15 May 2017

Citi Microentrepreneurship Award 2017, Penghargaan untuk Wirausaha Berprestasi




Menjadi pengusaha atau seorang wirausaha yang sukses tentunya nggak mudah. Ada perjuangan dan proses di sepanjang perjalanannya. Bahkan untuk tetap eksis di tengah masyarakat pun, diperlukan kegigihan dan inovasi yang terus-menerus agar tetap mendapat tempat di hati orang banyak. Selain itu diperlukan juga kesiapan untuk bersaing secara sehat, untuk sama-sama membangkitkan perekonomian Indonesia.

Sebagai langkah untuk meningkatkan pentingnya  kewirausahaan, Citibank melalui program CSR yang diberi nama #CitiPeka yaitu singkatan dari Citi peduli dan berkarya, setiap tahun rutin mengadakan ajang pemilihan Citi Microentrepreneurship Award (CMA). Bertempat di Hotel Gran Mahakam, tanggal 9 Mei lalu, saya dan beberapa teman blogger, menghadiri acara penyerahan CMA yang tahun ini sudah memasuki tahun ke-12. Di acara ini juga hadir CEO Citi Indonesia, Bapak Batara Sianturi, Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Bapak Budi Mustopo, Country Head Coorporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki dan Program DFirector Agriculture and Financial Services Mercy Corps Indonesia, Andi Ikhwan.




Acara penyerahan Award berlangsung penuh kekeluargaan. Mungkin karena ke-20 finalis yang berasal dari berbagai daerah ini, sudah mengikuti boothcamp sebelum acara penyerahan award. Canda tawa lebur jadi satu. Udah nggak ada tuh rasa canggung. Hangat dan saling mendukung satu sama lain.  

Citi Microentrepreneurship Award ini dilaksanakan lebih dari 30 negara di dunia lho. Dengan pemenang yang mencapai 6 ribu orang. Setiap tahun, para wirausaha yang mendaftarkan diri untuk mengikuti ajang pemilihan ini selalu membludak. Tahun 2017, untuk CMA Indonesia mencapai 500 lebih pendaftar dengan berbagai bidang usaha. Proses seleksinya juga sangat ketat. Dari beberapa proses seleksi terpilihlah 20 finalis dari 12 propinsi. Nah, 20 orang finalis ini, akan diseleksi lagi untuk memperebutkan berbagai penghargaan bergengsi.

Di acara penyerahan CMA 2017, ikut pula di pajang berbagai bentuk hasil produksi usaha para finalis. Dari bidang kerajinan, inovasi sampai pada kuliner. Berikut ini beberapa foto-fotonya :








Penghargaan Berbagai Kategori



Penghargaan yang diberikan dalam CMA 2017 ini terdiri dari berbagai kategori. Selain tentunya penghargaan utama adalah Microentreupreneur of the Year. Berikut ini adalah kategori penghargaan beserta nama-nama para pemenangnya.


Green Microentrepreneur    -     Briane Novianti Syukmita

Fishery Microentrepreneur  -   Aris Hartana

Service Microentrepreneur   -   Nufus Muthmainah

Creative Microentrepreneur    -  Rita Indriana

Agriculture Microentrepreneur  -   Heri Susanto


Sedangkan untuk 3 penghargaan khusus diberikan kepada :




Young Microentrepreneur - Endi Putra Roza

Best Woman Microentrepreneur - Lia Nilamdewi

Most Innovative Microfinance Institution - KSPPS Bina Sejahtera Ummat Banda Aceh


Penghargaan utama sebagai Microentrepreneur of the Year diberikan kepada :

Rita Indriana


((*Yeeay.. selamat untuk semua pemenang ya..))


Ini adalah pemenang kategori Young Microentrepreneur lho.. Bangga rasanya, usia masih muda tapi bisa berprestasi. 





Siapkan Diri Untuk Citi Microentrepreneur 2018





Para pemenang dan seluruh finalis CMA tahun ini tentunya bisa menjadi sumber inspirasi bagi para pelaku wirausaha di Indonesia. Bertemu dengan teman berbagai daerah dan bisa berbagi pengalaman tentunya akan memperkaya wawasan. Ditambah lagi bimbingan dan mentoring yang didapatkan selama berada di boothcamp. OMG mereka pasti makin keren. Yang pasti ajang pemilihan ini bikin ilmu mereka makin segunung. 

Nah, buat yang pengen ikutan CMA tahun depan,ayo.. siapkan diri dari sekarang ya. Semangat untuk terus berkarya. Makin berkembang usaha yang dijalankan makin banyak juga kesempatan orang lain untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Makin sejahtera deh, ekonomi kita. 

Sampai jumpa di Citi Microentrepreneurship tahun depan ya.. :)










bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

1 komentar:

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. Tahun depan ajakin aku ya mba waya, pingin nyaksiin acaranya jugaaa

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp