15 January 2019

SKILLED YOUTH III, SAATNYA ANAK MUDA RAIH KEMANDIRIAN FINANSIAL




Tingginya jumlah pengangguran di Indonesia menjadi salah satu masalah yang masih harus ditemukan solusinya oleh pemerintah. Dari waktu ke waktu, jumlahnya masih belum bisa terlalu banyak ditekan.

Lapangan kerja yang terbatas, kurangnya keterampilan membuat sumber daya yang ada, tidak mampu untuk bersaing dalam dunia kerja. Mirisnya lagi, yang menjadi pengangguran justru anak-anak muda yang masa depannya masih sangat panjang.

Kenyataan ini saya dapatkan ketika
mengikuti acara South Youth Tahap ke III yang diadakan oleh Citi  Indonesia, melalui payung seluruh kegiatan CSR nya, Citi Peka (Citi Peduli Berkarya) bersama lembaga nirlaba Indonesia Business Links (IBL), yang bertempat di Financial Club, CIMN Niaga Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Elvera N. Makki, Director, Country Head of Coorporate Affairs Citi Indonesia, Ibu Mahatmi parwitasari Saronto, Direktur Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Bapak Mohammad fahmi, Direktur Eksekutif Indonesia Business Links.




Berdasarkan catatan dari Badan Pusat Statistik, jumlah pengangguran penduduk usia 15 tahun ke atas mencapai 7 juta orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi didominasi oleh lulusan SMK, yaitu sebesar 11.24%. Sedangkan berdasarkan provinsi, daerah Banten merupakan daerah dengan TPT tertinggi dengan jumlah 8,52% dari total pengangguran nasional. Sedangkan Jawa Barat menempati tempat kedua sebagai daerah TPT dengan jumlah sebesar 8,17%.
Duh, banyak juga ya..

Menyadari hal ini, Citi Indonesia bersama Business Links berkomitmen dan bekerjasama untuk mendorong peningkatan kompetensi bagi generasi muda untuk meningkatkan kemampuan diri agar dapat berkarya demi meraih kemandirian finansial.

SKILLED YOUTH III 2018 - 2019


Setelah sukses dengan program Skilled Youth Tahap I dan II, maka program Skill Youth Tahap III difokuskan pada lima wilayah di Jawa Barat. Citi Indonesia dan Business Links membuat komitmen bersama pemerintah Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bekasi, Karawang, Cikarang, Purwakarta dan Bandung dengan harapan dapat menciptakan wirausaha muda yang berkarakter, tangguh dan mandiri serta dapat menciptakan lapangan kerja di lingkungannya.


Pengukuhan Komitmen Bersama 


Menariknya, pemilihan peserta Skilled Youth III ini dibuat lebih banyak dari program sebelumnya. Dengan jumlah target peserta sebanyak 250 orang dalam rentang usia 16 sampai 21 tahun. Alhamdulillah, program Skilled Youth III ini telah berlangsung dengan lancar sejak Agustus 2018 lalu dan akan berakhir pada Juni 2019 nanti. 

Peserta Skilled Youth III mendapatkan bimbingan berupa peningkatan kemampuan baik soft skill dan hard skill, pendampingan bisnis kewirausahaan dan bimbingan kerja dari mentor-mentor yang kompeten di bidangnya. Dengan menggunakan pendekatan Skilled Youth-Bekerja dan Skilled Youth-Berwirausaha, diharapkan mampu menanamkan motivasi dan membangkitkan semangat  kepada peserta untuk terus mengembangkan potensi diri dan berkarya sesuai dengan passionnya masing-masing.

Saya masih ingat dengan pesan yang diucapkan Ibu Elvera N. Makki. Anak muda masa kini harus berani bermimpi besar. Nggak boleh cepat menyerah. Bekerjalah sesuai passion, karena jika suatu saat nanti ada sesuatu yang nggak diinginkan terjadi, akan lebih mudah untuk bangkit. Benar juga ya. Passion adalah hasrat yang akan membuat kita akan terus bersemangat.

Seiring dengan pesatnya kemajuan tehnologi, tantangan lain yang harus dihadapi generasi masa kini adalah berkurangnya lapangan pekerjaan yang menggunakan tenaga manusia. Pekerjaan-pekerjaan akan lebih banyak diambil alih oleh mesin-mesin canggih. Itu lah sebabnya, cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan mencetak wirausahawan muda yang unggul.

Senang rasanya bertatap muka dengan peserta-peserta Skilled Youth III yang sangat antusias menuntut ilmu. Tak ketinggalan, sesi sharing dari peserta Skilled Youth tahap II yang kini menjalani usaha yang digelutinya.



Beruntung sekali peserta Skilled Youth, karena pendampingan yang diberikan nggak hanya ketika dalam masa pelatihan. Mereka juga mendapatkan pendampingan pencarian kerja dan mentoring usaha. Memperkuat kemitraan multi pihak dengan pemerintah, institusi pendidikan, perusahaan , masyarakat dan media. Juga memperkuat Citibank dalam pemberdayaan pemuda.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, Citibank dan Indonesia Business Link berharap kegiatan ini akan membantu memberi peluang kepada anak-anak muda generasi bangsa, untuk berperan dalam meningkatkan perekonomian. Mewujudkan masa depan cemerlang dan sukses secara finansial.

Kita doakan bersama ya, Skilled Youth selanjutnya dapat menampung lebih banyak lagi anak muda dari berbagai wilayah Indonesia.









bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

6 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Thanks your for sharing mom

    ReplyDelete
  3. Skilled Youth mantul, mantab betul

    ReplyDelete
  4. Wah hebat, dapat mengurangi angka pengangguran ya

    ReplyDelete
  5. semoga dengan diadakannya program ini, geliat dan semangat orang muda dalam berusaha semakin giat

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp