23 November 2012

Emak2 Blogger : Philips Peduli Perempuan

Apa yang terlintas pertama kali, bila kita menyebut kata, Philips?
Yap, yang terucap pastilah lampu atau beragam alat elektronik yang selalu memudahkan kita menikmati hidup. Blender, Mixer, Televisi, dan sejumlah barang lainnya yang menyemarakkan kehidupan keluarga di Indonesia. Tentu saja, tidak terpikirkan bahwa Philips akan menyentuh dunia perempuan secara khusus.
Itulah sebabnya mengapa saya tertarik ketika Philips mengundang Komunitas Emak2 Blogger, untuk hadir di acara Gathering Community, Philips Peduli Perempuan, yang bertajuk Spot it Yourself, pada Rabu malam tanggal 21 november lalu. Meski harus menentang derasnya hujan, dan jalanan yang macet, saya memaksakan diri untuk hadir. Berharap mendapatkan informasi untuk bisa saya bagikan kepada teman-teman.

Setengah jam menyusuri Kemang Raya, akhirnya saya sampai juga di depan Madeleine Bistro. Saya bergegas masuk dan bertemu dengan teman-teman Emak Blogger, mak Vema Syafei dan mak Fitri Rosdiani. Kami menikmati hidangan makan malam yang  disediakan. Senang melihat menu masakan yang menurut saya sesuai dengan topik malam itu. Aneka salad, sayur, buah ,dan  ikan yang di masak dengan bumbu yang nggak neko-neko. Tapi terasa lezat membelai lidah.(silahkan membayangkan sendiri kelezatannya.. :)

Usai makan malam, acara dimulai. Beberapa kali pembawa acara, meminta kami untuk mengikuti acara itu dengan santai. Bukannya santai, malah makin lama makin serius. Mungkin karena yang dibicarakan menyangkut penyakit yang mengkhawatirkan, jadi semua peserta fokus mendengarkan.
Di awali dengan mbak Rina Susanti yang menceritakan pengalamannya sebagai survivor kanker payudara.. Pengalamannya itulah yang membuat ia mencoba ikut serta dalam lomba The (+) Project yang diadakan Philips. Ternyata idenya untuk membantu masyarakat Indonesia untuk  mendapatkan akses kesehatan secara mudah dan murah melalui mobile application, mengantarkannya sebagai pemenang. Philips menyambut baik ide cemerlangnya. Bersama Yayasan Kanker Indonesia(YKI) bergandeng tangan untuk meluncurkan "Spot It Yourself" sebagai  mobile application pertama di Indonesia. Bukan hanya lewat internet, nantinya  juga akan di buka layanan lewat sms. Fitur-fitur yang ada akan terus di tambah, dokter-dokter yang melayani konsultasipun adalah dokter-dokter yang berpengalaman. Wah, tentunya ini berita yang sangat menggembirakan, ya?



 Bapak Aswindaru Rinenggo  selaku Head of Operation Philips pun menjelaskan dengan semangat, bahwa Philips sangat peduli dengan program ini. Ini di tunjukkan dengan kelengkapan alat-alat pemeriksaan yang canggih. Lalu, sempat muncul pertanyaan,  bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mammografi dan pemeriksaan lainnya? Ternyata biayanya cukup terjangkau, sangat jauh dengan biaya bila kita melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit pada umumnya. Hmm, penjelasan yang cukup melegakan. :)

                                                    Dr. Ulfana Said Umar, sedang menjelaskan

Setelah itu obrolan dilanjutkan dengan Dr.Ulfana Said Umar dari Yayasan Kanker Indonesia. Beliau menjelaskan panjang lebar tentang bahayanya kanker payudara.Seringkali kanker payudara  tidak menunjukkan gejala, dan tidak disadari oleh penderita.Dan harus selalu di ingat : Jangan abaikan anjuran untuk melakukan "SADARI = yaitu Periksa Payudara sendiri" tujuh hari setelah haid, dan " SADARI", kapan saja untuk usia 50 tahun ke atas. Yang tak kalah mencemaskan Kanker payudara bahkan bisa menyerang di usia lanjut. Sebenarnya kanker payudara bukan hanya berpeluang diderita oleh kaum perempuan saja lho, kaum lelakipun juga harus waspada.Mengerikan sekali, ya?  Nah, petunjuk pemeriksaan SADARI , juga ada di Spot It Yourself, lengkap dengan gambar-gambarnya. Selanjutnya tersedia juga langkah-langkah apa yang harus kita lakukan bila ternyata hasil SADARI menunjukkan tanda-tanda yang mencurigakan. Duuuh, jangan sampai ya...
Dari bu dokter Ulfana banyak sekali informasi yang kami dapatkan. Namun untuk lebih jelasnya, teman-teman dapat mengunjungi linknya langsung. Yaitu : bit.ly/spotityourself .

 Puas mendengarkan penjelasan, acarapun berlanjut dengan kuis. Ada 10 hadiah yang disediakan Philips, untuk peserta yang bisa menjawab pertanyaan seputar topik malam itu. Alhamdulillah, saya mendapatkan satu. Yaitu, sebuah lampu beserta remotenya. Lumayan, buat persediaan di rumah,bisik saya dalam hati, tentu saja dengan senyum mengembang.. :)


                                          kaos dan lampu+remote yang bisa saya bawa pulang ^^

Acara kemudian di tutup dengan sesi foto bersama, dengan berbagai gaya. Maklum, narsis-narsisan agak sulit untuk dihilangkan. Bersama dokter-dokter, ibu-ibu dari YKI, dan berbagai komunitas peduli perempuan, semua bergaya suka-suka. Sayangnya foto bersama semua peserta  tidak terdokumentasikan. Tiba-tiba kamera saya mendadak mati, padahal gayanya keren-keren.

bersama mak Vema Syafei, Dr. Ulfana, mbak Rina Susanti dan mak Fitri Rosdiani
(foto-dok. Vema Syafei)


Bersama mbak Chatrine PRnya, Philips 

Sebelum pulang, mbak Chatrine Siswoyo yang menjabat public relation Philips meminta kepada kami, Komunitas Kumpulan Emak2 Blogger untuk berbagi  informasi   kepada teman-teman perempuan lainnya. Ah, sebenarnya tanpa diminta pun dengan senang hati, kami akan melakukannya. Bukankah KEB ada untuk berbagi? Saya, mak Vema Syafei dan mak Fitri Rosdiani menjabat erat tangannya, sebagai dukungan atas inovasi yang telah Philips dan YKI lakukan untuk mewujudkan ide hebat dari  mbak Rina Susanti , untuk melindungi perempuan Indonesia dari bahaya kanker payudara. Semoga langkah nyata ini, dapat menyelamatkan banyak perempuan Indonesia untuk tetap sehat dan ceria. Kita doakan bersama ya , maaaak? :D



Salam, ^^

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

11 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. makasih ceritanya yah...... sy terlambat tahu info ini, baru sadar kanker payudara pernah menyerang adik ipar saya dan sudah meninggal, tahu-tahu sudah ganas dalam waktu kurang lebih 7 bulan.... hmm ngeri dan serem ceritanya.... skrg sy jadi agak perhatian dalam masalah kesheatan tsbt, kadang emang gak kepikir kalo penyakit tsbt bisa menyerang siapa aja yah... hi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak luluk. saudara saya juga kena kanker payudara, malah ada yang kena di usia 80tahun. Memang mengerikan ya.. Semoga kita semua terhindar ya, mbak. Yuk,kita sama-sama lebih perhatian terhadap kesehatan. Trims, ya sudah mampir :)

      Delete
  2. Seringkali kanker payudara tidak menunjukkan gejala, dan tidak disadari oleh penderita.

    ==> setuju bgt.. Kyk sy aja tuh merasa sehat aja.. tau2 yah gitu deeehhhh.. Kata dokter pasti menyerangnya udah lama, cuma sayanya aja yg gak pernah merasa.. Harus semakin jaga2 deh sm kesehatan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi dirimu juga ya,mbak? Duuh,ngeri ya..
      semoga kita selalu sehat ya, mbak.., serem banget soalnya.

      Delete
  3. terima kasih sudah berbagi mbak, semoga banyak wanita-wanita diindonesia yang sadar kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mamanya Cal-Vin.., Aamiin, semoga ya.. ;)

      Delete
  4. Ingin hadir namun karena satu hal tak bisa, syukur ada liputannya. Trims Waya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa hadir, meskipun hujan+ petir tak berhenti. Setidaknya bisa berbagi. Sama-sama ya..,trims sudah mampir :)

      Delete
  5. Mba...makasih sharing yang berarti sekali. jadi seperti mengikuti acara disana setelah membaca tulisan mba waya... salam kenal

    ReplyDelete
  6. Keren ya KEB, semakin banyak dikenal, alhasil emak-emak yang jadi membernya juga sering banget nih ikutan acara off-line, hehehehehe....apalagi ada makan malamnya lho jadi membuat emak-emak semakin akrab. Postingannya bagus lho.

    ReplyDelete
  7. Waduuh, kenapa ya mau reply comment teman-teman selalu gagal. Kok jadi lebih mudah posting daripada mereply. Kira-kira salahnya dimana ya? bingung.. :(

    Mbak Astin Astanti : sama-sama mbak, makasih udah mampir n baca tulisan saya. Salam kenal juga ya.. :)

    Makbunbun Yati rachmat : Iya, bun.KEB makin di kenal nih. Seneng ya bun, bisa ikutan acara offline, lebih terasa kebersamaannya. Makasih ya bunda, udah komen postingannya. Di bilang bagus lagi..,idiiih melayang deh saya..,hahhaha

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp