14 July 2017

Tips Gaya Hidup Sehat untuk Para Remaja



Menjadi remaja yang selalu update tentang trend terbaru pastinya menjadi keinginan setiap anak muda di masa sekarang ini. Perkembangan zaman selalu selaras dengan pergaulan mereka karena melalui para remajalah trend tercipta baik dari fashion, kuliner, wisata hingga teknologi. Namun tak semua perkembangan zaman tersebut baik dilakukan oleh remaja karena terdapat sisi negatif yang juga perlu diwaspadai. Sisi negatif tersebut justru bisa membawa mereka ke hal yang mengganggu bahkan membahayakan jika tidak dibatasi dan dikontrol baik oleh keluarga atau diri mereka sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips gaya hidup  yang sehat untuk para remaja agar bisa menghindarkan diri mereka dari sisi negatif perkembangan zaman:

1.      Hindari melakukan kegiatan di larut malam.
Para remaja biasanya selalu berkeinginan untuk mencoba semua hal baru yang sedang menjadi trend termasuk pergaulan malam meski hanya menghabiskan waktu dengan mengobrol bersama teman-teman sebaya. Hal ini sebaiknya dihindari karena selain tidak baik untuk kesehatan juga bisa menjurus ke hal-hal negatif lainnya seperti kriminilitas dan obat-obatan terlarang.

2.      Batasi penggunaan gadget.
Jarang sekali kita temukan remaja yang tidak menggunakan gadget. Penggunaan gadget oleh para remaja memang diperlukan sebagai sarana komunikasi, namun tetap saja perlu dibatasi penggunaannya terutama ketika berkumpul bersama keluarga. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan aturan tidak boleh membawa gadget saat sedang makan atau sedang berada di acara keluarga untuk menghindarkan mereka justru asyik dengan teman di dunia maya dibandingkan dengan kerabat dekat. Tak jarang terlalu asyik menggunakan gadget terutama sosial media bisa menjurus ke tindakan kriminilitas.

3.      Melakukan kegiatan yang positif.
Alangkah baiknya para remaja yang memiliki tenaga ekstra dan waktu yang luang dengan semangat tinggi melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Kegiatan tersebut misalnya kegiatan sosial, belajar keahlian tertentu, belajar ilmu bela diri dan sebagainya. Dengan melakukan kegiatan sosial, para remaja juga bisa melatih kepekaan diri sehingga menjadi pribadi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Dengan begitu waktu mereka akan tersita untuk sesuatu yang positif dan bermanfaat dibandingkan menghabiskan waktu hanya untuk mengobrol yang tidak perlu.


Itulah beberapa tips gaya hidup yang bisa diterapkan para remaja untuk mengatasi perkembangan zaman agar tidak terperosok pada sisi negatifnya. Selain cara-cara tersebut masih banyak lagi benteng yang bisa digunakan untuk membatasi diri dari sisi negatif yaitu dengan cara mempererat ikatan keluarga, mendekatkan diri dengan agama dan memperdalam ilmu yang bermanfaat. Dengan begitu pondasi mental para remaja bisa semakin kuat sehingga dapat membedakan mana perkembangan zaman yang boleh atau baik diikuti dan mana yang menyesatkan sehingga harus dihindari untuk kebaikan diri, keluarga dan masyarakat.

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

Post a Comment

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp