untuk hadir di acara Women's Talk : "The Secret Recipe of Healthy and Happy Women" yang diselenggarakan oleh Kalbe H2 Health & Happiness. Topik yang diangkat adalah "Anda Berharga - Anda Berhak Merasa Bahagia" Hadir sebagai narasumber Donna Agnesia - artis/public figure, Kassandra Putranto - psikolog dan dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK





Donna Agnesia yang terlihat semakin fresh dan cantik, ikut berbagi pengalaman. Kesibukannya mengurus ketiga anak  plus suami membuatnya harus pintar-pintar membagi waktu agar fisik tetap sehat dan bugar. Di sela-sela kesibukannya Donna mencuri waktu me time. Me time a la Donna nggak mesti keluar rumah. Bisa tidur siang sebentar tanpa gangguan apa-apa aja udah cukup. Ketika bangun, badannya udah terasa segar lagi. Kalau hanya berkutat dengan pekerjaan, bisa-bisa stress. Menyediakan waktu untuk istirahat sejenak itu penting banget.

Untuk mendukung waktu istirahatnya yang  singkat tapi berkualitas ini, Donna selalu memberikan penjelasan pada anak-anaknya bahwa dirinya sedang butuh istirahat. Hebatnya, anak-anak sangat pengertian dan Donna bisa tenang berada di kamar.
Selain itu, sebagai bentuk penghargaan kepada diri sendiri, Donna menerapkan pola makan sehat. Rajin berolahraga dan mengkonsumsi suplemen yang dapat menjaga kondisi tubuhnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Donna, Psikolog - Kassandra Putranto juga menjelaskan bahwa stress yang tidak dikelola dengan baik dapat mengganggu mental seseorang. Dari segi kecantikan pun, stress dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan kulit. Bayangkan kalau kita terus menerus berada pada zona tersebut, lama-lama kerutan di wajah akan datang sebelum waktunya. 

Dari segi kesehatan, masalah yang muncul lain lagi. Lupa menjaga pola makan yang baik (karena terlalu sibuk), menyebabkan berbagai penyakit muncul. Ya kolesterol, hipertensi, nyeri sendi, bahkan obesitas siap menghadang. Padahal, kalau bisa meminta mau nya sih, seorang ibu jangan sampai sakit. Karena kalau si ibu sakit :

Siapa yang akan mengantar anak-anak sekolah..
Siapa yang akan mengawasi anak-anak bikin PR..
Siapa yang memasak...
Siapa yang....

*Wah, panjang urusannya dah. Hahahaha*

Trus, gimana dong caranya, agar stress nggak sampai membuat kita tua sebelum waktunya? 
Gimana caranya supaya kita bisa tetap cantik, meski pekerjaan rumah tangga menggunung. Apalagi yang nggak punya ART, semua dikerjakan sendiri.




Cara mudah untuk melenyapkan stress adalah dengan menghargai diri sendiri. Ingatlah selalu bahwa kita berharga dan kita layak untuk mendapatkan kebahagiaan. Ambil waktu untuk sejenak memanjakan diri. Membaca buku, mencoba gaya make up yang lagi trend atau sekadar maskeran pasti akan membuat kita merasa lebih menyayangi diri sendiri.

Perasaan seperti ini akan membuat kita merasa lebih baik. Sering-sering tersenyum juga akan membuat tubuh kita merasa rileks. Jangan lupa, ketika kita tersenyum, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang akan membuat mood kita menjadi baik. Pasti menyenangkan kalau mengerjakan sesuatu dengan perasaan bahagia. 



SEHAT DENGAN FENUS



Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa menjaga kesehatan adalah cara kita untuk menghargai diri sendiri. H2 Healthy and Happiness, melalui campaign "Anda Berharga" mengingatkan kita para wanita, untuk memerhatikan lifestyle baik diri sendiri maupun anggota keluarga tercinta. Ingatlah selalu tentang esensi hidup sehat melalui konsep FENUS.





Konsep  FENUS adalah, perhatikan FOOD, yaitu makanan yang kita konsumsi dengan gizi yang seimbang. Kemudian lakukan EXERCISE. Sempatkan untuk melakukan olahraga di sela-sela kesibukan. Nggak perlu lama-lama. Yang penting teratur. Olahraga yang teratur akan membuat badan lebih bugar.
NUTRACEUTICAL, kadang dalam pengolahan makanan, nggak bisa dihindari kita bisa saja kehilangan manfaat penting dari makanan tersebut. Untuk menjaga agar kebutuhan tubuh tercukupi, kita membutuhkan suplemen yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh.
Terakhir, STRESS REDUCTION. Pintar-pintarlah mengelola stress. Ingat kembali hal-hal indah yang kita miliki. Kita sangat berharga. Banyak bersyukur akan membuat beban terasa berkurang.
                                  

H2 Superba Krill Oil



image : Kalbestore.Com

Kesibukan sehari-hari kadang membuat kita nggak bisa menghindar dari yang namanya lelah. Badan rasanya pegal dan nyeri. Untuk menjaga agar tubuh terhindar dari nyeri pinggang, dan punggung, suplemen berbahan dasar alami dari KALBE - H2 Superba Krill Oil ini bisa dikonsumsi karena memiliki keunggulan, bisa terserap sempurna di usus sekitar 98%. H2 Superba Krill Oil  adalah produk import dari Amerika dengan kandungan minyak Krill, sejenis udang kecil yang hidup di laut dalam perairan Antartica yang berisi Omega-3 fosfolipid, EPA, DHA serta astaxanthin. Omega-3 fosfolipid dengan EPA dan DHA ini berperan menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol serta menurunkan inflamasi/bengkak pada persendian. Inflamasi atau bengkak pada persendian bisa dikurangi sehingga rasa sakit yang ditimbulkan bisa berkurang dan kita bisa beraktivitas kembali.


H2 Fair Skin



Untuk menjaga kecantikan kulit, H2 Fair Skin adalah nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit. Berdasarkan penelitian di Jepang membuktikan bahwa kandungan L-Cystein, Hytolive dan vitamin C merupakan kombinasi yang mampu mencerahkan kulit setelah 2 minggu. Selain itu, kandungan Collactive TM (collagen dan elastin) membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV. H2 Fair Skin juga dapat menyamarkan flek hitam dan kulit yang kusam.

Untuk melihat beberapa suplemen KALBE yang lain, bisa dilihat di  https://www.kalbestore.com/vitamin-suplemen.html

Tentang KALBE :

PT. Kalbe farma Tbk ("KALBE") berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terkemuka terbesar di Asia Tenggara. Melalui anak perusahaannya yang bergerak di obat bebas, melalui Consumer Health Division (CHD). Produk yang kita kenal  selama ini seperti Woods, Promag, Fatigon dll. Dengan brand H2 Health & Happiness mempersembahkan produk suplemen untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit dengan inovasi berbahan dasar alami.



Menjalankan tugas sebagai seorang istri dan ibu adalah anugerah yang tak ternilai. Untuk merayakannya, berikan apresiasi untuk diri sendiri. Jangan biarkan hal-hal kecil mengganggu pikiran. Bila perlu, ambil waktu untuk kumpul bersama teman-teman. Belanja, piknik, atau mengikuti workshop singkat yang bisa menambah pengetahuan. Nikmati setiap peristiwa, karena hidup yang sedang kita jalani sangatlah berharga. 











03 November 2017

PRISTINE 8+, CARA MUDAH UNTUK DETOX SETIAP HARI


Setiap hari terjebak dalam riuhnya kemacetan, debu dan asap polusi membuat tubuh kita, mau nggak mau, terpaksa menerima dampak buruk berupa gangguan kesehatan. Misalnya nih, gangguan pada pernapasan, batuk atau kulit menjadi semakin kusam.  Belum lagi kalau ternyata ada racun-racun yang masuk ke tubuh tanpa kita sadari. Dan, kalau mikirin ini, rasanya, belum jalan aja udah bikin stress ya..
Tapi, berdiam diri di rumah juga nggak mungkin kan. Ya, kalii.. di rumah muluu!
  
Sering beraktivitas di luar rumah membuat saya selalu membawa bekal minum dari rumah. Tau sendiri, kan..  siang hari di Jakarta itu panasnya terik banget. Apalagi seperti beberapa minggu yang lalu. Saya sempat merasakan cuaca panas  menyengat yang bikin kulit perih. Penasaran dengan suhu udara saat itu, saya langsung cari  info. Hm, nggak salah kalau saya merasa sangat kepanasan. Suhunya mencapai 35 – 36 derajat celcius. Bekal minum yang saya bawa, habis dengan cepat dan membuat saya beli dua botol minuman sekaligus. Haus luar biasa. Waktu itu, kalau nggak cepat-cepat mencukupi cairan tubuh, saya khawatir dehidrasi.

Dehidrasi memang nggak boleh dianggap sepele. Apalagi tubuh kita 60-65% nya terdiri dari air. Bayangkan kalau kurang, keseimbangannya akan terganggu. Konsentrasi buyar, pusing pun datang. 

Bicara tentang pentingnya air. Ternyata untuk menjaga kesehatan, air yang idealnya kita minum sekitar 2,5 liter (ini pun tergantung kondisi tubuh masing-masing ya, karena tiap orang punya kebutuhan air yang berbeda) perhari itu, nggak cukup sekadar air putih biasa loh. Tubuh kita membutuhkan lebih dari itu. Mengapa begitu? Hm, kita cari tau yuk..


PRISTINE, AIR ALKALINE DENGAN PH 8+






Kamis, 28 September 2017, bertempat di JCO Gandaria City Mall, saya menghadiri undangan Blogger Perempuan, untuk ikutan Press Conference Pristine, yaitu tentang pentingnya memilih air alkaline dengan PH yang tepat untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya, Pristine bukanlah sesuatu yang baru buat saya. Kemasannya yang

01 November 2017

Jurus Berhemat dengan Voucher Diskon



image : pixabay

Sebagai istri yang memiliki tugas untuk mengatur anggaran belanja rumah tangga, saya akui sampai saat ini, saya masih terus belajar. Kadang berhasil, kadang gagal. Kalau pengeluaran sedang melonjak, jumlah pemasukan yang ada terasa nggak mencukupi. Tapi kalau lagi bener, bisa menyisihkan sedikit untuk ditabung udah bikin saya seneng banget.
Apalagi dengan situasi sekarang, kalau nggak pinter-pinter, anggaran belanja yang sudah diatur bisa kacau. Padahal gajian masih lama. Masa' pake jurus kencangkan ikat pinggang terus? >.<

Berdasarkan pengalaman itulah, akhirnya saya menyadari kalau mengatur keuangan keluarga itu butuh kedisiplinan. Beberapa hal yang menyebabkan pengeluaran jadi melonjak, bisa jadi karena kita nggak bisa menahan diri untuk belanja barang yang sebenarnya nggak terlalu perlu. Beli baju lah, kosmetik lah, atau penggunaan listrik yang banyak mubazirnya.
Atau terlalu boros juga beli cemilan dan minuman. Padahal kalau bikin sendiri lebih untung. Makannya lebih puas dan lebih irit. Sesekali bolehlah beli, tapi kalau keseringan nggak baik juga untuk dompet.. ^^

Hal lainnya bisa jadi karena kita nggak disiplin. Coba deh ingat-ingat, dalam sebulan, kita udah belanja apa aja yang melenceng dari list belanjaan? Kalau nggak ada, berarti hebat. Tapi kalau ada beberapa item, mari kita salaman. Hahaha.. *ternyata saya ada temennya. ^^

Untuk menjaga supaya keuangan tetap stabil, akhirnya saya mencoba melakukan penghematan di sana-sini. Bisa dibilang, jadi sadar gitu deh. Pokoknya, apapun yang bisa menekan biaya akan saya lakukan. Bukanya pelit sih, tapi seperti kata pepatah "sedia payung sebelum hujan" rasanya layak diterapkan. Lagian enggak ada ruginya kan, bukan kah hemat pangkal kaya? hahaha... mendadak hapal peribahasa ;D


Hemat, Hemat dan Hemat


Untuk mendukung gerakan berhemat, saya melakukan beberapa hal dibawah ini. Gerakan -penghematan ini, kalau dilakukan dengan disiplin, hasilnya terasa banget loh..



1.Bikin makanan dan minuman sendiri 
Anak-anak saya suka sekali donat, cake cokelat dan milkshake. Daripada beli, saya paksain aja bikin sendiri. Apalagi sekarang, resep membuat kue bisa dengan mudah kita temukan. Dengan membuat cemilan sendiri, jatuhnya lebih irit sekaligus happy kalau lihat anak-anak makan dengan lahap

2.Belanja online
Enaknya hidup di jaman serba mudah ini, kita bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga tanpa perlu keluar rumah. Cukup dengan akses internet, kita bisa pilih tempat belanja yang menawarkan harga yang sesuai dengan budget yang ada. Selain itu, kita bisa terhindar dari pengeluaran yang nggak perlu. Hmm, kalau belanja on the spot, biasanya suka nambah belanjaan kalau lihat barang yang lucu-lucu. Ya kalau cuma satu item, ini bisa tiga atau lima. Terus sampai rumah nyesel karena lapar mata.


3. Belanja sekaligus
Biasakan belanja dengan catatan yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi, ketika sampai di supermarket kita udah tau mau beli apa. Belanja tanpa catatan kadang membuat kita malah membeli yang tidak perlu. Perhatikan juga kapan toko-toko memberikan promo atau diskon. Lumayan kan, selisihnya bisa buat ditabung.

4. Manfaatkan voucher diskon
Nah, kalau yang ini saya yakin banyak yang sepakat. Belanja dengan voucher diskon itu nyenengin banget. Bikin hati berbunga-bunga. Misalkan nih ya. kita punya voucher diskon di sebuah tempat makan yang asik. Yang tadinya kita harus bayar penuh, dengan voucher diskon restoran kita bisa tetap hang out sama temen, makan sama keluarga tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.


image ; BambiDeal.id


Salah satu cara mudah untuk mencari info tentang voucher diskon adalah BambiDeal. Dengan voucher diskon BambiDeal kita bisa lihat-lihat dulu restoran mana yang memberikan diskon. Jadi sebelum memutuskan untuk makan di mana, kita bisa rembukan dulu dengan keluarga. Dengan memanfaatkan voucher restaurant kita bisa tetap berhemat.


Nah dengan melakukan poin-poin di atas, yakin deh hal-hal sederhana yang kita lakukan akan membawa dampak positif. Kalau anggaran belanja bulanan masih banyak sisanya, bisa ditabung. Bisa buat nambahin dana liburan. Asiik banget, kan..

Kalau teman-teman punya jurus berhemat juga, kah?









24 October 2017

FILM MY GENERATION, MELIHAT LEBIH JAUH PROBLEMA ANAK MUDA MASA KINI



Menjadi orang tua dari anak yang berangkat remaja, memang nggak bisa dibilang mudah. Salah-salah, kalau mendidik mereka terlalu keras, apa yang disampaikan berbalik jadi bumerang. Sebaliknya, kalau kita terlalu lemah, anak malah jadi kebablasan dan berbuat sesukanya sendiri. Padahal sebagai orang tua kita punya tanggung jawab besar mengantarkan mereka menjadi orang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Tapi kita nggak bisa menutup mata juga sih, banyak orang tua yang terlalu keras mendidik anaknya. Memaksa mereka untuk menjadi apa yang diinginkan. Akibatnya, anak jadi tertekan dan melakukan sesuatu dengan terpaksa. Malangnya, beberapa malah jadi pemberontak. Menyalahkan mengapa kita menghalangi mereka untuk mengikuti passionnya. Padahal, mana ada sih orang tua yang mau menjerumuskan anaknya..

Nah, problematika yang terjadi pada hubungan anak dan orang tua ini lah yang coba diangkat oleh IFI Sinema, dalam film yang berjudul MY GENERATION.



Disutradarai oleh UPI - sutradara kawakan dengan deretan film yang sukses, mengemas film MY GENERATION ini sedekat mungkin dengan realita yang terjadi pada generasi milenials. Khusus untuk film ini, Upi membuat pengamatan terhadap tingkah laku dan permasalahan yang terjadi pada anak muda lewat media sosial selama dua tahun.  Mungkin ini hanya terjadi pada sebagian aja ya, tapi kita nggak bisa memungkiri bahwa ini memang nyata adanya.




My Generation menceritakan kisah persahabatan 4 remaja, Zeke, Orly, Suki dan Konji yang menghadapi hukuman atas video buatan mereka yang viral lantaran memprotes  sekolah, guru dan orang tua. Mereka harus menerima sanksi atas apa yang mereka perbuat. Di luar dugaan, peristiwa ini malah membuat mereka mengalami kejadiaan dan petualangan yang membuat mereka mengalami perubahan dalam hidup.  Ke 4 sahabat ini memang memiliki masalah yang beragam. Konflik dalam keluarga menjadi beban perasaan yang harus mereka pikul.

Dalam film ini, IFI Sinema sengaja menghadirkan wajah-wajah baru dalam dunia akting. Meski hanya melihat trailernya, rasanya nggak percaya kalau mereka adalah pendatang baru. Hadir dalam deretan pemain nama-nama yang sudah nggak asing lagi seperti Tyo Pakusadewo, Surya Saputra, Ira Wibowo, Indah Kalalo, Joko Anwar, Karina Suwandhi dan Aida Nurmala yang kualitas aktingnya nggak diragukan lagi.

Dari trailer yang saya lihat, kalimat-kalimat yang mereka ucapkan, membuat saya sebagai orang tua merenung. Banyak kok, orang tua yang dikit-dikit marah, dikit-dikit menghakimi  dan  mungkin tanpa sadar membebani mereka dengan standar yang kita punya. Lupa, memikirkan apa yang membuat mereka bahagia.

Yah, lewat film ini, sepertinya kita sebagai orang tua akan banyak belajar ya..

Ini nih, bocoran trailernya :




Untuk mengetahui lebih jauh problema yang dialami Orly dan sahabat-sahabatnya, jangan lupa pemutaran film MY GENERATION tanggal 9 November 2017 ya..

Kita caritau sama-sama :)



17 October 2017

Layanan Garda Oto Digital, Bikin Klaim Makin Gampang


Hidup di jaman sekarang semuanya terasa semakin menyenangkan. Semakin maju tekhnologi, semakin banyak pula kemudahan yang bisa kita dapatkan. Bayangkan, dengan berbekal smartphone dalam genggaman  kita dapat melakukan banyak hal. Mulai dari belanja online, kirim-kirim barang, atau kalau sedang malas beresin rumah, tinggal pencet aplikasi yang memiliki layanan bersih-bersih. Nggak perlu waktu lama, mereka akan datang memberikan layanan yang kita butuhkan. Memanjakan banget ya.. 

Banyak kemudahan lain yang membuat kita makin gampang melakukan sesuatu. Terutama untuk hal-hal yang sebelumnya banyak menghabiskan waktu. Kebayangkan, malas kejebak macet, atau bĂȘte nunggu antrean yang panjang. Dengan beragam layanan yang ada, waktu yang bisa dipangkas bikin kita jadi lebih produktif. Nggak ada waktu yang kebuang. Pokoknya semua urusan selesai lewat layar smartphone.

Untuk urusan asuransi juga semakin mudah lho. Percaya nggak, kalau asuransi kendaraan bermotor bisa dibeli secara online?



Nah, tanggal 10 oktober 2017 lalu, bertempat di Ciputra Artpreuneur, Lotte shopping Avenue Kuningan Jakarta, saya  menghadiri acara launching layanan terbaru dari Garda Oto, asuransi kendaraan dari Astra


Bapak Rudy Chen - CEO Asuransi Astra

Menyesuaikan dengan perkembangan jaman,  layanan Garda Oto Digital hadir untuk memberi kemudahan kepada pelanggan. Garda oto Digital merupakan layanan asuransi kendaraan bermotor yang bisa dibeli secara online, Layanan utamanya sama seperti Garda Oto biasa, tetapi memiliki kelebihan fitur yang sangat memudahkan.



Pelanggan akan mendapat kemudahan berupa :


Nggak peduli di manapun, #MakinGampang untuk klaim dengan layanan survey di lokasi pilihan yang kita inginkan.


Kadang kita terjebak dalam situasi yang nggak memungkinkan untuk mengurus mobil yang bermasalah. Apalagi kalau waktunya sempit. Nah, dengan layanan antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan, bikin kita #MakinGampang untuk urus klaim.


Dengan Garda Mobile Otocare, kita jadi #MakinGampang memantau status perbaikan kendaraan.

Selain itu, pelanggan Garda Oto Digital akan mendapat banyak bonus hadiah langsung seperti :
- E-Toll On Board Unit (hanya untuk pembelian tipe perlindungan Comprehensive)
- Voucher Optik Melawai (Khusus untuk pembelian tipe proteksi TLO & Comprehensive selama bulan Oktober) 
- Spin to Win Samsung Galaxy Note 8 (hanya untuk pembelian tipe perlindungan Comprehensive).
- Kemudahan lainnya, pelanggan bisa mendapatkan cicilan 0% dengan kartu kredit Bank BCA, Bank Mandiri dan Permata Bank.



Terus, gimana dong, cara beli asuransinya?

Nah, untuk langkah mudahnya, seperti ini :

  1.  Buka situs website www.gardaoto.com
  2.  Baca dan pahami informasi layanan dan highlight fitur dari Garda Oto Digital.
  3.  Klik BELI yang terletak pada pojok kanan atas halaman gardaoto.com
  4. Pada halaman Step 1 Info Kendaraan, lengkapi form informasi perlindungan, kendaraan dan jadwal survei  yang diinginkan, lalu klik LANJUT.
  5.  Pada halaman Step 2 Dokumen & Data, lengkapi form dokumen dan data diri tertanggung, lalu klik LANJUT.
  6.  Pada halaman Step 3 Pembayaran, Baca ulang kembali ringkasan data order dan total biaya polis dan pilih metode pembayaran, lalu klik BAYAR SEKARANG.
  7. Lengkapi data pembayaran dan selesaikan pembayaran.



 Oh ya, lakukan pembayaran secara penuh ya, karena hal ini diwajibkan sebelum melakukan survei kendaraan. Baik melalui Home Survei atau survei kendaraan di Garda Center / Cabang.

Nantinya kita juga akan mendapatkan email notifikasi terkait pembayaran dan order transaksi sukses, serta panduan untuk melakukan survei. Berikut email notifikasi terkait masa akhir pembayaran dan masa survei kendaraan yang ditanggungkan.

Terakhir, kita akan mendapatkan polis dan softcopy melalui email dan fisik hardcopy setelah kita melakukan pembayaran penuh.

Jadi, berasa banget ya, sekarang makin gampang untuk beli asuransi kendaraan, Apalagi untuk asuransi mobil yang memiliki berbagai layanan dan fitur yang memberikan jaminan peace of mind. kita  nggak perlu kemana-mana karena  aplikasi Garda Mobile Otocare tersedia di playstore dan Apps store. Kemudahan langsung berada dalam genggaman. Meski untuk sementara layanan Garda Oto Digital hanya untuk pengguna area Jakarta, nggak masalah ya, semoga nanti makin meluas. Sehingga makin banyak pengguna yang menikmati kemudahan. Untuk info lebih jelasnya kunjungi gardaoto.com #MakinGampang Klaimnya, Banyak Bonusnya! 









INTERLAC UNTUK JAGA KESEHATAN SALURAN CERNA




Gangguan saluran pencernaan sering menjadi keluhan tanpa pandang usia. Mau masih bayi, anak, dewasa sampai dengan lansia, Pada bayi dan anak, gangguan saluran cerna seperti diare cukup sering menimpa. Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa diare adalah penyakit yang tidak berbahaya. Padahal, penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi dan bila tidak ditangani dengan serius bisa berakibat pada kematian.

Ini serius, bisa menyebabkan kematian?

Jadi, Sabtu, tanggal 29 September 2017, bertempat di Pondok Indah Mall, saya dan teman-teman menghadiri Blogger Gathering Healthy Tummy Happy Baby bersama INTERLAC. Di acara ini, gangguan pencernaan diulas tuntas dengan narasumber dr. Intan Diana Sari, Head of Medical PT.Interbat dan Bapak Mohamad Nurhadi, Brand Manager Interlac.




Di antara banyak gangguan saluran cerna, diare merupakan masalah terbesar pada bayi dan anak. Dehidrasi sebagai akibat yang ditimbulkan diare, masih menjadi penyebab kematian nomor satu pada bayi dan anak di Indonesia. Hasil riset nasional menunjukkan bahwa 31,4% terjadi kematian pada bayi, sedangkan pada balita terjadi kematian 25,2%.. Duh, serem banget ya. Jangan anggap remeh sama diare dan dehidrasi. Masalah dehidrasi tingkat berat bisa berakibat sangat fatal.

Saya jadi ingat, dulu anak saya  Naufal sempat dirawat di rumah sakit gara-gara terserang diare. Ketika itu usianya memasuki 6 bulan. Padahal beberapa hari sebelumnya, dia dalam kondisi sehat dan ceria. Menjelang malam, badannya mulai menghangat, disusul diare beberapa kali.  Diarenya nggak berhenti sampai keesokan harinya. Saya mulai panik  ketika kondisinya mulai lemah dan lesu. Nggak mau ambil resiko, secepatnya saya bawa dia ke rumah sakit. Benar saja, usai diperiksa, dokter meminta anak saya untuk dirawat karena dehidrasi harus ditangani dengan cepat. Meski sedih dan nggak tega, tapi saya lega, anak saya mendapat penanganan yang tepat.

Meski saya susah mengingat apa penyebab diare pada anak saya, ada beberapa penyebab utama mengapa diare bisa menyerang pada bayi. Di antaranya
karena infeksi Rotavirus, infeksi bakteri-bakteri jahat dari benda-benda kotor di sekitarnya, alergi, keracunan makanan, susu formula yang tidak tepat, flu ataupun konsumsi antibiotik.

Kalau melihat penyebabnya yang beragam seperti ini, rasanya agak susah juga ya untuk memastikan apakah imun saluran cerna anak kita, cukup untuk terhindar dari penyebab diare. Terus, kalau sudah tak terhindarkan, bagaimana cara kita mengatasinya?


MENJAGA KESEHATAN SALURAN CERNA 


Kesehatan saluran cerna adalah cerminan kesehatan tubuh secara umum. Faktanya, 80% dari system imun kita terletak di saluran cerna yang merupakan organ terbesar di dalam tubuh manusia. Untuk menjaga kesehatan saluran cerna yang sesuai dengan rekomendasi ahli kesehatan adalah dengan mengkonsumsi suplemen probiotik. Nah, probiotik adalah bakteri baik yang efektivitas dan keamanannya sudah terbukti secara klinis dan diakui oleh BPOM. BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan.. Jadi, probiotik bukan obat. WHO sendiri mendefenisikan probiotik sebagai bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan bagi penggunanya.

WHO memiliki syarat-syarat untuk menentukan probiotik yang baik. Yaitu:

- Berasal dari manusia
- Dapat bertahan hidup di saluran cerna
- Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
- Menghasilkan zat antimikroba
- Mampu melawan bakteri jahat
- Terdokumentasi penelitian klinis yang baik


PROBIOTIK INTERLAC



Awalnya, bagi saya yang awam berpikir, probiotik adalah yoghurt. Karena memiliki bakteri baik untuk saluran pencernaan. Ternyata tidak semua probiotik adalah yoghurt. Beberapa hal yang penting dalam memilih probiotik adalah teliti terhadap hasil uji klinis.

Menurut dr. Intan Diana Sari, setiap jenis probiotik berbeda-beda. Probiotik yang baik adalah yang sudah melewati uji klinis sampai tingkat strain. Strain ini adalah tingkat uji klinis paling tinggi. Salah satu yang paling banyak diteliti manfaat dan keamanannya adalah Lactobacillus Reuteri Protectis. Karena kelebihannya ini, strain Lactobacillus reuteri protectis dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan bioteknologi Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics.

Hingga hari ini sudah ada lebih dari 160 uji klinis pada lebih 13.000 partisipan yang telah mengkonfirmasi efektivitas dan keamanan Lactobacillus reuteri protectis pada manusia. Karena manfaat dan keamanan yang teruji klinis, probiotik Lactobacillus reuteri protectis dari BioGaia kini direkomendasikan dokter di lebih dari 90 negara.

Karena sudah teruji secara klinis di tingkat strain, probiotik INTERLAC dipasarkan di Indonesia melalui kerjasama BioGaia dengan PT. Interbat. 




INTERLAC aman untuk dikonsumsi segala usia tanpa efek samping. Mulai dari bayi premature, newborns,anak-anak, dewasa,sampai lansia.
Formula INTERLAC juga tidak mengandung lactose, jadi aman untuk bayi baru lahir. Pemakaiannya pun cukup sekali sehari. Ini akan membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna dan system imun.





Kebetulan, beberapa hari yang lalu, saya mengalami diare yang cukup mengganggu. Saya konsumsi tablet kunyah INTERLAC. Reaksinya memang cepat. Tau sendiri kan, kalau lagi diare, perut mules dan badan lemas. Jelang hari kedua diare sudah berhenti. Badan rasanya segar. Terasa seperti memiliki tenaga baru. Namun karena untuk pengobatan diare harus dilakukan selama 5 hari berturut-turut, saya tetap lanjutkan sampai hari kelima. Alhamdulillah, tubuh terasa makin fit.


Untuk jenisnya, INTERLAC terdiri dari beberapa bentuk. Sesuai dengan tahapan usia.



Yang pertama untuk bayi, tersedia dalam bentuk oral drops. Dengan bentuk seperti ini, pemberian pada bayi akan lebih mudah.Cara pakainya cukup 5 tetes, 1 kali sehari sesuai petunjuk dokter.


INTERLAC Tablet Kunyah Strawberry. 1 box berisi 30 tablet kunyah.Rasa strawberrynya yang enak cocok untuk anak di atas usia 4 tahun.

INTERLAC Sachet. Berisi 30 sachet,dengan rasa netral untuk anak-anak. Cukup larutkan dengan sedikit air menggunakan sendok.






INTERLAC Tablet kunyah lemon. Yang ini cocok untuk dewasa dengan isi 1 box ada 30 tablet kunyah. Dosis pemakaian 1 kali sehari.



Banyaknya jenis Probiotik Interlac yang saya lihat langsung pada acara kampanye INTERLAC Probiotics – Healthy Tummy Happy Baby, semakin memudahkan para ibu untuk menjaga kesehatan saluran cerna pada Si buah hati. Formulanya yang bebas lactose dan efektif sebagai terapi dan pencegahan diare membuat hati terasa tenang. Ibu mana sih, yang tega melihat anaknya sakit? Pengennya sehat-sehat terus, happy terus. Bahagia melewati setiap tahapan tumbuh kembangnya.



Oh ya, INTERLAC dapat dibeli di Guardian, Apotek terdekat, Halodoc, Go-Med App, dan lazada.co.id (http.www.lazada.co.id/interlac39626666.html?spm=a2o4j.search.0.0.8dzMz0&ff=1)

Atau bisa cek disini :
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : Interlacprobiotics