Pages

23 November 2019

SELAMATKAN KELUARGA DARI BAHAYA DIABETES


Memiliki orang tua dengan riwayat penyakit diabetes, membuat saya sedikit khawatir. Karena, mau nggak mau, saya bersaudara memiliki risiko yang sama, rentan terkena dibetes juga. Sadar dengan risiko ini, akhirnya membuat saya rutin memeriksakan darah setiap tiga bulan sekali, Sekadar buat jaga-jaga dan membuat saya tetap waspada. Selain itu, tetap meng-update info seputar diabetes.

Beruntung, saya bisa hadir dalam acara yang diadakan Kemenkes, dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia 2019. Berbagai informasi tentang penyakit Diabetes disampaikan oleh narasumber yang hadir. Di antaranya,  dr, Michael Triangto, Sp. KO, Prof. dr. Jose RL Batubara, PhD, SpA [K], Dr, Cut Putri Arianie, Ibu Suharyati, SKM, MKM, RD-PERSAGI dan dr. Fatimah Eliana Taufik, Sp.PD, KEMD.




Diabetes memang bukan penyakit menular, tapi harus diwaspadai. Karena merupakan penyakit yang bisa menyebabkan masalah serius seperti kematian, dan merupakan penyakit yang memerlukan perawatan dan biaya yang tidak sedikit. Penderita Diabetes tak lagi leluasa, karena ketergantungannya pada insulin. Ya, semakin lama angka penderita penyakit diabetes terus meningkat setiap tahunnya. 

Banyak data yang menunjukkan bahwa penderita Diabetes sama sekali tidak menyadari kalau dirinya sudah terkena Diabetes. Gaya hidup yang tidak sehat, banyak makan makanan yang mengandung gula berlebih, kurang serat dan olahraga, menjadi penyebab utama seseorang terkena Diabetes. Apalagi dengan kebiasaan menggunakan gadget yang menyebabkan kita jadi kurang gerak, lemak makin menumpuk dan menyebabkan ketidakseimbangan terjadi di dalam tubuh. Padahal, Diabetes bisa dicegah.

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menyikapi bahaya Diabetes ini, membuat pemerintah tak henti-hentinya mensosialisasikan pentingnya hidup sehat. Bahkan dikeluarkan INPRES NO 1 Tahun 2017. yang isinya :
  • Peningkatan Aktifitas Fisik
  • Peningkatan Perilaku Hidup Sehat
  • Penyediaan Pangan Sehat dan Percepatan Perbaikan Gizi
  • Peningkatan Pencegahan dan Deteksi Dini Penyakit
  • Peningkatan Kualitas Lingkungan
  • Peningkatan Edukasi Hidup Sehat
Kesadaran untuk memiliki gaya hidup sehat harus dimulai dengan menjaga kesehatan dalam ruang lingkup keluarga. Karena Diabetes, bukan hanya menyerang orang dewasa. Sekarang, anak-anak pun tak luput dari ancaman Diabetes. Dan akibatnya tetap sama. Sama-sama menyebabkan kematian. Peranan keluarga sangat penting dalam upaya menekan jumlah penderita Diabetes. Menciptakan generasi yang sehat baik fisik, mental, dan sosial.

Beberapa upaya untuk menghindari penyakit Diabetes adalah dengan rajin memeriksan diri melalui cek gula darah. Menjaga agar berat badan tetap ideal dengan mempertahankan agar lingkar pinggang tidak lebih dari 80cm. Selain itu, tentu saja dengan berolahraga minimal 30 menit, atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Pentingnya menjaga agar seluruh anggota keluarga terhindar dari bahaya penyakit Diabetes tentunya harus menjadi tekad kita bersama. Karena sehat adalah segala-galanya.














02 November 2019

PENTINGNYA MENDETEKSI PENYAKIT STROKE SEJAK DINI


image : Pixabay.com

Menjalani hari-hari dengan badan sehat dan bugar, adalah nikmat yang luar biasa. Bisa lari pagi tanpa napas tersengal, atau bisa jalan kaki tanpa keluhan sakit, adalah anugerah yang harus disyukuri. Soalnya, sedikit saja ada bagian tubuh yang sakit, bisa membuat kita jadi nggak nyaman. Konsentrasi jadi berkurang dan menyebabkan pekerjaan jadi terbengkalai. Begitu mahalnya kesehatan, hingga ketika sakit menyerang, kita bahkan mau melakukan apa saja untuk mendapatkan kembali nikmatnya sehat.

Sering terjadi, kita baru menyadari betapa berharganya nikmat sehat, setelah penyakit datang menyerang. Baru tersadar, kenapa ya, nggak menjaga pola makan. Kenapa ya, nggak membiasakan diri berolahraga. Kenapa ya, nggak cepat-cepat memeriksakan diri  ke dokter. Padahal, penyakit bisa dicegah, bila kita waspada dengan gejala-gejala yang disampaikan tubuh.


WASPADA BAHAYA PENYAKIT STROKE