18 December 2012

Community Gathering Mead Johnson, Siapkan Generasi Cerdas Sejak Dini

Kamis 29 November 2012 saya dan teman-teman menghadiri acara Community Gathering Mead Johnson , di Plaza Tower Grand Indonesia. Bertempat di Maestro, saya dan teman-teman sesama blogger antusias menyimak pembahasan dari Bapak Cecep Fathoni yang menjabat sebagai External & Medical Affairs Director Mead Johnson Indonesia dan Dr.Dwi Putro Widodo, SpA serta Pakar Nutrisi yang cantik Ibu Emilia E. Achmadi.






Semua  berawal dari betapa pentingnya merencanakan kehamilan yang sehat, demi tumbuh kembangnya si buah hati di masa depannya nanti. Mendengar penjelasan Dr. Dwi Putro Widodo , SpA  itu,  saya jadi teringat dengan pengalaman saya ketika hamil dulu. Rasa mual, membuat saya menjadi pemilih dalam soal makanan. Nggak bisa semua saya nikmati. Padahal menurut penelitian, selain di pengaruhi oleh Gen yang kita bawa, janin juga harus memperoleh nutrisi yang tepat untuk perkembangan otaknya. Asupan nutrisi yang lengkap gizi, baik itu protein, karbohidrat, vitamin, mineral, zat besi dll, termasuk juga   kaya akan DHA ( doxosahexaenoic acid ), ARA,  akan membantu proses pertumbuhan dan kecerdasan otak si kecil bukan hanya saat berada dalam kandungan, tapi juga merupakan penentuan kecerdasannya kelak.
Penjelasan akan hal ini juga sudah ada pembuktian secara ilmiahnya, bahwa tingkat DHA yang di konsumsi oleh ibu selama hamil dan menyusui, mempengaruhi tingkat DHA yang di serap oleh si kecil selama kehamilan trimester ke-3 hingga si kecil berusia 2 tahun (golden period).
Wah,wah, jadi semua yang kita konsumsi selama kehamilan ternyata menentukan banget ya, untuk mendukung kecerdasan otaknya kelak? Kalau saja sejak dulu saya tahu , pasti akan saya lahap semua yang mengandung zat gizi penting dan DHA. Walaupun harus mual dan pusing tujuh keliling.

dibelakang saya adalah gambar perkembangan otak si kecil dari waktu ke waktu

Merasa ada ganjalan di hati, saya memberanikan diri untuk bertanya lebih banyak tentang perkembangan otak anak dan tentang sedikit rasa penyesalan saya, akibat asupan nutrisi selama kehamilan yang mungkin dulu kurang maksimal.
Dr. Dwi Putro .SpA menjelaskan, perkembangan otak yang paling pesat terjadi sangat singkat dan hanya sekali seumur hidup, pada masa yang di sebut Golden Period. Yaitu sejak trimester ke-3 kehamilan sampai si kecil berusia 2 tahun. Masa ini adalah masa di mana otak si kecil mengalami perkembangan yang luar biasa cepat. Saat usianya menginjak 2 tahun, berat otaknya telah mencapai 75 % berat otak dewasa dan pertumbuhan otaknya mencapai 90%. Pada masa inilah pentingnya mengatur asupan nutrisi yang optimal  untuk si kecil di sertai dengan stimulasi yang tepat untuk mendukung kecerdasannya. Semakin banyak stimulasi yang diterima si kecil, semakin banyak komunikasi efektif yang terjadi antar sel-sel saraf otak. Semakin optimal pula perkembangan konsentrasi, memory  dan problem solvingnya. Memang stimulasi ini  harus dilakukan tanpa henti, makin bertambah umur si kecil, makin beragam pula stimulasi yang harus kita berikan.

saya belajar banyak dari gambar bagian otak ini 



Lalu menjawab rasa penyesalan saya, Ibu Emilia E. Achmadi menguraikan dengan bijak, bahwa sebagai Ibu, tak ada yang lebih membahagiakan selain melihat si kecil tumbuh sehat dan cerdas. Kita masih mampu mengejar ketertinggalan itu dengan memenuhi asupan nutrisi yang kaya gizi, di tambah dengan susu yang mendukung pertumbuhannya. Ibaratnya, menambal sulam lagi bagian yang sudah bolong-bolong, supaya rapi kembali. Meskipun tak seoptimal ketika daya serapnya masih dalam kandungan, kita masih bisa  melengkapinya dengan stimulasi dan lingkungan yang baik, yang akan mendukung perkembangannya dan kecerdasan otaknya. Hm, uraian dari Ibu cantik ini cukup melegakan saya. :)

Selanjutnya saya dibuat terkesima dengan penjelasan dari Bapak Cecep Fathoni dari Mead Johnson.
Beliau menjelaskan tentang peran Mead Johnson yang telah seratus tahun lebih bersungguh-sungguh  berkomitmen menjadi pendamping para ibu dalam mendukung hebatnya anak. Seratus tahun bukan waktu yang singkatkan? Mead johnson telah mengembangkan  inovasinya terus menerus sejak dulu.
Dan untuk mendukung peran penting seorang ibu, sejak awal kehamilan Mead Johnson sudah menyiapkan  susu Enfa mama yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi  ibu selama masa periode penting dalam menyiapkan generasi yang cerdas sejak dini. Sampai ketika si kecil lahir, dan terus bertumbuh. Mead Johnsonpun telah mempersembahkan pendamping nutrisi lengkap sesuai pertumbuhan anak, seperti Enfagrow A+, Enfa Kids dan Sustagen. Ya, hingga kini Mead Johnson terus berinovasi dan telah mengembangkan 30 studi ilmiah dalam bidang nutrisi anak. Salut dengan komitmen Mead Johnson sebagai partner ibu Indonesia untuk menyiapkan generasi cerdas .

Usai sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke kantor Mead Johnson yang berada di lantai 43. Saya dan teman-teman sangat menikmati kunjungan ini. Selain bisa melihat langsung ruangan kerja yang nyaman, kami juga sempat mengabadikan moment yang tidak biasa ini.

Kamipun berfoto-foto di ruangan yang bergambar cerita dongeng Timun Suri, dan bertegur sapa dengan ibu-ibu dan bapak karyawan yang sedang serius di meja kerjanya.Agak riuh memang, semoga tidak mengganggu kosentrasi mereka.

Emak2 Blogger  bergaya  pura-pura ngambil timun .. ^^




hmm, saya suka sekali ruangan yang satu ini.. 
Kami terus berkeliling menelusuri ruang demi ruang beserta display produk Mead Johnson dan hamparan peta yang di tempelkan di sebuah dinding. Ternyata itu adalah lokasi pendistribusian produk ke seluruh Indonesia. Ada beberapa teman yang saya foto, eh malah saya nggak ada yang moto'in.,hehehe.



Mak Fadlun dari Kumpulan Emak2 Blogger

Mak Elisa Koraag dari KEB, girang menemukan letak kota yang dikenalnya


Dan, buat saya.., berdiri di lantai 43 itu rasanya sesuatu banget.., saya bisa memandang hamparan  laut dan bundaran HI yang macet. Pasti menyenangkan bekerja di atas ketinggian seperti itu ya?



Lalu kamipun bersantai, sambil menikmati coffee break sambil sesekali melongok ke bawah. Di selingi kuis pula.Hadiahnya berupa beberapa lembar voucher belanja senilai 500 dan 250 ribu. Saya dan teman-teman ributnya udah kayak anak-anak yang kegirangan berebut hadiah. Pulangnya juga dapat goodie bag cantik yang saya suka banget. Satu set Lock& Lock , Satu Box Susu Enfagrow buat si kecil dan dua tiket free Rock Star Gymnastic buat anak-anak, yang nominalnya nggak nahan. Hmm...,kasih tau nggak ya? hehehe, nilai satu tiket kelas Gymnya 2 .1jutaan loh...,dan satu orang dapat dua tiket. Olala..keren bangetkan?

Usai acara , saya dan teman-teman sibuk menyusun rencana untuk memakai tiket Rock Star Gym itu bersama-sama. Saya dan teman-teman beruntung sekali, sudah mendapatkan ilmu yang luar biasa dari pakar yang terpercaya. 
Hmm, senangnya  bisa mengenal Mead Johnson lebih dekat .Terimakasih Mead Johnson, teruslah  melangkah maju menjadi partner Ibu..

Salam.
















16 comments:

  1. Replies
    1. iya dong mbak.., seneeeng banget! dirimu kok nggak ikutan ya?

      Delete
  2. waa serunyaaa... pulangnya dapet goodie bag pula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, seru banget..
      goodie bagnya itu nggak nahan ya? keren abis deh ;)

      Delete
  3. wihhh goddie bag nya keren mba, untuk phobia ketinggian sprti saya memandang keluar jendela di lantai 43 psti bikin lutut saya lemessss *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, goodie bagnya pas banget buat ibu2 ya?
      eh , tadinya saya juga phobia, tapi lama-lama terasa asyik juga berdiri di sana sambil nyeruput kopi sama teman-teman. Hm..,tak terlupakan ..

      Delete
  4. Postingannya sangat menarik, dan bermanfaat, banyak sekali yang saya dapat setelah membaca artikel ini, bisa menambah pengalaman dan pengetahuan.
    salam keal dan terima kasih sobat sudah berbagi, jangan lupa ....
    Monggo mampir..
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas.Alhamdulillah. Salam kenal juga yaa..senangnya bisa berbagi :)

      Delete
  5. seru deh klo liat postingan emak2 lg pd ikutan acara..ngiri pengen ikutan jg..tp seringny pas hari kerja jd agak ribet jg klo hrs bawa anak..soalny ga ada yg jagain di rmh.. :D
    oya, makasih kunjungannya ya mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee, emang seru kalo lagi ada acara gini. Iya sih, sayangnya pas hari kerja, kalo sabtu pasti lebih banyak yg datang ya?
      sama-sama say, senang banget atas kunjungannya,makasih :)

      Delete
  6. *ngakak liat ekspresinya Mak Elisa di peta itu* hahahahahaahahaha...

    sekali lagi saya ngiri karena ndak tinggal di Jakarta :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, mak Icha itu emang suka bikin happy kita-kita..
      selalu rame n bisa bikin kita tambah semangat.
      *pindah jakarta yuuuks..,hehehehe *asal :D

      Delete
  7. Betul mba, program pendidikan anak dimulai dari kandungan. Yakni dengan memberikan nutrisi yang baik dan tepat. Selain itu program lainnya seperti mendengarkan musik klasik atau murratal (bagi yang muslim) juga harus. Termasuk mengajak bayi dalam kandungan berbicara ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, mendengarkan musik klasik & murratal sejak bayi dlm kandungan merupakan langkah yang tepat menyiapkan pondasi awal buat si kecil kelak. Terima kasih sudah mampir ya.. :)

      Delete
  8. yup, mak. Goodybag nya bikin gigit jari... Mantaps...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, setuju ya, mak. MANTAPS :)

      Delete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)