02 June 2016

Cerita Jagung


Di keluarga saya, jagung adalah makanan favorit. Dijamin nggak bakalan ditolak deh. Mau itu jasuke (jagung, susu, keju) pergedel jagung, sup jagung, bubur jagung atau bahkan dicemplungin dalam sayur asem aja semua bakal suka. Soalnya emang si jagungnya sendiri udah manis dan enak sih, jadi mau dibikin jadi apa aja udah pasti enak. Selain enak, jagung juga mengenyangkan karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Jagung termasuk makanan yang gampang diolah. Bersyukur banget ya, karena Allah Sang Pencipta yang baik banget, kasih kita begitu banyak karunia. Dengan satu macam bahan, contohnya si jagung ini, kita bisa berkreasi.  Dicampur sayuran, salad, cake atau topping martabak semua pasti lezat. 

Jagung juga bisa dibuat jadi kerupuk lho.. Tadinya saya pikir, rasanya kayak kripik jagung cornflakes gitu. Ternyata beda. Kemaren saya dapat kiriman kerupuk jagung dari seorang sahabat blogger mbak Reni Judhanto. Mbakren, begitu saya biasa menyapanya, memperkenalkan saya dengan kerupuk jagung dan pecel Madiun. Alamaak dua makanan khas yang enak. Kerupuknya itu cocok banget dicocolin sama sambel pecel Madiunnya. Jodoh gitu :) Nah, karena rasanya jadi enak banget, krupuknya jadi cepet habis. Maklum aja, makannya sambil nonton TV.  Nggak pake lama, abis deh diserbu pasukan  ;D (*makasih ya mbakren :)


Jagung memang bisa diolah menjadi bermacam-macam makanan.  Bahkan di beberapa daerah jagung menjadi makanan pokok. Kandungan karbohidratnya berguna untuk menambah tenaga. Buat yang malas makan nasi, jagung bisa juga jadi pengganti nasi.

Oya, selain dibuat berbagai macam makanan, jagung bisa dijadikan minuman juga lho. Tapi dibuatnya dari jagung kalengan. Diblender trus tambahin susu kental manis dan serutan es yang banyak. Duh, beneran seger bangeet. Cobain deh. Buat buka puasa oke banget.

Hm, pokoknya kalo ngomongin menu jagung gak bakal ada habisnya ya. Pasti akan jadi deretan menu yang panjang. Apalagi tiap-tiap daerah biasanya punya menu yang khas. Kalau teman-teman suka jagung yang dibikin jadi apa?

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp