Pages

01 November 2017

Jurus Berhemat dengan Voucher Diskon



image : pixabay

Sebagai istri yang memiliki tugas untuk mengatur anggaran belanja rumah tangga, saya akui sampai saat ini, saya masih terus belajar. Kadang berhasil, kadang gagal. Kalau pengeluaran sedang melonjak, jumlah pemasukan yang ada terasa nggak mencukupi. Tapi kalau lagi bener, bisa menyisihkan sedikit untuk ditabung udah bikin saya seneng banget.
Apalagi dengan situasi sekarang, kalau nggak pinter-pinter, anggaran belanja yang sudah diatur bisa kacau. Padahal gajian masih lama. Masa' pake jurus kencangkan ikat pinggang terus? >.<

Berdasarkan pengalaman itulah, akhirnya saya menyadari kalau mengatur keuangan keluarga itu butuh kedisiplinan. Beberapa hal yang menyebabkan pengeluaran jadi melonjak, bisa jadi karena kita nggak bisa menahan diri untuk belanja barang yang sebenarnya nggak terlalu perlu. Beli baju lah, kosmetik lah, atau penggunaan listrik yang banyak mubazirnya.
Atau terlalu boros juga beli cemilan dan minuman. Padahal kalau bikin sendiri lebih untung. Makannya lebih puas dan lebih irit. Sesekali bolehlah beli, tapi kalau keseringan nggak baik juga untuk dompet.. ^^

Hal lainnya bisa jadi karena kita nggak disiplin. Coba deh ingat-ingat, dalam sebulan, kita udah belanja apa aja yang melenceng dari list belanjaan? Kalau nggak ada, berarti hebat. Tapi kalau ada beberapa item, mari kita salaman. Hahaha.. *ternyata saya ada temennya. ^^

Untuk menjaga supaya keuangan tetap stabil, akhirnya saya mencoba melakukan penghematan di sana-sini. Bisa dibilang, jadi sadar gitu deh. Pokoknya, apapun yang bisa menekan biaya akan saya lakukan. Bukanya pelit sih, tapi seperti kata pepatah "sedia payung sebelum hujan" rasanya layak diterapkan. Lagian enggak ada ruginya kan, bukan kah hemat pangkal kaya? hahaha... mendadak hapal peribahasa ;D


Hemat, Hemat dan Hemat


Untuk mendukung gerakan berhemat, saya melakukan beberapa hal dibawah ini. Gerakan -penghematan ini, kalau dilakukan dengan disiplin, hasilnya terasa banget loh..



1.Bikin makanan dan minuman sendiri 
Anak-anak saya suka sekali donat, cake cokelat dan milkshake. Daripada beli, saya paksain aja bikin sendiri. Apalagi sekarang, resep membuat kue bisa dengan mudah kita temukan. Dengan membuat cemilan sendiri, jatuhnya lebih irit sekaligus happy kalau lihat anak-anak makan dengan lahap

2.Belanja online
Enaknya hidup di jaman serba mudah ini, kita bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga tanpa perlu keluar rumah. Cukup dengan akses internet, kita bisa pilih tempat belanja yang menawarkan harga yang sesuai dengan budget yang ada. Selain itu, kita bisa terhindar dari pengeluaran yang nggak perlu. Hmm, kalau belanja on the spot, biasanya suka nambah belanjaan kalau lihat barang yang lucu-lucu. Ya kalau cuma satu item, ini bisa tiga atau lima. Terus sampai rumah nyesel karena lapar mata.


3. Belanja sekaligus
Biasakan belanja dengan catatan yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi, ketika sampai di supermarket kita udah tau mau beli apa. Belanja tanpa catatan kadang membuat kita malah membeli yang tidak perlu. Perhatikan juga kapan toko-toko memberikan promo atau diskon. Lumayan kan, selisihnya bisa buat ditabung.

4. Manfaatkan voucher diskon
Nah, kalau yang ini saya yakin banyak yang sepakat. Belanja dengan voucher diskon itu nyenengin banget. Bikin hati berbunga-bunga. Misalkan nih ya. kita punya voucher diskon di sebuah tempat makan yang asik. Yang tadinya kita harus bayar penuh, dengan voucher diskon restoran kita bisa tetap hang out sama temen, makan sama keluarga tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.


image ; BambiDeal.id


Salah satu cara mudah untuk mencari info tentang voucher diskon adalah BambiDeal. Dengan voucher diskon BambiDeal kita bisa lihat-lihat dulu restoran mana yang memberikan diskon. Jadi sebelum memutuskan untuk makan di mana, kita bisa rembukan dulu dengan keluarga. Dengan memanfaatkan voucher restaurant kita bisa tetap berhemat.


Nah dengan melakukan poin-poin di atas, yakin deh hal-hal sederhana yang kita lakukan akan membawa dampak positif. Kalau anggaran belanja bulanan masih banyak sisanya, bisa ditabung. Bisa buat nambahin dana liburan. Asiik banget, kan..

Kalau teman-teman punya jurus berhemat juga, kah?









No comments:

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)