02 May 2016

Berhijab : Jangan lupakan Syarat Ini



Sebagai seorang muslimah, tentunya berhijab sudah menjadi gaya berpakaian sehari-hari. Dalam setiap kesempatan, berbagai gaya hijab atau lazimnya disebut jilbab, kini hadir dalam bermacam-macam model, corak dan warna. Tinggal kita si pemakai yang harus pandai-pandai menyesuaikan dengan tempat dan acara yang akan dihadiri.

Tapi, nggak semua wanita memahami pemakaian jilbab yang benar  dan sesuai dengan ketentuan. Ada syarat-syarat yang harus diperhatikan. Baik itu dari ukuran, panjang dan model jilbab. Biar nggak keliru, di bawah ini ada beberapa hal yang bisa kita jadikan pedoman dalam menggunakan jilbab.


1. Jilbab harus menutupi bagian dada.

Panjang jilbab bagian depan hendaklah menutupi bagian dada agar bentuk badan bisa tertutupi.  Jangan sampai, kepala tertutup tapi bagian dada terlihat ngepress.

2. Harus dapat menutupi semua rambut bagian belakang

Perhatikan panjang jilbab bagian belakang, jangan sampai ada rambut yang terlihat. Nggak lucu juga kan, jilbab bagian depan udah kece, eh bagian belakang ada untaian rambut yang keluar. Perhatikan juga rambut bagian depan ya.. kadang karena sibuk beraktivitas, letak jilbab bergeser. Apalagi kalau nggak pakai bandana atau ciput, resiko rambut keluar lebih besar lagi. Karena rambut nggak ada penahannya. 

Selain syarat di atas, masih ada lagi yang perlu diperhatikan. Yaitu soal pemilihan bahan. 

1. Bahan tebal atau tidak memperlihatkan bagian kepala.

Gunakanlah bahan yang tebal untuk jilbab. Maksudnya bukan bahan yang tebal seperti bahan untuk rok atau celana. Bisa-bisa kepala pusing karena menahan berat. Tapi ketebalannya bisa menutupi bagian rambut alias gak tipis menerawang. 

2. Boleh bahan tipis tapi pemakaiannya di rangkap.

Untuk bahan yang tipis, pemakaian bisa di rangkap. Untuk jilbab bagian dalam bisa menggunakan jilbab dengan warna serasi dengan bagian luarnya. Boleh juga disesuaikan menurut kombinasi warna pada motif jilbab bagian luar.  Yang penting, intinya bagian kepala, rambut tertutup sempurna.

Pemakaian jilbab yang rapi dan sesuai akan makin serasi bila dipadukan dengan model pakaian yang pas. Sekarang banyak sekali pilihan pakaian untuk wanita muslimah. Untuk membelinya pun nggak perlu ribet keluar rumah. Tinggal cari toko-toko online yang menyediakan  pakaian untuk acara  yang kita inginkan. Bisa pakaian casual, atau resmi dengan pilihan gamis atau kebaya modern. Pilihlah yang sesuai dengan kepribadian. 

Dengan memakai jilbab yang benar dan pakaian yang sesuai tentunya akan mencerminkan kepribadian wanita muslimah sejati. 


























bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

5 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. pokoknya harus nutup ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. kebetulan punya jilbab segi4 yang tipis,jadi makainya didobel

    ReplyDelete
  3. memang memakai jilbab harus sesuai syariat

    ReplyDelete
  4. Hijab skrg jg jadi fashion shg mahal & buat jor2an, padahal syaratnya sesederhana diatas ya.

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp