24 October 2017

FILM MY GENERATION, MELIHAT LEBIH JAUH PROBLEMA ANAK MUDA MASA KINI



Menjadi orang tua dari anak yang berangkat remaja, memang nggak bisa dibilang mudah. Salah-salah, kalau mendidik mereka terlalu keras, apa yang disampaikan berbalik jadi bumerang. Sebaliknya, kalau kita terlalu lemah, anak malah jadi kebablasan dan berbuat sesukanya sendiri. Padahal sebagai orang tua kita punya tanggung jawab besar mengantarkan mereka menjadi orang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Tapi kita nggak bisa menutup mata juga sih, banyak orang tua yang terlalu keras mendidik anaknya. Memaksa mereka untuk menjadi apa yang diinginkan. Akibatnya, anak jadi tertekan dan melakukan sesuatu dengan terpaksa. Malangnya, beberapa malah jadi pemberontak. Menyalahkan mengapa kita menghalangi mereka untuk mengikuti passionnya. Padahal, mana ada sih orang tua yang mau menjerumuskan anaknya..

Nah, problematika yang terjadi pada hubungan anak dan orang tua ini lah yang coba diangkat oleh IFI Sinema, dalam film yang berjudul MY GENERATION.



Disutradarai oleh UPI - sutradara kawakan dengan deretan film yang sukses, mengemas film MY GENERATION ini sedekat mungkin dengan realita yang terjadi pada generasi milenials. Khusus untuk film ini, Upi membuat pengamatan terhadap tingkah laku dan permasalahan yang terjadi pada anak muda lewat media sosial selama dua tahun.  Mungkin ini hanya terjadi pada sebagian aja ya, tapi kita nggak bisa memungkiri bahwa ini memang nyata adanya.




My Generation menceritakan kisah persahabatan 4 remaja, Zeke, Orly, Suki dan Konji yang menghadapi hukuman atas video buatan mereka yang viral lantaran memprotes  sekolah, guru dan orang tua. Mereka harus menerima sanksi atas apa yang mereka perbuat. Di luar dugaan, peristiwa ini malah membuat mereka mengalami kejadiaan dan petualangan yang membuat mereka mengalami perubahan dalam hidup.  Ke 4 sahabat ini memang memiliki masalah yang beragam. Konflik dalam keluarga menjadi beban perasaan yang harus mereka pikul.

Dalam film ini, IFI Sinema sengaja menghadirkan wajah-wajah baru dalam dunia akting. Meski hanya melihat trailernya, rasanya nggak percaya kalau mereka adalah pendatang baru. Hadir dalam deretan pemain nama-nama yang sudah nggak asing lagi seperti Tyo Pakusadewo, Surya Saputra, Ira Wibowo, Indah Kalalo, Joko Anwar, Karina Suwandhi dan Aida Nurmala yang kualitas aktingnya nggak diragukan lagi.

Dari trailer yang saya lihat, kalimat-kalimat yang mereka ucapkan, membuat saya sebagai orang tua merenung. Banyak kok, orang tua yang dikit-dikit marah, dikit-dikit menghakimi  dan  mungkin tanpa sadar membebani mereka dengan standar yang kita punya. Lupa, memikirkan apa yang membuat mereka bahagia.

Yah, lewat film ini, sepertinya kita sebagai orang tua akan banyak belajar ya..

Ini nih, bocoran trailernya :




Untuk mengetahui lebih jauh problema yang dialami Orly dan sahabat-sahabatnya, jangan lupa pemutaran film MY GENERATION tanggal 9 November 2017 ya..

Kita caritau sama-sama :)



bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

1 komentar:

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. My Generation kok ada adegan fulgarnya ya mbak? Ada adegan ciu***nya

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp