14 September 2019

PESONA KERAJINAN INDONESIA DI PAMERAN KRIYA NUSA 2019


Suatu siang di sebuah acara di Kembang Goela Resto,

"Seberapa Indonesia, kah, kamu?" Suara Yosh Aditya sang pemandu acara, menyapa seluruh tamu undangan yang hadir pada 9 September 2019 lalu. 
Mendengar pertanyaannya, semua menjawab dengan spontan. "Indonesia banget laah.."

Sudah pasti dong, ya. Siapa yang nggak cinta sama tanah airnya sendiri.




Tapi masalahnya, bukan soal cinta tanah air yang ditanyakan Yosh. Tapi, sejauh mana, kita sebagai warga negara Indonesia, mencintai produk-produk hasil buatan tangan bangsa sendiri. Mulai dari ujung kaki, sampai ujung kepala. Nah, lho!

Makanya, waktu itu, Yosh bikin games tentang seberapa Indonesianya kamu. Pesertanya adalah, siapa yang berani maju dan nunjukin apa aja produk Indonesia yang dipakai saat itu. Yang terbanyak pakai produk dalam negeri, dialah yang
menang.

Seru deh..




Teman-teman ada yang pakai batik, tas kulit, bros, jilbab, lurik dan baju tradisional suku Asmat. Mereka semua berhak memenangkan hadiah yang disiapkan panitia.

Saya nggak pakai buatan Indonesia? Hehehe, pakai dong. Waktu itu saya cuma pakai dua item yang terlihat Indonesia banget. Yaitu sepatu batik dan gelang batu souvenir dari Candi Borobudur. Baju sih bikin sendiri. Tapi  udah yakin aja gak bakal menang, jadi gak maju.

Teman-teman suka pake produk dalam negeri?

Hayoo, coba diingat-ingat lagi. Kalau masih banyak menggunakan produk luar, mungkin itu karena kita belum mengenal produk Indonesia yang nggak kalah kerennya dengan produk luar. Bahkan, karena keindahannya, banyak turis yang rela berburu kain-kain tradisional di daerah yang terpencil. Mereka begitu menghargai setiap proses yang dilalui para pengrajin. 

Bagaimana dengan kita?

Di acara Temu Netizen #Kriyanusa2019 yang saya hadiri bersama teman-teman dari Blogger Crony Community kemarin, senang sekali bisa mengikuti bincang-bincang bersama narasumber Bapak Widodo Muktiyo (Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI), Ibu Euis Saedah (Sekretaris Jenderal Dekranas), Ibu Triana Rudiantara (Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi KriyaNusa), dan Ibu Septriana Tangkary (Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI). 




Turut hadir juga Kak Yosi Project Pop yang akan sharing tentang kecintaannya pada produk Indonesia.

Bincang-bincang hari itu adalah tentang kemajuan yang dialami pelaku UKM di Indonesia. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, UKM di daerah-daerah dari seluruh Indonesia siap untuk mengambil peran melalui dunia digital, ikut serta meramaikan e-Commerce dengan produk yang berkualitas.

Ibu Septriana Tangkary bahkan memamerkan outfit yang dipakainya hari itu. Tas yang dibuat oleh korban bencana Tsunami Banten, dan juga baju yang dibuat dari kain perca yang cantik. Melihat penampilannya yang keren, rasanya ikut bangga.


Dengan  makin mudahnya masyarakat Indonesia mengakses internet, maka semakin terbuka lebar jalan bagi para pelaku UKM untuk mengenalkan produknya secara luas. 

Wah, seneng banget ya.. berarti sekarang akan lebih mudah bagi kita, untuk mendapatkan berbagai kerajinan Indonesia. Nggak perlu datang langsung ke tempatnya.



PAMERAN KERAJINAN KRIYA NUSA 2019



Kita patut bersyukur karena keragaman budaya yang ada, membuat kerajinan yang dibuat setiap daerah  jadi memiliki  ciri khas masing-masing. Mulai dari motif tenun, songket, bahkan batik pun muncul dengan keragamannya masing-masing. Jenis produknya pun berkembang pesat. Mulai dari souvenir, aksesories dan pelengkap penampilan seperti topi, ikat pinggang, syal, tas dan juga sepatu.

Pengen tau nggak, gimana beragamnya produk kerajinan Indonesia?

Buat teman-teman yang ingin mengenal lebih jauh betapa cantiknya produk kerajinan Indonesia, ada pameran yang sayang banget kalau dilewatkan. Mulai tanggal 11 sampai 15 September 2019, akan ada Pameran Kerajinan Kriya Nusa 2019 yang diselenggarakan oleh DEKRANAS yang akan menampilkan berbagai macam kerajinan dari berbagai daerah di Balai Kartini, Jl. Gatot Soebroto kav. 37, Jakarta Selatan 12950.

Mengambil tema "Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan" Dekranas mengukuhkan bahwa produk kerajinan Indonesia memiliki kualitas yang patut dibanggakan dan dapat diterima di mata dunia. 

Peserta pamerannya sendiri melibatkan 246 stand yang terdiri dari :

  • KEMENTERIAN dan BUMN yang akan menampilkan 37 stand
  • DEKRANASDA menampilkan 170 stand yang terdiri dari 34 propinsi
  • INDIVIDU 25 stand
  • MITRA 8 stand
  • ASOSIASI 6 stand   

Produk yang dipamerkan terdiri dari berbagai kategori. Yaitu :

  • Tekstil
  • Keramik
  • Serat Alam
  • Batu-batuan
  • Logam
  • Kayu
  • Bahan Baku Alam
  • Bahan Baku Alam Olahan
  • Lukisan

Banyak banget ya, kategori produknya..
Coba lihat foto-foto di bawah ini. Semua bikin lapar mata ^^

(Foto Dok : Daffana)

(Foto Dok : Daffana)


(Foto Dok : Daffana)

Dengan kerajinan yang berkualitas dan beragam seperti ini, bisa banget jadi modal Indonesia untuk sukses di pasar internasional. Tahun lalu aja, ekspor produk kerajinan nasional menghasilkan 1,2 juta dolar AS bagi devisa Indonesia. Semoga di tahun ini dan yang akan datang, semakin meningkat, ya.

Yuk, sama-sama kita dukung supaya produk Indonesia semakin disukai masyarakat dunia.Tanamkan kecintaan untuk 100% mencintai produk-produk Indonesia dan bangga menggunakannya. Kalau bukan kita, siapa lagi, kan?




Jadi, gimana, sudah siap berkunjung ke pamerannya? 













bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp