Pages

25 September 2014

Cara mudah untuk meraih peluang dengan membangun Networking


Beberapa bulan yang lalu, saya dan beberapa teman blogger menghadiri Sharing Session yang di selenggarakan oleh Communicasting  Academy  yang bertempat di kawasan arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan dengan narasumber Donny de’ Keizer yang juga seorang TV Broadcaster dan CEO Media Dreyasa Komunikata Medcom) dan  Ita Sembiring, seorang penulis dan pemilik Event Organizer.

Acara diawali dengan sharing dari kak Ita Sembiring.  Penulis yang ramah ini membuat kami semua terlibat dalam acara perkenalan layaknya sebuah games. Seruuu..
Masing-masing peserta harus duduk bersebelahan dengan orang yang sama sekali belum di kenal.  Peserta yang masih duduk berdekatan dengan teman sesama komunitasnya di pisah-pisah. Jadi betul-betul berdampingan dengan teman baru.
Semua peserta harus berkenalan dan dalam waktu singkat, harus mampu mengingat dan menggali informasi sebanyak-banyaknya dari teman baru tersebut. Contohnya, hobinya apa, asalnya dari daerah mana, profesinya apa dan banyak lagi.  Jadi kebayangkan, baru kenal  kita udah di tuntut  kepo banget,hehehe.. apalagi mengingat waktu yang di berikan sangat sedikit, jadi ngomongpun terburu-buru. Teman bicara saya adalah seorang penyiar berita di TVRI,  saya sempat minta tip gimana caranya ngilangin rasa grogi  saat bicara di depan umum.  Beruntung sekali saya bisa dapat saran langsung dari ahlinya.. J


Setelah  acara perkenalan, kak Ita bergantian menunjuk beberapa peserta untuk maju dan bercerita tentang apa saja informasi yang di dapat dari perkenalan tersebut.  Terus terang dengan waktu sesingkat itu, saya hanya ingat beberapa hal saja.. untung saya tidak di panggil ke depan.^^
Kak Ita juga banyak bercerita tentang pengalamannya dalam menjalin hubungan dengan kenalan-kenalannya. Diantaranya dengan menyempatkan diri untuk memberi perhatian yang tulus, mengucapkan selamat pada hari-hari istimewa  dan banyak lagi yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga hubungan baik.
Memang lebih mudah bagi kita untuk menyerap ilmu yang berasal dari pengalaman orang lain. Tak hanya seru dan fun, Kak Ita juga memberi masukan untuk setiap pertanyaan dan hambatan peserta dalam bersosialisasi.  Singkat tapi jelas, jadi tak ada alasan untuk tidak menjalin komunikasi.

Usai menyimak pengalaman Kak Ita, mas Donny de’ Keizzer menyampaikan materi betapa pentingnya membangun networking  atau hubungan dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.  Hubungan dengan orang lain atau organisasi yang berpengaruh terhadap kesuksesan profesional maupun personal. Menurut pakar publik speaking ini, Networking lebih dari sekadar berkenalan, melainkan berbagi potensi dan informasi, mendapatkan integritas dan mempengaruhi dan menciptakan visi yang mengarahkan kemampuan masing-masing individu untuk melakukan sesuatu terhadap orang lain.



Nah, bagaimana cara memulainya? Ternyata sama sekali tidak sulit. Kita hanya perlu Membuka kesempatan untuk memulai pembicaraan dan saling berkenalan.  Saling bertukar kartu nama atau nomor kontak.  Bagaimana bila kita adalah orang yang pemalu atau sulit untuk memulai pembicaraan? Ternyata semua bisa di atasi dan di latih. Tak perlu jauh-jauh, mulailah dari lingkungan terdekat kita. Ingat-ingat lagi, selama ini adakah tetangga yang belum kita kenal? Mulailah untuk menyapa.  Usahakan ada interaksi. Terus terang saya sendiri masih sulit melakukan hal ini. Seringkali setiap ketemu tetangga saya hanya lempar senyum, terus udah.. hehehe  setelah mendengar penjelasan mas Donny, saya mulai  berpikir untuk  berubah.. 

 Bila kita sudah terbiasa untuk memulai percakapan, dengan sendirinya rasa canggung bila bertemu orang baru akan hilang. Nah, satu hal yang paling penting, jangan lupa untuk  memberikan nomor kontak atau kartu nama.  Setelah perkenalan, jaga untuk tetap saling berkomunikasi. Karena bisa jadi di kemudian hari kita akan membutuhkan profesi teman baru tersebut. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari depan nanti. Bisa jadi, kita atau teman kita yang akan memberikan peluang.   
Ohya, kenapa kita harus tetap berkomunikasi  dengan teman baru ataupun teman lama?
Karena,  menurut mas Donny,  peluang seringkali datang dari hubungan pertemanan. Ya, saya setuju sekali dengan penjelasannya.   Bukankah lebih mudah berurusan dengan orang yang sudah kita kenal?  Apalagi bila didasari dengan pertemanan yang tulus. Nah, jadi  yang perlu di garis bawahi,  tingkatkan pertemanan  dan selalu jaga hubungan baik. Dengan selalu menjaga hal ini,  rejeki dan peluang akan datang kepada kita. Mantap bangetkan..

Sayangnya, pertemuan harus segera berakhir.  Acara di tutup dengan foto bersama dan saling bertukar nomor kontak dan Pin BB. 

Ohya, untuk ke depannya, Communicasting Academy berencana untuk membuat pertemuan rutin agar lebih banyak teman-teman yang dapat menimba ilmu bermanfaat secara gratis. Kumpul-kumpul dan memperluas pertemanan. Ide yang sangat menarik ya.. Saya berharap makin banyak yang ikutan.

Terima kasih Communicasting Academy, mas Donny de’ Keizzer dan Kak Ita Sembiring,  Sharing Sessionnya sangat bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)