10 December 2017

KUATNYA GODAAN KORUPSI DI BIDANG PENGADAAN BARANG DAN JASA



"Katakan tidak pada korupsi!"

Masih ingat dengan slogan yang dulu cukup sering berseliweran di layar kaca? Masih lah ya..

Apalagi, sampai saat ini cerita tentang korupsi belum juga surut, malah dengan jumlah yang cukup membuat kening berkerut. Trilyunan, milyaran.. ckckck, tega banget sih, mencuri uang yang tadinya bisa untuk kepentingan orang banyak, bisa diatur sedemikian rupa sampai masuk ke rekening sendiri. 

Korupsi, baik dengan jumlah yang besar atau receh sekalipun, saat ini semakin merambah ke berbagai urusan. Di mana ada celah, ada aja oknum yang memanfaatkannya. Awalnya sedikit, lama-lama jadi keterusan. Lupa dengan tanggung jawab yang sedang diemban.

Pernah dengar lahan basah?
Yap, kata-kata ini pastinya bukan sesuatu yang asing lagi dalam dunia kerja. Khususnya di ruang lingkup pemerintahan. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal   30 November 2017, bertempat di The Media Hotel & Towers, saya dan teman-teman blogger mendapat kesempatan untuk mengikuti diskusi tentang pengadaan barang dan jasa. Seminarnya sendiri diadakan selama dua hari dengan peserta dari berbagai daerah. Semua keluh-kesah, hambatan dan harapan bisa dicurhatin sama narasumber yang hadir. :)




KUATKAN IMAN UNTUK MENGHADAPI GODAAN


Godaan korupsi memang kerap menjadi tantangan bagi setiap orang yang berkecimpung dalam Pengadaan Barang. Hal ini disampaikan oleh Bapak Hifdzil Alim, SH, M.H dari Pusat Kajian Anti Korupsi FH. UGM. Apalagi dengan besarnya anggaran infrastruktur yang ditetapkan pada tahun 2018 ini mencapai angka 409 trilyun (APBN). Angka ini belum dihitung dengan infrastruktur yang dibiayai pemerintah daerah (APBD). Nggak bisa dimungkiri, semakin besar anggaran, semakin besar juga potensi untuk korupsi.

Ini adalah satu contoh dari korupsi PBJ, sumber dari KPK, tahun 2016.



Penyuapan ternyata menduduki angka paling  tinggi, ya. Termasuk juga jabatan yang sering disalah gunakan untuk mengeruk keuntungan. :(

Saya jadi ingat ketika sesi tanya jawab, ada peserta yang menanyakan bagaimana caranya menghindari masalah suap. Karena sampai saat ini, pekerjaan yang mereka dapatkan semuanya karena berani melakukan itu. Kalau mereka nggak mengikuti 'cara mainnya', nggak bakalan ada proyek yang mampir. Duh! Ternyata ini lah fakta yang ada.

Bagaimana caranya supaya terhindar dari godaan korupsi? 

Godaan memang selalu ada sih. Apalagi kalau orang-orang di lingkungan kerja kita terbiasa dengan mark up, suap-menyuap, bikin belanjaan fiktif dan sebagainya, tentu perlu keteguhan hati untuk menghadapinya.

Kata Pak Hifdzil, sih, semua balik lagi ke iman masing-masing. Menggunakan uang yang nggak halal untuk menghidupi keluarga, pasti akan dampak buruknya. Sudah banyak contoh yang bisa kita lihat. Pendidikan anak jadi nggak beres, terlibat narkoba dan hal-hal buruk lainnya. Ngeri banget, kan..

Nah, supaya nggak salah langkah, pahami lah peraturan dan undang-undang yang berlaku. Sadaril lah bahwa semua pelanggaran akan ada konsekwensinya. Sekecil apapun keterlibatan kita pada satu kasus yang menentang undang-undang, ya.. siap-siap aja keseret-seret. *Situ mau pake baju orens? hahaha.. *Ups*





Memang, untuk mencegah korupsi di Pengadaan Barang/Jasa ini dibutuhkan  kesadaran bersama untuk mematuhi undang-undang yang berlaku. Kalau semua taat aturan, tentunya lebih mudah untuk mewujudkan lingkungan kerja yang bersih dari korupsi. Sebagai masyarakat awam, saya hanya berharap bahwa bidang apapun yang sedang dikerjakan , semoga memang bermanfaat. Bukan akal-akalan. Sama seperti harapan dan doa baik yang dituliskan banyak orang di wall menuju pintu masuk ruang diskusi. Semoga doa dan harapan baik itu terwujud. *Aamiin.
























06 December 2017

Cara Cerdas Memanfaatkan Promo harbolnas 2017 untuk Membeli Sepatu Anak



Awal bulan Desember menjadi tanggal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Hal ini berkaitan dengan adanya moment perayaan hari belanja online nasional atau Harbolnas yang dirayakan oleh banyak pelaku ecommerce. Para pelaku ecommerce yang tergabung dalam satu situs belanja online besar maupun memiliki toko online dan website jual beli sendiri secara serempak akan merayakan Harbolnas secara bersama-sama. Perayaan tersebut umumnya akan memberikan manfaat kepada para calon pembeli karena para penjual online akan memberikan potongan harga dalam jumlah yang besar. Promo Harbolnas 2017  yang datang di bulan Desember ini juga bisa dimanfaatkan untuk Anda para orang tua yang ingin membelikan anak Anda berbagai perlengkapan sekolah yang baru.

Desember selain merupakan bulan akhir tahun juga menjadi bulan yang sarat akan liburan sekolah. Pada bulan ini anak-anak sekolah akan mendapatkan liburan semester yang cukup lama. Moment tersebut biasanya dimanfaatkan orang tua untuk membelikan anak-anak mereka perlengkapan sekolah baru agar di semester berikutnya mereka lebih bersemangat. Salah satu perlengkapan sekolah yang bisa Anda berikan adalah sepasang sepatu baru. Ukuran kaki anak biasanya mengalami perkembangan yang cukup cepat sehingga sepatu baru bisa menjadi opsi yang baik untuk sebuah hadiah semester.

Harga sepatu anak memang sangat beragam tergantung dari merk dan modelnya. Untuk sepatu sekolah, Anda akan bisa mendapatkannya di range harga Rp. 150.000,- hingga Rp. 500.000.- angka tersebut memang tak seberapa dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan si kecil untuk berprestasi. Namun jika Anda bisa membayar lebih murah untuk mendapatkan sepatu yang berkualitas, pastinya akan lebih baik karena sisa uangnya bisa dibelikan perlengkapan sekolah lain. Agar bisa mendapatkan sisa uang tersebut, Anda bisa memanfaatkan promo harbolnas 2017 yang menyediakan berbagai jenis sepatu sekolah untuk anak laki-laki maupun perempuan.




Meski diperingati setiap tanggal 12 Desember, namun Harbolnas di Bukalapak sudah bisa Anda nikmati dari sekarang. Berbagai jenis produk dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran termasuk sepatu. Anda bisa mengecek apa saja produk yang memiliki promo potongan harga dengan cara langsung masuk ke website Bukalapak. Cara yang lebih mudah juga bisa Anda lakukan dengan menginstal aplikasi Bukalapak di smartphone Anda sehingga bisa melakukan cek barang promo di mana saja dengan mudah dan cepat.

Untuk mencari produk yang sedang promo, yang perlu Anda lakukan adalah memilih sistem promo yang sedang berlangsung di Bukalapak. Umumnya promosi akan langsung Anda lihat di beranda depan.

Berikut ini adalah beberapa sistem promo yang biasa diberikan oleh Bukalapak :


  • Promo free ongkir untuk layanan paket tertentu.
  • Promo potongan harga untuk produk tertentu.
  • Promo cashback untuk pembelian dengan jumlah harga tertentu.
  • Promo cicilan.
  • Dsb.


Untuk produk sepatu, Anda bisa langsung mencarinya di sistem promo yang sedang berlangsung saat itu. Anda bisa langsung bertransaksi saat itu juga untuk mencegah kehabisan barang karena pastinya banyak sekali yang juga ingin memanfaatkan promo harbolnas 2017. Jika saat itu belum ada produk sepatu yang di diskon, tak perlu khawatir karena Bukalapak juga memberikan promo berupa voucher belanja. Gunakan kode promo di voucher diskon belanja  tersebut untuk mendapatkan potongan harga pada pembelian sepatu untuk putra-putri Anda. Agar belanja Anda hemat ongkos kirim, pilih penjual yang lokasinya dekat dengan rumah dan pilih ekspedisi terpercaya yang memiliki tarif lebih hemat.

Selamat berbelanja ya.. :)





04 December 2017

GAWE, SOLUSI TEPAT UNTUK PEKERJA DAN PENCARI KERJA HARIAN




Ada yang pernah merasa tak berdaya, ketika menyadari punya keinginan besar tapi tenaga kurang?  Hihii, saya pernah! Rasanya kesal, campur marah, campur sedih. :(

Semua orang pasti punya keinginan agar usaha yang dijalaninya makin besar dan sukses. Tapi, memiliki usaha sendiri, apalagi buat pemula memang nggak gampang. Masing-masing orang pasti punya kendala. Yang terjadi pada saya adalah susahnya mencari tenaga kerja. Sekalinya ada, mereka minta tinggal di rumah. Di samping nggak kuat bayarnya, saya juga jadi nggak santai kalau di rumah ada orang lain. Jadi, agak dilema.

Sempat juga sih, pakai tenaga yang bekerja dengan hitungan harian, tapi karena masih punya balita, seharian sibuk didatengin anaknya terus. Emaknya lagi kerja ditungguin, Akibatnya pekerjaan jadi terganggu. Akhirnya, saya putuskan untuk nggak memakai tenaga mereka lagi. 

Hm, mau tau apa jadinya? Saya kewalahan! Hahahah.. 
Akhirnya saya menyadari, supaya usaha tetap berjalan, kita tetap butuh tenaga orang lain. Kalau semua kita lakukan sendiri, jadinya kita kelelahan.  Keinginan yang tadinya besar, pelan-pelan bisa surut. Sayang banget kan..

Beruntungnya sekarang, masalah bisa terpecahkan. Rasanya bahagia banget ada yang mikirin urusan kayak gini. Ada GAWE  dari @gaweapp  yang siap membantu. 
Hm, btw apa sih GAWE? Caritau dulu yuuk..


GAWE APLIKASI UNTUK PEKERJA DAN PENCARI KERJA 


GAWE, adalah aplikasi buatan anak muda Indonesia, yang dibuat dengan konsep untuk memudahkan masyarakat atau pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk mendapatkan tenaga kerja harian. Aplikasi ini mempertemukan secara realtime, pencari kerja harian dan pencari pekerja harian.

Didirikan oleh Kurniawan Aryanto, Budiarto Harsono dan Elroy Hafidi HardoyoGAWE menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat untuk membantu menggerakkan perekonomian di Indonesia. Setidaknya hambatan-hambatan yang muncul bisa segera diatasi.

Seringkali ketika menghadapi lonjakan pesanan, pelaku UKM kesulitan untuk memenuhi jumlah produksi karena tenaga yang kurang. Mereka butuh karyawan lepas yang siap untuk bekerja. Entah itu bagian packing, antar barang, atau pekerjaan lainnya. (Kira-kira sama seperti yang saya rasakan waktu itu. Ada yang bantu cuci piring aja, itu udah berarti banget.

Begitu juga dengan tenaga kerjanya sendiri. GAWE memberikan peluang kepada mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa harus meninggalkan bangku kuliah. Bebas atur jam kerja, besaran upah dan pekerjaan sesuai dengan kemampuan. Lumayan kan, bisa bantu-bantu meringankan tugas orang tua. Ke depan, nggak cuma buat mahasiswa aja sih, GAWE akan membuka peluang untuk siapa saja yang serius bekerja.

Bagaimana ya caranya bila ingin meggunakan aplikasi GAWE? 
Hm, mudah kok.. Cari aja aplikasinya di playstore. 
Logo huruf  g  berwarna kuning cerahnya langsung memikat mata. Segera install dan ikuti petunjuk yang ada.




Kemudian isi kolom-kolom yang tersedia sesuai dengan apa yang kita cari. Bila ingin menjadi pekerja, kita akan diminta untuk mengisi beberapa informasi penting seperti ini :





Untuk pencari kerja, dibutuhkan waktu untuk verifikasi data





Aplikasinya cukup mudah untuk digunakan. Apalagi untuk kita yang ingin mencari pekerja harian, bisa disesuaikan dengan anggaran biaya yang ada. Jadi, lebih hemat kan..


Hadirnya aplikasi GAWE ini, jujur bikin saya semangat. Usaha saya bisa bangkit lagi. Tenaga kerja yang dibutuhkan dapat dengan mudah ditemukan. Selain itu, jadi kebahagiaan juga bisa membantu mahasiwa menambah penghasilan. Ah, seneng deh. Sebelum mereka memasuki dunia kerja yang sesungguhnya ketika selesai kuliah nanti, mereka bisa coba Gawedulu..



  





28 November 2017

MAKAN ENAK DAN HEMAT DENGAN VOUCHER DISKON BAMBIDEAL


Meninggalkan keluarga selama 10 hari karena suatu urusan, bikin saya kangen berat. Apalagi setelah semua tugas saya diambil alih oleh suami. Dari urusan sekolah anak-anak, masak,  sampai berbenah rumah. Semua beres. Saya pulang semuanya kinclong! Rasanya seneng banget. :)

Makanya, sebagai ucapan terima kasih saya berniat untuk mentraktir suami makan malam usai menyelesaikan sebuah pekerjaan di kawasan Sarinah - Thamrin. Pengennya sih, makan sesuatu yang beda, dan yang paling penting harganya harus tetap hemat. Hahaha, ini yang paling penting ya..

Karena sebelumnya sudah tahu tentang bambideal.id , saya langsung akses webnya aja. Buka akun dan cari tempat makan terdekat dengan lokasi. Alhamdulillah, ketemu yang pas. Ternyata di Food  Court Sarinah Building, ada Toriageru Steak yang lagi promo diskon sampai dengan 50%. Yeaay.., pucuk dicinta ulam pun tiba. Setelah lihat menu dan harganya cocok, saya langsung menuju lokasi. Sempat sih, terbersit rasa ragu, karena ini adalah kali pertama saya bertransaksi di Bambideal. Khawatir ada kesulitan saat menggunakan vouchernya yang memang paperless. Tapi, ternyata kekhawatiran saya nggak beralasan. Pihak Toriageru sangat membantu. Apalagi saat saya salah memasukkan total quantity menjadi total harga, yang membuat jumlah yang harus dibayar menjadi puluhan juta, mereka ikut mikir salahnya di mana, hahahah..

Sesuai dengan apa yang saya inginkan, saya memesan paket A, dengan menu 2 Chicken Steak + 2 ice tea. karena menggunakan voucher promo diskon sebesar 50%, saya hanya membayar paket tersebut sebesar 89K saja melalui dana yang tersimpan di akun Bambideal saya. Wow, happy banget deh bisa dapat harga miring..




Jadi deh, saya

23 November 2017

HIT EXPERT, CARA MUDAH BASMI NYAMUK BANDEL




Suatu masa dulu, dua anak saya pernah dua kali kena demam berdarah. Di usia mereka yang masih 5 dan 3 tahun, rasanya nggak tega menyaksikan ujung jarinya disuntik setiap pagi dan sore untuk diambil darah. Ketika hasilnya belum sesuai harapan. badan saya mendadak lemas. Sekiranya bisa meminta, ingin rasanya segera bertukar tempat. Biarlah saya yang menanggung sakitnya..

Gara-gara pengalaman dengan nyamuk bandel inilah yang membuat saya sangat konsen dalam urusan membasmi nyamuk. Begitu mendengar suara : 

Ngiiiing....  ngiiing...

Nggak pake lama, saya langsung berburu nyamuk. Ya, setiap hari,