25 October 2016

Pesona Jogja Homestay, Indahnya Kebersamaan (Part : 2)

Minggu pagi, 16 Oktober, saya dan teman-teman berkumpul di teras lantai atas di depan kamar saya. Pagi itu ada kelas Yoga. Hm, emang bener ya, semua tempat di Pesona Jogja Homestay bisa berubah fungsi sesuai kebutuhan. Ruangannya serbaguna banget.



Sebenarnya pengen sih ikutan Yoga, cuma saya dan Dwina punya rencana lain. Kami berdua penasaran dengan sawah yang ada di belakang Pesona Jogja Homestay. Setelah sempat foto-foto aktivitas Yoga, saya dan Dwina jalan kaki menyusuri jalan menuju sawah. Nggak pake lama, pemandangan sawah yang hijau terpampang nyata di depan mata. Wah, buat yang bawa anak, main ke sawah bisa jadi pengalaman yang berkesan nih. Mereka bisa melihat bagaimana bentuk wujud tanaman padi.


Nah, di foto keliatankan, tembok itu bagian belakang Pesona Jogja Homestay.

Sarapan Dulu Yuuk..


Kembali ke homestay, ternyata kelas Yoga sudah selesai. Sarapan sudah tersedia di depan Rumah Prambanan. Ada nasi pecel,


Aneka kue basah yang menggoda 


dan kursi-kursi yang disusun di halaman. Yes, pagi itu kami sarapan di ruang terbuka. Santai sambil ngobrol dan makan sampai kenyang. 


Ikutan Doodle Class 


Pukul 10 pagi, wajah-wajah antusias memenuhi Rumah Prambanan tempat Doodle Class berlangsung. Ini merupakan rangkaian acara terakhir dari Gathering. 


Doodle Class berjalan dengan hangat dan akrab, 'Bu guru' Tanti Amelia menularkan ilmu menggambarnya. Seperti biasa, coretan-coretan yang katanya biasa itu, menjelma menjadi sesuatu yang cantik menawan. 


Itu kan baru coret-coret doang ya. Nah, jadinya tuh kayak gini..


*hahahaa, sakit hati banget liatnya cyiin!;D

Hari itu semua peserta dikasih tugas untuk menggambar semaunya di media yang udah disediakan. Yang cowok dapat t-shirt, yang cewek boleh pilih pencil case atau tote bag. ((Ehem, dua media ini saya yang bantu jahit.. *uhuk-uhuuk*benerinjilbab* ;D ))

Ini contoh yang sudah dibuat mbak Tanti

cakep banget ya..

Hm, ternyata ya, kadang kita terlalu sering menjudge diri sendiri bahwa kita nggak mampu melakukan sesuatu yang jarang atau nggak pernah kita lakukan. Dari awal banyak aja yang merasa nggak bisa menggambar. Setelah dicoba, ternyata hasilnya mengejutkan. Gambarnya bagus-bagus.

Semuanya jadi heboh sendiri, tukeran warna spidol, gantian pake cat acrylic dan ada juga yang minta media lagi, karena mau nambah gambar. Hahaha.. nah lo,  jadi ketagihan, kan?  

Nggak terasa hari beranjak siang. Doodle'an sudah jadi semua. Foto-foto dengan hasil karya sendiri pun sudah. Rasanya masih betah aja kumpul rame-rame, ngobrol dan ketawa bareng.

Tapi nggak mungkin lah ya, karena kami sudah sampai di penghujung acara. Meski dengan berat hati, pertemuan harus diakhiri dengan perpisahan. Kami harus kembali ke tempat tinggal masing-masing.

Setelah makan, kami foto bersama di depan Homestay. Tempat yang menjadi saksi bahwa dunia maya bisa memberikan teman-teman baru yang menyenangkan.



Terima kasih ya Pesona Jogja Homestay. kebersamaan ini akan selalu saya kenang..












Pesona Jogja Homestay, Indahnya Kebersamaan (Part : 1)

Sebulan yang lalu, saya sempat baper karena nggak jadi ikut acara jalan-jalan ke Jogja karena suatu hal. Padahal, perjalanannya sendiri sudah direncanakan sejak lama. Rasanya  bete dan bete banget. Tapi kemudian, saya berusaha ikhlas dan menerima dengan lapang dada sambil berharap semoga suatu saat nanti saya dapat kesempatan untuk jalan-jalan ke Jogja.

Ajaibnya, nggak sampai sebulan berselang, kesempatan itu datang menghampiri. Asli deh, saya nggak nyangka doa saya dikabulkan dengan cepat. Dengan hati gembira ajakan dari mbak Tanti Amelia saya jawab dalam hitungan detik. Tanpa ragu!
"Yes, saya mau.. " sambil menahan rasa takjub. Begitulah ya, kalau sudah waktunya, tanpa rencana, sesuatu bisa aja terjadi.  Allah memang luar biasa.. :)

Jumat 14 Oktober, saya sampai di bandara lebih awal dari teman-teman lain. Simpel aja sih,  karena pernah punya pengalaman ketinggalan pesawat, saya jadi parno takut ketinggalan lagi. Eh, nggak taunya pesawat delay selama 3,5 jam. Lumayan lama. Untungnya karena bersama teman-teman, menunggu jadi nggak terlalu membosankan.

             


Sampai di Jogja


Menjelang sore, akhirnya pesawat mendarat di Bandara Adi Sucipto. Seneng banget karena ini adalah kedua kalinya saya menginjakkan kaki ke Jogja. Kali pertama dulu saya masih unyu-unyu. Kebayangkan itu terjadi beberapa tahun yang lalu? hahaha.. sembunyiin KTP ;D

Kami dijemput oleh mbak Widhi yang ramah, dari  Pesona Jogja Homestay tempat kami akan menginap selama di Jogja. Tujuan pertama ketika sampai di Jogja adalah --> MAKAN. Hahaha.. nggak jauh-jauh dari makan ya! Mbak Widhi membawa kami ke sebuah warung makan mie ayam yang katanya lagi hits di Jogja. Mie Ayam bu Tumini.  Emang rame banget sih, kami harus menunggu sebentar untuk mendapatkan kursi. Dan ternyata, mie ayam bu Tumini memang beda dengan mie ayam yang pernah saya coba.


Kuahnya kental dan potongan ayamnya lebih besar.  Pas dicoba, ada sensasi rasa yang khas. Rasanya memang agak manis. Tapi nggak masalah sih, dengan tambahan beberapa  sendok sambal cabai saya bisa mendapatkan rasa yang sesuai di lidah. Kelar makan kami keluar. Pengunjung masih terus berdatangan. Sesaat kemudian saya melihat seorang karyawan memasang papan pengumuman tanda bahwa dagangan mereka habis. Ckckck... saluut. Padahal itu belum jam 5 sore.


Dari mie ayam Bu Tumini kami langsung menuju Pesona Jogja Homestay.  Rasanya udah nggak sabar pengen ngelurusin badan.

Pesona Jogja Homestay




Pesona Jogja Homestay (PJ's) adalah sebuah hunian dengan 6 unit rumah dua lantai, dengan pilihan 3 dan 4 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas modern. Letaknya ada di tengah perkampungan berbaur dengan rumah-rumah penduduk. Tepatnya di area Celeban/ Kusuma Negara yang terkenal dengan kerajinan Batik Jumputan. Nggak jauh juga dari Universitas Terkemuka dan dekat dengan kawasan terkenal Jalan Malioboro, Keraton, Taman Sari, Bandara Internasional Adi Sucipto, Stasiun Kereta Api dan Candi Prambanan.


Pesona Jogja Homestay menyewakan unitnya sesuai dengan permintaan konsumen. Mau sewa satu rumah bisa, mau sewa kamar untuk waktu yang lama juga bisa. Dengar cerita dari Mbak Widhi, ada mahasiswa Australia yang menyewa salah satu kamar di sana lho.. Saya yakin dia tertarik karena suasana homestay yang nyaman.

Saya dan teman-teman kebagian menginap di rumah yang diberi nama Borobudur. Semua rumah diberi nama tempat-tempat wisata, ada Prambanan, Kaliurang, dan lain-lain. Suasananya seperti layaknya rumah pribadi. Hangat dan homey banget.

Rumah Borobudur terdiri dari  ruang tamu, ruang makan dan dapur lengkap dengan dispenser dan peralatan makan.



Di lantai bawah ada satu kamar yang luas dengan kamar mandi di dalam.  Nah, di kamar ini bisa pakai extra bed kalau ingin tidur lebih dari dua orang.


Di bagian atas ada satu kamar mandi dan tiga kamar dengan ukuran yang lebih kecil. Lengkap dengan TV dan AC.


Kamarnya nyaman banget. Sentuhan kain bermotif batik di tempat tidur dan lukisan besar di dinding memberi kesan tradisional tapi kece. Ada lemari pakaian dan meja serbaguna juga. Duh, saya nggak sabar pengen segera leyeh-leyeh. Tapi malam ini kami punya janji untuk jalan-jalan menikmati malam di Jogja.

Ngopi Cantik di Sellie Coffee




Setelah istirahat dan mandi, berbekal petunjuk dari "tante WAZE" kami meluncur ke tempat ngopi-ngopi cantik. Saya sendiri sih sebenarnya nggak terlalu suka kopi. Saya cuma suka menikmati suasananya.

Nah, ternyata, kami dibuat bingung saat menentukan pilihan. Banyak sekali tempat yang menarik. Namun akhirnya kami memilih Sellie Coffee. Penasaran dengan tempatnya yang sempat dipakai untuk syuting film AADC. Dan emang nggak salah sih, menunya juga enak-enak. Kami memesan cemilan singkong goreng dan jamur crispy. Teman-teman nyobain kopi khas Sellie Coffee dan saya memesan Avocado .. duh saya lupa namanya. Tapi itu enak bangeeet!



Nggak lama setelah kami duduk, ada rombongan Pepi dan kru Net TV yang mau syuting acara Oke Food. Hm, oke fix, Sellie Coffee memang tempat yang Oke banget.

Puas menyantap sajian, kami bergegas menuju Pesona Jogja Homestay. Nggak sabar untuk istirahat dan tidur dengan nyenyak.

Cooking Class Yang Seru


Bangun dengan badan segar karena tidur nyenyak semalaman, bikin saya semangat untuk beraktivitas. Setelah sempat jalan-jalan ke Malioboro sebentar, saya langsung balik lagi ke Pesona Jogja Homestay untuk bertemu dengan teman-teman blogger yang ikutan acara Cooking Class.

Ada dua masakan yang didemokan hari itu. Brongkos daging sapi dan dessert berupa puding panas yang dibuat dari santan, telur, gula dan tape ketan hijau. Dua-duanya enaak.. :)



Cooking Class berakhir dengan foto-foto dan makan bersama. Kemudian dilanjut dengan istirahat untuk mengikuti acara Blogger Gathering malam harinya.

Pada tau nggak, kita-kita pada ngapain? Hm, saya, Atanasia Rian dan Anazkia, nonton Pungky bikin vlog di ruang tamu sambil ketawa cekikikan. Ngakak nggak ada habisnya. Hilang sudah semua rasa lelah. Pesona Jogja Homestay menyatukan kami dalam indahnya kebersamaan.

Blogger Gathering


Malam harinya saya dibuat kaget dengan halaman depan Homestay yang sudah berubah dalam sekejap. Kursi-kursi ditata sedemikian rupa lengkap dengan gerobak angkringan dengan berbagai macam jajanan dan nasi kucing, wedang ronde dan pojok kecil tempat alat musik gamelan. Sumpah, kece bangeet!



Saya yang emang suka wedang ronde merasa bahagia, bisa menikmati minuman unik itu sepuasnya. *Hahaha.. abis dua mangkok aja, kakak! ;D

Sambil menikmati jajanan angkringan di halaman, kami berkumpul saling bertukar cerita. Kebayangkan, teman yang selama ini hanya bertemu di dunia maya, kini ada di depan mata. Seru banget.

Dan nggak cuma happy-happy aja, semua dapat ilmu juga. Ada materi bagus dari Yunika yang sharing tentang Fenomena Blogger dan juga persembahan khusus oleh mbak Tanti Amelia yang berduet doodle dengan Carolina Ratri. Weiiz.. hasilnya kereen mbaknyaa! :D

foto : Carolina Ratri

Usai gathering, kami lanjut istirahat karena harus menyiapkan tenaga lagi untuk kegiatan esok harinya.

Yap, masih ada jadwal Yoga dan Doodle Class yang sudah menanti.





*bersambung.. :)






























20 October 2016

Ternyata Merawat DVD Player Itu Mudah





DVD player Murah pasti cepat rusak?
Ah, tentu saja tidak. Asalkan dirawat dengan baik, DVD player andalan kita tentu akan tahan lama. Banyak orang yang malas merawat DVD player hingga akhirnya DVD player tersebut rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Sebenarnya merawat DVD player itu nggak sulit kok. Kita hanya perlu meluangkan waktu dan sedikit teliti untuk menjaga kualitas DVD player kesayangan. Kalau penasaran dengan caranya, yuk simak dulu informasi berikut ini :

Jangan Menyimpan DVD Player di Tempat yang Terlalu Rapat

Tempat yang terlalu rapat seperti laci atau rak TV dapat membuat radiasi panas DVD player tidak bisa disalurkan dengan baik. Oleh sebab itu, sebaiknya ada jarak 5 hingga 10 cm pada tempat penyimpanan DVD player. Sehingga ada ruang yang cukup untuk sirkulasi udara di sekitar DVD player.

Usahakan untuk Tidak Menumpuk Apa Pun

Menumpuk barang di atas DVD player berisiko merusak DVD player tersebut. Karena komponen mesin DVD player tergolong rentan rusak. Jangan meletakkan benda apa pun di atas DVD player, tak terkecuali benda-benda yang bentuknya kecil dan bobotnya ringan.

Menyiapkan DVD Cleaner

Saat ingin membersihkan DVD player, sebaiknya kita menggunakan produk DVD cleaner khusus. Karena produk ini sudah diformulasikan khusus untuk menjaga kebersihan komponen DVD player. Kita pun tidak perlu khawatir lagi DVD player akan mudah rusak jika sudah menggunakan pembersih khusus. Tinggal membaca petunjuk pemakaiannya saja, maka membersihkan DVD player akan terasa semakin praktis.

Menjauhkan DVD Player dari Barang Elektronik Lain

Setiap barang elektronik memiliki gelombang elektromagnet yang dapat mempengaruhi barang elektronik lainnya. Agar DVD player tidak lekas rusak karena interaksi gelombang elektromagnet yang berlebihan, maka kita mesti meletakkan DVD player jauh dari barang elektronik lain seperti TV, kulkas, atau microwave.

Jika belum memiliki DVD player yang dibutuhkan, langsung saja mendapatkannya di MatahariMall Toko online yang dikelola Lippo Group ini punya koleksi DVD player yang lengkap dan berkualitas. Harga DVD player yang variatif membuat kita semakin leluasa memilih salah satu yang paling sesuai dengan budget kita.

Jika tidak punya uang tunai untuk membeli DVD player, kita tinggal memanfaatkan promo cicilan 0% yang sudah disiapkan oleh MatahariMall. Sangat hemat dan menyenangkan, ya.

18 October 2016

Kelezatan Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Keluarga Indonesia


Sejak kecil, hidup saya boleh dibilang dekat dengan susu. Saya masih ingat, jaman dulu (((..no caption, please!))) ibu sering membuatkan roti tawar dengan olesan susu kental manis. Nggak pake selai ya :)

Saya juga suka sekali alpukat yang dijuice dengan susu coklat, atau makan agar-agar (waktu itu belum ada nutrijell dan agar-agar rasa) yang disiram susu kental manis. Atau .. ini dia favorit saya : es sirop merah dengan campuran susu kental manis putih. Ketika agak gedean dikit, saya sempat tergila-gila dengan soda gembira. Nah, coba tebak, kira-kira apa ya, susu kental manis kegemaran saya? apa?

Yup! Susu kental manis cap Bendera, yang sekarang terkenal dengan susu Frisian Flag. Dulunya, Susu Kental Manis ini dibuat dengan nama Susu Bandera. 



Ada satu iklan Frisian Flag yang hingga kini masih saya ingat, nih dia...

A (anak laki-laki dengan aksen Sunda) "Ini teh susu buat saya?"

B (anak perempuan dengan aksen Jawa medok) "Bu, bu, susu kok dibilang teh?"


Hebat ya, sampai sekarang, iklan Frisian Flag itu masih terbayang aja!

Oya, ada satu lagu jingle mereka yang hingga kini tetep heiits..


Aku suka susunya, hingga tetes terakhir.

Aku suka cokelatnya, hingga tetes terakhir.

Susu Bendera cokelat nikmat hingga tetes terakhir.

Susu Bendera Cokelat, nikmat! Hingga tetes terakhiiiir...

Susu Saya Susu Bendera!

Coba, tunjuk tangan yang ga tau atau ga pernah dengar lirik jingle iklan Frisian Flag ini!


SEKILAS SEJARAH SUSU FRISIAN FLAG




PT Frisian Flag ada di Indonesia sejak tahun 1922.  Hingga detik ini, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah perusahaan susu nomor satu di Indonesia. Aneka  produk susu mereka dikenal sebagai Susu Bendera atau  yang sekarang dikenal dengan merek Frisian Flag.

Tak terasa, Frisian Flag sudah selama hampir 95 tahun di Indonesia menjadi bagian dari keluarga di Indonesia, menjaga komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensi tertinggi melalui produk-produk kaya gizi.

Sebagai bagian dari Friesland Campina, koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda, FFI juga mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang terkandung dalam susu.


KENAPA SIH, SUSU FRISIAN FLAG DISUKAI?

Buat saya yang sekarang udah jadi seorang ibu, selain kandungan gizi yang lengkap terkandung di dalamnya, kemudahan dalam penyajian Frisian Flag Kental Manis adalah salah satu alasan Frisian Flag Susu Kental Manis disukai oleh keluarga Indonesia, baik sebagai minuman susu hangat ataupun dingin.

Anak-anak saya suka sekali dengan rasanya yang lezat, sehingga saya  jadi mudah menyajikannya. Ngomongin tentang kebutuhan gizi keluarga karena mengandung gizi makro (Karbohidrat, Protein, dan Lemak) dan mikro (9 Vitamin dan 5 Mineral) yang dianjurkan diminum 2 gelas setiap harinya.

Takaran saji yang tepat sesuai anjuran adalah satu kaleng Frisian Flag Kental Manis dapat dibuat menjadi 9 gelas minuman susu lezat yang bergizi. Yummy!

 Teknologi produksi susu yang terdepan di kedua pabrik Frisian Flag Kental Manis di Indonesia, yakni di Ciracas dan Pasar Rebo Jakarta Timur, menghadirkan Susu Kental Manis dan produk susu Friesche Vlag,  yang dipromosikan dan dijual dengan nama "soesoe tjap bendera".

Upaya strategis tersebut terbukti ampuh dan Susu Kental Manis pun mulai dikenal dan dicari konsumen di seluruh penjuru negeri. Identitas dan nama tersebut, hingga kini telah menjadi sebuah ikon.


KUNJUNGAN KE FRISIAN FLAG FACTORY




Kunjungan ke Pabrik Frisian Flag Indonesia bersama Komunitas Emak-emak Blogger (KEB) beberapa waktu lalu, memuaskan rasa ingin tahu saya untuk melihat bagaimana proses pengolahan susu kental manis, susu UHT yang sudah berdiri sejak tahun 1977.

 Di pabrik Frisian Flag Indonesia Ciracas ini diproduksi susu kental manis, susu cair dan UHT. Berbeda dengan pabrik yang di Pasar Rebo ya.

Sampai di pabrik Ciracas, saya dan rombongan Emak Blogger diberi kartu tanda pengenal untuk berkeliling pabrik Frisian Flag Ciracas. Mengikuti berbagai acara seru sebelum melakukan kunjungan ke pabrik dengan bincang-bincang yang dipandu oleh MC kocak pake banget mbak Tyas, bersama Pak Dony Wibisono selaku Public Affair, Pak Aryo selaku Corporate R&D yang sudah bekerja di Frisian Flag Indonesia selama 24 tahun and still continue, serta mbak Ayu Ratri Khairina Ahza sebagai Sr. Brand Manager dari Belanda.Setelah mendapat banyak pengetahuan, kami bersiap untuk meloakukan kunjungan.

Sebelum memasuki plant Ciracas kami berganti pakaian, menggunakan pakaian khusus seperti astronot ala ala. Tujuannya adalah untuk menjaga hygienis dan kebersihan area plant. Bajunya adalah sejenis baju putih laboratorium, harnet atau penutup kepala, masker, ear plug, sepatu boots. Semua tidak diperbolehkan membawa tas, handphone dan harus melepas semua aksesoris yang dikenakan. Semua untuk menjaga area produksi agar selalu steril. Kan ngeri juga kalo tiba-tiba area penting kejatuhan cincin, jam tangan atau lainnya. Itulah sebabnya dilakukan pengawasan yang ketat oleh petugas.



Pabriknya bersih banget. Aroma susu memenuhi seisi ruangan. Mesin-mesin canggih berisi kaleng-kaleng, berbaris rapi mengikuti jalur-jalur pengisian susu. Sayangnya ga boleh bawa kamera. Jadi saya ga bisa kasih liat gimana suasananya. Ada keasyikan tersendiri menyaksikan kaleng-kaleng susu bergerak mengikuti alur mesin. Saat ada yang ga memenuhi syarat, kaleng susu akan dipisahkan secara otomatis ke tempat yang sudah di sediakan. Kemudian kaleng-kaleng berisi susu itu akan ditempelkan merek dan melalui proses terakhir yaitu masuk kardus dan menuju tempat pengepakan untuk disalurkan ke tempat pengiriman.

Proses produksi nan canggih di pabrik susu Ciracas ini memproduksi Susu Frisian Flag Kental Manis Gold, Susu Frisian Flag Kental Manis Putih dan Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat dan setiap harinya pabrik ini menghasilkan sebanyak 300 ton susu siap edar. Whohooo.. banyak banget yaa :)

Pabrik susu Frisian Flag Indonesia tentunya sudah memiliki standar kualitas produk yang sesuai dengan standar Internasional ISO 9001 untuk quality management, DHSAS 9001 untuk Health and safety, ISO 22000 untuk food system, ISO 140001 untuk environment dan pastinya sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Frisian Flag pun sampai kini masih terus berinovasi untuk memberikan kemasan terbaik untuk konsumen. Mulai dari bukaan kaleng yang inovatif sampai bentuk pouch dengan tutup praktis, kemudian kini hadir dengan kemasan value pack family. Pouch dalam ukuran yang lebih besar.

RAGAM CARA MENIKMATI SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG

Ketika saya kecil dulu, susu saya nikmati dengan cara sederhana seperti menuangkannya di atas roti.  Simpel tapi bikin saya ketagihan. Bahagianya kini, susu kental manis bisa diolah menjadi berbagai olahan kreatif. Rasanya yang lezat sangat cocok untuk diolah bersama minuman atau makanan seperti kue dan cake.

Ketika kunjungan kemaren, saya pun jadi tau bahan apa saja yang bisa ditambahkan untuk membuat minuman yang lezat.

Yang pertama adalah :

1. Frisian Gold Chocorock. 

Bahan-bahannya :  Frisian Flag Kental Manis Gold, air putih 100ml. Beberapa batang Chocorock dan es batu secukupnya.
Cara Membuatnya :
Campurkan semua bahan ke dalam blender, haluskan dan sajikan ke dalam gelas. Beri hiasan topping whipped Cream  dan tuangkan susu frisian flag kental manis cokelat dan kacang cincang. 



2. Frisian Flag ChillHood Crumbs

Bahan-bahannya adalah : 3 keping biskuit marie, frisian flag kental manis putih sebanyak 50cc, air putih 100ml dan es batu secukupnya.

Cara membuatnya :
Campurkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan. Sajikan di dalam gelas. Beri hiasan topping sesuai selera.




Sebenarnya masih banyak lagi sajian yang bisa kita ciptakan dari susu kental manis frisian flag. Rasanya yang lezat, bikin minuman atau makanan jadi endeuus sampe tetes atau suapan terakhir. Sejarah panjang perjalanan Frisian Flag dalam mewujudkan susu bergizi  Indonesia menjadikan Frisian Flag memiliki tempat tersendiri di hati kita. Saya dan juga anda..

Frisian Flag.. teruslah menjadi teman bagi keluarga Indonesia ya :)







10 October 2016

MENGENAL SEJARAH LEWAT DRAMA MUSIKAL KHATULISTIWA


71 tahun Indonesia merdeka dari belenggu penjajahan, tentulah menyimpan banyak sejarah. Bagaimana hebatnya perjuangan para pahlawan ketika merebut kemerdekaan, berjuang hingga titik darah penghabisan demi sebuah kemerdekaan. Demi anak cucu dari generasi ke generasi. Demi kemerdekaan yang mereka persembahkan bagi nusa dan bangsa tercinta Indonesia.

Pernahkah kita merasa khawatir tentang cerita sejarah yang mungkin saja perlahan-lahan hilang dalam ingatan, atau tenggelam dalam riuhnya perkembangan jaman? Semua mungkin terjadi bila cerita tentang sejarah tak mampu disajikan dengan cara yang menarik. Padahal, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa  pahlawannya. Sebuah kutipan dari Bung Karno yang pastinya sudah nggak asing lagi bagi kita.

Bertempat di LaModa Cafe, Plaza Indonesia, 4 oktober 2016, saya dan teman-teman Blogger menghadiri press conference Drama Musikal Khatulistiwa yang dipersembahkan oleh CIMB Niaga. Drama Musikal Khatulistiwa - Jejak Langkah Negeriku adalah buah karya JOSODIRDJO FOUNDATION dan ZIGZAG INDONESIA.



Drama Musikal Khatulistiwa yang baru bisa diwujudkan 9 tahun kemudian oleh ibu Tiara Josodirdjo, dengan dukungan oleh CIMB Niaga, mengajak penonton untuk mengenal kekayaan seni dan budaya Indonesia lewat cerita kepahlawanan yang dituturkan seorang ayah kepada anak-anaknya. Nggak tanggung-tanggung, selain pemerannya yang oke, kayak Rio Dewanto, Epy Kusnandar, Sita Nursanti dan Kelly Tandiono, Drama Musikal Khatulistiwa melibatkan talenta-talenta luar biasa yang sudah melalui proses audisi dengan panelis dari tim produksi dan beberapa tokoh seni suara Indonesia seperti Agus Wisman dan Rita Effendi. Ada 100 talenta muda yang ikut terlibat dan akan memberikan pertunjukan terbaik.



Drama Musikal Khatulistiwa juga menggunakan dialog bahasa daerah dan bahasa asing seperti Belanda, Jepang, Portugis dan Inggris. Menonton pertunjukan dengan aktor yang menggunakan bahasa daerah tentunya menjadi suatu persembahan yang menarik. Membuat kita bangga karena terlahir dalam berbagai suku yang berbeda tapi tetap satu.  

Lewat persembahan Drama Musikal Khatulistiwa yang akan hadir di Teater Jakarta dan Taman Ismail Marzuki tanggal 18,19, 20 November nanti, diharapkan akan menanamkan kecintaan anak-anak muda pada sejarah. Dengan melihat kisah hebat perjuangan para pahlawan mengusir penjajah, yakin deh jadi pada tertarik untuk mempelajari sejarah. Jangan lupa catat tanggal pementasannya ya. Dijamin, drama ini bakal kereen banget!



Selain hadir di Teater Jakarta dan Taman Ismail Marzuki, nantinya Drama Musikal Khatulistiwa juga akan dibuat dalam bentuk DVD. Dana pembuatannya diambil dari hasil penjualan tiket ketika pementasan. Nah, nantinya DVD ini akan diberikan secara gratis ke sekolah-sekolah. Sungguh sebuah rencana yang mulia. Yuk, kita dukung bersama..


Mencintai sejarah dan memaknainya dalam bentuk menjaga kemerdekaan semestinya menjadi sebuah tanggung jawab kita sebagai warga negara. Dan sebagai orang tua, tanggung jawab kita juga untuk dapat menanamkannya dalam hati anak-anak. Baik itu generasi saat ini, nanti dan selamanya, sejarah perjuangan bangsa ini harus tetap ada di hati.. 

Sensasi Kesegaran Liburan dari Vitalis Exotic Body Scent

Sepulang dari liburan seru, seringkali kita merasa nggak bisa move on dari suasana yang dinikmati saat liburan. Entah itu saat kulineran, keramahan penduduk atau keindahan alamnya. Bahkan yang kadang masih lekat diingatan adalah soal aroma wewangian yang muncul dari beberapa tempat yang menimbulkan rasa rindu.

Misalnya seperti ini. Teman-teman nggak sengaja mencium aroma tertentu dan tiba-tiba langsung teringat akan sebuah memori, entah itu tentang seseorang atau tentang sebuah tempat dan peristiwa. Koneksi ini bisa terjadi karena memang indera penciuman serta emosi berakar di jaringan yang sama pada struktur otak kita, yaitu sistem limbik. Pusat indera penciuman juga berinteraksi langsung dengan hippocampus yang merupakan area di otak kita yang berfungsi dalam  hal pembentukan memori baru.

Aroma tertentu memang dapat membangkitkan emosi yang positif. Menimbulkan semangat dan keceriaan. Untuk mendapatkan itu semua, ada kabar baiknya lho. Nggak mesti nunggu liburan dulu untuk bisa merasakan kembali memori yang indah saat liburan.  

Vitalis Exotic Body Scent kini hadir dalam tiga pilihan aroma berbeda yang terinspirasi dari sensasi kesegaran liburan di destinasi eksotik. Ada Vitalis Honolulu Escape, Vitalis Caribbean Getaway, dan Vitalis Switzerland Suprise.     


Vitalis Exotic Body Scent Honolulu Escape, terinspirasi dari kota eksotik Honolulu ini hadir dalam warna biru transparan. Paduan aroma raspberry, peony, musky menimbulkan rasa ceria dan semangat dalam menjalani aktifitas dan meraih mimpi.

Sedangkan Vitalis Exotic Body Scent Caribbean Getaway berwarna kuning transparan. Aroma lily of valley, vanila, sandalwood akan membangkitkan rasa gembira dan antusias serta semangat baru.
Paduan wewangian dalam Caribbean Getaway seolah menggambarkan suasana pulau dan karang laut Karibia yang eksotik.

Bagi yang suka akan suasana yang rileks, Vitalis Exotic Body Scent Switzerland Suprise adalah pilihan yang tepat. Berwarna putih transparan dengan kombinasi aroma orange, amber dan cedarwood yang akan memancarkan perasaan rileks dan bahagia dalam menghidupkan mimpi-mimpi. Hidup di alam tropis, masyarakat Indonesia akan mendapatkan suprise yang menyenangkan dari Switzerland yang tak hanya tentang gunung dan salju. Swiss menyimpan banyak keeksotikan lainnya.


Ketiga varian Vitalis Exotic Body Scent ini tersedia dalam kemasan plastik 100ml dengan disain khas yang bernuansa destinasi liburan eksotik. Tidak meninggalkan noda pada pakaian sehingga cocok untuk perempuan muda Indonesia yang aktif, ceria dan hangat. Tinggal disesuaikan aja dengan mood mau pakai yang mana.





09 October 2016

Cara Memilih Buku Yang Baik, Berkualitas dan Bermanfaat

Nggak semua orang bisa pergi kemanapun yang diinginkan karena beberapa faktor. Entah itu karena lokasi yang memang tak terjangkau, atau keadaan yang memang tidak memungkinkan. Tapi bukan berarti kita tidak bisa bersenang-senang. Banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya membaca buku. Lewat buku, kita bisa mendapatkan informasi sekaligus hiburan yang murah meriah. Nggak perlu keluar rumah, tapi bisa menghabiskan waktu membaca buku kesukaan.


Memilih buku untuk dibaca dan dikoleksi tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apalagi memilih buku bacaan untuk anak, tentunya harus dipilih yang sesuai dengan usia. Gambar-gambar dan isi cerita harus mudah dimengerti.

Selain itu, yang paling penting adalah cover dan sinopsisnya. Buku dengan cover atau sampul yang baik dan menarik tentunya akan lebih awet untuk dibaca dan dikoleksi. Anak juga makin meningkat minat bacanya.

Nah, dalam memilih buku untuk anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

- Pilih buku dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.
- Pilih buku dengan gambar yang pantas. Misalnya tidak mengandung unsur SARA, pornografi ataupun kekerasan.
- Berikan sesuai dengan minat anak. Buku-buku  berisi gambar yang bisa diwarnai, seru juga lho. Anak bisa sekaligus latihan mewarnai.

Untuk memilih buku yang tepat, penting juga untuk mencari rekomendasi dan saran dari orang-orang yang sudah membacanya. Dari rekomendasi tersebut kita dapat memperkirakan apakah buku yang akan kita beli bagus atau tidak. Soalnya, kadang ada buku yang disampul rapat dan nggak boleh dibuka. Dengan rekomendasi, minimal kita tau informasi apa yang ada di dalam buku tersebut.

Terakhir yang perlu dipertimbangkan tentunya siapa penulis buku dan status dari buku tersebut. kalau bukunya termasuk dalam buku best seller, lebih mudah bagi kita untuk membelinya. karena buku itu adalah buku berkualitas yang diminati banyak orang.

Dengan mengetahui bagaimana memilih buku yang baik, berkualitas dan bermanfaat sudah pasti  membuat kita dapat memaksimalkan waktu yang kita miliki pada saat membacanya. Membaca jadi lebih asik dan menyenangkan.

IMPIAN TRAVELLING HEMAT KE MAKASSAR


Sebenarnya saya senang traveling. Sayangnya sekarang sudah nggak bisa sering-sering. Apalagi semenjak saya harus ikut turun ke lapangan membantu pekerjaan suami sebagai kontraktor. Dan kadang, pekerjaan sebagai kontraktor nggak mengenal libur weekend. Walhasil saya jadi golongan orang yang selalu merasa butuh piknik. Hehe. Walau begitu, saya masih menyempatkan diri untuk jalan-jalan liburan supaya nggak stress. 

Sebagai perempuan yang sudah berkeluarga, saya nggak selalu traveling bareng keluarga. Kadang saya pergi jalan-jalan sendiri, tetapi tidak benar-benar sendirian, alias bareng teman-teman. Terakhir perjalanan bersama teman yang saya rencanakan adalah ke Jogja. Sayang rencana tinggal rencana. Saya gagal ke Jogja karena ada hal yang lebih penting untuk dikerjakan. Dan saya hanya bisa menatap iri foto-foto kebersamaan teman-teman yang diupload di sosmed. Huhuhu..  *lap aer mata ;D

Yah, mau bagaimana lagi. Saya hanya manusia yang cuma bisa berencana. Tetap ada kekuatan paling Maha yang menentukan segalanya.

Namun kalau saya boleh memimpikan sesuatu tentang traveling, saya ingin ke Makassar. Biarlah Jogja tinggal kenangan. Lagi pula saya sudah pernah ke sana. *menghibur diri..huahahaha

Makassar menjadi destinasi impian saya sejak saya memiliki buku Backpacking Makassar & Sekitarnya. Buku terbitan Elexmedia Komputindo itu ditulis oleh Nurul Noe, sahabat saya yang juga seorang blogger.


Dalam bukunya, dia menuliskan banyak destinasi yang pernah dikunjunginya. Dilengkapi informasi biaya tiket masuk, transportasi untuk menuju ke setiap obyek wisata, sampai contoh intinerary dan perkiraan budget.

Saya kagum pada bagaimana caranya melakukan perjalanan a la backpacker. Dengan perhitungan yang detil, saya merasa bahwa saya juga pasti bisa melakulan perjalanan traveling hemat ke Makassar.

Destinasi yang paling ingin saya kunjungi si Makassar adalah Pulau Samalona. Saya ingin sesekali merasakan menyepi di sebuah pulau kecil yang sunyi. Dengan pantai-pantainya yang berpasir putih. Angin semilir. Pohon-pohon yang rimbun dan meneduhkan saat terik. Juga semilir angin tanpa polusi. Atau punya kesempatan lihat sunset sekalian. Duh, itu pasti indah bangeet!



Kalau baca di bukunya sih, ada penginapan di Pulau Samalona. Tapi entah mengapa saya lebih ingin menginap di tengah kota saja. Soalnya saya pasti ngga akan bisa liburan dalam waktu yang lama. Kalau menginap di Pulau, nggak bisa sekalian jalan-jalan malam dan kulineran di kota Makassar dong nantinya.

Padahal, kuliner Makassar kan terkenal enak-enak. Yang coto lah, palubasa, nasi kuning riburane, sop konro, konro bakar, mi titi, es palubutung, es pisang ijo, atau pisang epe. Banyak aja itu.

Makanya, untuk bisa mencicipi paling tidak beberapa kulinet tersebut, saya ingin menginap di hotel budget di tengah kota. Di dalam buku Backpacking Makassar & Sekitarnya itu, ada sih rekomendasi akomodasi mulai dari jenis hostel, guest house, sampai hotel budget dan yang bintang 5 juga. Tapi entah apakah harganya masih sama dengan sekarang. Mengingat buku itu diterbitkan tahun 2014 lalu. Jadi sepertinya saya akan memilih booking hotel online saja.

Untungnya sekarang sudah ada Zen Rooms di Makassar. Jadi lebih enak lagi deh. Nggak usah repot searching di website booking hotel lainnya yang masih harus sort berdasar bintang dan harga. Soalnya, kalau di zenrooms.com itu sudah dijamin bahwa kamar-kamar yang ditawarkan adalah kamar hotel budget. Yaitu kamar-kamar hotel setara bintang tiga yang nyaman, bersih, private bathroom, termasuk sarapan, dan yang jelas harganya terjangkau.

Dengan memilih booking hotel lewat Zen Rooms, saya juga nggak perlu khawatir soal kualitas. Ada kan hotel yang promosinya di web mah keliatan oke dari foto-fotonya. Tapi kenyataan di lokasi beda.

Kalau Zen Rooms terjamin lah. Soalnya, sebagai Virtual Hotel Operator, Zen Rooms menerapkan standar yang ketat dan kamar-kamar hotelnya diaudit secara khusus. Jadi nggak perlu ada kekhawatiran seperti yang saya sebut di atas.

Duh, saya makin nggak sabaran pengen travelling ke Makassar. Doakan saya ya teman-teman.. :)

08 October 2016

BELAJAR LETTERING DAN DOODLE




Saya suka sekali dengan dunia hand lettering dan doodle. Seperti yang ditekuni oleh dua teman blogger, Emak Gaoel Winda Krisnadefa dan Mbak Tanti Amelia. Dari hari ke hari, mereka selalu saja membuat saya terkagum-kagum. Mata jadi segar kalau hasil karya mereka lewat di timeline facebook saya. Pokoknya saya jadi fans berat mereka.

Itulah sebabnya, ketika mereka mengisi acara di Smesco beberapa waktu lalu, saya ngebet banget pengen ikutan. Pengen tau, ilmu apa sih yang bikin tulisan mak Gaoel itu kece banget. Kayaknya apa yang doi bikin tuh, selalu perfect. Begitu juga dengan doodlenya mbak Tanti Amelia, ya semua pada tau lah ya.. tjakeep! Makanya saya pengen banget bisa gambar seperti dia.

BELAJAR HAND LETTERING DENGAN WINDA KRISNADEFA





Menulis lettering seperti yang dibuat oleh Emak Gaoel, sekilas memang terlihat mudah. Tapi, coba deh. Ketika tangan mulai pegang kuas dan mulai menulis di atas kertas, baru terasa banget susahnya. Mungkin karena biasa pegang ulekan ya.. ;D

Tulisan kok jadi terlihat kaku dan nggak ada seninya sama sekali. Datar nggak ada 'rasa'. Padahal kalau saya lihat ya, tulisan-tulisan hasil karya emak gaoel, selalu memunculkan rasa. Hm, mungkin karena si emak, menulis dengan cinta. Sedang saya, menulis dengan galau..hahaha. *apalaah^^

Tapi beneran lho.. saya nggak bohong. Menulis huruf sesuai dengan instruksi gerak yang diajarkan itu nggak mudah. Perlu latihan dan latihan. Setidaknya sampai jari-jemari lemas. Saya sendiri masih kesulitan menulis huruf b, g, j, p, q, w dan z. Sedangkan huruf-huruf favorit saya adalah r dan i. Enak banget nulisnya.

Tantangan menulis dengan kuas atau brush itu adalah saat kita memainkan ujung kuas untuk membentuk garis sambungan. Soalnya goresannya harus tipis. Sesuai prinsip lettering, saat kuas turun, tulisan tebal, saat kuas naik, tulisan harus tipis, 

Ya, belajar kayak gini memang nggak bisa buru-buru. Apalagi kalau pengennya langsung cepet bisa. Nggak bakalan deh. Soalnya dalam masa latihan yang terus menerus itulah nanti, kita akan menemukan sendiri gaya tulisan yang memang kita banget.

Saya sudah menghabiskan dua buku kotak untuk belajar nulis huruf dan berlembar-lembar kertas. Hasilnya? tetap aja belum bisa dibilang bagus. Sambungan hurufnya masih kaku dan ragu-ragu.

Tapi saya nggak  berhenti begitu aja Setelah belajar dengan susah payah dan hasilnya mengecewakan, akhirnya saya bisa juga menghasilkan karya yang bisa saya sebut lumayan meski tulisannya masih..uhuk-uhuk. Dan di balik karya yang tersimpan di frame ini, ada kisah di mana saya panik, ketika kuas dengan tinta hitam nggak sengaja kegores. Hadeeh, gara-gara tinta setitik rusak deh semuanya. 



Jadi, cerita sebenarnya begini. Tadinya tulisan itu dibuat di kertas berbeda. Seperti yang saya ceritakan di atas tadi, nggak sengaja kuasnya menggores. Perasaan saya coretannya itu ganggu banget. Mestinya coretan nggak sengaja itu bisa saya jadikan gambar atau tulisan juga, tapi saya males. Nggak pengen nambah apa-apa lagi. Akhirnya kertasnya saya gunting. Kalau ngulang lagi sayang kertasnya. Harganya belinya lumayan. Itu aja boleh minta sama mak Winda.. huahaha. *nggak modal ;D

Setelah kertasnya digunting, saya tempelin di kertas yang tinggal satu-satunya. Nah, kemudian tinggal cari cara biar tempelannya gak keliatan. Ambil kuas dan mulai gambar daun-daun dan bunga. Kemudian jadi deh.. Pas dipasang di frame ternyata menurut saya kece juga. Nggak sia-sia saya berguru :)

Nah, kalau tentang doodle, nggak sesusah belajar lettering. Tinggal gimana hebatnya imajinasi kita aja sih.

BIKIN DOODLE BERSAMA TANTI AMELIA


Kalau ngeliat mbak Tanti Amelia ngedoodle itu seru banget. Di mana aja, kapan aja, kertas dan spidol selalu ada. Lagi di acara gathering pun, kadang narasumber lagi ngomong, digambarin ama dia. Kita yang ada di sebelahnya jadi sibuk melirik-lirik gambarnya yang kece.
Selain ngedoodle, kadang nyempetin foto juga sih. kayak gini .. ;D


Mbak Tanti tuh ya, jangankan gambar, materi yang lagi dijabarkan pun, bisa ditulisnya jadi sesuatu yang menarik. Beda banget sama saya yang tulisannya cuma bisa dimengerti oleh saya. *pahamkan maksudnya? :D

Nah, jadi waktu di Smesco itu, mbak Tanti ngajarin Kawaii Doodle. Cara bikinnya gampang dan gambarnya bisa kita bikin sesuai dengan tema yang kita inginkan. Misalkan pengen tema Kue. Bikin aja sekelompok bahan-bahan pembuat kue kayak gula, tepung, telur, butter, susu, trus dikasih mata dan mulut yang bikin gambar-gambar tersebut ada karakternya. Bisa lucu, bisa mewek. Ya, terserah aja sih.

Kelompokkan gambar-gambar tersebut jadi satu. Boleh tumpuk, boleh ke kiri atau ke kanan. Terserah aja. Nggak ada aturan dalam menggambar. Nggak ada benar atau salah. Semua bebas berimajinasi. Warna pun boleh sesukanya kita. Bebas sebebas-bebasnya.

Hasil ngedoodle saya waktu itu bisa dilihat dari foto yang di atas itu ya.. Lumayanlah sebagai pemula.. :)

Konon katanya, menggambar atau mewarnai itu bisa bikin kita lebih rileks lho. Sekaligus meredakan stress juga. Cocoklah buat kita-kita yang pengen me time dengan cara yang berbeda. Lumayan kan bisa menghasilkan sesuatu. Syukur-syukur suatu hari nanti, kesenangan ini bisa jadi sumber pemasukan.. *Aamiin YRA



Dan, inilah para peserta belajar bareng hari itu. Seru karena banyakan ketawanya dan bikin pengen ikutan lagi.

Buat dua Bu guru kece, makasih banget ya.. udah mau berbagi ilmu dengan kita-kita.. Sukses selalu untuk kalian berdua.. #kisskiss














5 Model Mukena cantik Untuk Beribadah

Saat ini, perempuan muslimah yang sedang mencari model mukena cantik tak perlu khawatir, karena sekarang mukena hadir dengan banyak pilihan yang dapat dikenakan saat beribadah kepada Allah SWT. Bukan cuma memilih model aja, tentunya pemilihan bahan pun harus dipilih yang nyaman. Karena pada dasarnya semua makhluk ciptaan Tuhan ingin tampil spesial di depan Sang Penciptanya. 


Bagi  yang bosan dengan model mukena yang itu-itu saja, boleh juga lho, mencoba beberapa model mukena terbaru yang pastinya cantik  bila dipakai. Contohnya model mukena berikut ini :

  • Mukena bordir
Mukena bordir memang sangat cantik jika digunakan. Bordiran yang dihasilkan biasanya bermotif bunga, daun, lengkung cantik, ataupun bentuk kubah masjid. Bordiran yang diciptakan juga biasanya terbuat dari bordiran komputer atau hanya di print, dan terbuat dari bordiran mesin bordir. Yang lebih mahal dijual di pasaran biasanya mukena bordir yang terbuat dari mesin bordir. Karena cara pengerjaannya lebih susah dan lebih rumit. Mukena bordir juga membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Bagi Anda yang tidak mempunyai budget sesuai dengan mukena bordir mesin jahit, Anda bisa mendapatkan mukena bordir hasil print saja.

  • Mukena renda
Siapa yang tak suka dengan renda? Hampir kebanyakan perempuan di dunia sangat menyukai renda untuk berbagai hal. Seperti celana, pakaian, tas, dan termasuk mukena. Mukena renda banyak dikenakan bagi wanita yang senang dengan detail mukena namun tetap minimalis. Terkadang renda yang ada di mukena ditaruh pada bagian ujung bawah mukena, tepi bagian wajah mukena, depan bagian dada, dan bagian kepala belakang. Sebenarnya banyak model dari mukena renda. Jika Anda ingin memilih mukena cantik khas renda, cukup sesuaikan saja dengan selera Anda.

  • Mukena Bali
Mukena Bali adalah mukena yang bahannya bisa bermacam-macam seperti polister, katun, sutra, dan lain sebagainya tetapi menggunakan motif bunga pantai seperti baju-baju yang banyak dijual di pulau Bali. Jika Anda sangat suka dengan motif bunga, mukena Bali sangat tepat untuk Anda pilih. Hati dan perasaan Anda tentu akan berbunga juga sama halnya dengan motif yang ada di mukena Anda. Mukena Bali sangat disukai oleh anak muda dan ibu-ibu yang senang dengan warna cerah ceria. Motif bunga yang ada pada mukena Bali biasanya bergambar bunga sepatu, bunga mawar, bunga lavender, dan bunga lainnya.

  • Mukena katun Jepang
Mukena katun Jepang adalah mukena yang bahannya berasal dari negara Jepang. Banyak yang mengira bahwa mukena katun Jepang adalah mukena yang berasal dari bahan biasa saja, sama dengan katun lainnya. Namun ternyata beda sekali, katun ini dulunya diproduksi di negara Jepang. Namun sekarang pabrik yang memproduksi bahan ini sudah ada di negara Indonesia. Tekstur yang dimiliki oleh bahan Jepang ialah tekstur grainy dan berserat. Ketika disentuh, akan terasa lembut dan tidak begitu licin. Pastinya mudah menyerap keringat karena terbuat dari 100 persen bahan organik yaitu kapas alami. Untuk itu jika dikenakan saat sholat tarawih atau sholat tasbih, yang memerlukan waktu cukup lama. Keringat Anda akan mudah terserap dan tetap membuat khusuk sholat yang dijalani.

  • Mukena sabrina
Mukena sabrina adalah mukena yang memiliki beberapa detail seperti baju sabrina di bagian depan dada. Bagian depan ini berbentuk seperti setengah badan, layaknya pakaian wanita. Ini ditambahkan pada mukena supaya bagian dada seorang perempuan dapat tertutupi dan tersamarkan dengan sempurna. Detail tambahan ini biasanya dari kain, renda, brokat, ataupun yang lainnya. Mukena cantik ini sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil modis dan cantik saat bertemu menghadap Allah SWT.


Memilih mukena yang sesuai dengan keinginan, pastinya akan membuat kita lebih nyaman dalam beribadah. Selain untuk dipakai sendiri pun, mukena dengan berbagai model bisa kita jadikan hadiah untuk orang-orang tersayang. Dijamin deh si penerima hadiah pasti akan senang dan makin semangat menjalankan ibadah.

Kalau teman-teman suka mukena model apa?