Pages

28 June 2016

Andalan Bunda Cerdas , Kiat Cantik dan Sehat Selama Berpuasa


Melihat keceriaan Artika Sari Devi di acara Andalan Bunda Cerdas hari sabtu tanggal 24 kemaren. Bikin saya pengen tau banget, apa sih rahasia tetap oke walau sedang berpuasa?Inikan udah masuk minggu-minggu terakhir ramadan ya.. Nah, Artika tuh ya, cantik, fresh, dan aktif banget. Sedangkan saya, udah lemes, mata masih sepet menyisakan kantuk semalam. Kalau gak penting banget, saya males ngomong deh. Berasa kerongkongan kering akibat berpanas - panas dalam perjalanan ke gedung dakwah MUI Depok. Siang itu memang cuaca panasnya menguji iman.. :) *kipas-kipas

Rahasia Cantik Luar Dalam



Ternyata, badan segar dan penampilan cantik itu nggak terjadi begitu saja lho. Apalagi saat berpuasa seperti sekarang ini. Tau sendirikan, ibu-ibu punya aktifitas lebih dari biasanya. Mulai dari bangun lebih awal sampai tidur paling akhir. Udah gitu, kadang nggak sempat merawat diri sendiri karena harus berpacu dengan waktu. Memang semuanya bernilai ibadah. Tapi alangkah senangnya kalau kita menjalaninya dengan badan segar, wangi dan penampilan cantik. 

Dari hasil bincang-bincang dengan dr. Nanny Djaja Sp.GK , katanya kiat sehat dan cantik selama berpuasa harus diupayakan dari dalam dan luar. Selama berpuasa, tubuh kita mengalami perubahan. Baik itu kulit maupun rambut. Jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh sangat mempengaruhi. 

Untuk menjaga kondisi kulit agar tidak kering, perhatikan asupan cairan, sayur dan buah. Vitamin pada buah dan sayur dapat menjaga kelembaban kulit dan membuatnya tetap sehat. Sebagai upaya menjaga kulit sehat dari luar, jangan lupa gunakan pelembab atau lotion. Kulit yang sehat dan terawat akan membuat mood kita terjaga dengan baik. Iya sih, perasaan cantik itu otomatis bikin kita merasa nyaman.

Selama menjalankan ibadah puasa, kadang rambut juga cenderung kering dan kusam. Selain shampo, jangan lupa pakai conditioner ya. Conditioner akan melindungi rambut dari kekeringan. Kulit kepala juga akan terasa bersih dan segar.

Menjaga Tubuh Tetap Fit



Selama berpuasa, teman-teman suka merasa ngantuk gak? Kata dr Nanny, ada beberapa penyebab mengapa rasa kantuk selalu datang menyerang. Nih, ya.. buat yang suka makan gorengan pada saat berbuka maupun sahur. Gorengan akan membuat tubuh kita memerlukan oksigen lebih banyak. Jadi, kalo gak mau ngantuk terus-terusan, coba kurangi gorengannya ya.
Selain gorengan, bisa jadi penyebabnya adalah kurangnya olahraga. Coba deh, olahraga rutin tiap hari. Gak perlu lama dan sampai berkeringat banyak. Cukup 30 menit setiap hari. Yang paling gampang sih, jalan kaki. Insya Allah, badan sehat dan bugar.

Selain menjaga makanan, satu hal yang penting banget adalah menjaga agar tubuh kita mendapat istirahat yang cukup. Tidur cukup dan nyenyak. Tidur siang dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat mengembalikan tenaga dan membuat tubuh memiliki energi baru.
Trus, kalau pengen tubuh fit dan bertenaga gimana dong? Ternyata gampang banget. Saran dari dr, Nanny, cobalah makan dengan campuran beras merah dan beras putih. Kandungan karbohidrat di dalamnya akan membuat tubuh kita bertenaga. Jadi, mau beraktifitas kayak apapun, tubuh tetap fit. Makan pisang juga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Nah, kalau untuk meredakan perasaan nggak nyaman akibat beban pikiran atau sesuatu yang membuat stress. Ada cara yang mudah untuk melenyapkannya. Cobalah makan cokelat. Cemilan enak ini bisa mengubah mood kita. Tapi jangan berlebihan ya.. 
Lagian nggak enak juga kan, memendam rasa stress. Lebih baik jalani semua dengan bahagia, banyak bersyukur dan semangat.

Buat yang suka mendapatkan semangat lewat wewangian, boleh deh mencoba berbagai keharuman yang berbeda. Konon katanya, wewangian dapat menaikkan mood booster. Cukup pakai pewangi pakaian yang berupa konsentrat yang akan membuat keharuman bertahan lama. Dengan jenis wewangian yang berbeda, kita bisa menyesuaikan dengan mood sehari-hari.

Dalam bincang-bincang dengan dr, Nanny, banyak tips-tips bermanfaat yang diberikannya hari itu. Waktu jadi nggak berasa karena tips-tips seperti itu memang dibutuhin banget oleh ibu-ibu seperti kita. Memang sih, sebagai ibu kita memang dituntut untuk cerdas dan tau apa yang terbaik untuk keluarga. 

Nggak cuma tips cantik aja sih, ini ada tips bermanfaat untuk ibu-ibu yang sering merasa kesemutan. Kebetulan ini adalah pertanyaan dari salah satu peserta. Nah, bu dokter malah kasih ilmu tentang mendapatkan vitamin B dari kacang hijau.

Jadi, kalau kita mau bikin bubur kacang hijau, baiknya didihkan dulu air di panci. Kalau sudah mendidih, masukkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih. Tunggu beberapa saat sampai air rebusan berubah warna. Setelah itu, matikan api. Ambil air rebusan kacang hijau dan taruh dalam wadah, sisihkan. Selanjutnya tambahkan air dan masak kacang hijau sampai matang. 

Air rebusan yang tadi disisihkan itu, bisa dijadikan minuman yang kaya akan vitamin B. Kalau kita memasaknya dengan cara yang biasa, vitaminnya akan banyak yang terbuang. Jadi, kita cuma dapat kenyang doang. Vitaminnya udah hilang. Hm, oke deh. Baru nyadar ternyata selama ini saya pakai cara yang salah. *makasih ya bu dokter ;)

Berburu Hadiah


Selain bincang-bincang santai dengan Artika dan bu dokter, ternyata banyak game seru juga lho. Hadiahnya banyak dan bikin mupeng. Jadi tuh ya, mas MCnya ngajuin pertanyaan dari materi yang sudah dijelaskan. Yang merhatiin pasti bisa jawab. Heboh banget deh, semua pada rebutan menjawab.

Acara yang gak kalah hebohnya adalah lomba bikin kreasi hijab. Jadi peserta hanya diberi waktu beberapa menit untuk menciptakan kreasi hijab yang unik dan menarik. Seru deh, karena menjelang waktu habis, para peserta cepet-cepetan menyelesaikan gaya hijabnya biar kece maksimal. Pemenangnya berhak mendapatkan hadiah voucher belanja. Ini dia  peserta dan pemenangnya..





Kelar acara kreasi hijab, giliran pemenang doorprize yang dapat rejeki. Hadiahnya banyak. Dari sepuluh kotak hadiah, saya gak dapat satu pun. Hehehe, gakpapa.. karena rejeki nggak akan kemana, karena pada akhir acara saya kebagian voucher alfamart sebesar 200ribu gara-gara bisa jawab pertanyaan dari mas MC. Alhamdulillah.




Andalan Bunda Cerdas


Acara Andalan Bunda cerdas kemaren emang berkesan banget. Selain mendapatkan berbagai hadiah, ilmu yang diberikan oleh nara sumbernya nambah wawasan banget. Bikin ibu-ibu tambah pinter. Ini karena Andalan Bunda Cerdas atau disingkat ABC memang didisain untuk menjadi sahabat sejati dan patrner bunda. ABC selalu menyediakan berbagai informasi, tips dan artikel penting dan bermanfaat seputar kecantikan wanita, kesehatan, keluarga dan dunia si kecil dengan Tabloid Nyata sebagai media partnernya. ABC juga menyediakan produk-produk berkualitas yang bisa menjadi andalan seluruh keluarga.


Cara mengikuti program ABC :


Klik website Alfamartku di, http://www.alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/
masukkan nomor Hp dan kita akan mendapatkan SMS A- voucher berupa potongan harga produk P&G.

Untuk informasi, silakan kontak call center ABC di nomor 021- 1500959 kemudian tunggu pilihan dan tekan angka 4. Call center ini bisa dihubungi dari telpon rumah atau Hp.

Jadi, untuk teman-teman yang penasaran dengan program Andalan Bunda Cerdas, boleh banget cari info di websitenya ya..


                        

Selamat menjalankan tugas sebagai ibu ya. Salam bahagia..  :)


1 comment:

  1. Jadi penasaran nih mbak apa programnya, okeh saya cek dulu ya.

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)