24 November 2018

TENTANG MEDIA SOSIAL




Pernah kesel nggak, baca-baca komentar di Instagram atau Facebook di postingan seseorang yang kebetulan nggak sejalan dengan pikiran yang membuat komentar?
Kalimat-kalimat negatif, keluar dengan mudahnya. Sumpah serapah, cacian bahkan hinaan mengalir tanpa ada rem sedikitpun. Sampai-sampai kita yang baca hanya bisa mengelus dada. Kok, bisa ya..

Ada pepatah yang udah populer sejak dulu, "Mulutmu Harimaumu" yang mengingatkan kita untuk hati-hati bicara. Sekarang, itu aja udah nggak cukup lagi, ya.
Perlu ditambah dengan "Jempolmu Harimaumu" Karena kebebasan berkomentar di media sosial membuat jempol-jempol cepat sekali mengetik. Tanpa pikir lagi langsung reply. Mungkin karena nggak bertatap muka ya, mereka merasa sah-sah aja nyinyirin hidup orang.

Yah, begitulah. Hidup di jaman now, media sosial menjadi wadah untuk berekspresi. Bagi yang memanfaatkan akun media sosialnya dengan baik, akan mendapatkan keuntungan. Misalnya untuk membangun networking. Pertemanan yang baik akan membawa kita ke hal-hal yang baik. Sebaliknya, kalau nggak bisa menggunakan dengan baik, apa yang dilakukan jadi sia-sia. Komentar-komentar jelek, suka menghina orang lain sebenarnya mencerminkan siapa diri kita.

Padahal, banyak sekali peluang yang bisa didapat kalau kita bijak. Ibarat pegang remote control, kita sendiri yang tentukan mau pilih yang mana.

Media Sosial buat saya, membuka banyak sekali kesempatan. Dari media blog saya belajar untuk menulis dan dengan berjalannya waktu, benefit datang sendiri. Lewat Facebook pun demikian. Banyak teman banyak rejeki. Berteman dengan orang-orang positif membuat saya juga terpacu untuk meningkatkan kemampuan seperti mereka.
Sebaliknya, dengan orang-orang yang selalu menebar hal negatif yang bikin saya nggak nyaman, saya pilih skip aja. Lebih baik jaga hati sendiri.

Lewat media sosial Facebook pun, saya bersyukur banget,  bisa bertemu lagi dengan teman-teman masa sekolah yang sudah 24 tahun nggak ketemu. Berkat adanya facebook kami bersatu lagi dalam persaudaraan yang lebih erat. Langsung reuni pulak. Bahagianya nggak bisa dijelaskan :)

Dulu terakhir kali ketemu, kami masih putih abu-abu, sekarang udah ibu-ibu.. ^^



Apapun media sosial yang kita punya, baiknya lakukanlah untuk hal yang bermanfaat. Membangun usaha online, mempererat tali persaudaraan, menyatukan lagi yang tadinya sempat terpisah, menebar ilmu dan hal-hal positif lainnya.


Buat yang hobi share berita, pastikan dulu yang kita share bukan hoax.  Telusuri dulu sumbernya. Percayalah, ada kok, postingan-postingan yang sengaja dibuat untuk memancing keributan. Jangan sampai gara-gara kita, banyak orang jadi kemakan hoax. 🙄
Jangan lupa, ada Undang-undangnya.

UU-ITE siap mencaplok siapa saja yang melanggarnya. Ngeri, kan.. udah banyak loh, yang dipenjara.
So, mari sama-sama jaga jempol.

Semoga kita selalu dilindungi Allah SWT dari hal-hal buruk  ya.

Salam..



bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp