10 June 2018

Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat Menyambut Hari Lebaran



Assalamu'alaikum..

Yeaay, sebentar lagi lebaran. sudah pada mudik?
Rasanya pasti bahagia banget ya.. meski harus menempuh perjalanan yang panjang dan berbagai kerempongan saat persiapan mudik, rasanya bakalan terbayar ketika tiba di kampung halaman dengan selamat. Capek, pegal, lelah, nggak ada apa-apanya ketika melihat senyuman keluarga tercinta.

Senangnya mudik di tahun ini, pemerintah berkomitmen untuk menjaga agar masyarakat bisa mudik dengan lancar. Jangan ada kemacetan di jalan tol dan kecelakaan pada angkutan umum. Berbagai pelayanan disiapkan untuk memberi kemudahan. Kementerian kesehatan juga menyiapkan pos kesehatan di terminal angkutan umum dan di daerah yang rawan kecelakaan. Selain itu juga melakukan edukasi kepada masyarakat dengan mensosialisasikan bagaimana  melaksanakan mudik sehat, aman dan selamat. Jadi, mudiknya dilakukan dengan penuh perencanaan sejak sebelum waktu mudik tiba.

Hm, gimana sih merencanakan mudik yang sehat, aman dan selamat?

Selasa, 5 Juni 2018 jelang buka puasa, kementerian kesehatan melaksanakan acara Ngabuburit Sehat yang bertempat di Terminal kampung rambutan. Dihadiri oleh Ibu menkes Nila F. Moeloek yang melakukan dialog langsung dengan para supir bus dan masyarakat yang akan berangkat mudik. Ibu menteri menekankan 15 pesan tips mudik sehat, aman dan lancar yang ditujukan kepada pengemudi, pemudik dan masyarakat umum.


Berikut ini adalah 15 pesan dan tips dari Ibu menteri :

1. Ketika merencanakan mudik, yang harus diperhatikan banget adalah kondisi fisik yang sehat. Waktu tidur harus cukup, supaya nantinya nggak ngantuk di perjalanan. Bahaya kan kalau ngantuk. Apalagi buat pak supir. Hilang konsentrasi sedikit saja, bisa membahayakan penumpang. Jangan lupa juga untuk cek tensi. Jangan sampai nanti gara-gara tekanan darah tinggi, di jalan malah stress, pusing atau jadi gampang marah. Nggak ada asik-asiknya deh, jalan sama orang yang marah mulu. Diceki-ceki dulu ya, tensi darahnya.

2. Setelah kondisi fisik oke, hal penting lainnya adalah memastikan kelayakan kendaraan yang akan dibawa. Pastikan dalam kondisi siap jalan. Servis dulu di bengkel. Cek, jika ada yang perlu diganti, ya diganti aja biar diperjalanan nggak mengalami hambatan.

3. Jangan minum obat-obatan atau minuman yang bikin ngantuk sebelum atau selama mengemudi. Ingatlah bahwa menjaga keselamatan penumpang adalah nomor satu.

4. Beristirahat setelah menempuh perjalanan selama 4 jam. Istirahat selama 15 menit bisa bikin badan jadi segar lagi. Untuk pemudik yang berkendara dengan motor, bisa beristirahat setelah menempuh dua jam perjalanan. 

5. Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk. Nah, ini penting banget. Kalau sudah merasa lelah, berhentilah dulu. Lebih baik menambah waktu perjalanan dari pada maksa sampai ke tujuan dengan cepat. Biar lambat asal selamat.

6. Selalu disiplin dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Dengan selalu memerhatikan kedua hal ini, kita juga ikut menjaga keselamatan pengemudi lainnya.

7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalan yang rusak, bergelombang, apalagi ketika cuaca hujan atau pun cuaca buruk. Harus hati-hati dan penuh perhitungan.

8. Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak. Muatan berlebih pada kendaraan bahaya banget. Bisa mengganggu keseimbangan kendaraan saat melaju. Rasanya sudah sering lah ya, kita mendengar kecelakaan yang disebabkan muatan melebihi kapasitas. Jangan sampai terjadi lagi.

9. Menggunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara. Jangan sampai lupa disiapkan ya. Polusi asap knalpot dan debu bisa mengganggu kesehatan.

10. Jangan sembarangan menerima dan mengkonsumsi makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal. Siapa tau, makanan atau minumannya sudah dicampur dengan sesuatu yang bisa bikin kita jadi hilang kesadaran. Duh, lebih baik ditolak aja ya..

11. Selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum makan.

12. Makan makanan dan minuman yang sehat. Jangan sampai di perjalanan merasa nggak nyaman karena salah makan.

13. Buang sampah pada tempatnya. Bila belum menemukan tempat sampah, simpan aja dulu di dalam kantong plastik, jangan buang di jalan. Menjaga kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama.

14. Buang air kecil/besar di toilet yang tersedia. 

15. Manfaatkan pos kesehatan terdekat bila merasa sakit. Kemenkes menyediakan banyak sekali pos-pos kesehatan dengan berbagai pelayanan. Selain itu ada layanan darurat juga di nomor 119.


Dengan melaksanakan 15 pesan ini, mudik sehat, aman dan selamat tentunya dapat tercapai. Keluarga yang menanti di kampung halaman pun pasti bahagia melihat anggota keluarganya sampai dengan selamat.


Saat hari lebaran tiba, jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan ya. Jangan kalap sama makanan yang enak-enak. Batasi konsumsi gula, garam dan lemak. Banyak makan sayur dan buah serta jaga kebersihan. Tetap sehat dan bugar harus terus diupayakan. Soalnya, nanti bakalan melakukan perjalanan lagi kan.. jadi, stay healthy ya...


Selamat mudik untuk semua yang mudik. Selamat menikmati perjalanan dan selamat berbahagia bertemu keluarga tercinta..

















07 June 2018

WAKAF AL QURAN UNTUK NEGERI DARI SINAR MAS


(dok :sinarmas.com)


Assalamu'alaikum..

Halo teman-teman.. apakabarnya di hari-hari menjelang berakhirnya bulan Ramadan ini?
Nggak terasa ya, waktu begitu cepat hingga tanpa terasa kita sudah berada di penghujung. Rasanya belum maksimal memanfaatkan waktu untuk melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya. Masih banyak banget yang ingin dilakukan.

Di sepanjang Ramadan ini, saya banyak merenung, tentang pentingnya menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama. Apalagi kalau ingat, "Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain" Duh, berasa banget kalau menjadi manusia tuh, yang penting adalah seberapa besar kepedulian yang dimiliki. Nggak peduli sebesar atau sekecil apa pun, apa yang kita lakukan, yang penting bernilai manfaat untuk orang lain.

Seperti di bulan yang penuh berkah ini, orang berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik. Menebar manfaat dan kebahagiaan untuk sesama dengan melakukan berbagai kegiatan amal di