30 June 2016

Ngabuburit Blogger Jakarta, Cari ilmu sambil Buka Puasa



Ngabuburit paling seru itu, ya ketemu teman-teman sambil menimba ilmu. Apalagi kalau ilmunya di dapat dari sumber yang sudah sukses dengan profesi yang dijalaninya. Dijamin, bakal pengen ikutan sukses kayak narasumbernya juga.

Acara ngabuburit bareng BCA dan BBlog ini adalah acara yang ketiga kalinya. Sebelumnya dipilih kota Medan dan Bandung. Nah, setelah Jakarta, berikutnya akan menyusul Makasar.

Ngabuburit Blogger Jakarta yang diadakan di Ocha & Bella hotel Morissey, Jakarta Pusat , hari selasa kemaren, memang unik. Datang-datang kita udah disambut dengan booth foto keren, dengan dua jin unik berwarna biru dan keemasan. Lucu banget.


Acara di awali dengan persembahan musik dari band Taste Like Cherry. Suaranya yang keren bikin suasana hati jadi enak. Lalu dilanjutkan dengan bincang-bincang seru dengan pak Iwan dari BCA dan Reza Sadha yang akan berbagi tentang Vlog yang sedang ditekuninya.

Jadi, buat yang belum tau, Reza adalah seorang youtuber yang subcribenya terus nambah, Kreatifitasnya dalam membuat berbagai vlog mendapat tempat di hati anak-anak muda.

Untuk membuat vlog, kata Reza nggak perlu menggunakan kamera yang mahal. Dengan kamera hp juga udah oke kok. Tangkaplah momen-momen keren yang lewat di depanmu. Mulai dengan hal-hal sederhana dan konsisten. Bisa juga dengan mengabadikan kegiatan sehari-hari. Lama-lama vlog bisa menghasilkan pundi-pundi lho, kalau diserusin. Yuk, bikin vlog yuuk.. *nyaritemen ;D



Aplikasi SAKUKU


Teman-teman sudah pernah dengar tentang SAKUKU? Ini adalah produk baru dari BCA. Bapak Prima Utama dari BCA menjelaskan kalau Sakuku adalah aplikasi yang bisa didownload di app store dan play store dengan mudah.Gak pakai ribet. Sakuku bisa digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan seperti pulsa, belanja, makan dan kebutuhan lainnya.


Uniknya, Nomor HP kita digunakan sebagai nomor SAKUKU. Jadi kita nggak perlu repot ngapalin.
Untuk top up pun, gampang banget. Bisa dilakukan melalui ATM BCA, KLIK BCA dan M BCA. 


Sakuku bisa diupgrade sampai 5 juta dan bisa transfer minimal 5 ribu. Tarik tunai juga bisa banget. Jadi kalau ada urusan yang memerlukan uang cepat, Sakuku bisa diandalkan. Pokoknya kehadiran Sakuku bikin semua jadi mudah. Satu kartu bisa kita pakai untuk berbagai keperluan berbeda. Mantap yaa!


Memasuki waktu magrib, acara dilanjutkan dengan berbuka puasa. Menikmati hidangan, sholat magrib dan menikmati sajian lagu-lagu religi dari Taste Like Cherry. Lagunya familiar membuat kita ikut bernyanyi.

Acara diakhiri dengan kuis dan pengundian doorprize. Hadiahnya bikin ngiler euy.. voucher belanja yang nominalnya bikin ngiler. Asyik banget buat nambahin belanja lebaran. Sayangnya saya nggak dapat. Selamat buat yang beruntung ya.. selamat menyambut lebaran dengan THR ceria ;D











28 June 2016

Andalan Bunda Cerdas , Kiat Cantik dan Sehat Selama Berpuasa


Melihat keceriaan Artika Sari Devi di acara Andalan Bunda Cerdas hari sabtu tanggal 24 kemaren. Bikin saya pengen tau banget, apa sih rahasia tetap oke walau sedang berpuasa?Inikan udah masuk minggu-minggu terakhir ramadan ya.. Nah, Artika tuh ya, cantik, fresh, dan aktif banget. Sedangkan saya, udah lemes, mata masih sepet menyisakan kantuk semalam. Kalau gak penting banget, saya males ngomong deh. Berasa kerongkongan kering akibat berpanas - panas dalam perjalanan ke gedung dakwah MUI Depok. Siang itu memang cuaca panasnya menguji iman.. :) *kipas-kipas

Rahasia Cantik Luar Dalam



Ternyata, badan segar dan penampilan cantik itu nggak terjadi begitu saja lho. Apalagi saat berpuasa seperti sekarang ini. Tau sendirikan, ibu-ibu punya aktifitas lebih dari biasanya. Mulai dari bangun lebih awal sampai tidur paling akhir. Udah gitu, kadang nggak sempat merawat diri sendiri karena harus berpacu dengan waktu. Memang semuanya bernilai ibadah. Tapi alangkah senangnya kalau kita menjalaninya dengan badan segar, wangi dan penampilan cantik. 

Dari hasil bincang-bincang dengan dr. Nanny Djaja Sp.GK , katanya kiat sehat dan cantik selama berpuasa harus diupayakan dari dalam dan luar. Selama berpuasa, tubuh kita mengalami perubahan. Baik itu kulit maupun rambut. Jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh sangat mempengaruhi. 

Untuk menjaga kondisi kulit agar tidak kering, perhatikan asupan cairan, sayur dan buah. Vitamin pada buah dan sayur dapat menjaga kelembaban kulit dan membuatnya tetap sehat. Sebagai upaya menjaga kulit sehat dari luar, jangan lupa gunakan pelembab atau lotion. Kulit yang sehat dan terawat akan membuat mood kita terjaga dengan baik. Iya sih, perasaan cantik itu otomatis bikin kita merasa nyaman.

Selama menjalankan ibadah puasa, kadang rambut juga cenderung kering dan kusam. Selain shampo, jangan lupa pakai conditioner ya. Conditioner akan melindungi rambut dari kekeringan. Kulit kepala juga akan terasa bersih dan segar.

Menjaga Tubuh Tetap Fit



Selama berpuasa, teman-teman suka merasa ngantuk gak? Kata dr Nanny, ada beberapa penyebab mengapa rasa kantuk selalu datang menyerang. Nih, ya.. buat yang suka makan gorengan pada saat berbuka maupun sahur. Gorengan akan membuat tubuh kita memerlukan oksigen lebih banyak. Jadi, kalo gak mau ngantuk terus-terusan, coba kurangi gorengannya ya.
Selain gorengan, bisa jadi penyebabnya adalah kurangnya olahraga. Coba deh, olahraga rutin tiap hari. Gak perlu lama dan sampai berkeringat banyak. Cukup 30 menit setiap hari. Yang paling gampang sih, jalan kaki. Insya Allah, badan sehat dan bugar.

Selain menjaga makanan, satu hal yang penting banget adalah menjaga agar tubuh kita mendapat istirahat yang cukup. Tidur cukup dan nyenyak. Tidur siang dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat mengembalikan tenaga dan membuat tubuh memiliki energi baru.
Trus, kalau pengen tubuh fit dan bertenaga gimana dong? Ternyata gampang banget. Saran dari dr, Nanny, cobalah makan dengan campuran beras merah dan beras putih. Kandungan karbohidrat di dalamnya akan membuat tubuh kita bertenaga. Jadi, mau beraktifitas kayak apapun, tubuh tetap fit. Makan pisang juga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Nah, kalau untuk meredakan perasaan nggak nyaman akibat beban pikiran atau sesuatu yang membuat stress. Ada cara yang mudah untuk melenyapkannya. Cobalah makan cokelat. Cemilan enak ini bisa mengubah mood kita. Tapi jangan berlebihan ya.. 
Lagian nggak enak juga kan, memendam rasa stress. Lebih baik jalani semua dengan bahagia, banyak bersyukur dan semangat.

Buat yang suka mendapatkan semangat lewat wewangian, boleh deh mencoba berbagai keharuman yang berbeda. Konon katanya, wewangian dapat menaikkan mood booster. Cukup pakai pewangi pakaian yang berupa konsentrat yang akan membuat keharuman bertahan lama. Dengan jenis wewangian yang berbeda, kita bisa menyesuaikan dengan mood sehari-hari.

Dalam bincang-bincang dengan dr, Nanny, banyak tips-tips bermanfaat yang diberikannya hari itu. Waktu jadi nggak berasa karena tips-tips seperti itu memang dibutuhin banget oleh ibu-ibu seperti kita. Memang sih, sebagai ibu kita memang dituntut untuk cerdas dan tau apa yang terbaik untuk keluarga. 

Nggak cuma tips cantik aja sih, ini ada tips bermanfaat untuk ibu-ibu yang sering merasa kesemutan. Kebetulan ini adalah pertanyaan dari salah satu peserta. Nah, bu dokter malah kasih ilmu tentang mendapatkan vitamin B dari kacang hijau.

Jadi, kalau kita mau bikin bubur kacang hijau, baiknya didihkan dulu air di panci. Kalau sudah mendidih, masukkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih. Tunggu beberapa saat sampai air rebusan berubah warna. Setelah itu, matikan api. Ambil air rebusan kacang hijau dan taruh dalam wadah, sisihkan. Selanjutnya tambahkan air dan masak kacang hijau sampai matang. 

Air rebusan yang tadi disisihkan itu, bisa dijadikan minuman yang kaya akan vitamin B. Kalau kita memasaknya dengan cara yang biasa, vitaminnya akan banyak yang terbuang. Jadi, kita cuma dapat kenyang doang. Vitaminnya udah hilang. Hm, oke deh. Baru nyadar ternyata selama ini saya pakai cara yang salah. *makasih ya bu dokter ;)

Berburu Hadiah


Selain bincang-bincang santai dengan Artika dan bu dokter, ternyata banyak game seru juga lho. Hadiahnya banyak dan bikin mupeng. Jadi tuh ya, mas MCnya ngajuin pertanyaan dari materi yang sudah dijelaskan. Yang merhatiin pasti bisa jawab. Heboh banget deh, semua pada rebutan menjawab.

Acara yang gak kalah hebohnya adalah lomba bikin kreasi hijab. Jadi peserta hanya diberi waktu beberapa menit untuk menciptakan kreasi hijab yang unik dan menarik. Seru deh, karena menjelang waktu habis, para peserta cepet-cepetan menyelesaikan gaya hijabnya biar kece maksimal. Pemenangnya berhak mendapatkan hadiah voucher belanja. Ini dia  peserta dan pemenangnya..





Kelar acara kreasi hijab, giliran pemenang doorprize yang dapat rejeki. Hadiahnya banyak. Dari sepuluh kotak hadiah, saya gak dapat satu pun. Hehehe, gakpapa.. karena rejeki nggak akan kemana, karena pada akhir acara saya kebagian voucher alfamart sebesar 200ribu gara-gara bisa jawab pertanyaan dari mas MC. Alhamdulillah.




Andalan Bunda Cerdas


Acara Andalan Bunda cerdas kemaren emang berkesan banget. Selain mendapatkan berbagai hadiah, ilmu yang diberikan oleh nara sumbernya nambah wawasan banget. Bikin ibu-ibu tambah pinter. Ini karena Andalan Bunda Cerdas atau disingkat ABC memang didisain untuk menjadi sahabat sejati dan patrner bunda. ABC selalu menyediakan berbagai informasi, tips dan artikel penting dan bermanfaat seputar kecantikan wanita, kesehatan, keluarga dan dunia si kecil dengan Tabloid Nyata sebagai media partnernya. ABC juga menyediakan produk-produk berkualitas yang bisa menjadi andalan seluruh keluarga.


Cara mengikuti program ABC :


Klik website Alfamartku di, http://www.alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/
masukkan nomor Hp dan kita akan mendapatkan SMS A- voucher berupa potongan harga produk P&G.

Untuk informasi, silakan kontak call center ABC di nomor 021- 1500959 kemudian tunggu pilihan dan tekan angka 4. Call center ini bisa dihubungi dari telpon rumah atau Hp.

Jadi, untuk teman-teman yang penasaran dengan program Andalan Bunda Cerdas, boleh banget cari info di websitenya ya..


                        

Selamat menjalankan tugas sebagai ibu ya. Salam bahagia..  :)


22 June 2016

BRIsat Untuk Indonesia


Sungguh saya tak pernah membayangkan bisa ikut terlibat dalam pemberitaan peluncuran satelit milik BRI. Kabar yang tadinya sempat saya baca tentang peluncurannya di detik ternyata menjadi sebuah pintu bagi saya untuk mengenal lebih jauh satelit yang diberi nama BRIsat. BRIsat adalah satelit yang pertama kali ada dalam dunia perbankan. Sepanjang sejarah, belum ada satu negara pun di dunia ini yang menggunakan satelit untuk mendukung pelayanannya. Sebagai yang pertama, tentunya kehadiran BRIsat menjadi kebanggaan bagi rakyat Indonesia dan membawa harapan-harapan baru untuk pelayanan BRI lebih luas, sampai ke wilayah pelosok negeri.

Saya bersama rekan blogger yang ikut menyaksikan nonton bareng peluncuran BRIsat, di Hotel Discovery Ancol, sangat antusias. Meski peluncuran harus mengalami penundaan sebanyak tiga kali, sedikitpun semangat ini nggak ada matinya. Malah bercampur dengan rasa deg-degan kayak mau ketemu camer. Ya, memang untuk peluncuran satelit, yang ditonton oleh warga dari berbagai penjuru dunia sangat menyedot perhatian. Ada perasaan was-was takut kenapa-napa. Apalagi  beberapa hari sebelumnya kami dipandu untuk membuat kuis di twitter. Gema #BRIsatmeluncur tentu akan ditunggu berbagai pihak.

Layar Nobar Blogger di Hotel Discovery Ancol
Tapi memang iya sih, persiapan peluncuran satelit memang harus matang dari segala aspek. Baik itu pemilihan lokasi, faktor cuaca seperti angin bahkan petir menjadi hal yang sangat menentukan. Sedikit saja salah, akibatnya bisa fatal. Makanya penundaan sampai berkali-kali. Kebayangkan, kredibilitas perusahaan yang dipercaya untuk melakukan peluncuran satelit  dan investasi yang sudah ditanamkan. Meski sebenarnya tak perlu khawatir. Arianaspace memang udah kerjaannya ngeluncurin satelit. :)

Saya dan teman-teman berbagi rasa was-was dalam grup whatsapp, tempat kami berkoordinasi. Ucapan doa, saling menyemangati terus bergulir. Nggak mungkin kan, membahas kecemasan di twitter :). Apalagi setelah malam sebelumnya BRIsat ditunda peluncurannya. Kata-kata yang tertuang dalam cuitan nggak mungkin itu lagi, itu lagi. Pokoknya apapun yang terjadi, hastagh BRIsatmeluncur harus diupayakan jadi trending topic. Kami melawan rasa kantuk yang muncul untuk dipadu dengan doa, semoga BRIsat bisa mengangkasa tanpa hambatan apa-apa. Meski was-was, semangat tetap menyala! 


Tim Hore yang berjuang menahan kantuk ;D (foto :  Elisa Koraag)

KOUROU, GUIANA


Kourou, Guiana adalah lokasi yang dipilih untuk melakukan peluncuran BRIsat. Daerah yang terletak di wilayah Amerika Selatan ini sangat cocok untuk pelaksanaan peluncuran satelit. Kondisi cuacanya cenderung stabil. Dan lingkungan sekitar yang aman, hingga pada saat peluncuran tidak menimbulkan dampak negatif untuk wilayah sekitar.


BRIsat diterbangkan dengan menggunakan roket Ariane 5 milik perusahaan Ariane Space. Selain BRIsat, roket buatan Arianespace juga membawa satelit Echostar XVIII. Sebuah satelit milik perusahaan TV asal America Serikat. Nah, satelit Echostar berada pada posisi pucuk dan akan lebih dulu melepaskan diri dari roket peluncur setelah meluncur dalam waktu 29 menit 20 detik. Brisat nantinya akan mengorbit di ketinggian 36.000 km di atas permukaan laut. Dan untuk mencapai ketinggian tersebut roket hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit saja. Ckckck, benar-benar melesat cepat menembus waktu.

BRIsat Untuk Masyarakat


BRIsat yang menghabiskan dana sekitar 3 triliun lebih ini akan beroperasi selama 17 tahun dengan 45 transponder. Dengan waktu yang panjang ini, tentunya BRI akan leluasa meningkatkan layanannya kepada masyarakat luas sampai ke wilayah pelosok. Kepada bapak, ibu petani, para penoreh getah karet, atau nelayan-nelayan yang jauh di pulau. Semua bisa mendapatkan pelayanan dari Bank BRI. Pastinya kehadiran BRIsat tentu akan membawa  banyak manfaat.

Selain banyak manfaat, BRI juga bisa berinovasi dengan produk-produk digital yang bisa memudahkan pelayanan kepada masyarakat.  Dan yang paling penting, dengan membeli satelit sendiri, BRI dapat menghemat biaya operasional jauh di bawah seperti ketika menyewa satelit lain. Hemat tapi bisa membawa manfaat.


Akhirnya BRIsat Mengangkasa


Setelah melalui berbagai persiapan, pemeriksaan dan perhitungan, satelit kece BRIsat milik BRI meluncur juga dengan gagahnya. Tepat pukul 17.30 waktu KOUROU. Jutaan pasang mata tertuju pada satu titik, pada Ariane 5 yang siap mengangkasa membawa serta BRIsat untuk mengemban tugas mulianya.

Sulit untuk menjelaskan perasaan saya ketika  detik-detik waktu menghitung mundur. Deg-degan, takjub dengan hebatnya teknologi dan maha besarnya semesta ciptaan Allah. Kobaran api dan asap yg terlihat di layar tv, mengantar Ariane 5 melesat membuat decak kagum. Apalagi ketika peluncuran itu berhasil melalui ketinggian yang mencapai puluhan ribu kilo meter sampai menghilang dari pandangan. Sungguh Luar Biasa!



Meski sukses meluncur ke angkasa, BRIsat masih membutuhkan waktu 10 hari ke depan untuk menjalani proses menuju slot orbit. Hingga posisi satelit tepat berada di koordinat orbit yang dikehendaki. Setelah itu BRIsat akan menjalani masa uji coba pengoperasian. Proses ini membutuhkan waktu paling lama 60 hari setelah peluncuran.

Masih lama ya? Ya, enggak dong.  Yang penting langkah pertama sudah terwujud. Tinggal menjalani proses selanjutnya. Kita doakan saja, semoga BRIsat akan melewati setiap prosesnya dengan mulus.. lancar dan cepat bermanfaat untuk  masyarakat Indonesia.

Selamat dan sukses untuk BRI atas peluncuran #BRIsat. Sebagai blogger yang diajak terlibat oleh Detik, saya bahagia bisa  ikut memeriahkannya. Dan sebagai warga negara Indonesia, saya bangga menjadi saksinya.





20 June 2016

Bersama Kita Bisa Cegah DBD

Teman-teman pada tau nggak, tanggal 15 juni merupakan Hari ASEAN Dengue Day. Dan tahun ini, ASEAN Dengue Day diselenggarakan untuk keenam kalinya di Asia Tenggara. Nah, Indonesia pernah menjadi tuan rumah lho.., tepatnya pada kali pertama peluncuran ASEAN Dengue Day oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2011 dengan tema "Jakarta Call for Action on Combating Dengue".

Pada peringatan tahun 2016 ini, Thailand menjadi tuan rumahnya. Dengan mengangkat tema " Community Empowerment : A Sustainable Success to Fight Dengue. Penyakit yang sudah menjadi kekhawatiran bagi setiap negara ini memang sepantasnya menjadi perhatian bersama. Karena, dengan gerakan yang dilakukan bersama, kesempatan untuk melawan endemik DBD menjadi lebih besar.

Bertepatan dengan diperingatinya Hari Dengue Se-ASEAN ini, dibuka juga website www.denguemissionbuzz.org. Portal ini menyajikan berita-berita penting, video dan informasi tentang pencegahan demam berdarah yang dilakukan di enam negara peserta di Asia Tenggara. Intinya dengan adanya situs ini, kita bisa mengetahui lebih banyak tentang DBD.

Di Jakarta, bertempat di hotel Grand Sahid Jaya tanggal 15 Juni kemaren, digelar acara konfrensi pers dengan simposium bertema " Bergerak Bersama Cegah DBD Melalui Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik". Acara dihadiri oleh perwakilan dari ibu menkes, Dr. H. Mohamad Subuh, MPPM Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). berbagai kalangan media, blogger dan sukarelawan jumantik dari berbagai kota. Dari pertemuan ini diharapkan setiap golongan masyarakat bisa bersama-sama memerangi kasus DBD.

Bahaya DBD 


Semua pasti udah tau lah ya, tentang bahaya DBD. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Diperlukan penanganan serius pada pasien DBD. 
Waspadai gejala seperti foto di bawah ini.


atau tanda bahaya seperti ini :


Sebaiknya jangan menunggu adanya tanda bahaya, baru melakukan penanganan. Lebih cepat tentunya akan lebih baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik



Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik adalah suatu gerakan yang diupayakan oleh Kementrian Kesehatan dalam rangka mencegah dan mengurangi kasus DBD di Indonesia. Gerakan ini terbukti efektif dan dapat mengendalikan penyakit demam berdarah.

Jumantik atau Juru Pemantau Jentik adalah anggota masyarakat yang dilatih untuk memantau keberadaan jentik nyamuk. Nantinya tim Jumantik ini akan membuat laporan kegiatan pada Puskesmas. 

Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik ini sudah diterapkan di daerah Tangerang Selatan yang dipilih sebagai daerah percontohan.

Terbukti gerakan ini dapat menekan jumlah pasien DBD. Sosialisasi dan edukasi diberikan kepada masyarakat dengan cara memberikan pengetahuan tentang pencegahan sarang nyamuk. Selain itu, setiap rumah juga ditempelkan stiker sebagai pengingat. Dengan cara ini, kesadaran warga untuk menjaga lingkungan rumahnya jadi meningkat.

Jumantik juga akan menggerakkan masyarakat tentang bagaimana caranya menjalankan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus. Cara paling mudah dan paling efektif yang bisa dilakukan setiap anggota keluarga di rumah.

Gerakan 3 M Plus


Ada yang berbeda 3M yang dulu dengan yang sekarang. Dulu, 3M adalah menguras penampungan air, menutup penampungan air dan mengubur wadah yang bisa menampung air. Pemberantasan nyamuk yang sekarang, mengubur tidak dilakukan lagi. Karena tindakan mengubur dianggap tidak menjaga kelestarian lingkungan. 

Benar juga ya.. lama-kelamaan tanah akan penuh dengan barang-barang seperti kaleng dan wadah bekas. Beberapa tahun ke depan bisa dibayangkan akibatnya. Nah, itulah sebabnya mengapa tindakan mengubur tidak diterapkan lagi.

Sekarang ini 3M disebut 3M Plus. Tindakan yang dilakukan terdiri dari:

- Menguras penampungan air
- Menutup tempat penampungan air
- Mendaur uang barang bekas

Tiga hal di atas ditambah dengan melakukan kegiatan lain yang mendukung pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida di penampungan air, menggunakan obat anti nyamuk, menggunakan kelambu tidur dan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Di bawah ini, foto salah satu tanaman yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk.


Tanaman pengusir nyamuk cukup mudah ditemukan. Tanam dan jadikan sebagai penghias teras atau samping rumah di dekat jendela. Rumah jadi cantik sekaligus aman dari nyamuk.

Bersama Kita Bisa


Penyakit DBD bisa banget kita cegah. Selain didampingi tim jumantik, kita dapat menyebarluaskan 3M Plus.


Atau bersama warga melakukan bersih-bersih lingkungan setiap hari minggu dan fogging secara rutin. Selain lingkungan jadi bebas nyamuk, hubungan antar warga pasti jadi semakin erat.

Dengan melakukan pencegahan secara bersama-sama, tentunya nyamuk penyebab DBD dapat diberantas. Kasus DBD dapat ditekan atau mungkin bisa dilenyapkan. Semoga ini bisa terwujud ya. 

Yuk, tunggu apa lagi. Mari kita dukung langkah pemerintah dengan meningkatkan kesadaran akan bahaya DBD. Bersama kita bisa mencegah dan memberantas penyakit Demam Berdarah.




* "tulisan ini opini pribadi dan didukung oleh Sanofi Group Indonesia"











12 June 2016

Orderan Dari New York

Sepanjang pengalaman saya menjahit baju, ada satu tempat terjauh yang bikin saya punya kesan tersendiri. Walaupun, saya gak langsung ke tempatnya sih. Yaitu pengalaman menjahitkan baju untuk Mbak Indah Nuria Savitri yang saat ini  sedang bertugas di New York City. Jakarta dan New York, kebayangkan gimana jauhnya? Sedangkan saya nggak punya ukuran bajunya. Semua obrolan dilakukan lewat whatsapp. Seru banget!

Mamabo, demikian sapaan saya untuk Indah Nuria suka banget dengan kain-kain tradisional Indonesia. Apalagi kalo liat foto koleksi kainnya yang banyak itu. Warnanya bagus-bagus dan bikin bangga kita sebagai orang Indonesia. Kainnya emang bagus banget sih, cantiiik. Terus terang saya aja naksir..hehehe. Tapi tau sendirikan, harga kain tradisional yang dikerjakan secara handmade harganya memang mahal. Jadi, ya saya seneng banget bisa ikut elus-elus kain cantiknya mamabo :D


Ini adalah orderan dari Mamabo untuk memeriahkan campaign breast cancer di sana. Pouch untuk tempat gadget mini ipad. Bahannya menggunakan kain tenun endek. Senang rasanya bisa ikut menjadi bagian dalam campaign yang sangat berarti itu. Di setiap pouch dikasih bordiran pita pink. Sesuai dengan lambang dari peduli breast cancer.     

Selain minta dibuatkan pouch, saya juga diberi kepercayaan untuk menjahitkan dua helai kain tenun favoritnya.                                     



Yang hitam kombinasi ini model semi jaket gitu. Saya suka bagian belakang yang dibuat agak panjang. Alhamdulillah, Mamabo suka :)

Kalau yang full color di bawah ini, memang cantik banget. Tenunan benang warna-warninya itu kece. Full, tenun. Meski saya nggak ngerti juga namanya apa. Kainnya dikombinasi sama kain polos ungu tua. Pada tau kan ya.. Mamabo pencinta ungu garis keras.. ;D




Tuh, liat deh.. kece banget pas dipakai Mamabo kan.. Keren abiiis :)

Menjahit jarak jauh memang pengalaman luar biasa. Perasaan saya selalu deg-degan kalau baju belum sampai ke sana. Takut kenapa-napa. Takut kebesaran ataupun kekecilan. Hati baru lega kalau bajunya udah dicoba. Apalagi kalau pas. Itu rasanya sulit dijelaskan dengan kata-kata.

Untuk ke depan, saya masih menyelesaikan beberapa proyek dari Mamabo.. *ciyeeee proyek. Biarin deh, biar kesannya gimana gitu deh ;D

Semoga semua berjalan lancar dan selalu memuaskan. Aamiin. * thanks untuk kepercayaannya ya Mamabo..  Makasih juga untuk namaku yang tertulis indah di benua sana. Salut banget, di tengah kesibukannya, Mamabo masih menyempatkan diri untuk menuliskan namaku, biar suatu saat nanti bisa menginjakkan kaki ke sana.. *Aamiin. 
                                       






10 June 2016

Maju Tanpa Batas Bersama Binus Online University




Seringkali karena sempitnya waktu yang kita lalui sehari-hari, membuat kita jadi malas untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Apalagi kalau mikirin macet di jalan, rasanya udah bete duluan.
Tapi nggak mungkinkan hanya karena semua kendala itu lalu keinginan kita untuk mencari ilmu jadi terhalang. Apalagi saat ini ada kemudahan yang disiapkan untuk kita melakukan berbagai aktifitas tanpa harus keluar rumah.

Pasti teman-teman pada tau Binus deh. Nah kini, Binus ada kuliah online lho. Namanya Binus Online Learning. Ini solusi banget untuk kita-kita yang ingin mendapatkan pendidikan yang terpercaya di tempat yang berkualitas tapi nggak perlu kehilangan waktu  berjam-jam keluar rumah. Jadi kita bisa lebih memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Bisa tetap mengurus bisnis, berkutat dengan hobi atau bahkan bisa bebas travelling keluar kota ataupun keluar negeri tanpa takut ketinggalan materi kuliah. Pokoknya kita bisa tetap maju tanpa batas.

Asyiknya lagi, di Binus Online Learning materi pelajaran diberikan dalam beberapa bentuk seperti diskusi di forum, tugas individu/kelompok, video confrence dan video pembelajaran. Tentu saja semua dilakukan secara online. Tapi pada awal masuk perkuliahan dan ujian, setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.

Nah, BULC ini adalah Binus Online Community yang sudah ada di beberapa kota seperti Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Nantinya jika ada mahasiswa Binus yang sedang ada tugas di luar kota namun bertepatan dengan waktu ujian dan perkuliahan face to face gak perlu repot. Cukup datang ke BULC  terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Jadi, kerjaan lancar, kuliah pun lancar.


Binus Online Learning menggunakan LMS (Learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Jadi dipastikan kualitasnya sama dengan sistem perkuliahan pada umumnya.

Saat ini Binus Online Learning sudah menghasilkan 300 lulusan terbaik lho. Lulusan ini tersebar di berbagai instansi dan perusahaan nasional maupun multinasional. Lulusan dari Binus adalah lulusan yang siap bekerja dan siap untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Ini karena Binus memasukkan program EES ( Employabity & Entrepreneurial Skill) ke dalam mata kuliah. Dilihat dari jumlah lulusannya dan kesiapan menghadapi dunia kerja,  secara kualitas Binus memang oke banget ya :)


Keunggulan Binus Online Learning adalah jam belajar yang fleksibel. Mata kuliah nggak hanya diberikan oleh dosen yang  ada di kota seperti Jakarta, tapi juga dosen dari luar negeri.  Jadi kita punya kesempatan untuk mendapatkan wawasan dan cara belajar yang berbeda dari biasanya. Keunggulan lain adalah program EES dalam mata kuliah. Dengan keunggulan ini tentunya membuat Binus Online Learning bisa menjadi pilihan untuk mendukung langkah kesuksesan pendidikan yang kita ambil.

Kuliah di Binus Online Learning  menjadi  solusi buat kita yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa harus mengorbankan waktu atau bisnis yang sedang dijalani. Dengan kuliah online, bisnis dan pendidikan tetap maju tanpa ada batasan.

Yuk, tunggu apalagi. Sudah siap #MajuTanpaBatas ?


Enaknya Killer Soft Bread


Rasanya saya udah lama banget gak bikin roti. Terakhir bikin sih, waktu nyoba bikin roti tawar. Sempat bikin dua, tiga kali, tapi abis itu balik lagi dengan kebiasaan praktis. Yaitu beli jadi.

Tapi kemaren, saya berkunjung ke blognya mbak Lianny Hendrawati. Dan nemu postingan mbakli yang sukses bikin roti yang hits di Instagram. Namanya Killer Soft Bread. Sering liat sih di IG Doyan Baking. Cuma belum tertarik bikin. Tapi pas liat hasil yang mbakli bikin, kayaknya naluri saya langsung terketuk. Trus jadi pengen bikin. Hm, Mbakli aja bisa bikin, masa' saya enggak? hehehe..

Akhirnya karena liat hasil roti punya mbakli, saya kumpulin bahan-bahan untuk membuatnya dan mulai mengikuti petunjuk cara membuatnya. Beneran gampang banget lho.. Praktis dan efisien. Proses pengembangan cuma satu kali. Jadi kerjaan kita cepat beres.

Oh ya, karena males ngeluarin oven dari kardusnya, saya coba pakai baking pan untuk memanggang rotinya. Ini sekalian eksperimen, bisa nggak ya baking pan yang biasanya buat panggang cake dipakai buat panggang roti? Harusnya sih bisa. Namanya aja 'baking pan' hihiiii..



Adonan killer soft bread, enak banget buat dibentuk. Jadi setelah dibulat-bulatkan, dalamnya saya isi potongan keju, kemudian di atur agak jarang di dalam baking pan. Gak usah berdekatan, soalnya nanti akan mengembang. Kalau adonan udah saling menempel dan naik mengembang dua kali lipat, baru deh dikasih olesan. Kalo yang saya bikin, di atasnya ditaburin keju. Sesuai permintaan anak-anak sih. Mau bikin bentuk kucing, lagi gak punya coklat. Nanti aja kapan-kapan.

Akhirnya setelah menunggu lebih kurang 30 menit, rotinya jadi. Aromanya enaak banget deh. Cuma karena pakai baking pan, saya belum menemukan besaran api yang sesuai. Bagian tengah agak kematangan. Gosong dikiit! Tapi bagian yang lain bagus kematangannya. Memang kalau soal panggang- memanggang ini butuh pengalaman. Tapi gak masalah. Nanti juga akan ketemu cara terbaiknya. Saya masih harus mencobanya sampai paham apa maunya si baking pan. Oke.. semangaat!



Killer Soft Bread ini memang enak banget deh. Teksturnya bisa sesuai yang kita inginkan. Pakai satu telur hasilnya jadi roti yang empuk gitu. Kalau pengen yang lembut, pakai yang dua kuning telur. Kalau saya pakai yang satu telur aja. Karena suka yang empuk.

Roti ini langsung jadi favorit anak-anak. Sejak pertama kali bikin, saya sudah jatuh cinta sih. Dan enaknya lagi, saya bebas mengganti isinya. Kadang selai stoberi, nanas, bluberry atau cokelat.

Roti bikinan sendiri memang lebih enak dan fresh. Bahan-bahannya juga terjamin dan higienis. Jadi kebahagiaan tersendiri buat saya, melihat anak-anak makan dengan lahap. Selain itu tentu saja bikin roti sendiri lebih irit. Satu adonan bisa untuk makan rame-rame.

Untuk teman-teman yang pengen tau resepnya, silakan main ke blognya mbak Lianny deh. Di sana ditulis lengkap. Kalau udah nemu resepnya, langsung coba bikin ya..  siap-siap aja ketagihan..

Selamat mencoba :)

08 June 2016

Menjadi Ibu Pintar dengan Capai Kehamilan Optimal


Menjadi seorang Ibu dari anak-anak yang sehat adalah dambaan setiap perempuan. Apalagi menjalani masa kehamilan selama 9 bulan, yang kadang berbeda pada setiap orang akan membawa banyak perubahan secara psikologis.

Untuk menjalani masa kehamilan  yang optimal, Ibu hamil dituntut untuk pintar memahami kondisi tubuhnya. Hal ini disampaikan oleh dr. Bram Pradipta, SpOG di acara Seminar Pesta Pendidikan, ProSehat yang bertempat di FX. Sudirman.



Mulai dari trimester pertama, asupan nutrisi harus dijaga. Karena nutrisi adalah faktor terpenting. Nutrisi akan mempengaruhi peningkatan berat badan ibu hamil dan berat lahir bayi.  Nutrisi yang baik akan membuat janin berkembang dari waktu ke waktu.

ini adalah berat badan ibu selama kehamilan

 Beberapa hal di bawah ini merupakan kandungan gizi yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

Asam folat
Asam folat berfungsi untuk mencegah kelainan otak dan system syaraf pusat dan riwayat kelainan sebelumnya. Normalnya asam folat yang disarankan dikonsumsi sebelum hamil 400 mcg. Sedangkan pada trimester 2 dan 3 adalah 600 mcg. Pada saat menyusui 500 mcg 
Asam folat jangan dikonsumsi melebihi batas karena akan mengakibatkan alergi, perut kembung, imsomnia dan berkurangnya nafsu makan.

Kalsium
Berfungsi menurunkan kemungkinan hipertensi dalam kehamilan dan mencegah preeklampsia.
Normalnya kalsium dikonsumsi 1500-2000mcg/hari selama hamil.Hati-hati dengan konsumsikalsium lebih dari 3000mg krndpt mengjambat penyerapan Zn dan Fe karena dapat menyebabkan batu ginjal. 
Waspada juga dengan kafein,  karena kafein dapat mengurangi penyerapan kalsium. 

Perhatikan juga kebutuhan kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat dan konsumsi multivitamin yang disarankan untuk ibu hamil. Demikian juga dengan vaksinasi dan konsumsi obat-obatan pada kondisi hamil. Kadang ada yang mengalami proses awal kehamilan dengan mual dan muntah, sakit kepala atau bahkan sembelit. Nah, gunakan obat  yang disarankan dokter. Konsultasikan dengan dokter tentang keamanan obat yang diminum.

Selain hal penting di atas, ada lagi yang juga gak boleh diabaikan. Ibu hamil harus pintar-pintar menjaga dirinya dari stress. Stress akan berdampak buruk bagi perkembangan janin. Jadi, hal-hal yang mengganggu pikiran sebaiknya disingkirkan dulu.
Tapi kalau stress mikirin males keluar rumah untuk beli obat. Gak usah kuatir deh. Ada solusinya kok. Sekarang udah ada aplikasi ProSehat yang akan membantu kita untuk menebus obat. Selain itu, kita juga bisa tanya langsung ke dokternya. Coba lihat tampilan aplikasi di bawah ini :


Tim pendiri ProSehat adalah orang-orang dengan latar belakang dokter. Jadi mereka sangat memperhatikan keselamatan pasien. Setiap resep obat atau permintaan pesanan obat yg masuk melalui aplikasi ProSehat akan disaring dan diverifikasi oleh apoteker yang bersertifikat dan berpengalaman. Resep-resep yang bermasalah atau terindikasi disalahgunakan akan dikonfirmasikan ulang oleh CS ProSehat mengenai keaslian resep tersebut.

Cara untuk menggunakan fitur aplikasi ProSehat sangat mudah. Cukup kirim foto dan unggah resep dokter dari galeri foto di ponsel. Tuliskan diagnosis dokter atau keluhan yang dirasakan untuk memudahkan proses verifikasi resep.
Lanjutkan proses pemesanan dengan mengisi detail pengiriman dan pasien. Oh ya, jangan lupa daftar dulu jadi anggota untuk mendapatkan fasilitas pemantauan pesanan. Selanjutnya tinggal cek pesanan, stok obat sampai ke proses pengiriman. 

Hadirnya aplikasi ProSehat ini sangat memudahkan, mengingat kita nggak perlu antri di apotek untuk menebus obat. Kita juga bisa mengetahui stok obat yang tidak tersedia.Terhindar dari lupa membeli obat yang harus ditebus dan yang paling memudahkan banget, kita gak perlu kuatir dengan keamanan dan harga obat.

Untuk install aplikasi ProSehat, teman-teman bisa cari di Google Play Store atau klik link app.prosehat.com.

Selamat menjalani kehamilan yang optimal dan menikmati pelayanan dari aplikasi ProSehat.

02 June 2016

Cerita Jagung


Di keluarga saya, jagung adalah makanan favorit. Dijamin nggak bakalan ditolak deh. Mau itu jasuke (jagung, susu, keju) pergedel jagung, sup jagung, bubur jagung atau bahkan dicemplungin dalam sayur asem aja semua bakal suka. Soalnya emang si jagungnya sendiri udah manis dan enak sih, jadi mau dibikin jadi apa aja udah pasti enak. Selain enak, jagung juga mengenyangkan karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Jagung termasuk makanan yang gampang diolah. Bersyukur banget ya, karena Allah Sang Pencipta yang baik banget, kasih kita begitu banyak karunia. Dengan satu macam bahan, contohnya si jagung ini, kita bisa berkreasi.  Dicampur sayuran, salad, cake atau topping martabak semua pasti lezat. 

Jagung juga bisa dibuat jadi kerupuk lho.. Tadinya saya pikir, rasanya kayak kripik jagung cornflakes gitu. Ternyata beda. Kemaren saya dapat kiriman kerupuk jagung dari seorang sahabat blogger mbak Reni Judhanto. Mbakren, begitu saya biasa menyapanya, memperkenalkan saya dengan kerupuk jagung dan pecel Madiun. Alamaak dua makanan khas yang enak. Kerupuknya itu cocok banget dicocolin sama sambel pecel Madiunnya. Jodoh gitu :) Nah, karena rasanya jadi enak banget, krupuknya jadi cepet habis. Maklum aja, makannya sambil nonton TV.  Nggak pake lama, abis deh diserbu pasukan  ;D (*makasih ya mbakren :)


Jagung memang bisa diolah menjadi bermacam-macam makanan.  Bahkan di beberapa daerah jagung menjadi makanan pokok. Kandungan karbohidratnya berguna untuk menambah tenaga. Buat yang malas makan nasi, jagung bisa juga jadi pengganti nasi.

Oya, selain dibuat berbagai macam makanan, jagung bisa dijadikan minuman juga lho. Tapi dibuatnya dari jagung kalengan. Diblender trus tambahin susu kental manis dan serutan es yang banyak. Duh, beneran seger bangeet. Cobain deh. Buat buka puasa oke banget.

Hm, pokoknya kalo ngomongin menu jagung gak bakal ada habisnya ya. Pasti akan jadi deretan menu yang panjang. Apalagi tiap-tiap daerah biasanya punya menu yang khas. Kalau teman-teman suka jagung yang dibikin jadi apa?