20 November 2016

Membuat Clutch Cantik Dari Kulit Kayu

Membuat dompet atau clutch dari kain tentunya sesuatu yang udah biasa banget. Tapi gimana kalau dibuatnya dari bahan kulit kayu? Hm, sudah pasti unik dan istimewa ya.. 

Itulah sebabnya mengapa saya antusias banget ketika mbak Astri Damayanti dari Kriya Indonesia bersama Brother mesin jahit mengadakan workshop membuat Clutch dari kulit kayu di Museum Tekstil, Jakarta.


Saking semangatnya, saya sampai salah melihat jam yang tertera di email. Seharusnya sih, saya ikut workshop jam 12. Tapi saya malah datang jam 9 lebih. Itu juga udah khawatir banget takut terlambat. Konyolnya lagi, pakai drama ketinggalan dompet. Huhuuu, mana pas di jalan minta berhenti ke atm sama abang gojeknya. Dan kaget begitu tau nggak bawa dompet. duuuh.. beneran deh. Heboh! 

Untungnya, mbak Astri punya kelas workshop di pagi hari bersama adik-adik dari UNJ (*ciyee..adik-adik ;D) Jadi saya dibolehin ikut kelas mereka. Alhamdulillah deh, jadi saya nggak bengong menunggu waktu workshop siang bersama teman-teman blogger.


Ini kelas adik-adik UNJ yang saya ikuti. Bersama mbak Astri yang baik hati..  *hahaha, soalnya saya todong buat bayar gojek ;D

Langkah Membuat Clutch Kulit Kayu



Hal pertama yang dilakukan adalah menggunting kulit kayu dan kain kombinasi yang akan digunakan. Kulit kayu yang dipakai berbentuk lembaran tipis dengan tekstur agak berserat di permukaannya. Baru kali ini lho, saya memegang kulit kayu siap olah. Nggak nyangka banget bisa dapat kesempatan juga.. :)


Setelah digunting menurut pola, langkah selanjutnya adalah menyetrika. Bahan kulit kayu ditempelkan dengan bahan pelapis dengan cara disetrika.


Kalau udah menempel, baru deh proses selanjutnya menjahit dengan mesin jahit brother.


Untuk jahitannya gunakan jenis jahitan dengan bentuk gelombang. Sebenarnya sih, bebas aja mau bikin jenis jahitan apa. Yang penting, sambungan antara kulit kayu dan kain kombinasinya menyatu.


Setelah itu, pasang kancing magnet dengan menggunting sedikit bagian yang sudah ditandai. Kalau sudah dipasang tinggal menjahit pinggiran clutch dan merapikan jahitan dengan cara mengguntingnya.

Jadinya seperti ini :


Beuuh, kece banget yaa.. apalagi menjahitnya mudah. Kesannya etnik dan saya langsung jatuh hati sama clutch ini. 

Ternyata kulit kayu bisa dibuat jadi sesuatu yang istimewa. Hm, rasanya nggak sabar menunggu workshop selanjutnya. Bocorannya sih, bikin doodle di atas clutch. Saya penasaran banget. Kita tunggu tanggal mainnya ya..








bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

2 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. Waya , keren ya clutch-nya. Bunda baru mau belajar tgl. 1 Desember tuh, tapi bunda udah puluhan tahun gak pernah pake mesinjahit,apa bisa? Tapi kan udah minat jadi harus bisa, lha nanti hasilnya kan dibawa pulang, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah bisa bunda, Jahitnya nggak susah kok. Mesin jahitnya enak dipakenya. Sampai ketemu di sana ya bun :)

      Delete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp