28 February 2016

Yes.. Oshin is Back

Ada kabar gembira untuk pecinta serial drama Jepang, OSHIN. Masih ingat tokoh Oshin? Dulu, drama ini ditayangkan pada tahun 1983-84. Udah lama banget emang. Tapi ceritanya sangat berkesan dan nggak mudah dilupakan. Serial drama mengharukan yang fenomenal ini akan diputar ulang di WakuWaku Japan, Indovision. Tepat pada tanggal 29 Februari pada pukul 8:00 hingga 8:20 malam, Yang mengembirakan, OSHIN akan kembali dengan kualitas gambar yang lebih oke dalam kualitas HD.

Pemutaran kembali film OSHIN ini karena banyaknya permintaan dari pemirsa Indonesia yang merindukan kisah perjuangan OSHIN dalam menghadapi hidup. Bagi yang belum pernah menonton film ini, OSHIN adalah kisah tentang seorang anak yang lahir dari sebuah keluarga petani miskin. Oshin ditukar dengan sekarung beras untuk menjadi pembantu. Bertemakan perang dan perdamaian, Liku-liku hidup membuatnya menjadi gadis yang tabah, kuat dan gigih dalam menerima berbagai cobaan. Oshin berjuang menghadapi berbagai situasi dan kondisi. Kemiskinan tak membuatnya menyerah demi untuk menyelamatkan nasib keluarganya.Pokoknya, mengikuti kisah hidup Oshin, dijamin akan hanyut dan terbawa perasaan. Menonton serial drama ini selain menikmati ceritanya, penonton juga bisa mempelajari budaya Jepang. Nambah wawasan juga tentunya.



Menyambut pemutaran film OSHIN, Indovision mendatangkan Ayako Kobayashi sang pemeran Oshin ketika masih kecil. Ayako berbagi kisahnya dalam memeran Oshin pada masa itu. Banyak pengalaman tak terlupakan yang dihadapinya bersama para pemeran lain. Tapi yang paling berkesan adalah ketika syuting untuk adegan badai salju. Dulu peralatannya nggak secanggih sekarang, sehingga seringkali efek-efek yang diperlukan dilakukan secara manual dan itu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.



Ayako Kobayashi yakin kisah Oshin akan mendapat sambutan positif dari pemirsa. Mengingat drama ini merupakan kisah perjuangan seorang gadis yang tak kenal menyerah. Tentunya akan menjadi nilai lebih. Apalagi hal ini bisa dijadikan contoh agar anak muda tidak pernah putus asa.

Nah, untuk pemutaran film OSHIN, akan ditayangkan selama setahun penuh sebanyak 297 Episode. Tayang mulai senin 29 Februari setiap Senin sampai Sabtu setiap pukul 8 :00 hingga 8:20 malam. di chanel WAKUWAKU JAPAN.

Oh ya, selain serial OSHIN, WAKUWAKU JAPAN juga akan menayangkan Drama dan Film pilihan. 3 jam penuh drama dan film ini  dimulai setiap senin - sabtu dari pukul 8 hingga 11 malam.

Dimulai dengan :

"Drama Woman" ( Jam 8 malam)
Kumpulan drama terkenal tentang kehidupan wanita Jepang dalam 3 serial yang masing-masing tayang 15 menit perepisode. Menampilkan karya yang terkenaal secara nasional dari OSHIN, Ama-Chan sampai Bon Appetit.

"Drama Legend" ( Jam 9 malam )
Tayangan drama yang melegenda dan menjadi fenomena sosial maupun karya terkenal yang hot di Jepang sampai sekarang.

"Drama Hits" (Jam 10 malam)
Karya Hiits menampilkan aktor dan aktris yang mendunia, dengan soundtrack yang dibawakan oleh artis yang memeriahkan tangga lagu Jepang.

Marathon film akhir pekan
Mempersembahkan mahakarya tematik setiap bulannya seperti J-HORROR yang terkenal di Indonesia. Tidak hanya drama dan film, WAKUWAKU JAPAN juga menayangkan program Kids seperti Anime & Super Hero setiap hari dari jam 3;30 sampai jam 6 sore.

Jadi, jangan lewatkan hari dan jam tayangnya ya..  Selamat menonton :)


















18 February 2016

Menyambut Gerhana Matahari Total 2016


(Image : Blogdetik)

Seingat saya, kalau nggak salah, saya sudah tiga kali menyaksikan kehebohan fenomena gerhana matahari total. Paling tidak, saya menyaksikan bagaimana sibuknya orang-orang bercerita dan bersiap menghadapi datangnya gerhana matahari total (GMT).

Kali pertama ketika saya masih tinggal di Dumai. Saya masih imut, berseragam putih-merah. Masih SD. Sekitar tahun 83 gitu deh. Masih sibuk main, meski orang sekitar sudah pada heboh. Yang saya ingat, saya nggak boleh keluar rumah. Kata Papa, nggak boleh keluar dan lihat matahari, nanti bisa buta. Waktu itu saya takut banget. Nggak berani melihat keluar sedikitpun. Kemudian saya tahu, memang berbahaya kalau melihat gerhana matahari dengan mata telanjang. 

Nah, di fenomena GMT yang terjadi tahun 1988, saya sudah duduk di bangku SMP. Jadi cukup antusias bisa mengalami langsung saat-saat di mana semua orang membicarakan terjadinya GMT. Di sekolahpun informasi tentang bagaimana terjadinya proses gerhana matahari menjadi mata pelajaran yang disukai. Bahkan saya masih ingat ketika kami membuat alat peraga. Cahaya matahari akan terhalang oleh bulan yang menutupinya. Lalu, untuk beberapa saat, wilayah yang diliputi fenomena ini akan menjadi gelap untuk beberapa saat. Benar-benar sebuah kejadian alam yang luar biasa. Apalagi fenomena ini terjadi dengan rentang waktu yang cukup panjang. Maka, bisa menyaksikannya adalah sebuah anugerah. Tak heran, pada saat itu, berita tentang GMT di TV menjadi sesuatu yang ditunggu.

Demikian juga dengan kejadian saat terakhir kali fenomena GMT menghampiri wilayah Indonesia pada 24 oktober 1995. Yap, 21 tahun yang lalu. Meski sudah lama, saya masih bisa mengingatnya. Sayangnya waktu itu belum ada Blog sih, coba kalau ada, pasti peristiwa bersejarah itu akan tertulis dan menjadi abadi. :)

Kini, setelah melalui rentang waktu 21 tahun, tanggal 9 Maret mendatang fenomena GMT akan menghampiri wilayah Indonesia lagi. Beberapa wilayah yang dilewati GMT yaitu Palembang, Belitung, Lubuk Linggau, Tanjung Pandan, Manggar, Palangkaraya, Toboali, Balikpapan, Sampit, Palu, Poso, Ternate, Tidore, Sofifi, Jailolo, Kao, Koba dan Maba akan menjadi saksi sejarah.

Sebagai warga negara Indonesia tentunya kita sangat bangga dan patut bersyukur ya, karena fenomena ini bisa kita rasakan langsung. banyak warga negara lain seperti wisatawan-wisatawan asing yang sengaja datang ke Indonesia untuk menjadi bagian dari peristiwa langka ini. Nggak cuma wisatawan asing, wisatawan lokalpun sudah berbondong-bondong untuk booking hotel setempat sebagai langkah awal untuk menyambut fenomena GMT. Kejadian langka yang sayang utuk dilewatkan.

Beberapa wilayah yang dilewati GMT juga sudah melakukan persiapan. Beberapa trip wisata dibuka untuk menjadikan momen bersejarah ini sebagai momen yang tak terlupakan. Tempat-tempat strategis untuk melihat GMT pun sudah dirancang sedemikian rupa. 

Tak ketinggalan juga dengan www.detik,com melalui kanalnya Blogdetik, mencari 20 laskar gerhana matahari untuk diajak ke Bangka Belitung secara gratis. 20 laskar gerhana ini akan menyaksikan detik-detik GMT menyelimuti wilayah yang indahnya bikin  saya termimpi-mimpi pengen sekali bisa ke sana. Pengen banget menikmati pantai indahnya. *Pengennya pake banget ya..  :)

Daerah wisata yang satu ini memang sukses mencuri hati banyak orang. Termasuk saya yang nggak sabar ingin menjejakkan kaki ke sana. Bayangkan pesonanya yang indah memukau, berpadu dengan sejarah, bahwa Gerhana Matahari Total pernah singgah di sana. Hm, betapa fenomenalnya.

Menjelang terjadinya fenomena GMT tanggal 9 Maret nanti, Kementrian Pariwisata Bangka Belitung memperkirakan akan ada jutaan wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang akan ikut mengabadikan peristiwa bersejarah ini. Pengunjung bahkan bisa menikmati berbagai acara menarik sebelum hari-H. Pasti seru banget ya..

Dengan adanya peristiwa Gerhana Matahari Total ini, tentunya akan membuat kita semakin mencintai semesta dengan semua keindahannya. Juga semakin takjub dengan kebesaran Sang Pencipta dengan segala kekuasaannya. Mari, kita sambut kedatangannya.. :)













17 February 2016

Segudang Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan


Hm, kalo ngomongin yoghurt, saya langsung ngiler deh ngebayangin rasa segar asam manisnya. Lembut manja dan bikin nagih.. sukaa banget. Sekotak tuh rasanya gak cukup. Pengen lagi dan lagi. Apalagi kalo pas cuaca panas. Yoghurt dingin emang oke banget buat melegakan haus dahaga.

Yoghurt ternyata gak cuma sekedar produk turunan susu aja lho. Segudang manfaat yoghurt bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya. Tentu saja dengan takaran yang pas, ya..

Yuk, kita lihat apa saja manfaat Yoghurt untuk tubuh kita :
  1. Menyehatkan Gigi dan Gusi. Meski mengandung gula, nyatanya minum yoghurt bermanfaat bagi kesehatan gigi dan gusi. Kandungan asam laktat dan yoghurt akan melindungi gigi dari pengaruh bakteri atau peradangan. Jangan lupa berkumur setelah minum yoghurt, ya. Supaya sisa-sisa yoghurt yang tertinggal di mulut tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.
  2. Menjaga Kesehatan Kulit. Asam laktat yang terkandung di dalam yoghurt berfungsi sebagai eksfoliator yang berfungsi menyingkirkan sel-sel mati., termasuk sel kulit mati. Oleh sebab itu, mengonsumsi yoghurt  akan membuat kulit tetap sehat dan sel-sel kulit mati oun terangkat sempurna.
  3. Memperlancar Sistem Pencernaan. Sejumlah bakteri baik yang terkandung di dalam yoghurt dikenal dengan istilah probiotik. Zat inilah yang berperan melawan mikroorganisme jahat pada sistem pencernaan. Hasilnya, organ-organ pencernaan dapat bekerja dengan lancar dan tubuh pun terbebas dari risiko sembelit.
  4. Mencegah Risiko Tekanan Darah Tinggi. Seringkali kita tidak menyadari bahwa makanan yang kita makan setiap hari mengandung kadar garam yang tinggi. Untuk membantu menetralkan sodium dari garam tersebut, mulailah mengonsumsi yoghurt secara teratur. Mineral kalium pada yoghurt dapat membantu mengeluarkan sodium yang berlebihan dari tubuh.
  5. Menjaga Kesehatan Tulang. Yoghurt kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D. Kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang maupun gigi. Dengan mengonsumsi yoghurt secara teratur tulang akan terhindar dari keropos. Kita pun bisa senantiasa aktif bergerak dan melakukan berbagai kegiatan dengan tulang yang sehat.
Hm, banyak ya, manfaatnya :)
Pengen yoghurt dengan rasa berbeda? Nggak susah kok, ada cara mudah yang bisa dicoba. Yoghurt sangat mudah dimix dengan buah, cereal, biskuit, dijadikan es krim, atau dijadikan dessert yang menggiurkan. Semua pasti yummy! Agar selalu tersedia, yoghurt bisa dibuat sendiri di rumah.

Sekarang ada loh, produk mesin pembuat yoghurt yang berukuran mungil. Praktis banget dan selalu bisa digunakan setiap waktu. Kapan aja mau tinggal bikin. Kalau pengen tahu, dapatkan mesin pembuat yoghurt dengan belanja mudah di sini, di MatahariMall. Mumpung ada penawaran diskon. Bisa banget nih dimanfaatkan. Toko online besutan Lippo Group ini memang tahu betul tentang apa yang kita butuhkan ya :)
Ya, barang bagus.. ya diskon..  TOP banget deh!

Yuk, tunggu apalagi, bikin yoghurt yuk, nikmati yoghurtnya, nikmati manfaat sehatnya..



.


05 February 2016

Ide Untuk Pria : Bergaya ala Bintang Hollywood


Sesekali pengen juga deh, ngomongin gaya pria berpakaian. Soalnya mereka tuh nggak perlu dandan agak ribet kayak kita wanita. Nyiapin baju, mikirin hijab yang sesuai dan make-up. Bagi yang nggak berhijab pun, kadang mesti nyiapin waktu untuk catok rambut, ngeblow dan apalah-apalah.

Eh, tapi emang nggak semua sih, ada juga yang simple. Nggak perlu dandan langsung cuss. Tapi tetap cantik karena wanita punya banyak pilihan untuk baju dan motif. Apalagi kalau soal warna. Hm, jadi wanita tuh emang enak banget.. warna apa aja hayuuk..

Berbeda dengan wanita, dulu, pilihan baju untuk pria nggak sebanyak wanita. Kadang terasa monoton juga kalau gayanya itu-itu aja. Iya,kan.. bosen juga,kan? Sekarang pria sudah mengalami banyak perubahan dalam pemilihan gaya. Dari segi warna pun, pria sekarang lebih stylish dan berani.




Tapi masih banyak sih, pria yang masih belum berani mengubah penampilannya. Hm, gimana ya, kalau para pria ini gayanya dimix dengan gaya pria-pria Hollywood. Ide aja sih. Tapi tetap sesuai dengan gaya berpakaian di Indonesia. Lengkap dengan pernak-perniknya. Biar makin keren dan sedap dipandang mata.. :)

Yuk kita intip ya..  (*walau tanpa foto, tetap bisalah ya, dibayangin.. :)

  1. Paduan Scarf dan Boots ala Brad Pitt.  Boots memang sepatu yang identik banget dengan pria. Karena terlihat maskulin dan memang 'laki' banget! Brad Pitt memadukan bootsnya dengan scarf yang disukai wanita. Jadi Brad Pitt mengenakan scarf, kaos, outer, jeans dan sepatu pria casual original yang membuat penampilannya keren maksimal. Para pria boleh nih nyontek gaya semi casualnya Brad Pitt untuk dikenakan pas jalan-jalan atau hang out bersama teman-teman. Pasti keren.
  2. Paduan Warna Gelap ala Tom Cruise.  Yap, pria tuh udah jodoh banget dengan warna-warna seperti putih, hitam, abu-abu ataupun biru dongker. Warna-warna ini juga merupakan favorit Tom Cruise. Si tampan ini memadukan kaos  kerah V berwarna biru dongker, jas semi resmi berwarna hitam dan bawahan berwarna hitam. Elegan dan memikat. Bolehlah dicoba.. :)
  3. Pakai Beani Hat seperti Jake Gyllenhaal. Tahun 2015, Beani hat menjadi salah satu jenis topi yang tren di kalangan remaja baik pria maupun wanita. Beani hat sangat bisa dipadupadankan dengan penampilan kasual atau santai. Coba deh, tiru gaya Jake Gyllenhaal yang memadukan beani hat dengan kacamata hitam dan kaos. Pasti keren bingits.
  4. Ide Gaya Bradley Cooper dengan 'Long Coat'nya. Biasanya, jas dengan jenis long coat jarang kita lihat digunakan oleh orang Indonesia di acara-acara resmi. Jenis long coat lebih banyak kita lihat di televisi dan digunakan oleh orang luar negeri. Tapi nggak ada salahnya mencoba gaya Bradley Cooper. Sesekali cobalah pergi ke acara resmi dengan model jas long coat. Tentu penampilan ini akan menarik perhatian, karena berbeda dengan gaya orang lain. 
  5. Gaya Kaos sederhana ala Shia LaBeouf. Nah, ini pilihan terakhir buat para pria yang tetap belum berani berpenampilan berbeda daripada yang lain. Shia LaBeouf tetap percaya diri hanya bermodalkan kaos pria keren Padukan kaos  dengan kemeja atau outer. Atau gabungkan kaos dengan jeans dan sepatu boots tinggi. Walau hanya dengan kaos, penampilan tetap terlihat keren,kan?

Nah, gimana  para pria..  Siapkah bergaya ala bintang Hollywood?






1     

  


03 February 2016

Anggun dan Cantik dengan Kebaya

Setiap kali pergi ke acara  kawinan atau pertemuan yang agak formal, saya suka sekali memerhatikan gaya tamu-tamu yang hadir. Rasanya ada keasyikan tersendiri kalau OOTD mereka pas dan enak dilihat. Padahal gak tau juga sih, gimana pendapat mereka kalau lihat gaya saya..  *rapiin jilbab^^ 

Gaya atau style seseorang memang berbeda sesuai dengan karakter masing-masing. Kalau maksa, hasilnya jadi nggak menyatu.  Apalagi kalau misalnya nggak sesuai dengan usia si pemakai. Bisa-bisa terlihat  tua sebelum waktunya atau malah jadi terlalu muda kayak Abege, agak nggak pantes gitu deh..

Saya paling suka kalau ketemu sama orang dengan dandanan etnik. Misalnya seseorang yang memakai kebaya model klasik tapi dipadukan dengan bawahan yang modern, sentuhan etnik Indonesianya jadi tambah terlihat keren. Di beberapa acara saya sering juga melihat remaja yang pakai kebaya encim lengan pendek dipadukan rok batik warna pastel selutut  dengan model kerutan di pinggang. Terlihat ceria sesuai umurnya.

Kalau saya sendiri sih, cenderung memilih kebaya dengan warna yang lembut. Bahan yang nyaman dipakai dan motif yang nggak terlalu rame. Seperti model kebaya yang ada di bawah ini..



Kebaya simpel dengan kutubaru warna Khaki yang saya intip dari website Zalora ini terlihat manis dengan kombinasi bahan batik. Kalau mau ke acara yang formal, tinggal tambah aksesories  clutch dan bawahan yang sesuai. Kalau mau ke acara  casual juga gampang banget.. tinggal tambahin celana panjang, 7/8 atau yang sesuai dengan karakter, lalu tambahkan dengan sepatu etnik dan tas yang senada. Yuhuuu... siap bergaya :)


Kalau kebaya warna tosca ini juga keren banget yaa..  Saya suka!  Telihat fresh dan modern. Aksen di bagian bawahnya unik. Anggun dan memesona. Pokoknya dua  kebaya ini bikin saya pengen punya banget.

Ada beberapa  hal yang harus diperhatikan saat memutuskan akan bergaya dengan kebaya. Tapi ini menurut saya aja sih :


  • Sesuaikan jenis acara. Untuk acara  in door bebas aja mau pilih bahan apa. Tapi kalau  out door pilihlah bahan yang menyerap keringat agar nyaman dipakai. Jangan sampai gara-gara bahan yang nggak oke membuat bagian ketiak basah karena keringat. "Basket" gitu deh.. ;D
  • Kenali bentuk tubuh. Ini penting banget, jangan sampai perut menyembul ketika memaksakan diri memakai kebaya model kutubaru. Ada beberapa model kebaya di Zalora yang bisa ditaksir. Sesuaikan dengan bentuk tubuh. Kebaya dengan motif bordiran yang cantik bisa dimanfaatkan untuk menutupi bentuk tubuh yang ingin kita samarkan.
  • Gunakan aksesories yang pas. Sesuaikan model dan motif kebayanya. Misalnya bros bergaya tradisional cocok dengan kebaya model klasik. Yang penting jangan berlebihan. Less is more.
  • Bawahan. Kebaya juga cocok dipadukan dengan apa saja. Mau kain tradisional, berbagai model rok, celana bahan atau jeans mah hayuuuk aja,, gak masalah, Tapi ya, itu tadi, harus sesuai dengan acaranya.
  • Alas kaki berupa Sandal cantik, High heels dan Tas. Ini tergantung selera kita sih. Kuncinya kita nyaman memakainya. Coba-coba aja berkreasi sendiri. Siapa tau nemu gaya baru yang oke.

Sebenarnya ada yang paling penting lagi sih, yaitu kebaikan dari dalam hati yang akan memancarkan aura positif dalam setiap penampilan kita. Bila kecantikan memancar dari dalam hati, kebaya yang kita pakai akan semakin membuat kita terlihat cantik dan anggun. Percaya deh.. :)





02 February 2016

My First Giveaway : What's in Your Bag?


Sepanjang perjalanan saya ngeblog, (*termasuk bagian males-malesnya ;D ) saya belum pernah bikin Giveaway. Sadar diri sih, saya kurang gaul banget. Ikut GA temen sesekali doang. Itupun kalau dapat tema yang pas dan waktunya juga pas. Kalau pas pengen ikut, eh lupa DL, hahaha.. maafkan saya ya, teman-teman.. :)

Sekarang saya pengen banget bikin GA, tapi pengen tema yang gampang aja. Biar teman-teman nggak susah mengikutinya. Teman-teman cuma diminta berbagi tentang apa isi tas yang sehari-hari dibawa. Ceritanya saya tuh kepo banget sama isi tas teman-teman. Siapa tau ada hal-hal unik yang bisa menginspirasi teman-teman yang lain. Yang nggak unik juga nggak apa-apa, yang penting ikutan. Siapa tau beruntung jadi pemenang.

Jadi caranya, cukup share cerita tentang "WHAT'S IN YOUR BAG?" di blog teman-teman ya.. Ceritanya bebas dan terserah mau berapa kata. Hadiahnya ada beberapa produk buatan saya seperti bantal lucu, pouch, celemek dan sumbangan hadiah dari teman-teman blogger kita yang kece. Ada dompet keren, kosmetik, sling bag, tupperware, buku, kalender, notes cantik dan juga  hadiah hiburan berupa pulsa untuk 3 orang pemenang (masih terbuka kesempatan untuk yang mau nyumbang hadiah). 

Berikut ini penampakan sebagian hadiah :



Bantal ini tersedia untuk 3 pemenang, masing-masing 2 bantal






Untuk hadiah yang akan didapatkan oleh pemenang akan saya update secepatnya. Yang jelas, pemenang ada 6 orang ditambah 3 hadiah pulsa untuk hadiah hiburan ya..

Syarat dan Ketentuan :


Syarat ikutan GA ini : 
  • Follow  twitter : @wayakomala
  • Instagram : @wayakomala
  • *Yang ini keikhlasan aja, soalnya baru bikin gara-gara latah ikutan yang lain ;D isinya aja belum ada. hahaha.. boleh dong minta Like fanpage :  Waya Komala    *makasih ya kaka ;)
  • Peserta memiliki alamat pengiriman Indonesia.
  • Memasang banner  dan tulisan di akhir postingan "Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway What's In Your Bag - Waya Komala" dengan link yang mengarah ke http://wayakomala.web.id
  • Daftarkan link postingan pada inlinkz di bawah ini.    



GA ini akan berlangsung dari tanggal 2-20 Februari 2016. Nggak usah lama-lama ya, nanti kelupaan. Untuk penilaiannya, ada juri yang kecenya nggak  diragukan lagi.  Dia adalah blogger idola saya : Pungky Prayitno  alias Pungky Pevita *trims banner kerennya   ;)

Pengumuman pemenang paling lama dua minggu setelah GA ditutup. Syukur-syukur sih satu minggu bisa kelar. Tergantung Bu Juri :)

Okay, saya tunggu tulisan teman-teman yaa.. Semoga GA ini mempererat pertemanan kita.. :)

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman yang rela menjadi bagian dari sponsor GA ini. Semoga rejekinya makin lancar dan bahagia selalu ya.. *Aamiin 

INI BANNERNYA :







01 February 2016

Sun Life Edufair, Saatnya Merencanakan Masa Depan Si Kecil


Ada acara seru untuk orang tua dan anak  di main Atrium Senayan City pada tanggal 28 sampai 31 Januari lalu. Acara yang diadakan oleh Sun Life bertajuk "Sun Life Edufair" ini memang keren abis. Topik, saatnya merencanakan masa depan  si kecil dengan memilih sekolah yang tepat, memang sesuai sekali dengan kebutuhan orang tua pada saat ini. Apalagi, sambil memilih sekolah, orang tua tak perlu cemas anak-anaknya gak betah. Di Sun Life Edufair, anak-anak akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan yang menarik. Ada dongeng anak, School Performance dan  Mini Education. Si kecil malah betah dan nggak mau pulang. Untuk orang tua juga bisa menyimak talkshow dengan narasumber yang luar biasa. Pokoknya, pulang-pulang bawa ilmu dan wawasan baru.
Buat yang nggak sempat hadir, Ini nih jadwal kegiatan yang berlangsung selama 4 hari kemaren. Sangat edukatif dan menarik.



Saya sendiri berkesempatan hadir pada hari ketiga acara. Rasanya bahagia menyaksikan anak-anak kecil antusias mencoba setiap kegiatan. Main monopoli, menggambar, menyusun lego, membuat gelang, atau menghias kuku dengan kuteks warna-warni dan masih banyak lagi arena bermain yang bisa dinikmati.



Selain area bermain, orang tua juga dapat mencari informasi dari booth-booth yang ikut berpartisipasi dalam acara Sun Life Edufair ini. Bootnya banyak banget.. Ada High Scope, Binus, Sekolah Pembangunan Jaya, Sekolah Kupu-kupu, Jakarta Multiculture School, YPAC, Kinderland, Yayasan Pondok Indah-Don Bosco, Sun Life Financial ( *bisa juga langsung ke http://brighterlife.co.id ) Sun Life Store, Belo Horizonte, dan Dream Dress Fashion Design Course. Kita Bisa tanya-tanya sepuasnya dan dapat langsung menonton performance dari sekolah-sekolah tersebut. 

Setiap sekolah tentunya memiliki berbagai keunggulan. Mendukung minat dan bakat anak. Memupuk keberanian, ketrampilan, kemandirian dan kerjasama yang baik. Tujuannya agar kelak tercipta generasi yang cemerlang di masa depan.


Salah satu  performance pada hari ketiga. Ada Capoera dari Belo Horizonte 
Penampilannya keren banget nih, kecil-kecil udah bisa capoera.. (*ngiri saya ;D

Talkshow : 



Talkshow pada hari ketiga disajikan dengan tema : "Saatnya Ayah dan Bunda Menjadi Sahabat Sahabat Terbaik Bagi Anak" Narasumbernya adalah Ibu Erlinda Iswanto - sekjen KPAI, Bapak Norman Nugraha - Chief Agency Officer Syariah dan Teuku Zacky dari Yayasan Sahabat untuk Anak.

Ibu Erlinda Iswanto menjelaskan tentang banyaknya kejadian kekerasan pada anak. Anak yang harusnya mendapat banyak kasih sayang, seringkali menjadi sasaran kemarahan dari orang tua, entah itu secara fisik atau lewat kata-kata yang dapat mengecilkan harga diri sang anak. Pada banyak kasus perceraian, efek psikologis yang dialami anak lebih buruk lagi. Orang tua harus pandai-pandai mengisi kekosongan yang ada dalam masa tumbuh kembangnya anak. 

Maraknya kasus pelecehan pada anak, juga membuat kita harus meningkatkan kewaspadaan, kejahatan bisa saja terjadi di tempat yang menurut kita aman sekalipun, misalnya di taman bermain. atau di sekolah. Seperti kasus yang belum lama terjadi, pelaku adalah oknum guru atau petugas di sekolah. Miris, membuat sedih dan cemas kita sebagai orang tua.

Hukuman untuk pelaku kekerasan dan pelecehan pada anak diharapkan dapat menjadi efek jera pada pelaku. Ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun akan diberikan sesuai dengan tingkatnya. Kalau menurut saya sih, hukuman harus yang seberat-beratnya. Agar anak-anak Indonesia aman dan hidup bahagia secara lahir dan bathin.

Bila Ibu Erlinda bicara tentang kekerasan pada anak, Teuku Zacky berbagi pengalamannya dalam mengasuh anak. Penting sekali untuk menghadapi anak-anak sesuai dengan karakternya. Setiap anak memang memiliki karakter yang berbeda. Bila kita ingin menyampaikan sesuatu, sampaikan dengan cara yang mudah dipahami sesuai dengan karakternya. Di jamin apa yang kita inginkan akan "sampai". 

Teuku Zacky juga bercerita tentang bagaimana mendidik anaknya agar terbiasa mandiri. Sejak kecil, anak dibiasakan mencuci piring bila selesai makan. Hal ini sudah menjadi kebiasaan sampai sekarang. Kebiasaan baik ini menjadi kegiatan rutin di rumahnya, baik mami, daddy dan anak-anak mencuci piring sendiri-sendiri. Hm, hebat juga ya.. 

Lain Teuku Zacky, lain lagi dengan cara bapak Norman Nugraha dalam menghadapi anak-anaknya. Dengan usia anak yang sudah SMP dan SMA, dirinya berusaha menjadi sahabat bagi anak-anak. Kedekatan pada anak akan membuat mereka terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif. Perhatian dan kasih sayang memang nggak boleh berkurang. Menjadi sahabat anak adalah cara terbaik untuk mendampingi anak menjalani setiap tahap kehidupannya.



Anak adalah harta tak ternilai bagi orang tua. Setiap senyum yang tergambar di wajahnya langsung membuat hati bahagia. Kebahagiaannya adalah kebahagian kita yang gak bisa ditukar dengan apapun.. Melalui Sun Life Edufair kemaren saya mendapatkan manfaat yang luar biasa. Memahami betapa pentingnya mengetahui bakat dan minat anak, lalu mendukungnya dengan segala daya dan upaya. Nggak jamannya lagi deh memaksakan kehendak agar anak mengikuti sesuai dengan apa yang kita inginkan. Menjadi dokter, tentara atau pembalap kelas dunia, padahal anaknya pengen jadi pengusaha atau malah chef handal. 

Menjadi orang tua memang nggak ada sekolahnya. Semua harus kita pelajari sendiri dan memadukan dengan pengalaman-pegalaman orang tua lain. Merencanakan apa yang tepat untuk si kecil tentunya menjadi suatu hal yang wajib. Karena anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang baik untuk mendukung masa depannya kelak.

Semoga kita bisa menjadi orang tua yang bijak, ya teman-teman.. (*Aamiin)