03 September 2017

JADIKAN HOBI SEBAGAI PELUANG UNTUK SUKSES


Saat ini, usaha di bidang kreatif menjadi sebuah usaha yang bisa mendatangkan peluang. Apalagi bila dikerjakan sesuai passion dan hobi. Peluangnya sangat menjanjikan.

Sejalan dengan  industri kreatif nasional yang saat ini tengah berkembang pesat. Data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengungkapkan bahwa tahun 2016 lalu, produk-produk industri kreatif Indonesia bisa meraih pemasukan hingga Rp. 852 triliun. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa industri kreatif memiliki potensi besar dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan negara kita. Sudah saatnya potensi yang dimiliki oleh pelaku industri kreatif di Indonesia ini dengan serius dikembangkan agar membuahkan hasil yang maksimal.





Saya menatap kagum pada hasil karya yang dipajang di meja display. Betapa tidak,  saya sendiri adalah pecinta seni atau yang sekarang lazim disebut crafter. So, mengagumi karya, sama dengan mengagumi engagement yang tercipta saat karya itu tengah dirupa oleh penciptanya. 

Seperti usaha yang sedang dijalani oleh Evelyn Gasman, narasumber dari acara yang diadakan oleh Astragraphia yang saya ikuti pada hari Rabu, tanggal 23 Agustus 2017 lalu, di Hotel All Sedayu, MOI Kelapa Gading tercipta dari sebuah hobi. Yes, hobi berbasis kreatifitas yang kemudian malah berkembang menjadi sebuah usaha.

Saat ini, banyak orang yang
menyadari dengan semakin tergerusnya tenaga manusia,  kantor bukan lagi satu satunya lahan kerja. Usaha di bidang hobi kreatif menjadi bukti sebuah usaha yang bisa mendatangkan peluang. yang menjanjikan, sehingga banyak akhirnya memilih banting stir atau resign dari pekerjaannya.

Sebelum berpanjang kata,  karena terus terang aja,  saya akan bahas dari dua sisi. Satu adalah sisi kreatifitas dan sisi lainnya adalah kemajuan teknologi yang mendukung kreatifitas tersebut.  Well, kreatifitas dan inovasi teknologi memang jika dikawinkan, bisa jadi pasangan yang saling mendukung. Jodoh banget pokoknya..




Jadi Astragraphia memperkenalkan mesin DocuCentre VI C Type 2271. Mesin ini dapat digunakan oleh para pelaku industri graphic art tingkat pemula hingga menengah dengan kualitas terdepan di kelasnya.

Narasumber yang hadir antara lain  King Iriwan (Chief of Businness Planning and Marketing), Evelyn Gasman ( Craft Blogger & Freelance Art Director), Yulius Satriadi Gunawan (Product Specialist) dan See Kie ( Head Of OPB Product marketing).


Evelyn Gasman adalah seorang Craft Blogger & Freelance Art Director. Jebolan Binus 2008 yang sempat bekerja di kantor 2 tahun 5 bulan dibidang advertising Angency mengurus paint dan poster-poster dan segala hal yang berhubungan dengan prints.




Namun ia malah memutuskan untuk keluar dari kantor dan mencoba untuk membuka usaha sendiri yang memang di luar bidang perkuliahannya dulu. Evelyn serius menekuni hobinya mengulik aneka kertas untuk dijadikan sebuah karya seni. Baginya kertas bukan lah sesederhana yang terlihat, Banyak yang bisa diciptakan dari selembar kertas.


Karya Evelyn Gasman yang dihasilkan melalui DocuCentre VI C Type 2271


Awal ketertarikan Evelyn pada kertas tercipta setelah ia sering sekali melihat tumpukan kertas yang terbuang sia-sia. Evelyn merasa tertarik untuk memberdayakan kertas-kertas tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bahkan dengan mesin penghancur dokumen pun, Evelyn bisa membuat hasil karya yang sangat menarik. Ndilalah,  hobi yang semula iseng iseng berhadiah ini malah menjadi terapi buat Evelyn. Kepiawaian Evelyn mengolah kertas membuktikan bahwa ia mampu meningkatkan nilai dari sebuah kertas itu sendiri.

Oh ya, buat yang ingin tau lebih jauh tentang usaha Evelyn Gasman, coba intip deh Instagramnya di @evelyngasman. Atau bila ingin mengikuti jejak  Evelyn Gasman di bidang usaha kreatif, yuk kita simak tip-tip berikut ini :

Tentukan apa yang ingin kita jual

Satu hal penting yang harus kita lakukan ketika memulai bisnis adalah mengetahui apa yang ingin kita buat dan jual. Banyak pengusaha pemula yang melakukan kesalahan saat memulai bisnisnya karena berangkat dari ide yang terlalu banyak. Tipsnya, pikirkan ketrampilan apa yang kita miliki secara spesifik. Misalnya, kita memiliki ketrampilan desain grafis dan juga kerajinan tangan, kartu ucapan secara spesifiknya. Fokuslah dengan satu hal yang ingin dikembangkan, kemudian lakukan inovasi-inovasi ketika usaha sudah berjalan.

Lakukan riset dan perencanaan yang matang

Setelah kita mengetahui apa yang kita kerjakan, langkah selanjutnya adalah mencari informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai industri terkait. Kita bisa datang ke workshop atau seminar yang sesuai dengan hobi kita dan berkenalan dengan para pemain lain di industri.

Sebagai contoh, pada tanggal 13 Juni 2017 lalu, Astragraphia Document Solution membuat sebuah acara Mini Gathering di Backspace, Lippo Mall Puri. Acara tersebut juga menghadirkan Evelyn Gasman yang membagikan pengetahuannya kepada peserta yang datang. Nah, melalui acara semacam ini kita bisa belajar tentang produk dan mengambil kesempatan untuk bertanya lebih jauh  tentang bagaimana Evelyn menjalankan usahanya.

Pelajari peralatan-peralatan sesuai bisnis kita

Sebelum memulai proses produksi, alat-alat pendukung yang dapat menunjang efektivitas bisnis tentu perlu disiapkan. Mulai dari detil peralatan yang kecil hingga mesin-mesin besar. Misalnya untuk industri kerajinan tangan, sebaiknya kita memiliki pengetahuan yang kaya untuk mengambil keputusan belanja aset bisnis, mulai dari pemilihan kertas, mesin pemotong, lem dan cat yang sesuai dengan produk yang ingin kita buat. Terlebih lagi untuk mesin-mesin besar yang harganya cukup menguras modal, jika salah pilih dapat menimbulkan kerugian yang sangat berarti.

Untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas, kita nggak bisa jauh-jauh dari teknologi. Beruntung banget, saat ini teknologi sangat membantu pekerja kreatif untuk menghasilkan karya yang maksimal. Teruslah update dengan perkembangannya ya..

Astragraphia dan Fuji Xerox Dukung Pelaku Bisnis Industri Graphic Art


Pada tau dong ya, Astragraphia adalah pemimpin dibidang solusi cetak, untuk itu Astragraphia Document Solution memberikan kontribusi lebih kepada para pengusaha dan calon pengusaha terutama dalam meningkatkan perekonomian dengan membangun semangat entrepreneur baru di industri kreatif.

Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi tentu saja dibutuhkan perangkat yang bisa diandalkan. Untuk industri graphic art Astragraphia dan Fuji Xerox menghadirkan perangkat dengan spesifikasi tinggi untuk digunakan oleh bisnis skala kecil, menengah hingga besar. Perangkat itu bernama Fuji Xerox DocuCentre VI Type 2271.


Fuji Xerox DocuCentre VI C Type 2271


(foto : Diah Woro)

Mesin ini memiliki kemampuan untuk mencetak kertas dengan gramatur hingga 300 gsm dengan kualitas cetak yang jauh lebih baik karena sudah memiliki teknologi super EA Eco Toner. Fitur-fitur yang terdapat pada mesin ini mempunyai kemampuan kecepatan yang bervariasi dari 25-70 ppm, mobile print, cetak kertas long banner, security print, print anywhere, kecepatan scan hingga 270 ipm dan foto resolusi tinggi hingga 1200 x 2400 dpi. Resolusi ini paling tinggi dari tipe-tipe lainnya.

DocuCentre VI Type 2271 mempunyai kecepatan cetak 25 halaman permenit sudah ada memori sebesar 4 GB dan hardisk sebanyak 160 GB dapat mencetak long banner 1200 mm x 297 mm. mesin ini bisa untuk copy, print dan fax. wah, multifungsi sekali ya. Mesin ini juga bisa ngeprint kertas kalkir dengan ukuran 52 gsm – 300 gsm . DocuCentre VI Type 2271 juga memiliki 4 laci kertas.

Astragraphia adalah grup Astra yang tersebar di 33 cabang di Indonesia dengan 93 titik layanan yang melayani di  514 kota/ kabupaten. Uniknya transaksi di Astragraphia ini adalah pelanggan bisa rental dengan masa kontraknya 2 tahun dan untuk pembelian masa kontraknya selama 5 tahun. jadi untuk mesin office Astragraphia tidak menjual putus dan semua layanan baik mengganti toner dan perbaikan akan di bantu oleh Astragraphia.

Biasanya pelanggan tiap bulan akan mendapatkan tagihan seperti halnya pemakaian listrik atau air. Tiap bulan ada orang dari Astragraphia akan datang mencatat pemakaian mesin dibagi dengan pemakaian black dan colour setelah itu tagihan akan dikirim. Pelanggan bisa memilih tinta sesuai kebutuhan pemakaiannya, misal untuk perkantoran dapat memperbanyak tinta hitam saja, atau yang biasa menggunakan cetak berwarna bisa memilih tinta colour yang maksimum.

Banyak yang tanya seberapa panjang usia mesin DocuCentre VI Type 2271 ini. di katakan oleh mba Fitri (Marketing Communication Departemen Head Astragraphia ) rata-rata masa pakai mesin Fuji Xerox adalah 8 sampai 10 tahun. Lisensi pembuatan produk ini adalah dari Jepang.

Astragraphia adalah distributor exclusive Fuji Xerox di Indonesia. Astragraphia juga mempunyai layanan after all service dengan nama 3 hour down time, dimana jika pelanggan ada keluhan kerusakan mesin tinggal telpon Astragraphia dalam waktu kurang dari 3 jam mesin tersebut harus sudah bisa digunakan kembali. 3 jam dihitung bukan dari teknisi datang, tapi dari mulai saat pelanggan menelpon. Oia, selain telpon bisa juga via email lho…

Astragraphia banyak mendapatkan penghargaan dengan 3 hour down time. Seperti di Indonesia Award, OCI Award, dll, karena satu-satunya perusahaan yang berani berkomitmen untuk pelayanan service 3 jam. Kompetitornya adalah brand-brand elektronik. Untuk melakukan pelayanan ini Astragraphia sudah memiliki aplikasi untuk memudahkan teknisi melihat data dari pelanggan tersebut. Sehingga historis yang dimiliki pelanggan dapat diketahui oleh teknisi yang datang.

Jadi untuk pelanggan dapat menggunakan mesin ini dengan kepuasan tersendiri. Tidak usah canggung menggunakan karena takut rusak, karena sudah ada ahlinya yang akan membantu dan mensupport kegiatan pelanggan. Kalau tinta habis sudah ada alarm yang mengingatkan untuk segera diganti tinta tersebut. Pokoknya pelanggan benar-benar dibuat nyaman oleh Astragraphia dan Fuji Xerox.

Untuk telpon bisa ke Halo Astragraphia 1500-435 atau email ccc@astragraphia.co.id untuk lebih jelasnya bisa kunjungi www.DocumentSolution.com. Atau akun medsosnya Facebook : astragraphia document solution Twitter : @astragraphia_ds Instagram : @astragraphiadocsol


Dengan kehadiran printer canggih yang siap membantu para crafter untuk memaksimalkan karyanya, tentunya bikin makin kreatif ya.. Jangan sia-siakan peluang dan kesempatan yang datang. 



bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp