28 March 2016

Pencegahan Penyakit Sebagai Investasi Masa Depan


Kalau boleh memilih, nggak ada seorangpun di dunia ini yang mau terkena penyakit. Sakit itu nggak enak, nggak nyaman dan bisa bikin pengeluaran membengkak. Namun seringkali tanpa kita sadari, kelalaian kitalah yang membuat penyakit malah menghampiri. Padahal, bila dari awal kita sudah memaksimalkan pencegahan, tentunya hal ini nggak akan terjadi.

Harus diakui bahwa musuh terbesar dalam melakukan pencegahan adalah diri sendiri. Nggak usah jauh-jauh, untuk mengurangi berat badan aja susahnya jangan ditanya. Andaikan berhasil mengurangi porsi makan, eh malah gagal diurusan olah raga. Padahal diri ini udah tau banget kalau melangsing itu akan klop bila dibarengi dengan olah raga. Kalau dipikir-pikir aneh banget. Nggak bisa ngalahin diri sendiri.. ;)

Kalau untuk mengurangi berat badan masih bisa dibawa santai, tentu tidak dengan pencegahan terhadap penyakit yang serius. Apalagi dengan usia yang terus bertambah, resiko terkena penyakit akan lebih besar. Kolesterol, darah tinggi dan diabet menjadi ancaman banget. Takuuut! Apalagi kedua orang tua saya sama-sama menderita penyakit diabetes. Saya harus serius melakukan pencegahan.

Sebenarnya melakukan  pencegahan itu investasi lho.. bayangkan berapa besar uang yang bisa kita amankan kalau kita bisa tetap sehat. Nggak cuma soal uang aja, tapi juga waktu yang bisa pakai untuk tetap produktif baik itu dalam mendampingi keluarga atau dalam kehidupan bermasyarakat. Sehat membuat kita bisa menjalani hari-hari dengan maksimal. Mewujudkan masa depan tanpa harus kehilangan waktu bersama keluarga.




Pencegahan yang harus dilakukan pun nggak sulit. Untuk hidup sehat, mulailah dari hal-hal kecil yang mendatangkan banyak manfaat. Soalnya saya ingat kata-kata dari Dr.Kristo dari In Harmony Clinic bahwa pencegahan harus diperjuangkan, bukan didapatkan. Dalam pencegahan, yang terpenting adalah proses, bukan hasilnya. Iya ya, bener banget kalau prosesnya baik, dengan sendirinya hasil pasti baik.

Buat saya sendiri, pencegahan yang sedang saya lakukan adalah :

  • Minum air putih yang cukup
  • Makan lebih banyak sayur dan buah
  • Berusaha tidur cukup
  • Minum madu
  • Mengurangi gorengan
  • Mengurangi makanan yang manis-manis
PR besar saya : Olah raga teratur  

Memang cukup sulit bagi saya untuk disiplin berolahraga. Tapi nggak ada pilihan lain. Harus demi hidup lebih sehat.Kalau soal mengganti menu  makanan ke yang lebih sehat sih nggak masalah. Karena cukup banyak pilihan sayur dan buah yang bisa diutak-atik jadi menu yang enak. Tinggal mau atau enggak aja sih.



Tapi balik lagi ke soal pencegahan, memang sudah selayaknya kita menanamkan kesadaran sejak dini. Karena ibaratnya apa yang kita tanam hari ini, itulah yang akan kita tuai di kemudian hari. Mau sehat ya, harus mau mengubah pola hidup. Mengubah mindset.



Yuk, mulai sekarang investasi kesehatan dengan melakukan pencegahan.














bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

9 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. saya,yang paling berat juga olahraga....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiii.. ternyata saya nggak sendiri :)

      Delete
  2. Bener sekali tuh mbak olahraga yang teratur juga bisa membuat tubuh kita sehat dan terhindar dari penyakit.

    Terima kasih ya mbak, tipsnya bisa di coba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga masih bingung ini, susah banget olahraga. Tapi saya beneran mau paksain. Harus :)
      Makasih udah mampir ya, mas ..

      Delete
  3. olahraga ini yang paling repot, yang pasti aku banyak minum putih karena gak doyan teh hehehe

    ReplyDelete
  4. Saya sadar olah raga itu penting mbak Waya, tapi sulit sekali realisasi. Pulang kerja udah capek, hari minggu ngga ada waktu, pokoknya alasan terus.
    Untuk makan buah yang murah kan pisang dan pepaya ya mbak, sayang saya ngga suka baunya. Maunya nanas atau semangka itukan mahal ya.
    Sebenarnya hidup sehat itu murah dan mudah, saya aja yang niatnya kurang kekeh hehe
    Terima kasih tipsnya mbak, saya harus paksain nih :)

    ReplyDelete
  5. Iya mbak betul kita harus menabung dari awal supaya dimasa depan nanti tidak terserang penyakit.

    ReplyDelete
  6. Waayaa...postingan sederhana yang oke banget Bunda suka bacanya, asyiiik menelusuri kata demi kata, teratur ulasannya. Ember pake banget susah ngalahin diri sendiri, yang berhasil akan punya predikat Heroine In You, hehe...

    ReplyDelete
  7. Emang lebih baik mencegah daripada mengobati yaaa...

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp