16 March 2024

TIPS BERPUASA DI BULAN RAMADAN



Alhamdulillah, tahun ini kita masih bertemu bulan ramadan. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Semoga ramadan tahun ini, kita semua bisa meningkatkan ibadah lebih baik dari tahun kemarin. Tetap sehat dan semangat sampai hari kemenangan. Aamiin.

Di minggu pertama ramadan ini, Jakarta hampir setiap hari turun hujan. Nggak pagi, nggak siang, bahkan malam pun, hujan turun dengan intensitas yang beragam. Kadang gerimis, kadang deras. Nggak tentu. Kadang rasanya, seperti tidak sedang di Jakarta, aja.

Tentunya ini menjadi tantangan buat yang harus bekerja atau beraktivitas di luar. Enak sih, cuacanya jadi sejuk dan adem. Tapi kalau kondisi lagi nggak fit, udara yang dingin bikin kita jadi mudah terserang flu. Jangan sampai deh, cuaca yang nggak menentu ini mengganggu ibadah puasa kita.

Nah, supaya puasa berjalan lancar, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan.
  • Jaga pola makan. Karena cuaca lagi nggak menentu, tubuh kita butuh asupan yang baik, agar tetap bisa menjalankan puasa. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Hindari makanan yang terlalu pedas dan membuat pencernaan terganggu. Untuk cuaca yang dilanda hujan terus menerus, perbanyak makan makanan berkuah dan hangat.
  • Banyak minum air putih. Ini penting sekali untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Hindari minuman bersoda, cafein dan minum minuman yang dingin agar tenggorokan tetap nyaman. Nggak enak, kan kalau lagi puasa, tenggorokan rasanya seret atau kering.
  • Makan sahur dan berbuka secukupnya, dengan mengatur jumlah makanan yang masuk, perut kita jadi nggak begah. Ibadah pun jadi lancar.
  • Istirahat Cukup. Dengan istirahat cukup atau tidur sejenak tapi berkualitas, dapat meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan penyakit. Kita butuh kondisi yang tetap fit, agar bisa berpuasa sebulan penuh.
  • Tetap aktif. Walau sedang berpuasa dan rawan ngantuk, berusahalah untuk tetap aktif agar tubuh tetap bugar. Puasa mestinya nggak menghalangi kita untuk tetap beraktivitas. Apalagi, setiap hal baik yang kita lakukan di bulan ini, dihitung sebagai ibadah yang bernilai pahala.
  • Tingkatkan rasa syukur. Rasa syukur akan membuat hati kita tenang, tubuh akan bereaksi dengan mendatangkan rasa nyaman. Jadi, apapun situasi yang dihadapi, puasa kita tetap lancar. Ikhlas karena Allah.

Semoga dengan beberapa tips berpuasa di bulan ramadan ini, membuat kita bisa maksimal menjalankan ibadah, ya. Selamat berpuasa. Tetap sehat, semangat dan bahagia berkumpul bersama keluarga.




bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp