Pages

06 May 2018

HEALTHY PLAN FOR RAMADHAN BERSAMA WOMANTALK CLASS DAN POLYTRON




Yuhuu, nggak terasa ya, sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan ramadhan. Bulan penuh berkah dan ampunan yang ditunggu-tunggu setiap muslim di dunia. 

Untuk menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh, pasti diperlukan kondisi fisik yang  sehat dan kuat. Nggak enak banget kan, lagi semangat-semangatnya puasa, tiba-tiba kondisi menurun, atau
maag jadi kambuh, karena pola makan yang salah.

Nah, pada tanggal 4 Mei lalu, saya ikutan acara yang diadakan oleh Womantalk support by Polytron untuk berbincang-bincang tentang "Healthy Plan for Ramadhan" Bertempat di Tanamera Cafe, Ahmad Dahlan, Jakarta Selatan.


Narasumber yang hadir adalah Ms. Jocevlyn Halim, BSC MHM MND, Fifi Alvianto - dan Ibu Nadia seorang ahli nutrisi. Nggak cuma itu aja lo, pada akhir acara juga ada demo masak praktis oleh Chef Joanita Ari. Hm, bukan masak yang berat gitu sih, tapi semacam menu sehat yang sekaligus bisa bikin langsing.

Healthy Plan for Ramadhan, Biar Tetap Oke Sepanjang Ramadhan


Merencanakan pola makan sehat, memang penting banget. Apalagi kondisi tubuh saat sedang berpuasa akan mengalami perubahan dari hari ke hari. Saat berpuasa, pencernaan kita tidak bekerja terus menerus sebagaimana biasanya. Di saat ini lah manfaat puasa menjadi sangat berguna untuk tubuh kita, yaitu meningkatkan sistem imun, menurunkan kadar insulin, gula darah, kolesterol dan trigliserida. Selain itu, kerja hormon Grhelin akan lebih efektif dan dari segi psikologis, tentunya puasa akan membuat kita jadi lebih sabar. Banyak banget sih ya, manfaat berpuasa.

Selama berpuasa, tubuh kita memerlukan nutrisi yang cukup. Konsumsi cairan juga jangan sampai kurang agar terhindar dari dehidrasi. Perut yang nantinya kosong selama lebih kurang 12 jam memerlukan asupan yang mengenyangkan dalam waktu lama. Biar puasanya kuat dan nggak lemes.

Kira-kira, apa aja ya, makanan yang baiknya kita konsumsi di saat sahur dan buka puasa?

Di saat sahur, makanlah menu gizi seimbang. Cukup protein, karbohidrat dan perbanyak makan makanan yang mengandung serat dari sayur dan buah serta minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi. 

Minum air putih ini bisa dicicil biar perut rasanya nggak terlalu penuh. Caranya, minum segelas air putih sebelum tidur, lalu minum lagi setelah bangun tidur. Kemudian dilanjut antara makan sahur dan sebelum imsak. Pokoknya, diatur aja gimana caranya supaya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, 2 liter sehari.

Makanan pedas, serba digoreng dan makanan yang asin-asin harus dihindari ya. Soalnya akan menimbulkan rasa nggak nyaman di perut.

Kalau untuk buka puasa, mulai lah dengan minum air untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Jus buah bagus banget lo.. Kemudian boleh dilanjut makan makanan dengan manis alami yang akan menormalkan kembali gula darah. Konsumsi secukupnya. Oh ya, jangan langsung makan makanan berat ya.. setelah berbuka dengan snack dalam porsi kecil, beri jarak sekitar 1,5 jam untuk makanan utama, supaya perut siap mencerna makanan. Kan, perut kita kosong selama belasan jam. Jadi, biar perutnya nggak kaget.

Btw, di acara ini diobrolin juga soal kebiasaan kita yang suka banget dengan gorengan. Kalau nggak buka dengan gorengan rasanya nggak afdol. Ternyata kebiasaan itu harus diubah. Makanan berminyak dengan lemak tinggi nggak bagus buat tubuh. So, kalau mau sehat, katakan bye bye pada gorengan.. 

Selain menjaga pola makan yang sehat, ada lagi lo yang harus diperhatikan supaya semua aktivitas di bulan ramadhan berjalan lancar. Lakukan aktivitas fisik dan non fisik agar tubuh tetap bugar dan nggak fokus pada rasa lapar. Jam tidur juga nggak boleh diabaikan. Pintar-pintarlah mencari waktu untuk istirahat. Istirahat yang cukup akan membuat kita terhindar dari rasa kantuk.


Food Prep untuk Memudahkan Urusan Memasak


Urusan memasak di bulan Ramadhan, biasanya lebih memerlukan effort yang lebih dari hari biasanya. Karena pada saat berbuka, biasanya juga dilengkapi dengan takjil. Nah, dengan waktu yang singkat, kita harus bisa menyiapkan beberapa menu sekaligus berupa lauk, sayur dan takjil.

Fifi Alvianto berbagi pengalamannya dalam menyiapkan masakan dalam waktu singkat. Caranya dengan menerapkan foodprep. Berbelanja lah untuk kebutuhan beberapa hari, kemudian bersihkan dan bagi dalam beberapa bagian. Misalkan daging atau ayam, sesuai dengan rencana mau dimasak apa. Simpan dalam wadah kedap udara di kulkas. Untuk sayuran dan bumbu juga sama. Simpan sayuran dalam keadaan sudah dibersihkan atau dipotong-potong. Kecuali sayuran yang menyerap air, sebaiknya jangan dicuci. Jangan lupa, selipkan tissu dapur di bagian bawah wadah, agar sayuran tetap kering. Supaya lebih mudah, Fifi meletakkan wadah segala jenis sayuran dengan warna yang sama. Misalkan tutup hijau untuk sayuran, tutup orens untuk bahan selain sayur. Boleh juga ya, tipsnya. Otomatis kita akan mengambil sesuai isi yang kita inginkan.

Dengan foodprep urusan masak memasak jadi lebih singkat waktunya.


Belleza 3 dari Polytron untuk kesegaran dua kali lebih lama




Untuk menyimpan bahan-bahan makanan supaya awet lebih lama, ada kulkas Belleza 3 dari Polytron. Kulkas dengan penampilan yang elegan dan mewah dengan bahan kaca tempered ini mempunyai kelebihan, mampu menjaga kesegaran buah dan sayuran dua kali lebih lama dari kulkas lainnya.

Menurut penjelasan Pak Sugiat dari Polytron, Belleza 3 mempunyai fitur unggulan berupa 2 kotak untuk penyimpanan buah dan sayur. Kotak penyimpanan ini memiliki ventilasi udara yang membuat sayuran tahan lebih lama. Kotak penyimpanan buah juga dibuat dengan penyekat udara yang mencegah udara luar tidak masuk ke dalam. Dengan tersedianya dua kotak penyimpanan, tentunya sayuran dan buah yang bisa disimpan jadi lebih banyak, ya..



Kulkas dengan brand asli buatan Indonesia ini, memiliki Smart cooling System. Pengaturan fungsi defrost yang diatur otomatis sehingga lebih hemat energi. Sistem pengaturan suhu digital dengan sensor suhu yang presisi, sehingga menghasilkan proses pendinginan yang sangat akurat.



Biasanya, pada bulan ramadhan, kita akan menyimpan banyak bahan makanan yang siap santap juga ya.. Apalagi kalau menjamu tamu untuk berbuka puasa di rumah. Wah, butuh space yang lumayan gede untuk menampung semua printilannya. Nah, Belleza 3 ini memiliki ruang yang cukup lega untuk memenuhi semua kebutuhan. selain bagian bawah, bagian atas freezer juga bisa digunakan dengan cara membuka kotak penyimpanan es. sekali angkat, langsung lega deh..



Nggak bisa disangkal lagi, memang ya, kulkas yang bisa menyimpan bahan makanan awet lebih lama ini, adalah dambaan para Ibu banget. Garansinya pun cukup panjang. 10 tahun untuk kompresor Belleza 3. Nggak cuma cantik di luar, eh cantik juga di dalam.

Usai mengulik kecanggihan kulkas Belleza 3, acara dilanjut dengan cooking demo. Tapi, seperti yang saya bilang di awal, ini bukan demo makanan berat. Tapi sejenis cemilan yang sehat banget. Cocok banget untuk disantap di kala buka puasa.


Bersama Chef Joanita Ari, seluruh peserta diajak untuk menuangkan kreativitas dalam menghias puding. Tapi, bukan sembarang puding lo ya.. bahan dasarnya dibuat dari biji chia seed yang sudah siap di dalam cetakan. Peserta tinggal menghias dengan berbagai buah yang disiapkan.


Puding berbahan dasar chia seed ini memiliki banyak khasiat. Di antaranya adalah melangsingkan badan. Kandungan seratnya tinggi dan bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Chia seed bisa diolah dengan cara direndam dengan susu almond atau yoghurt, biarkan beberapa jam hingga mengembang di dalam kulkas. Untuk rasa manis bisa ditambahkan madu.  Rasanya enaaak.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba menghias puding. Seru deh. Peserta menghias pudingnya dengan berbagai gaya. Semuanya membuat ngiler.. hihiii. Buah-buahannya memang menggoda. Ah, pokoknya seneng banget bisa mengikuti acara Healthy Plan for Ramadan ini sampai selesai. Banyak ilmu yang didapat. Rasanya nggak sabar untuk mempraktikkannya.


Terima kasih Womantalk.. kapan-kapan boleh ikutan lagi ya.. :)

















1 comment:

  1. senang sekali sama acaranya, bermanfaat! dan bahagianya lagi bertemu juga dangan Mbak Waya..., selamat menjalankan ibadah puasa Mbak Waya :)

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)