Pages

30 May 2018

JAGA KESEHATAN SALURAN KEMIH AGAR TERBEBAS DARI ANYANG-ANYANGAN



Teman-teman pernah nggak, kena ISK alias infeksi saluran kemih atau yang biasa disebut Anyang-Anyangan?  Saya pernah!
Duh, rasanya nggak karuan. Pinggul sakit, ketika mau buang air kecil terasa panas, perih, nyeri.. dikeluarin salah, nggak dikeluarin lebih salah. Saya sampai meringis kesakitan. Nangis juga pernah sih, saking nggak kuat menahan sakit.

Ada lagi pengalaman paling parah yang saya alami, saat dalam perjalanan ke luar kota. Saya nggak sanggup menahan keinginan untuk buang air kecil, sedangkan saat itu masih di jalan tol yang nggak mungkin untuk berhenti. Duh, saya rasanya mau pingsan. Keringat mengalir deras, padahal cuaca sama sekali tidak panas. AC di mobil pun masih dalam batas normal. Badan saya terasa nggak karuan, Hari itu jadi seperti mimpi buruk. Sedihnya lagi, karena terlalu lama menahan pipis, saya kena Anyang-Anyangan selama beberapa hari. Terasa panas dan perih banget saat pipis. Sengsara karena bolak-balik ke kamar mandi, tapi yang keluar sangat sedikit. 

Sebenarnya, apa sih penyebab datangnya gangguan Anyang-Anyangan? Mengapa kita
  bisa mengalami infeksi saluran kemih berulang?



Nah, tanggal 26 Mei 2018 lalu, saya mendapat kesempatan berharga untuk hadir di acara Blogger Gathering bersama URICRAN di Hotel Harris Kelapa Gading dengan narasumber Dr. OZ. Indonesia - dr. Boy Abidin. SpOG (K). Dokter kece yang sering kita temui di layar kaca.


PENYEBAB DAN PENCEGAHAN INFEKSI SALURAN KEMIH ATAU ANYANG-ANYANGAN




Menurut penjelasan dari dr, Boy Abidin, 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK. Penyebabnya adalah adanya koloni kuman E-coli yang melekat di saluran kemih. Kuman ini bisa berasal dari toilet yang tidak bersih, air pembasuh yang kotor, atau cara membasuh yang salah. Sebenarnya nggak cuma wanita, laki-laki, dewasa bahkan anak-anak pun bisa juga tekena ISK. Tapi, memang wanita lebih beresiko sih. Ini karena kondisi saluran kemih yang memang pendek. jadi, kuman memang mudah masuk.

Infeksi saluran kemih atau Anyang-Anyangan ini ternyata nggak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan penyakit serius. Kuman bisa masuk secara hematogen (aliran darah) dan terus ke saluran kemih bagian atas. Nah, kemudian akan sampai ke ginjal dan bisa menyebabkan infeksi pada ginjal. Serem kan, kalau sampai kena ginjal.

Infeksi Saluran Kemih ini juga berbahaya bila menimpa wanita yang sedang hamil, karena bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Bisa menyebabkan :

  • Kelahiran prematur
  • Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR)
  • Preeklampsia
  • Hipertensi
  • Gagal ginjal
  • Kematian janin
Duh, serem banget ya..


Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya ISK atau Anyang-Anyangan adalah :

Kebiasaan minum yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Minum air putih sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi. Nah, seringnya nih, kita malas minum. Kalau malas minum, urine yang keluar juga akan sedikit dan lebih kental. Kondisi ini nggak baik bagi tubuh.
Nah, kata dokter Boy, untuk pencegahan ISK, banyak-banyak lah minum air putih. Minum yang baik itu adalah minum saat kita sedang tidak haus. Tubuh akan lebih mudah menerimanya, dari pada minum langsung bergelas-gelas. Yuk lah, minum..

Selain masalah kurang minum, hal penting lainnya adalah, menjaga kebersihan organ kewanitaan.  Kalau kondisinya dibiarkan lembab, akan mengundang kuman. Pakai lah celana dalam yang terbuat dari katun yang menyerap keringat. Rajin-rajin mengganti celana dalam secara teratur. Sekali-sekali masih diijinkan memakai sabun pembersih khusus wanita, jika memang merasa nyaman. Tapi nggak boleh sering-sering ya. Nggak boleh juga dibersihkan dengan sabun mandi, karena Ph yang terkandung dalam sabun mandi, tidak cocok untuk  organ kewanitaan. Bersihkan dari arah depan ke belakang.

Ada yang suka pake panty liner?

Untuk keputihan yang terasa mengganggu, banyak wanita yang menggunakan panty liner sebagai solusi agar tetap bersih. Padahal kata dokter Boy, pemakaian panty liner nggak disarankan untuk dipakai sering-sering. Apalagi untuk waktu berjam-jam. Gunakan hanya pada waktu-waktu tertentu aja. Organ intim wanita, sudah dianugerahi berbagai kelebihan untuk menjaga kelembabannya. Jadi, jangan ditambah-tambahin sendiri. :)

Satu hal yang dipesenin banget sama dokter. Jangan suka menahan keinginan untuk buang air kecil. Kalau pengen pipis, jika kondisi memungkinkan ya, pipis aja. Biasakan untuk membawa tissu dan air putih. Apalagi saat berada dalam perjalanan jauh. Saat kita terpaksa harus buang air kecil di toilet umum, tissu dan air yang kita bawa bisa menjadi penolong paling ampuh. Toilet umum yang dipakai oleh banyak orang (*namanya juga 'umum') dapat menularkan kuman penyakit.

Selain beberapa hal di atas, Anyang-anyangan juga dapat terjadi pada pasien penderita diabetes, usia monopause, batu ginjal dan wanita pada masa-masa kehamilan. Kondisi tubuh yang mengalami perubahan, membuat proses untuk buang air kecil jadi terganggu.

Karena masalah yang cukup serius inilah, Infeksi Saluran Kemih harus cepat-cepat diatasi. Apalagi masih menyimpan kemungkinan untuk berulang. Nah, sebagai upaya pencegahan agar tidak berulang, perlu banget untuk melakukan modifikasi pola hidup. Pemberian antibiotik dan mengkonsumsi produk yang mengandung manfaat buah Cranberry.

Rajin-rajinlah  mengkonsumsi buah yang mengandung Proantocyanidin (PAC) seperti Cranberry.
Cranberry mengandung > 80% air dan 10% karbohidrat. Bahan aktif dalam cranberry dapat menghambat perlekatan bakteri E-coli di sel epitel saluran kemih.Ini  yng penting banget.





Sejak dulu, Cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan. Kandungannya yang amat beragam membuatnya bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. dan menjaga kondisi tubuh. Dengan segala manfaatnya, kini ekstrak buah Cranberry digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan untuk kesehatan kandung kemih. Nah, manfaat buah Cranberry kini bisa kita dapatkan dalam prive Unicran.

Prive Uricran dapat mengobati gangguan infeksi kandung kemih atau Anyang-Anyangan. Keuntungan mengkonsumsinya, produk Cranberry apabila dibandingkan dengan penggunaan antibiotik profilaksis adalah tidak menimbulkan resistensi ntibiotik. Jadi, aman digunakan.

Selain itu juga untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kadar gula, kesehatan dalam pencernaan dan juga sebagai antioksidan.

Singkatnya, dengan minum UNICRAN, masalah kesehatan saluran kandungan kemih atau Anyang-Anyangan bisa hilang. Nggak lagi mengganggu.




No comments:

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)