08 November 2016

Mudahnya Menjahit Dengan Mesin Jahit Brother


Minggu yang lalu, hari Sabtu tanggal 29 Oktober, saya ikutan workshop menjahit bersama Kriya Indonesia dan  mesin jahit Brother. Acaranya diadakan di ICE BSD, bertepatan dengan acara Pekan Raya Indonesia. Lokasinya sih cukup jauh dari rumah, Tapi saya memberanikan untuk naik Commuter Line sendiri. Alhamdulillah, sampai dengan selamat, meski harus berdiri lama karena nggak kebagian tempat duduk.

Awalnya yang bikin saya semangat ikut karena pengen belajar menjahit kulot. Tapi ternyata ada perubahan. Karena suatu hal, jahit kulotnya nggak jadi dan diganti dengan yang lain. Hmm, gakpapa deh, mudah-mudahan di lain waktu bisa, ya.

Sebagai gantinya mbak Astri Damayanti sudah menyiapkan materi baru, yaitu menjahit outer berwarna hitam. Nggak pake lama, mbak Astri segera membagi-bagikan peralatan dan kain untuk dijahit. Ada gunting, jarum pentul, benang dan kain berwarna hitam, juga pola outernya. Begitu semua dapat bagian, peserta langsung mengikuti petunjuk dari mbak Astri. Menggunting sesuai pola dan memilih mesin jahit yang akan digunakan. 

Menjahit di dalam area PRI ternyata seru lho. Mungkin karena tempatnya luas dan orang-orang jadi bisa lihat aktivitas kita. Secara nggak langsung, mengundang orang-orang yang lalu lalang untuk berhenti sejenak. Malah banyak yang langsung mampir dan mencoba pakai mesin jahitnya.


Mesin jahit yang kami gunakan hari itu, bagus-bagus. Saya suka banget. Tahu sendiri kan, kalau mesin jahitnya cantik dan sesuai dengan warna favorit, pasti deh menjahit jadi semangat. Nggak cuma cantik tampilannya aja, tapi juga punya banyak jahitan yang bisa dipilih. Jadi kita bisa mengaplikasikan macam-macam variasi jahitan.




Sebenarnya yang paling membahagiakan saya ketika menggunakan mesin jahit kemaren, saya nggak mengalami kesulitan saat memasukkan benang ke jarum. Padahal mata udah minus dan plus. Kenapa? Karena di mesin jahitnya ada alat khusus untuk memasukkan benang ke lobang jarum. Ini nih, yang dibutuhkan ibu-ibu kayak saya.. *maklum, usianya udah cantik ;D


Oh ya, untuk menjahit outer, menggunakan dua jenis jahitan. yaitu jahitan model lurus dan bentuk bergelombang untuk pinggirannya, Praktis banget, jadi kayak  neci gitu. Warna benangnya bisa dipakai warna kontras. Misalnya untuk kain hitam, pinggirannya bisa pakai benang putih atau merah. Apa aja boleh, sesuai dengan keinginan. hasil jadinya cakep banget lho.. seneng deh.




Tuh, lihat deh, bagus,kan.. Makasih ya mbak Astri, makasih Kriya Indonesia dan juga Brother yang sudah memberi kesempatan untuk mencoba langsung mesin jahitmya. Sampai jumpa di workshop berikutnya.












  

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

4 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. Aaaaa mau. :D Harga mesin jahinya mahal gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya tergantung spesifikasinya mbak. Kemaren lagi ada diskon. Jadi lumayan banget.

      Delete
  2. Aku pengeeeen bisaaaa jait deh mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa jait tuh asyik banget. Ayo..jait yuk :)

      Delete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp