Pages

18 October 2016

Kelezatan Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Keluarga Indonesia


Sejak kecil, hidup saya boleh dibilang dekat dengan susu. Saya masih ingat, jaman dulu (((..no caption, please!))) ibu sering membuatkan roti tawar dengan olesan susu kental manis. Nggak pake selai ya :)

Saya juga suka sekali alpukat yang dijuice dengan susu coklat, atau makan agar-agar (waktu itu belum ada nutrijell dan agar-agar rasa) yang disiram susu kental manis. Atau .. ini dia favorit saya : es sirop merah dengan campuran susu kental manis putih. Ketika agak gedean dikit, saya sempat tergila-gila dengan soda gembira. Nah, coba tebak, kira-kira apa ya, susu kental manis kegemaran saya? apa?

Yup! Susu kental manis cap Bendera, yang sekarang terkenal dengan susu Frisian Flag. Dulunya, Susu Kental Manis ini dibuat dengan nama Susu Bandera. 



Ada satu iklan Frisian Flag yang hingga kini masih saya ingat, nih dia...

A (anak laki-laki dengan aksen Sunda) "Ini teh susu buat saya?"

B (anak perempuan dengan aksen Jawa medok) "Bu, bu, susu kok dibilang teh?"


Hebat ya, sampai sekarang, iklan Frisian Flag itu masih terbayang aja!

Oya, ada satu lagu jingle mereka yang hingga kini tetep heiits..


Aku suka susunya, hingga tetes terakhir.

Aku suka cokelatnya, hingga tetes terakhir.

Susu Bendera cokelat nikmat hingga tetes terakhir.

Susu Bendera Cokelat, nikmat! Hingga tetes terakhiiiir...

Susu Saya Susu Bendera!

Coba, tunjuk tangan yang ga tau atau ga pernah dengar lirik jingle iklan Frisian Flag ini!


SEKILAS SEJARAH SUSU FRISIAN FLAG




PT Frisian Flag ada di Indonesia sejak tahun 1922.  Hingga detik ini, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah perusahaan susu nomor satu di Indonesia. Aneka  produk susu mereka dikenal sebagai Susu Bendera atau  yang sekarang dikenal dengan merek Frisian Flag.

Tak terasa, Frisian Flag sudah selama hampir 95 tahun di Indonesia menjadi bagian dari keluarga di Indonesia, menjaga komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensi tertinggi melalui produk-produk kaya gizi.

Sebagai bagian dari Friesland Campina, koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda, FFI juga mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang terkandung dalam susu.


KENAPA SIH, SUSU FRISIAN FLAG DISUKAI?

Buat saya yang sekarang udah jadi seorang ibu, selain kandungan gizi yang lengkap terkandung di dalamnya, kemudahan dalam penyajian Frisian Flag Kental Manis adalah salah satu alasan Frisian Flag Susu Kental Manis disukai oleh keluarga Indonesia, baik sebagai minuman susu hangat ataupun dingin.

Anak-anak saya suka sekali dengan rasanya yang lezat, sehingga saya  jadi mudah menyajikannya. Ngomongin tentang kebutuhan gizi keluarga karena mengandung gizi makro (Karbohidrat, Protein, dan Lemak) dan mikro (9 Vitamin dan 5 Mineral) yang dianjurkan diminum 2 gelas setiap harinya.

Takaran saji yang tepat sesuai anjuran adalah satu kaleng Frisian Flag Kental Manis dapat dibuat menjadi 9 gelas minuman susu lezat yang bergizi. Yummy!

 Teknologi produksi susu yang terdepan di kedua pabrik Frisian Flag Kental Manis di Indonesia, yakni di Ciracas dan Pasar Rebo Jakarta Timur, menghadirkan Susu Kental Manis dan produk susu Friesche Vlag,  yang dipromosikan dan dijual dengan nama "soesoe tjap bendera".

Upaya strategis tersebut terbukti ampuh dan Susu Kental Manis pun mulai dikenal dan dicari konsumen di seluruh penjuru negeri. Identitas dan nama tersebut, hingga kini telah menjadi sebuah ikon.


KUNJUNGAN KE FRISIAN FLAG FACTORY




Kunjungan ke Pabrik Frisian Flag Indonesia bersama Komunitas Emak-emak Blogger (KEB) beberapa waktu lalu, memuaskan rasa ingin tahu saya untuk melihat bagaimana proses pengolahan susu kental manis, susu UHT yang sudah berdiri sejak tahun 1977.

 Di pabrik Frisian Flag Indonesia Ciracas ini diproduksi susu kental manis, susu cair dan UHT. Berbeda dengan pabrik yang di Pasar Rebo ya.

Sampai di pabrik Ciracas, saya dan rombongan Emak Blogger diberi kartu tanda pengenal untuk berkeliling pabrik Frisian Flag Ciracas. Mengikuti berbagai acara seru sebelum melakukan kunjungan ke pabrik dengan bincang-bincang yang dipandu oleh MC kocak pake banget mbak Tyas, bersama Pak Dony Wibisono selaku Public Affair, Pak Aryo selaku Corporate R&D yang sudah bekerja di Frisian Flag Indonesia selama 24 tahun and still continue, serta mbak Ayu Ratri Khairina Ahza sebagai Sr. Brand Manager dari Belanda.Setelah mendapat banyak pengetahuan, kami bersiap untuk meloakukan kunjungan.

Sebelum memasuki plant Ciracas kami berganti pakaian, menggunakan pakaian khusus seperti astronot ala ala. Tujuannya adalah untuk menjaga hygienis dan kebersihan area plant. Bajunya adalah sejenis baju putih laboratorium, harnet atau penutup kepala, masker, ear plug, sepatu boots. Semua tidak diperbolehkan membawa tas, handphone dan harus melepas semua aksesoris yang dikenakan. Semua untuk menjaga area produksi agar selalu steril. Kan ngeri juga kalo tiba-tiba area penting kejatuhan cincin, jam tangan atau lainnya. Itulah sebabnya dilakukan pengawasan yang ketat oleh petugas.



Pabriknya bersih banget. Aroma susu memenuhi seisi ruangan. Mesin-mesin canggih berisi kaleng-kaleng, berbaris rapi mengikuti jalur-jalur pengisian susu. Sayangnya ga boleh bawa kamera. Jadi saya ga bisa kasih liat gimana suasananya. Ada keasyikan tersendiri menyaksikan kaleng-kaleng susu bergerak mengikuti alur mesin. Saat ada yang ga memenuhi syarat, kaleng susu akan dipisahkan secara otomatis ke tempat yang sudah di sediakan. Kemudian kaleng-kaleng berisi susu itu akan ditempelkan merek dan melalui proses terakhir yaitu masuk kardus dan menuju tempat pengepakan untuk disalurkan ke tempat pengiriman.

Proses produksi nan canggih di pabrik susu Ciracas ini memproduksi Susu Frisian Flag Kental Manis Gold, Susu Frisian Flag Kental Manis Putih dan Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat dan setiap harinya pabrik ini menghasilkan sebanyak 300 ton susu siap edar. Whohooo.. banyak banget yaa :)

Pabrik susu Frisian Flag Indonesia tentunya sudah memiliki standar kualitas produk yang sesuai dengan standar Internasional ISO 9001 untuk quality management, DHSAS 9001 untuk Health and safety, ISO 22000 untuk food system, ISO 140001 untuk environment dan pastinya sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Frisian Flag pun sampai kini masih terus berinovasi untuk memberikan kemasan terbaik untuk konsumen. Mulai dari bukaan kaleng yang inovatif sampai bentuk pouch dengan tutup praktis, kemudian kini hadir dengan kemasan value pack family. Pouch dalam ukuran yang lebih besar.

RAGAM CARA MENIKMATI SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG

Ketika saya kecil dulu, susu saya nikmati dengan cara sederhana seperti menuangkannya di atas roti.  Simpel tapi bikin saya ketagihan. Bahagianya kini, susu kental manis bisa diolah menjadi berbagai olahan kreatif. Rasanya yang lezat sangat cocok untuk diolah bersama minuman atau makanan seperti kue dan cake.

Ketika kunjungan kemaren, saya pun jadi tau bahan apa saja yang bisa ditambahkan untuk membuat minuman yang lezat.

Yang pertama adalah :

1. Frisian Gold Chocorock. 

Bahan-bahannya :  Frisian Flag Kental Manis Gold, air putih 100ml. Beberapa batang Chocorock dan es batu secukupnya.
Cara Membuatnya :
Campurkan semua bahan ke dalam blender, haluskan dan sajikan ke dalam gelas. Beri hiasan topping whipped Cream  dan tuangkan susu frisian flag kental manis cokelat dan kacang cincang. 



2. Frisian Flag ChillHood Crumbs

Bahan-bahannya adalah : 3 keping biskuit marie, frisian flag kental manis putih sebanyak 50cc, air putih 100ml dan es batu secukupnya.

Cara membuatnya :
Campurkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan. Sajikan di dalam gelas. Beri hiasan topping sesuai selera.




Sebenarnya masih banyak lagi sajian yang bisa kita ciptakan dari susu kental manis frisian flag. Rasanya yang lezat, bikin minuman atau makanan jadi endeuus sampe tetes atau suapan terakhir. Sejarah panjang perjalanan Frisian Flag dalam mewujudkan susu bergizi  Indonesia menjadikan Frisian Flag memiliki tempat tersendiri di hati kita. Saya dan juga anda..

Frisian Flag.. teruslah menjadi teman bagi keluarga Indonesia ya :)







3 comments:

  1. Ikalnnya itu emang beneran hitz dan kreatif :) Aku aja suka haha

    ReplyDelete
  2. Ini susu yang saya sejak kecil dulu sangat akrab dengan nada "Susu Saya Susu Bendera".

    ReplyDelete
  3. ini susu dari jaman dulu ya tetep eksis

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)