Pages

08 August 2014

Serangan Kaki Seribu

Sebelumnya saya mau ngucapin selamat lebaran dan mohon maaf lahir batin dulu buat teman-teman. Meski lebaran sudah lewat hampir dua minggu, selama masih bulan syawal masih boleh maaf-maafan. Walaupun kue-kue sudah tak bersisa sejak seminggu lalu^^
Mohon maaf untuk semua kelalaian saya, ya.. karena keterbatasan waktu dan koneksi, saya jarang berkunjung ke blognya teman-teman. Bahkan balas komenpun sangat lama.. :'( *memalukan sekali
Dan barusan mau reply komentar  kok nggak bisa  ya? Kualat nih kayaknya. Udah coba berkali-kali tetap nggak muncul juga..
Tapi, dengan segala keterbatasan saya itu, percayalah.. kalian sangat berarti dan selalu di hati.. *ngerayu biar nggak di geplak^^

Saya mau cerita soal malam kemaren, ada kejadian yang bikin saya heboh luar biasa.Jam setengah sembilan malam, saya lagi ngobrol di kamarnya anak-anak. Tiba-tiba saya dikejutkan dengan munculnya kaki seribu di lantai. Tau kaki seribukan? Nggak usah saya kasih foto lah ya, saya geli..hihii
Karena bagian samping rumah saya pas banget dengan kebun pisang, singkong, dan tanaman lainnya. Bukan hal baru lagi kalau
di rumah kadang muncul ulat bulu, kaki seribu, kupu-kupu atau tawon. Tapi jumlahnya nggak pernah banyak. Satu dua sih biasa. Masih wajar.

kebun di samping rumah saya
Tapi kemaren saya sampai bingung. Kaki seribunya muncul dalam waktu yang hampir bersamaan. Pas muncul di depan pintu kamar  tiga ekor, saya buang keluar. Kirain udah aman. Eh, tiba-tiba ada yang di lantai dapur, tiga juga. Nggak mungkin yang saya buang sebelumnyakan? masa' secepat itu.. Nah, pas saya buang lagi agak jauhan, anak saya udah teriak-teriak kaki seribunya muncul lagi.
Ya Allah.., ada apa ini? Saya mulai curiga. Entah berapa kali saya  keluar masuk bawa pengki sama sapu buat buang keluar. Antisipasi pertama, saya menggoreskan kapur anti serangga ke depan semua pintu. Berhasil sih, tapi reaksinya agak lama, mereka lemah juga setelah lewat beberapa meter. Tapikan nggak sabaran juga nunggu kayak gitu. Ya kali, mau dibiarin masuk semua :(

Akhirnya anak-anak gugling gimana cara ngelawan si kaki seribu dan teman-temannya. Ternyata mereka paling nggak suka dengan bau pembersih lantai, Densol atau Wipol yang baunya menyengat gitu. Ya, alhamdulillah masih punya  wipol. Ih, tapi kepikiran gimana mau ngepel kalau air nggak ada.. Duuuh! Kebetulan sejak siang air mati karena pompa rusak dan belum selesai diperbaiki.
Akhirnya saya tetesin aja wipolnya agak banyak di depan semua pintu. Nggak peduli anak saya teriak-teriak nggak suka baunya. Mereka memang nggak suka, padahal kalau ngepelkan dicampur air, otomatis baunya nggak begitu menyengat. Itu aja mereka udah protes, apalagi kalau saya tumpahin ekstraknya^^
Ya, nggak ada pilihan. Dari pada bolak-balik ngeluarin kaki seribunya..

Beberapa saat aman.Tapi hati saya kok tiba-tiba pengen lihat ya, ada apa di samping rumah? Inikan nggak biasanya..Berbekal wipol di tangan, saya ke teras samping.Oh my God... seperti nggak percaya dengan apa yang saya lihat. Kaki seribunya banyak sekali. Saya sampai merinding, ketakutan, geli, perasaan campur aduk. Sayangnya suami belum pulang. Jadi saya harus hadapi sendiri. Sambil teriak-teriak, sebentar ngeri, sebentar berani, saya siram aja wipolnya sepanjang teras sambil sesekali lompat ketakutan. Hiiii... menakutkan.Setelah itu, saya nggak berani keluar lagi. Saya masih merinding untuk waktu yang lama.
Sampai suami pulang, saya baru berani ikut ngecek keluar. Kaki seribunya udah nggak ada. Bau wipol itu kayaknya berhasil membuat mereka pergi. Tapi saya tetap merasa ketakutan. Kaki seribu kan bisa naik turun kemana aja,  nggak ada batasan. Sama kayak semut. Lewat mana aja hayuuk.. Seremkan?

Sampai hari ini, saya masih kepikiran apa sebabnya kaki seribu itu muncul bersamaan malam-malam. Meskipun siang-siang juga ada, tapi nggak pernah sebanyak tadi malam. Ada apa di rerumputan di antara pohon pisang itu ya? misteri yang belum terpecahkan.
Dan sampai saat inipun  mata saya masih tetap waspada. Lirik-lirik pintu, lantai dan kebun sebelah takut mereka muncul lagi. Duh, jangan sampai ..


13 comments:

  1. jaman TK pernah dihinggapi kaki seribu, kemudian badanku bentol2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius, kaki seribu bikin bentol2, Mba?

      Delete
  2. yaaaa... kalau saya udah jerit-jerit dan nangis kayaknya, Mak. Boro-boro ngebuang. Saya takut banget sama binatang melata

    ReplyDelete
  3. Haduh ngeri juga ya mak...saya takut binatang yg kayak gitu :(

    ReplyDelete
  4. Kaki seirbu suka tempat yang lembab. Kayaknya gtu, Mba.

    Ngeri banget kalau liat kerumunan kaki seribu.

    ReplyDelete
  5. waduuh, ngeri juga kalao kaki seribunya ada seribu... :(((

    ReplyDelete
  6. Saya paling geli dengan hewan yang satu ini. Di daerah saya namanya luding.

    ReplyDelete
  7. Kaki seribu ini juga kadang kerap muncul di pojok pojok rumah. Karena ada bagian yang lembab di sana. Anak anak selalu tidur di atas tempat tidur. Mengantisipasi aja. Soalnya kerap anak anak tidur di lantai dengan hanya beralaskan koran

    ReplyDelete
  8. untunglah ada wipol...jadi kaki seribu bisa terusir tanpa ada masalah....serem juga ya.....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  9. Ih kok bisa ya? Coba dicek cara berkembang biaknya mak, mungkin sarangnya dekat situ & terganggu. Aku juga nggak senang wipol, selain menyengat, juga terlalu keras dikulit. Kalau di Pku aku siapin di kamar mandi untuk nyiram kelabang kecil yg di air itu. Biasanya langsung mati, kebayang kan gimana kerasnya wipol utk kulit kita, Tapi itu termasuk bahan kimia wajib dirumah. Moga2 aman seterusnya ya.

    ReplyDelete
  10. aku baru baca aja langsung gatel nih :)

    ReplyDelete
  11. Duh ngeri mba. Yang kecil apa yang gede? Moga2 ga balik lagi ya kaki seribunya. Take care mbaaa

    ReplyDelete
  12. duh, aku kok merinding Mak bacanya.....kayaknya memang seputar rumah harus di bersihin mak..tempat2 lembab dan rimbun...

    Semoga mereka gak balik2 lagi...

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)