27 May 2018

SAATNYA ANAK MUDA BANGKIT DAN BERDAYA UNTUK INDONESIA



Beberapa tahun lalu, saat sebuah aplikasi dengan konten edukasi, Ruangguru diluncurkan, saya menjadi salah satu yang diajak untuk mencoba bagaimana cara kerja aplikasi tersebut. 

Saat itu, saya sudah terkagum-kagum dengan ide kreatif mereka. Dengan memanfaatkan kemudahan akses internet, anak kita di rumah bisa mengerjakan latihan, bahkan bisa mengirimkan foto untuk soal mata pelajaran yang sulit dikerjakan. Untuk diajarkan cara memecahkannya. keren banget!

Bertahun-tahun berlalu..

Hingga
tanggal 23 Mei lalu, bertempat di Ice Palace - Jakarta Selatan, saya menghadiri acara yang diadakan oleh kementerian BUMN, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Dengan narasumber anak muda kreatif yang sukses mewujudkan mimpi-mimpinya. 

Para CEO muda itu adalah Wiliam Utomo - founder IDN Media, Heni Sri Sundari - Smart Farmer Kids in Action dan Adamas Belva Devara dari Ruangguru.

Saya takjub! Sharing para CEO muda ini bikin pikiran saya terbuka dan optimis. Mereka adalah anak muda dengan visi dan misi luar biasa untuk membangun Indonesia dengan caranya sendiri.

Wiliam Utomo - IDN Media




Anak muda yang sukses dengan portal berita dengan pembaca mobile mencapai angka 80.000.000  ini, memulai usahanya dengan sang kakak pada bulan Juni tahun 2014 lalu. 

Hadir sebagai portal berita, IDN Media memantapkan diri untuk menyasar pembaca milinials dan Gen Z di Indonesia. 

Membangun sebuah portal berita yang berbeda bukanlah mudah. Apalagi menyajikan berita untuk kaum milinials. Harus jeli melihat peluang. Menyajikan beritanya pun nggak bisa asal menggunakan platform. Benar-benar harus multi platform. Pilih platform yang semua anak muda pakai,  pesannya dijamin akan mudah sampai.

Dengan  berjalannya waktu dan beragam pengalaman, saat ini IDN Media telah memiliki berbagai portal yang memiliki banyak pambaca.

Ada IDN TIMES yang menyajikan berbagai topik seperti News, Health, Sport, Food, Hype, Community, Travel dan Bisnis.

Ada juga POBELA.COM yang hadir khusus untuk wanita yang mengulas tentang Beauty, Fashion, Career dan  juga Relationship.

Untuk mama-mama milinials juga ada loh, namanya POPMAMA.COM. Ulasan mengenai Parenting, Pregnancy, Baby, Toddler dan Lifestyle bisa dibaca di portal ini.

Hm, berasa ada yang kurang nggak?

Hihii, iya.   Yang satu ini, nggak bisa lepas dari lifestyle jaman sekarang.
YUMMY adalah Food Focused Media dengan ulasan mengenai Cooking Tutorial, Recipe, Video dan Culinary Exploration. Pas banget untuk para pencinta dunia kuliner.

Selain portal berita di atas, IDN Media juga membangun IDN  Creative Digital Agency, IDN EVENT dan IDN  Creative Network yang melibatkan banyak tenaga kerja.

See?

Mendirikan usaha sendiri berarti juga menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Langkah Wiliam Utomo bersama sang kakak, ternyata bisa menjadi peluang bagi orang lain. Membuat banyak anak muda berdaya meraih kesejahteraan bagi kehidupannya sekaligus bagi negeri tercinta.


HENI SRI SUNDARI - SMART FARMER KIDS IN ACTION & Agro Edu Jampang Community



Perempuan inspiratif ini, benar-benar memiliki hati yang tulus ikhlas untuk membantu kesejahteraan anak-anak petani di kampungnya.

Berbagai peluang beasiswa untuk melanjutkan S2 di luar negeri pun ditolaknya. Gelar sarjana hanya dipersembahkan untuk membangun kampung yang dicintainya.

Perjuangan Heni membangun gerakan anak petani cerdas ini, berawal dari keprihatinan hidup yang dilaluinya. Hidup dalam kekurangan membuat Heni memutuskan untuk menjadi TKI agar memiliki cukup uang untuk melanjutkan pendidikan. Heni berhasil menyelesaikan pendidikannya dan mendapat gelar sarjana.

Ketika banyak orang memilih untuk mengaplikasikan pendidikannya dengan bekerja di kota, Heni malah berbuat sebaliknya. Heni memilih untuk kembali ke kampungnya. Baginya, menjadi sarjana kampung lebih membuatnya bahagia.  Heni bertekad untuk membantu anak-anak petani menjadi generasi yang cerdas. Hanya dengan kecerdasan, kemiskinan bisa dihindarkan.


Dengan bermodalkan uang 100 ribu rupiah, Heni mulai mewujudkan mimpi-mimpinya. Heni membeli alat tulis dan kertas untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya. Dengan kegigihan dan bantuan dari berbagai pihak, kini Heni memiliki tak kurang dari 150 ribu anak petani yang terhimpun dalam gerakan yang dibangunnya.

Di usia muda, Heni sudah bisa berbuat banyak untuk anak-anak petani di negeri ini. Usahanya mengentaskan kemiskinan dengan cara menanamkan kecerdasan membuatnya namanya masuk dalam jejeran under 30 Forbes. Siapa yang nggak bangga ya..


ADAMAS BELVA SYAH DEVARA -  CEO & Co Founder Ruangguru




Ketika Belva memberikan data  bahwa pendidikan di Indonesia menduduki peringkat dua terbawah, saya langsung nyesek. Sedih. Pen nangis.. :(

Lalu, sambungnya lagi..  butuh waktu sekitar 128 tahun untuk Indonesia, mengejar ketertinggalannya dari negara-negara lain.



Hiks, rasanya makin sedih, kan?

Tapi, karena kenyataan inilah Belva dan  temannya Iman Usman, mencari jalan untuk membaiki keadaan. Ruangguru yang mereka dirikan, adalah cara untuk menjadikan mata pelajaran sebagai sesuatu yang menyenangkan. Belajar bisa di mana saja, kapan saja dan dengan guru siapa saja. Bukan hanya di sekolah. Cara belajarnya pun dilakukan secara online.

Bukan hal yang mudah bagi Ruangguru untuk memulai langkahnya. Apalagi dengan melibatkan berbagai pihak yang rela ikut ambil bagian dan menyamakan visi untuk mencerdaskan bangsa. 

Sama sekali nggak mudah. Tapi dengan tekad yang kuat, Ruangguru yang didirikan tahun 2014 lalu, saat ini telah memiliki 8 juta pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pengajarnya pun dari berbagai kalangan. Termasuk Iqbal Ramadan yang kini menjadi Ambassador Ruangguru. Dengan berbagai sumber daya yang ada, Ruangguru berusaha mengejar ketinggalan dalam hal pendidikan.

Salut untuk Ruangguru. Salut untuk anak-anak muda yang punya pemikiran besar, mimpi besar, lalu berjuang untuk mewujudkannya dengan sekuat tenaga. Ku bangga!


DUKUNGAN BUMN UNTUK ANAK MUDA BANGKIT DAN BERDAYA



Untuk mendukung keberhasilan anak muda dalam menjalankan usahanya. BUMN tentunya nggak tinggal diam dong. Mereka memberikan dukungan dengan cara memberikan bantuan untuk mewujudkan rencana-rencana besar mereka.

Dalam acara ini, hadir Direktur Utama Bank Mandiri, Bapak Kartika Wirjoatmojo, Ibu Siti Coirina  yang menjabat sebagai Direktur Costumer Service Telkom dan Ibu Menteri BUMN Rini Soemarno.

Banyak peluang yang ditawarkan oleh Bank Mandiri dan juga Telkom untuk menampung aspirasi anak muda. Bank Mandiri memberikan dukungan dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk medukung kegiatan mereka.

Saat ini pun Telkom diisi dengan tenaga kerja muda nan kreatif. Berbagai inovasi bermunculan untuk kemudian ditawarkan kepada masyarakat. Nggak ada tuh, gaya kerja yang kaku layaknya karyawan kantoran. Hari-hari mereka asyik, seru dan menyenangkan. Dengan cara ini pekerjaan mereka mampu mencapai target.

Acara ditutup dengan diskusi bersama Ibu Menteri Rini Soemarno. Bu Menteri juga seru banget ya orangnya. Menurut beliau BUMN adalah milik semuanya. Saling dukung dan saling memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Di akhir acara, Deklarasi Sinergi Muda untuk  Indonesia bergema. Ditutup dengan lagu Padamu Negeri yang dilantunkan dengan segenap perasaan.

Ah, saya merinding. Saat ini adalah saat di mana  Anak Muda Bangkit dan Berdaya untuk Indonesia.

Maju terus ya, kualitas generasi selanjutnya kalian yang tentukan..






bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp