30 December 2016

Workshop Doodle di atas Daluang bersama Tanti Amelia dan Kartini Blue Bird

Beberapa waktu yang lalu saya pernah cerita tentang workshop membuat clutch dari kain kulit kayu bersama mbak Astri Damayanti di museum tekstil. Udah pada baca belum? Clutchnya cakep deh. Soalnya dipadukan dengan kain motif etnik.

Nah, setelah workshop bikin clutch, beberapa minggu kemudian, masih di tempat yang sama,  dilanjut dengan workshop membuat doodle di atas kain kulit kayu bersama mbak Tanti Amelia dan Kartini Blue Bird. Acaranya sendiri diadakan tanggal 2 desember lalu sih. Cuma karena beberapa halangan, saya baru bisa menuliskan sekarang. ((*sungkem sama mbak Astri Damayanti :"D.. *kemudiandisambit *ampuuuun ya mbak.. )


Workshop doodle bersama Kartini Blue Bird ini diadakan bersamaan dengan acara penutupan pameran  Beaten Bark di museum tekstil oleh asisten deputy bidang kebudayaan DKI Jakarta Bapak Usmayadi Rameli. Sebelumnya

29 December 2016

Umroh Nyaman Bersama Persada Indonesia

Melakukan perjalanan Umroh ke tanah suci dengan lancar dan nyaman adalah impian setiap orang. Tapi sayangnya karena ulah beberapa penyelenggara Umroh nakal yang melakukan penipuan terhadap calon jemaah, membuat banyak orang menjadi was-was dan ragu-ragu untuk mendaftarkan diri kepada biro perjalanan umroh. Padahal mestinya nggak perlu was-was bila sudah mengantisipasi sejak awal dengan cara memilih biro perjalanan umroh yang tepat dan terpercaya.

Adalah Persada Indonesia, sebuah biro perjalanan haji dan umroh yang berpengalaman selama 27 tahun dalam mengurus segala keperluan jemaah. Tepat di acara peringatan hari jadinya yang ke 27 tahun di The Square Ballroom ICBC Center Surabaya, tanggal 11 Desember lalu, Persada Indonesia mengadakan manasik akbar yang dihadiri oleh calon jemaah dan bintang tamu Irwansyah dan Zaskia Sungkar yang juga ikut umroh bersama Persada Indonesia. Total calon jemaah umroh yang berangkat pada tanggal 20 Desember tahun ini ada 3000 orang. Rencananya pada tahun 2017 mendatang, target Persada Indonesia untuk memberangkatkan calon jemaah umroh akan mencapai angka 5000 orang. Duh, bisa nggak ya, jadi salah satu di antara para calon jemaah tersebut? Saya yang saat itu hadir bersama teman-teman blogger menyimpan harapan agar bisa seperti mereka.



Rasanya memang ngiri deh. Pengen jadi salah satu dari tamu Allah yang bisa melaksanakan ibadah dengan khusyu. Berziarah ke makam Rasulullah dan berbagai aktivitas lainnya. Seperti kata Ustad Masrur yang saat itu

18 December 2016

Philips Rice Cooker Gold, Persembahan Cinta Untuk Para Ibu

Menjelang hari Ibu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyenangkan hati Ibu dan juga istri tercinta (termasuk saya ;)). Apapun bentuknya, percaya deh, kejutan bisa bikin bahagia. Nggak perlu dengan sesuatu yang mahal, perhatian adalah salah satu cara ampuh untuk mencuri hati kaum perempuan. Seperti ini nih, cara yang dilakukan oleh para selebritis dalam acara Philips Cooking Battle di Thamrin Nine pada tanggal 8 desember lalu.


Ada Nicky Tirta, Augie dan Ardha Naff yang ikutan Cooking Battle. Ketiga seleb ini berlomba untuk menyiapkan masakan terbaik dan terlezat sebagai hadiah untuk istri tercinta. Mulai dari memasak nasi dengan menggunakan Philips Rice Cooker Gold, sampai memasak menu yang akan dihidangkan bersama nasi. Seru deh, aneka kreasi bermunculan. Pokoknya semua berpacu

06 December 2016

PHILIPS HUE, INOVASI BARU UNTUK KEHIDUPAN MASA KINI

Kemajuan tekhnologi pada saat ini, semakin memberi banyak kemudahan dalam aktivitas kehidupan kita. Termasuk juga dalam hal pencahayaan. 
Seperti hal nya Philips yang terus berinovasi dalam menciptakan lampu-lampu berkualitas untuk keluarga Indonesia.

mini monas di atrium Senayan City
Bertempat di Atrium Senayan City, pada tanggal 19 November 2016 lalu, Philips mengadakan acara "Blogger Community Gathering Philips Lighting Week". Hadir sebagai bintang tamu, Aryo Pratomo, seorang social influencer yang aktif di dunia vlogging. 


Dalam acara ini, Philips memperkenalkan inovasi baru tentang pencahayaan yang terkoneksi dengan internet. Di operasikan dengan jaringan Wifi yang memiliki rooter yang terhubung dengan kabel Lan dan dipasang pada bridge. Selanjutnya kita tinggal install aplikasinya.

Jadi ya, kita bisa nyalain atau matiin lampu dengan jaringan wifi aja. Nggak cuma sekadar pencahayaan. Yang ini beda banget.

27 November 2016

ECO & COMPACT LIVING, GAYA HIDUP MASA KINI


Hidup di masa sekarang ini, membuat kita harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan iklim dan lingkungan. Salah satunya dengan menerapkan cara hidup yang lebih baik. Karena cara hidup yang baik akan berdampak pada kehidupan generasi selanjutnya.

Kita pasti nggak mau lah ya, bila masa depan dihantui dengan bencana banjir yang sebenarnya bisa dihindarkan. Atau masalah krisis energi karena kita nggak peduli bagaimana cara memanfaatkannya dengan baik.

Menyadari betapa pentingnya mengubah cara hidup dan menciptakan kebiasaan baik, Blogger Perempuan bersama Prajawangsa City, tanggal 19 November lalu mengadakan

26 November 2016

VIVO V5, Smartphone Keren Buat Selfie

Hari gini foto selfie rasanya udah jadi kegiatan favorit deh. Nemu tempat kece dikit langsung cekrek. Dapat moment bagus dikit langsung cekrek. Apalagi kalo lagi kumpul sama teman-teman. Welfie pasti jadi seru banget. Namanya juga "anak muda.." 😉 Kayak gini nih. Nemu spot kece langsung atur posisi..hahaha


Gaya kayak gitu sih belum seberapa. Begitu nemu tempat seru lainnya, langsung nurani terpanggil untuk mengabadikannya menjadi moment yang tak terlupakan. Tau sendiri kan ya, gambar- gambar bisa menyimpan banyak cerita. Selalu indah untuk dikenang. Kayak gini :

( foto : Nurul Noe )

Hahaha.. emang seru banget deh, kalo udah kumpul sama teman-teman. Foto ini diambil pas acara launching Vivo V5. Semua yang datang pada sibuk foto-foto. Background yang disiapkan bagus-bagus sih.

Launching Vivo V5, si Perfect Selfie 


Jadi kemaren itu, saya dan teman-teman dapat kesempatan untuk menyaksikan acara launching Vivo V5di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place - Jakarta pada tanggal 19 November lalu. Ini kabar gembira banget buat pencinta selfie. Untuk mendukung kegiatan foto-foto biar makin asyik,

20 November 2016

Membuat Clutch Cantik Dari Kulit Kayu

Membuat dompet atau clutch dari kain tentunya sesuatu yang udah biasa banget. Tapi gimana kalau dibuatnya dari bahan kulit kayu? Hm, sudah pasti unik dan istimewa ya.. 

Itulah sebabnya mengapa saya antusias banget ketika mbak Astri Damayanti dari Kriya Indonesia bersama Brother mesin jahit mengadakan workshop membuat Clutch dari kulit kayu di Museum Tekstil, Jakarta.


Saking semangatnya, saya sampai salah melihat jam yang tertera di email. Seharusnya sih, saya ikut workshop jam 12. Tapi saya malah datang jam 9 lebih. Itu juga udah khawatir banget takut terlambat. Konyolnya lagi, pakai drama ketinggalan dompet. Huhuuu, mana pas di jalan minta berhenti ke atm sama abang gojeknya. Dan kaget begitu tau nggak bawa dompet. duuuh.. beneran deh. Heboh! 

Untungnya, mbak Astri punya kelas workshop di pagi hari bersama adik-adik dari UNJ (*ciyee..adik-adik ;D) Jadi saya dibolehin ikut kelas mereka. Alhamdulillah deh, jadi saya nggak bengong menunggu waktu workshop siang bersama teman-teman blogger.

11 November 2016

Love, Live and Fight

Ketika menulis ini, saya tak sanggup menahan air mata yang pelan-pelan mengalir. Kesedihan yang selama ini saya simpan di lubuk hati terdalam. Yang hanya bisa saya tukar dengan barisan doa untuk seorang kakak yang sedang berjuang melawan kanker payudara.. semoga kakak saya bisa melewati ujian ini dengan semangat dan  memenangkannya. *Aamiin :'(

Kanker payudara memang menjadi hal yang menakutkan bagi setiap wanita. Beberapa orang dalam keluarga besar saya juga nggak bisa menghindarinya. Tante dari pihak papa, tante dari pihak Ibu, sepupu dari pihak papa dan kini kakak saya. Belum lagi teman-teman yang juga harus berjuang dalam usia muda.Ada yang menang, ada juga yang harus menyerah.

Saya nggak bisa berkata-kata banyak selain, melangitkan harapan agar kita semua bisa terhindar penyakit ini. Kesadaran untuk melakukan pencegahan lebih awal pasti bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa.



Saya sengaja membuat khusus pajangan di atas. Sebagai penyemangat untuk orang-orang yang tengah berjuang melawan sel-sel kanker. Sebagai pengingat bahwa kesembuhan yang diperjuangkan bukan hanya untuk diri sendiri. Tapi juga untuk anak-anak yang membutuhkan Ibunya. Berjuanglah demi senyum dan keceriaan mereka. Jangan pernah putus asa karena tak ada perjuangan yang sia-sia,

Soal umur, memang sepenuhnya milik Allah. Tapi kita wajib berusaha untuk menjaga pemberiannya.











10 November 2016

Cara Terbaik untuk Bahagia di Usia Cantik


Seringkali kalau sudah membicarakan soal usia, orang-orang yang saya kenal selalu nggak percaya, kalau saya bilang usia saya sudah  42 tahun. Katanya sih, saya terlihat lebih muda dari usia seharusnya. Ah, masa iya sih? Kalau memang begitu, berarti ini adalah salah satu anugerah yang harus saya syukuri, ya.. :)

Berada di usia saat ini, kadang sering membuat saya  flash back. Sekadar mengingat perjalanan yang sudah saya tempuh. Apalagi saat memasuki awal-awal usia cantik 35 tahun. Saat di mana saya merasa kesempurnaan saya sebagai perempuan sedang berada pada puncaknya. Menikah, mengurus suami dan anak-anak. Antar jemput anak ke sekolah dan berbagai kegiatan bersama keluarga benar-benar mendatangkan kebahagiaan luar biasa buat saya. Bukan berarti sesuatu yang mewah. Kebahagiaan yang saya rasakan justru dari hal-hal kecil seperti melihat senyum dan kecup sayang anak-anak ketika saya menyuguhkan kue kesukaan mereka, atau ucapan terima kasih saat saya membawakan secangkir kopi untuk suami. Selain melakukan sendiri pekerjaan rumah tangga, saya bahkan masih sempat mengerjakan hobi yang bisa menambah uang saku. Saya menerima pesanan kue ulang tahun dan memproduksi mukena. Semua saya kerjakan sendiri tanpa bantuan siapa-siapa. Kalau dipikir-pikir lagi, rasanya saya sendiri heran. Waktu itu saya dapat tenaga dari mana ya? Kok, bisa-bisanya saya melakukan semua itu sendiri.. ((*tiba-tiba kagum sama diri sendiri ;D))

Intinya, saya sangat bahagia dan menikmati apa yang saat itu saya jalani. Keseimbangan antara mengurus rumah tangga sekaligus bisa tetap berkarya, bagi saya adalah hal terkeren yang pernah saya alami.




Sampai suatu ketika, kehidupan saya berubah 

Saya sangat menyadari bahwa seringkali apa yang kita inginkan nggak selalu sesuai dengan kenyataan. Mimpi-mimpi saya tentang menikmati hidup di usia matang harus terhenti karena di luar dugaan, perusahaan tempat suami saya bekerja mengalami perubahan besar-besaran. Kebijakan-kebijakan baru terus bergulir. Sampai akhirnya suami saya melepaskan pekerjaannya dengan harapan akan mendapatkan tempat yang lebih baik. 

Sayangnya, ketika semua itu terjadi, saya bukan orang pertama yang tahu tentang kondisi sebenarnya. Ada rasa kecewa yang menyelinap dalam relung hati saya, Andai saya tahu lebih cepat, mungkin ada yang bisa saya lakukan, Entah itu diskusi, debat atau bahkan yang paling buruk ya, berantem. Bukan bereaksi di saat beritanya udah basi. Mungkin semua masih bisa dihindari. Tapi, ya sudahlah, mungkin alasan suami yang nggak tega untuk ngasih tahu saya pada saat itu, ada benarnya juga. Mungkin saya akan emosi dan marah meledak-ledak. Mungkin saya akan panik dan galau. Yang ada, situasi malah akan semakin rumit. Lama saya berusaha memahami alasan yang satu itu. Sampai saya merasa butuh waktu lagi untuk menjadi dewasa. Memang bener sih, kedewasaan itu harus diuji dengan berbagai masalah. Kalau nggak diuji, kapan naik kelasnya? Iya,kan..

Satu hal yang selalu saya percaya, seberat apapun Allah kasih ujian, pasti ada cara untuk menghadapinya. Saya yakin, saya nggak sendiri. Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Allah memberi sesuai dengan kesanggupan kita. Meski sejak saat itu, saya dan suami mengalami banyak hal, selalu ada keyakinan akan ada hikmah yang bisa kami petik. Saya belajar banyak tentang apa yang namanya bersabar. saya belajar banyak tentang apa yang disebut menahan diri. Tentang kekuatan doa. Tentang Ikhlas dan percaya bahwa apa yang saya alami adalah jalan untuk saya berkomunikasi dengan Sang Maha Pencipta. 

Meski waktu itu semua terasa lambat. Saya tetap bersyukur karena saya punya kegiatan selain mengurus rumah dan anak-anak. Saya bisa pergi sebentar untuk lari dari kenyataan  refreshing menikmati serunya acara-acara blogger. Sesaat saya melupakan semua persoalan. Dan Allah sungguh maha baik. Dia mengirimkan teman-teman yang baik untuk saya. Buat saya, hubungan baik itu menjadi self healing. Teman-teman sayalah yang mendukung dan menghibur saat saya patah semangat dan ikut mendoakan yang terbaik untuk saya. Nikmat mana lagi yang harus saya dustakan? *pelukteman-temankesayangan :)

Setelah beberapa tahun, akhirnya titik terang muncul juga. Perlahan keadaan mulai membaik. Saya malah ikut terlibat dan jadi partner kerja suami. Meski harus memulai semua dari awal lagi, sedikitpun saya nggak merasa khawatir. Saya tetap yakin, bila DIA sudah berkehendak, nggak ada satu pun yang dapat menghalangi. Pintu-pintu akan terbuka lebar dan memberikan 'pemandangan' yang lebih indah dari sebelumnya. Saya yakin, Allah memberi kami pelajaran agar kami lebih kuat berdiri ketika kerikil tajam menghalangi. Agar lebih memahami banyak hal yang mungkin selama ini kami lupakan. Setelah itu semua, saya memahami bahwa bersyukur adalah cara terbaik untuk saya merasakan bahagia.

Ternyata Saya Lupa Menyayangi Diri Sendiri




Terlalu sibuk berbenah diri membuat saya lupa ngaca! Senyum sih tetap "always". Cuma, jujur aja, saat mengalami peristiwa beberapa tahun lalu itu, membuat saya nggak punya keinginan untuk melakukan perawatan. Kalau dulu masih sempat sebulan sekali ke salon untuk facial dan creambath. Sejak kejadian itu, saya jadi harus memilih mana yang paling prioritas. Tapi, akibatnya, ada harga yang harus dibayar . Kerutan halus di ujung luar mata dan flek hitam mulai menghantui saya.

Kaget dengan perubahan pada kulit wajah saya, mau nggak mau membuat saya memutuskan untuk cari tahu, perawatan apa yang cocok untuk wanita seusia saya. Tentunya yang nggak ribet dan nggak mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

Seorang teman merekomendasikan #RevitaliftDermalift dari L'Oreal Paris untuk mengatasi masalah kulit wajah. Apalagi untuk kulit wajah saya yang sudah tergolong #UsiaCantik memang butuh perawatan dan perhatian khusus. Terutama di 8 zona utama wajah, yaitu dahi, dia antara alis, kontur mata, kerutan ujung luar mata, pipi, garis senyum, rahang serta leher. Revitalift Dermalift #L'OrealSkinExpert memiliki kandungan Centella Asiatica, Pro Retinol A dan Dermalift Technologi yang dapat mengurangi kerutan hingga 27%, Serta meningkatkan kekencangan kulit hingga 35%.


L'Oreal Revitalift Dermalift terdiri dari tiga rangkaian perawatan untuk sehari-hari. Untuk membersihkan debu, mengangkat kotoran dan sebum di wajah, ada Milky Cleansing Foam dengan perawatan anti wrinkle dan firming. Saya suka aromanya yang lembut dan segar. Setelah cuci muka pakai Milky Cleansing Foam, kulit wajah terasa bersih dan fresh.

Untuk  menemani beraktivitas sehari-hari, ada Revitalift Dermalift Day Cream yang mngandung SPF23 PA++ Anti Wrinkle dan Firming. Cara pemakaiannya cukup dioleskan di area kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Bentuknya creamy, tapi meresap di kulit.

Untuk perawatan di malam hari ada Revitalift Dermalift Night Cream yang akan meregenerasi kulit dua kali lebih cepat. Menyamarkan flek hitam dan kerutan halus di kulit wajah. Pemakaiannya dengan cara dioleskan di area kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Pada saat kita tertidur lelap, biarkan saja dia bekerja ya :)

Dengan pemakaian teratur, dalam 4 minggu kulit terasa lebih kenyal. Garis halus atau kerutan dan bintik hitam tersamarkan. Kulit terlihat lebih muda.

**Untuk mendapatkan L'Oreal Paris Revitalift Dermalift, bisa kunjungi http://bit.ly/usiacantik **


Memang nggak bisa dipungkiri ya, perawatan di usia muda itu sangat berpengaruh pada kondisi kulit ketika memasuki usia cantik. Ngaku deh, saya memang lalai. Tapi kalau udah terlanjur kan nggak mungkin juga saya balik lagi ke usia 20 an hanya untuk membuat semua lebih baik. Enggak laah, saya sudah bahagia dengan apa yang saya miliki sekarang. ((kekepin L'Oreal ;D))

Pengalaman saya di waktu lalu mengajarkan saya, bahwa bahagia itu kita yang tentukan. Bahagia ada dalam setiap kata syukur yang terucap. Makin bersyukur kita, makin banyak nikmat yang ditambahkan NYA.


Oh ya, punya kisah menarik tentang bagaimana caramu menjalani #UsiaCantik ?
Yuk, berbagi kisah inspiratifmu atau orang di sekitarmu.

Dapatkan hadiah Kamera Mirrorless Canon EOs M3, Smartphone Asus Zenfone 3 dan banyak hadiah menarik lainnya. daftarkan ceritamu di http://bloggerperempuan.com/usiacantik/
Siapa tahu, kamu lah pemenangnya..























08 November 2016

Mudahnya Menjahit Dengan Mesin Jahit Brother


Minggu yang lalu, hari Sabtu tanggal 29 Oktober, saya ikutan workshop menjahit bersama Kriya Indonesia dan  mesin jahit Brother. Acaranya diadakan di ICE BSD, bertepatan dengan acara Pekan Raya Indonesia. Lokasinya sih cukup jauh dari rumah, Tapi saya memberanikan untuk naik Commuter Line sendiri. Alhamdulillah, sampai dengan selamat, meski harus berdiri lama karena nggak kebagian tempat duduk.

Awalnya yang bikin saya semangat ikut karena pengen belajar menjahit kulot. Tapi ternyata ada perubahan. Karena suatu hal, jahit kulotnya nggak jadi dan diganti dengan yang lain. Hmm, gakpapa deh, mudah-mudahan di lain waktu bisa, ya.

Sebagai gantinya mbak Astri Damayanti sudah menyiapkan materi baru, yaitu menjahit outer berwarna hitam. Nggak pake lama, mbak Astri segera membagi-bagikan peralatan dan kain untuk dijahit. Ada gunting, jarum pentul, benang dan kain berwarna hitam, juga pola outernya. Begitu semua dapat bagian, peserta langsung mengikuti petunjuk dari mbak Astri. Menggunting sesuai pola dan memilih mesin jahit yang akan digunakan. 

Menjahit di dalam area PRI ternyata seru lho. Mungkin karena tempatnya luas dan orang-orang jadi bisa lihat aktivitas kita. Secara nggak langsung, mengundang orang-orang yang lalu lalang untuk berhenti sejenak. Malah banyak yang langsung mampir dan mencoba pakai mesin jahitnya.


Mesin jahit yang kami gunakan hari itu, bagus-bagus. Saya suka banget. Tahu sendiri kan, kalau mesin jahitnya cantik dan sesuai dengan warna favorit, pasti deh menjahit jadi semangat. Nggak cuma cantik tampilannya aja, tapi juga punya banyak jahitan yang bisa dipilih. Jadi kita bisa mengaplikasikan macam-macam variasi jahitan.




Sebenarnya yang paling membahagiakan saya ketika menggunakan mesin jahit kemaren, saya nggak mengalami kesulitan saat memasukkan benang ke jarum. Padahal mata udah minus dan plus. Kenapa? Karena di mesin jahitnya ada alat khusus untuk memasukkan benang ke lobang jarum. Ini nih, yang dibutuhkan ibu-ibu kayak saya.. *maklum, usianya udah cantik ;D


Oh ya, untuk menjahit outer, menggunakan dua jenis jahitan. yaitu jahitan model lurus dan bentuk bergelombang untuk pinggirannya, Praktis banget, jadi kayak  neci gitu. Warna benangnya bisa dipakai warna kontras. Misalnya untuk kain hitam, pinggirannya bisa pakai benang putih atau merah. Apa aja boleh, sesuai dengan keinginan. hasil jadinya cakep banget lho.. seneng deh.




Tuh, lihat deh, bagus,kan.. Makasih ya mbak Astri, makasih Kriya Indonesia dan juga Brother yang sudah memberi kesempatan untuk mencoba langsung mesin jahitmya. Sampai jumpa di workshop berikutnya.












  

04 November 2016

Festival Quilt & Needle Craft 2016, Pameran Karya Seni Bernilai Tinggi


Saya merasa beruntung sekali bisa menghadiri Quilt & Needle Craft Festival 2016, yang diadakan di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan pada tanggal 27, 28 dan 29 lalu. Rasanya seperti terjebak dalam sebuah dunia yang penuh dengan karya-karya indah. Karya yang tercipta dari potongan-potongan kain perca. 

What? Kain perca?
Iya betul, kerajinan yang dipamerkan memang karya handmade yang dibuat dari potongan- potongan kain yang disatukan dalam jahitan yang membentuk sebuah pola atau gambar yang indah. Ukuran potongan kainnya nggak terbatas. Sekecil apapun ukurannya,  bisa dibuat jadi karya yang mengagumkan.



Festival Quilt & Needle Craft 2016 ini merupakan acara festival quilt yang pertama kalinya diadakan di Indonesia dan melibatkan quilter dari dalam dan luar negeri. Bayangin deh, gimana kalau hasil karya mereka disatukan dalam satu acara besar. Pastinya bikin yang melihat pada berdecak kagum. Beberapa bisa dilihat di bawah ini..


Sayang banget kamera saya kurang fokus, jadi nggak keliatan jelas setiap detailnya.


keren banget ya..

Khatulistiwa quilt yang merupakan Asosiasi Quilt Indonesia yang menjadi wadah bagi para quilter Indonesia untuk berkembang menjadi UKM perempuan. Khatulistiwa Quilt mempunyai visi untuk mengusung quilt sebagai salah satu pendukung ekonomi kreatif. Misinya pun amat mulia, yaitu menciptakan perempuan mandiri agar mampu mendukung ekonomi keluarga melalui tangan terampilnya.

Sebenarnya kerajinan quilt dan patchwork belum banyak dikenal di Indonesia. Beda banget dengan di negara lain. Quilt  merupakan karya seni yang sangat digemari. Nah, alasan untuk mengenalkan kerajinan quilt lebih luas inilah yang membuat acara Festival Quilt & Needle Craft 2016 terlaksana. Nggak tanggung-tanggung. Acara dilaksanakan selama tiga hari  yang dikemas dengan menarik. Ada Pameran, Seminar, Workshop, Kompetisi, Musik, Fashion Show, Bazaar quilt & needle craft, Lomba Digital media dan lomba foto.

Narasumber dan tamu-tamu undangan pada acara pembukaan

Untuk acara seminar, selama tiga hari itu akan disampaikan materi tentang bisnis yang berbeda. Hari Kamis, 27 Oktober 2016, ada Coach Margetty Herwin yang akan menyampaikan seminar : Tahapan mudah dan efisiensi dalam memulai BISNIS dalam dunia Craft. Hari selanjutnya ada Coach Dicky dengan materi "Start Your INSTAGRAM for Busines. Dan hari terakhir ada  Coach Dhonni A.F- ASEPHI dengan materi Seminar : Kunci Dasar Sebuah Bisnis Handycraft. Dengan tiga topik seminar yang bagus, tentunya akan menambah pengetahuan baik peserta pameran ataupun pengunjung.

Seminar bersama Coach Getty pada hari pertama

Sedangkan acara workshop, ada Workshop Sulam dari Rumah Puteri, Student Session Workshop 60 Kit Rajut dan Sharing Quilt. Selesai ikutan workshop kita bisa keliling lagi untuk melihat pameran dan mampir ke booth-booth quilting, rajut dan sulam atau membeli peralatan untuk membuat quilt atau rajutan. Beberapa booth memberikan diskon yang oke punya. Nggak heran, booth-booth yang menyediakan peralatan untuk pencinta quilt dan craft menjadi incaran pengunjung.




INTIP YANG INI DULU YUK.. 



Hasil karya kerajinan yang ada di acara Festival Quilt & Needle Craft kemaren, nggak terbatas pada bed cover, hanging wall aja lho, tapi ada berbagai kerajinan berupa tas, boneka lucu, dompet dan pajangan. 

Boneka dan kotak bentuk rumah yang serbaguna

kotak serbaguna


Ada juga quilter dari Jepang yang mendapat banyak kunjungan lho.. Asyik banget ngeliatin proses menjahitnya. Sekalian bisa cari tau gimana cara bikinnya :)


Kalau ini, ukuran potongan kainnya kecil banget. Kalau nggak salah hanya 1x1cm. Keren ya..



Gambar-gambar yang bercerita..










Melihat hasil karya yang ada di Festival Quilt & Needle Art 2016 ini memang memanjakan mata. Rasanya saya nggak puas-puas meneliti setiap detailnya. Mengagumi dan membayangkan proses pembuatannya yang memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Mulai dari menentukan gambar, menyesuaikan warna kain dan kerapian pada saat pengerjaan agar hasilnya memuaskan. Karena prosesnya yang agak rumit inilah, kerajinan quilt bukan hanya disebut sebagai produk, tapi sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Membuatnya harus penuh dengan rasa cinta. Wajar kalau harga jualnya mahal. Contohnya saja, harga satu buah bed cover bisa mencapai jutaan rupiah. Jadi, bisa banget  untuk dijadikan sebagai sandaran ekonomi untuk mendukung perekonomian keluarga.

Nggak hanya quilt, begitu juga dengan kerajinan lain seperti sulam dan rajut. Penting banget untuk menanamkan kecintaan akan kekayaan kreatifitas  kepada generasi muda agar mau mendalami semua kerajinan tangan ini, agar tak tak punah ditelan waktu dan terus berkembang tidak hanya sebatas UKM, tapi bisa menguasai pasar kerajinan dunia. Nggak ada yang nggak mungkin kan? Yuk, Semangaaat!














   












01 November 2016

Memilih Obat Jerawat


Jerawat memang terkadang menjadi momok yang begitu menakutkan untuk kita. Apalagi kalau jerawatnya adalah jerawat yang mengganggu banget. Besar-besar dan banyak. Soalnya, tipe jerawat kayak gini memerlukan  waktu pengobatan hingga berbulan-bulan, tergantung separah apa jerawat yang dihadapi. Karena banyaknya keluhan tentang si jerawat, Obat jerawat pun di obral oleh produsen-produsen.

Untuk jerawat yang masih dalam kategori ringan, seperti jerawat yang berupa bintik-bintik kecil, sebenarnya dapat kita obati sendiri dengan menggunakan gel atau krim yang memiliki kandungan benzoil peroksida.

Berikut beberapa saran yang bisa membantu  mengurangi jerawat, seperti:

  • Gunakan sabun wajah ringan dan air hangat untuk membersihkan area berjerawat. Lebih baik menghindari menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas, karena dapat membuat jerawat menjadi semakin parah,
  • Hindari mencuci area kulit terlalu sering karena hanya akan menyebabkan iritasi. Anda bisa mencuci muka 2 kali dalam sehari,
  • Atur rambut agar tidak mengenai wajah,
  • Hindari menggunakan kosmetik wajah dengan berlebihan, gunakan produk kosmetik yang berbasis air,
  • Bersihkan seluruh riasan wajah sebelum Anda tidur.

Bila teman-teman sedang mengobati jerawat, lebih baik jangan mengharapkan hasil yang singkat karena proses penggunaan obat jerawat bisa mencapai hingga 3 bulan. Kesabaran serta ketahanan begitu dibutuhkan selama prosespenyembuhan. Bila area yang teriritasi semakin meluas atau tak kunjung sembuh dengan pengobatan yang Anda lakukan sendiri, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter, biasanya dokter akan memberi resep obat. Obat yang biasanya dibeli menggunakan resep dokter ini seperti antibiotik topikal, tablet antibiotik, hingga asam zelaic.

Lantas, apa itu retinoid topical? retinoid topical akan mencegah folikel rambut oleh sel kulit mati. retinoid topical ini dapat mengurangi produksi sebum di kelenjar minyak. Obat retinoid topical yang sering digunakan seperti tretinoin serta adapalene tersedia di dalam bentuk gel dan krim. Obat ini biasanya digunakan sebelum tidur yakni 20 menit sesudah mencuci wajah. Ada beberapa hal yang harus Anda waspadai sebelum menggunakan obat ini. Untuk wanita yang sedang mengandung, retinoid topical harus dijauhi karena dapat menyebabkan cacat lahir, selain itu penggunaan retinoid topical harus sesuai dengan takaran dan lindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pengobatan retinoid topical biasanya hingga 6 minggu namun untuk mencegah jerawat, Anda dapat menggunakan retinoid topical dengan frekuensi yang jarang.

Obat lain yang dapat Anda gunakan seperti benzoil perosida. benzoil perosida dapat mencegah kulit mati yang menyumbat folikel rambut serta membunuh bakteri yang bisa menginfeksi folikel. benzoil perosida digunakan di area wajah yang memiliki jerawat. benzoil perosida tersedia dalam bentuk cream dan gel. Pergunakan benzoil perosida sesuai dengan takaran yang dianjurkan, penggunaan benzoil perosida secara berlebihan bisa menyebabkan kulit Anda mengalami iritasi. Efek samping yang ditimbulkan dari benzoil perosida seperti gatal, panas pada kulit, kulit juga dapat mengering dan mengeras. Hindari terlalu sering terpapar sinar matahari saat menggunakan benzoil perosida karena bisa menyebabkan kulit lebih sensitif.


Pernahkah Anda menggunakan asam azelaic untuk obat jerawat? asam azelaic dapat menyingkirkan kulit mati serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Obat ini dapat dijadikan alternatif untuk mereka yang tidak ingin menggunakan retinoid tropikal karena efek sampingnya yang menjengkelkan. asam azelaic tidak membuat si pemakai sensitif pada sinar matahari, namun bukan berarti asam azelaic tanpa memiliki efek samping. Efek samping asam azelaic lebih ringan, beberapa efek samping seperti kulit kering dan kemerahan. asam azelaic memiliki bentuk krim dan gel biasanya digunakan sehari 2X, dan mereka yang mempunyai kulit sensitif menggunakannya sehari sekali.

Dengan memilih obat jerawat yang tepat tentunya jerawat-jerawat bandel akan segera pergi :)

25 October 2016

Pesona Jogja Homestay, Indahnya Kebersamaan (Part : 2)

Minggu pagi, 16 Oktober, saya dan teman-teman berkumpul di teras lantai atas di depan kamar saya. Pagi itu ada kelas Yoga. Hm, emang bener ya, semua tempat di Pesona Jogja Homestay bisa berubah fungsi sesuai kebutuhan. Ruangannya serbaguna banget.



Sebenarnya pengen sih ikutan Yoga, cuma saya dan Dwina punya rencana lain. Kami berdua penasaran dengan sawah yang ada di belakang Pesona Jogja Homestay. Setelah sempat foto-foto aktivitas Yoga, saya dan Dwina jalan kaki menyusuri jalan menuju sawah. Nggak pake lama, pemandangan sawah yang hijau terpampang nyata di depan mata. Wah, buat yang bawa anak, main ke sawah bisa jadi pengalaman yang berkesan nih. Mereka bisa melihat bagaimana bentuk wujud tanaman padi.


Nah, di foto keliatankan, tembok itu bagian belakang Pesona Jogja Homestay.

Sarapan Dulu Yuuk..


Kembali ke homestay, ternyata kelas Yoga sudah selesai. Sarapan sudah tersedia di depan Rumah Prambanan. Ada nasi pecel,


Aneka kue basah yang menggoda 


dan kursi-kursi yang disusun di halaman. Yes, pagi itu kami sarapan di ruang terbuka. Santai sambil ngobrol dan makan sampai kenyang. 


Ikutan Doodle Class 


Pukul 10 pagi, wajah-wajah antusias memenuhi Rumah Prambanan tempat Doodle Class berlangsung. Ini merupakan rangkaian acara terakhir dari Gathering. 


Doodle Class berjalan dengan hangat dan akrab, 'Bu guru' Tanti Amelia menularkan ilmu menggambarnya. Seperti biasa, coretan-coretan yang katanya biasa itu, menjelma menjadi sesuatu yang cantik menawan. 


Itu kan baru coret-coret doang ya. Nah, jadinya tuh kayak gini..


*hahahaa, sakit hati banget liatnya cyiin!;D

Hari itu semua peserta dikasih tugas untuk menggambar semaunya di media yang udah disediakan. Yang cowok dapat t-shirt, yang cewek boleh pilih pencil case atau tote bag. ((Ehem, dua media ini saya yang bantu jahit.. *uhuk-uhuuk*benerinjilbab* ;D ))

Ini contoh yang sudah dibuat mbak Tanti

cakep banget ya..

Hm, ternyata ya, kadang kita terlalu sering menjudge diri sendiri bahwa kita nggak mampu melakukan sesuatu yang jarang atau nggak pernah kita lakukan. Dari awal banyak aja yang merasa nggak bisa menggambar. Setelah dicoba, ternyata hasilnya mengejutkan. Gambarnya bagus-bagus.

Semuanya jadi heboh sendiri, tukeran warna spidol, gantian pake cat acrylic dan ada juga yang minta media lagi, karena mau nambah gambar. Hahaha.. nah lo,  jadi ketagihan, kan?  

Nggak terasa hari beranjak siang. Doodle'an sudah jadi semua. Foto-foto dengan hasil karya sendiri pun sudah. Rasanya masih betah aja kumpul rame-rame, ngobrol dan ketawa bareng.

Tapi nggak mungkin lah ya, karena kami sudah sampai di penghujung acara. Meski dengan berat hati, pertemuan harus diakhiri dengan perpisahan. Kami harus kembali ke tempat tinggal masing-masing.

Setelah makan, kami foto bersama di depan Homestay. Tempat yang menjadi saksi bahwa dunia maya bisa memberikan teman-teman baru yang menyenangkan.



Terima kasih ya Pesona Jogja Homestay. kebersamaan ini akan selalu saya kenang..