Pages

10 October 2016

MENGENAL SEJARAH LEWAT DRAMA MUSIKAL KHATULISTIWA


71 tahun Indonesia merdeka dari belenggu penjajahan, tentulah menyimpan banyak sejarah. Bagaimana hebatnya perjuangan para pahlawan ketika merebut kemerdekaan, berjuang hingga titik darah penghabisan demi sebuah kemerdekaan. Demi anak cucu dari generasi ke generasi. Demi kemerdekaan yang mereka persembahkan bagi nusa dan bangsa tercinta Indonesia.

Pernahkah kita merasa khawatir tentang cerita sejarah yang mungkin saja perlahan-lahan hilang dalam ingatan, atau tenggelam dalam riuhnya perkembangan jaman? Semua mungkin terjadi bila cerita tentang sejarah tak mampu disajikan dengan cara yang menarik. Padahal, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa  pahlawannya. Sebuah kutipan dari Bung Karno yang pastinya sudah nggak asing lagi bagi kita.

Bertempat di LaModa Cafe, Plaza Indonesia, 4 oktober 2016, saya dan teman-teman Blogger menghadiri press conference Drama Musikal Khatulistiwa yang dipersembahkan oleh CIMB Niaga. Drama Musikal Khatulistiwa - Jejak Langkah Negeriku adalah buah karya JOSODIRDJO FOUNDATION dan ZIGZAG INDONESIA.



Drama Musikal Khatulistiwa yang baru bisa diwujudkan 9 tahun kemudian oleh ibu Tiara Josodirdjo, dengan dukungan oleh CIMB Niaga, mengajak penonton untuk mengenal kekayaan seni dan budaya Indonesia lewat cerita kepahlawanan yang dituturkan seorang ayah kepada anak-anaknya. Nggak tanggung-tanggung, selain pemerannya yang oke, kayak Rio Dewanto, Epy Kusnandar, Sita Nursanti dan Kelly Tandiono, Drama Musikal Khatulistiwa melibatkan talenta-talenta luar biasa yang sudah melalui proses audisi dengan panelis dari tim produksi dan beberapa tokoh seni suara Indonesia seperti Agus Wisman dan Rita Effendi. Ada 100 talenta muda yang ikut terlibat dan akan memberikan pertunjukan terbaik.



Drama Musikal Khatulistiwa juga menggunakan dialog bahasa daerah dan bahasa asing seperti Belanda, Jepang, Portugis dan Inggris. Menonton pertunjukan dengan aktor yang menggunakan bahasa daerah tentunya menjadi suatu persembahan yang menarik. Membuat kita bangga karena terlahir dalam berbagai suku yang berbeda tapi tetap satu.  

Lewat persembahan Drama Musikal Khatulistiwa yang akan hadir di Teater Jakarta dan Taman Ismail Marzuki tanggal 18,19, 20 November nanti, diharapkan akan menanamkan kecintaan anak-anak muda pada sejarah. Dengan melihat kisah hebat perjuangan para pahlawan mengusir penjajah, yakin deh jadi pada tertarik untuk mempelajari sejarah. Jangan lupa catat tanggal pementasannya ya. Dijamin, drama ini bakal kereen banget!



Selain hadir di Teater Jakarta dan Taman Ismail Marzuki, nantinya Drama Musikal Khatulistiwa juga akan dibuat dalam bentuk DVD. Dana pembuatannya diambil dari hasil penjualan tiket ketika pementasan. Nah, nantinya DVD ini akan diberikan secara gratis ke sekolah-sekolah. Sungguh sebuah rencana yang mulia. Yuk, kita dukung bersama..


Mencintai sejarah dan memaknainya dalam bentuk menjaga kemerdekaan semestinya menjadi sebuah tanggung jawab kita sebagai warga negara. Dan sebagai orang tua, tanggung jawab kita juga untuk dapat menanamkannya dalam hati anak-anak. Baik itu generasi saat ini, nanti dan selamanya, sejarah perjuangan bangsa ini harus tetap ada di hati.. 

9 comments:

  1. Hayoo dicatat tanggalnya biar kita bisa nonton bareng keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mel, sekalian ngenalin sejarah sama anak-anak :)

      Delete
  2. aaaah aku ga sabar buat nonton drama musikal ini tante. Nonton barengg yoook!!

    ReplyDelete
  3. Sudah lama banget nggak nonton drama musikal. Waktu kecil aku hobiiii banget

    ReplyDelete
  4. Wah aku ga pernah nonton drama musikal live. Seru juga nih ya klo nontob langsung.

    ReplyDelete
  5. Thanks for sharing, Waya. Jadi gak sabar pengen nonton.

    ReplyDelete
  6. Aaaak jadwalnya di Jakarta ya, kejauhan, gak bisa ngikutin ke sana.

    ReplyDelete
  7. Saya seneng sejarah, jadi penasaran banget sama drama musikalnya. Pengen nonton deh. Coba kalo sekolahnya anak-anak juga dikasih DVD-nya, hehehe.

    ReplyDelete
  8. Waaah... semoga pembuatan DVD-nya sukses dan termasuk pembagiannya ke sekolah-sekolah :)

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)