Pages

08 June 2016

Menjadi Ibu Pintar dengan Capai Kehamilan Optimal


Menjadi seorang Ibu dari anak-anak yang sehat adalah dambaan setiap perempuan. Apalagi menjalani masa kehamilan selama 9 bulan, yang kadang berbeda pada setiap orang akan membawa banyak perubahan secara psikologis.

Untuk menjalani masa kehamilan  yang optimal, Ibu hamil dituntut untuk pintar memahami kondisi tubuhnya. Hal ini disampaikan oleh dr. Bram Pradipta, SpOG di acara Seminar Pesta Pendidikan, ProSehat yang bertempat di FX. Sudirman.



Mulai dari trimester pertama, asupan nutrisi harus dijaga. Karena nutrisi adalah faktor terpenting. Nutrisi akan mempengaruhi peningkatan berat badan ibu hamil dan berat lahir bayi.  Nutrisi yang baik akan membuat janin berkembang dari waktu ke waktu.

ini adalah berat badan ibu selama kehamilan

 Beberapa hal di bawah ini merupakan kandungan gizi yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

Asam folat
Asam folat berfungsi untuk mencegah kelainan otak dan system syaraf pusat dan riwayat kelainan sebelumnya. Normalnya asam folat yang disarankan dikonsumsi sebelum hamil 400 mcg. Sedangkan pada trimester 2 dan 3 adalah 600 mcg. Pada saat menyusui 500 mcg 
Asam folat jangan dikonsumsi melebihi batas karena akan mengakibatkan alergi, perut kembung, imsomnia dan berkurangnya nafsu makan.

Kalsium
Berfungsi menurunkan kemungkinan hipertensi dalam kehamilan dan mencegah preeklampsia.
Normalnya kalsium dikonsumsi 1500-2000mcg/hari selama hamil.Hati-hati dengan konsumsikalsium lebih dari 3000mg krndpt mengjambat penyerapan Zn dan Fe karena dapat menyebabkan batu ginjal. 
Waspada juga dengan kafein,  karena kafein dapat mengurangi penyerapan kalsium. 

Perhatikan juga kebutuhan kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat dan konsumsi multivitamin yang disarankan untuk ibu hamil. Demikian juga dengan vaksinasi dan konsumsi obat-obatan pada kondisi hamil. Kadang ada yang mengalami proses awal kehamilan dengan mual dan muntah, sakit kepala atau bahkan sembelit. Nah, gunakan obat  yang disarankan dokter. Konsultasikan dengan dokter tentang keamanan obat yang diminum.

Selain hal penting di atas, ada lagi yang juga gak boleh diabaikan. Ibu hamil harus pintar-pintar menjaga dirinya dari stress. Stress akan berdampak buruk bagi perkembangan janin. Jadi, hal-hal yang mengganggu pikiran sebaiknya disingkirkan dulu.
Tapi kalau stress mikirin males keluar rumah untuk beli obat. Gak usah kuatir deh. Ada solusinya kok. Sekarang udah ada aplikasi ProSehat yang akan membantu kita untuk menebus obat. Selain itu, kita juga bisa tanya langsung ke dokternya. Coba lihat tampilan aplikasi di bawah ini :


Tim pendiri ProSehat adalah orang-orang dengan latar belakang dokter. Jadi mereka sangat memperhatikan keselamatan pasien. Setiap resep obat atau permintaan pesanan obat yg masuk melalui aplikasi ProSehat akan disaring dan diverifikasi oleh apoteker yang bersertifikat dan berpengalaman. Resep-resep yang bermasalah atau terindikasi disalahgunakan akan dikonfirmasikan ulang oleh CS ProSehat mengenai keaslian resep tersebut.

Cara untuk menggunakan fitur aplikasi ProSehat sangat mudah. Cukup kirim foto dan unggah resep dokter dari galeri foto di ponsel. Tuliskan diagnosis dokter atau keluhan yang dirasakan untuk memudahkan proses verifikasi resep.
Lanjutkan proses pemesanan dengan mengisi detail pengiriman dan pasien. Oh ya, jangan lupa daftar dulu jadi anggota untuk mendapatkan fasilitas pemantauan pesanan. Selanjutnya tinggal cek pesanan, stok obat sampai ke proses pengiriman. 

Hadirnya aplikasi ProSehat ini sangat memudahkan, mengingat kita nggak perlu antri di apotek untuk menebus obat. Kita juga bisa mengetahui stok obat yang tidak tersedia.Terhindar dari lupa membeli obat yang harus ditebus dan yang paling memudahkan banget, kita gak perlu kuatir dengan keamanan dan harga obat.

Untuk install aplikasi ProSehat, teman-teman bisa cari di Google Play Store atau klik link app.prosehat.com.

Selamat menjalani kehamilan yang optimal dan menikmati pelayanan dari aplikasi ProSehat.

3 comments:

  1. Wah emang kl nebus obat di apotik itu ngantrinyabparah ya Mba. Apalagi kl hari sabtu atau malam-malam

    ReplyDelete
  2. iya, itu yang bikin males banget ya..

    ReplyDelete
  3. Bagus artikelnya mbak, saya suka dengan artikel informatis seperti ini

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)