Pages

07 June 2018

WAKAF AL QURAN UNTUK NEGERI DARI SINAR MAS


(dok :sinarmas.com)


Assalamu'alaikum..

Halo teman-teman.. apakabarnya di hari-hari menjelang berakhirnya bulan Ramadan ini?
Nggak terasa ya, waktu begitu cepat hingga tanpa terasa kita sudah berada di penghujung. Rasanya belum maksimal memanfaatkan waktu untuk melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya. Masih banyak banget yang ingin dilakukan.

Di sepanjang Ramadan ini, saya banyak merenung, tentang pentingnya menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama. Apalagi kalau ingat, "Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain" Duh, berasa banget kalau menjadi manusia tuh, yang penting adalah seberapa besar kepedulian yang dimiliki. Nggak peduli sebesar atau sekecil apa pun, apa yang kita lakukan, yang penting bernilai manfaat untuk orang lain.

Seperti di bulan yang penuh berkah ini, orang berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik. Menebar manfaat dan kebahagiaan untuk sesama dengan melakukan berbagai kegiatan amal di
berbagai tempat. Untuk hal seperti ini, boleh lah kita merasa iri ya.. :D

Salah satu kegiatan bermanfaat juga dilakukan oleh Sinar Mas. Sejak tahun 2008. secara rutin memberikan wakaf Al Quran untuk negeri yang didukung oleh Asia Pulp & Paper Sinar Mas. Sepanjang kurun waktu berjalan, lebih dari 800.000 mushaf Al Quran, 50.000 buku panduan membaca Al Quran dan Juz Amma, 300 set Al Quran Braile bagi tuna netra, telah disalurkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Saya sempat menonton manfaat wakaf quran braile ini di youtube. Rasanya tersentuh dan terharu, betapa dengan keterbatasan penglihatan, mereka tetap bisa menyentuh huruf demi huruf ayat-ayat suci Al Quran dan melantunkannya dengan indah. Coba teman-teman liat deh..



Terharu banget ya..  *saya jadi malu sama diri sendiri :(


 WAKAF QURAN UNTUK NEGERI 



Wakaf Al quran untuk negeri di bulan Ramadan ini, sudah dilaksanakan oleh sinar mas, sejak awal bulan ramadan. Wakaf Al Quran diberikan kepada Masjid Istiqlal dengan harapan, masyarakat dapat mengamalkan membaca Al Quran dan mengkhatamkannya sepanjang bulan ramadan.
Langkah ini juga untuk mendukung langkah pemerintah dalam memperluas ketersediaan Al Quran di masyarakat. Sebagai penduduk dengan muslim terbanyak, kebutuhan akan Al Quran sudah tentu sangat tinggi.

Penyerahan secara simbolik atas ribuan mushaf dilakukan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar, didampingi para tokoh dan jemaah yang hadir jelang dimulainya ibadah shalat tarawih.




Selain memberikan wakaf Quran di masjid Istiqlal, Sinar Mas juga melakukan berbagai kegiatan di berbagai wilayah. Tangsel menjadi tempat untuk menjalin silaturahmi sekaligus mengundang ratusan anak yatim serta unsur muspida setempat. Pemerintah Kota Tangerang Selatan bersama Indah Kiat Pulp & Paper kembali mendonasikan 4000 mushaf Al Quran. Acara diadakan di Main Office Indah Kiat Tangerang




Turut didonasikan juga Al Quran braile yang ditujukan untuk umat muslim yang berkebutuhan khusus. Al Quran yang diwakafkan selanjutnya akan disalurkan melalui berbagai mitra dari Pemerintah Kota Tangsel dan mitra terkait lainnya.

Semua Al Quran yang diwakafkan dicetak di atas kertas Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang bagi pencetakan kitab suci dan buku agama yang memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Seluruh proses pembuatan Quran Paper mengedepankan aspek halalan toyyiban. Halal dan baik.  Mulai dari bahan baku, proses pembuatan, peralatan mesin dan proses penyimpanan semua telah melalui serangkaian proses yang panjang hingga memenuhi kaidah kehalalan untuk sertifikat MUI dan ISO 9706 yang telah dilabelkan pada produk QPP Sinar Tech. Karena kehalalan ini, 90 persen produksi Quran paper diekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika.

Quran Paper yang diproduksi oleh PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill, merupakan kertas berwarna dengan tekstur halus dengan daya serap tinta yang baik. Kecerahan warnanya juga maksimal. Nyaman di mata. Desainnya pun khusus dan memiliki spesifikasi high smoothness dengan tingkat kehalusan yang sangat tinggi. tapi, meski pun halus, walau dicetak bolak-balik, setiap titik dan hurufnya tercetak dengan baik.

Soal ketahanan kertas, tentu saja menjadi hal yang paling utama. Soalnya kitab suci Al Quran akan dibaca terus dan terus. kalau nggak awet pastinya akan cepat rusak dong. Nah, kelebihan kertas Quran Paper ini, mampu bertahan hingga 100 tahun dalam pemakaian normal.


Eh, btw.. jadi pengen tau ya, kenapa Quran Paper itu dikenal dengan singkatan QPP. Tiga huruf doang..

Nah, jadi tuh, pada tahun 2002-2003, IKPP Tangerang sedang berinovasi untuk mengembangkan dan memasarkan kertas berwarna. Di antaranya kertas berwarna pastel dan ceramish paper.
Saat creamish paper mulai ditingkatkan kualitasnya untuk memasuki pasar Timur Tengah, produknya belum dikasih nama. Ada klien dari pakistan yang memberi ide untuk menggunakan nama Quran Paper. Tapi, karena syarat untuk ekspor harus memiliki nama dengan tiga huruf saja, jadi lah Quran paper disingkat menjadi QPP. Nama yang simpel banget ya.. tapi, ternyata nama ini menjadi paling dominan dan sukses melekat. Saking nempelnya diingatan, konsumen menyebut produk sejenis dengan sebutan QPP juga, Padahal jelas-jelas beda..


Program Wakaf Quran Untuk Negeri ini, ke depannya akan terus berlangsung. Sebagai upaya dari sinar Mas untuk mengamalkan nilai-nilai kebaikan., semangat saling berbagi dan meningkatkan kepedulian pada sesama.

Semoga program bermanfaat ini terus berjalan dengan lancar ya..
Mampu menjadi penerang dalam kegelapan bagi tuna netra dan menjadi jalan untuk mewujudkan cita-cita anak negeri yang berjuang di jalan dakwah. Menebar manfaat bagi sesama. Karena "Sebaik-baiknya manusia, adalah mereka yang bermanfaat bagi sesama.."























No comments:

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)