07 November 2018

DOMUS, RUMAH PERMANEN INSTANT TAHAN GEMPA


Ketika bencana menimpa Palu dan Donggala dengan begitu dahsyatnya, tak terhitung jumlah orang-orang yang kehilangan keluarga tercinta. Dalam waktu sekejap, semua hilang. Nyawa, bahkan harta benda termasuk tempat tinggal pun ikut musnah. Tak sanggup rasanya membayangkan andai kita yang mengalaminya. *Doa terbaik untuk mereka yang tertimpa musibah.

Mengikuti perkembangan daerah-daerah yang terdampak bencana yang masyarakatnya harus segera bangkit untuk membenahi hidup,  sangat diperlukan gerak cepat untuk membantu masyarakat yang butuh tempat tinggal. Kasihan kan kalau harus tinggal lama dalam pengungsian. Dengan hanya tenda sebagai tempat berteduh. Mereka butuh hunian sementara sebagai tempat berlindung. Tempat tinggal yang kuat dan aman.


Di pikiran saya yang awam tentang membangun rumah, pastinya butuh waktu ya, untuk membangun sebuah rumah yang bisa memenuhi segala aspek. Jika waktu membangunnya cepat, apakah kualitasnya tetap terbaik? Apakah juga bisa tetap kuat dan aman untuk penghuninya?

Banyak banget pertanyaan yang muncul di benak saya. Apalagi, Indonesia memang daerah rawan gempa. Membangun sebuah hunian yang tahan gempa rasanya menjadi impian banyak orang.

Akhirnya saya menemukan jawabannya ketika mengikuti acara Pameran Construction  Indonesia di JI-EXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Kementrian PUPR dan LPJK. Acara pembukaan pameran dihadiri oleh Presiden RI, Bapak Jokowi  dan dihadiri oleh 10.000 tenaga ahli konstruksi pada hari Rabu, 31 November 2018.



MENGENAL DOMUS SI RUMAH PERMANEN INSTANT





Melalui Pameran Konstruksi yang berlangsung hingga tanggal 2 November ini lah, membuat saya bisa mengenal lebih jauh tentang DOMUS. Untuk yang belum tau, DOMUS adalah rumah permanen instant yang dibangun dengan sistem yang dikembangkan oleh PT. TATALOGAM LESTARI yang memungkinkan membangun rumah dalam waktu cepat.

Oh ya, PT. TATALOGAM LESTARI adalah perusahaan genteng metal dan baja ringan terbesar di Indonesia yang selalu berinovasi dalam mengembangkan produk-produknya.

Inovasi DOMUS memungkinkan membangun rumah hanya dalam hitungan hari. Untuk HUNTARA (hunian sementara) seperti daerah yang tertimpa bencana seperti Palu, konsep yang digunakan adalah menggunakan kerangka baja ringan dengan rangkaian-rangkaian yang disambung dengan baut khusus. Nantinya akan menggunakan dinding terpal atau batako dan berbagai material lain hingga menjadi sebuah rumah. Bila keadaan sudah membaik dan trauma masyarakat sudah pulih, bangunan Huntara bisa diubah menjadi Huntap atau hunian tetap. Materialnya bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.

Nah, ide tentang HUNTARA yang bisa beralih fungsi ini ternyata datang dari Bapak BasukiHadimuljono, Menteri PUPR yang disampaikan kepada PT.TATALOGAM LESTARI dalam sebuah pameran. Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Stephanus Koeswandi, Vice President PT.TATALOGAM LESTARI pada hari itu.

Untuk HUNTARA DOMUS standar dengan luas bangunan 36 M2 bisa dibangun dalam waktu 2 hari saja. Cepat sekali ya. Jadi, masyarakat yang menjadi korban gempa bisa cepat tertolong.

Spesifikasi HUNTARA adalah :

  1. Rangka kolom : praktis
  2. Rangka atap  : taso/kaso
  3. Penutup atap : sakura mx
  4. Penutup dinding : terpal tanpa sekat ruangan


Uniknya, Huntara dengan teknologi DOMUS ini, jika sudah tidak terpakai bisa dibongkar, disimpan dan digunakan lagi jika dibutuhkan. Jadi nggak ada istilah mubazir.




Hm, kalau dibuat dari rangkaian dan baut gitu, kira-kira kuat nggak ya?

DOMUS memang memiliki keunggulan dalam konsep bangunannya. Yaitu :


  •  KUAT


Rangka bangunan, kolom praktis dan rangka atap, menggunakan Baja Ringan. Pengalaman PT. TATALOGAM LESTARI selama puluhan tahun membuat reputasinya menjadi yang terbaik di Indonesia. DOMUS sudah lolos uji Ketahanan Gempa di PUSLITBANG PUSKIM KEMENTRIAN PUPR. PT. TATALOGAM LESTARI pun sudah meraih berbagai penghargaan untuk inovasi produk-produknya.



  • CEPAT
Proses pengerjaan dilakukan dengan matang. Manajemen waktu yang terukur dan sistematis. Mulai dari penentuan bahan, pengadaan material, tahap-tahap perakitan dan pemasangan, juga pembagian kerja tukang yang disesuaikan dengan keahliannya. Pengerjaan jadi lebih cepat.


  •  HEMAT
Biaya bahan menjadi lebih hemat, karena sudah melalui perhitungan yang matang. Bahan sisa dapat diminimalisir.


  • INDAH
Kualitas material yang baik dan pekerjaan yang dilakukan dengan sentuhan yang artistik menjadikan bangunan nggak hanya sekadar bangunan. Tapi juga memiliki keindahan.



DOMUS UNTUK RUMAH TINGGAL


Selain cocok untuk HUNTARA, DOMUS juga bisa jadi pilihan untuk membangun rumah di perkotaan, daerah urban, pertambangan atau perkebunan. Atau bisa juga untuk gudang, pasar atau ruko. Dengan DOMUS, Rumah Permanen Instant bisa dibuat hanya dalam waktu 5 hari. Bahkan hanya dengan 4 tukang.

Kok bisa cepet ya?

Bisa laah. Kuncinya terletak pada Perencanaan yang matang, material yang tepat, teknik pengerjaan yang benar , efektif dan efisien.

Waktu pengerjaan selama 5 hari itu, akan digunakan dengan maksimal. Mulai dari hari pertama sampai penyempurnaan



DOMUS tersedia dalam 3 tipe standar. Yaitu :
  • Tipe 21
  • Tipe 30
  • Tipe 36
  • Tipe 45

Dengan 3 pilihan paket rangka yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  1.  PAKET RANGKA. Paket ini meliputi Rangka praktis, Rangka kuda-kuda TASO, Rangka plafond dan Genteng metal sakura mx.
  2.  PAKET PUTIH. Paket Rangka ditambah  bata ringan, roster keramik, kloset dan keran, jendela, pintu dan penutup plafon dan instalasi listrik dan air.
  3. PAKET KOMPLIT. Paket Putih ditambah Plesteran + aci (bagian luar), Aci bagian dalam dan pengecatan.

Dengan inovasi DOMUS dari PT. TATALOGAM LESTARI, memiliki rumah yang kuat dan tahan gempa, ternyata nggak makan waktu lama ya.. cukup 5 hari saja!

Pengen tau info lebih lanjut?
Boleh  banget kok. Silakan intip websitenya di www.tatalogam.com atau Instagram @simantap. Atau pengen tanya-tanya langsung lewat telepon, bisa hubungi 021 - 5688284 / 5688285.





































bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp