19 October 2015

Nusantara Sehat, Program Kepedulian Untuk Masyarakat

Hadir dalam acara Temu Blogger #SahabatJKN yang diadakan tanggal 13 oktober 2015 di Artotel Hotel daerah Thamrin, membuat saya mendapatkan informasi baru tentang program dari Kemenkes yang bernama Nusantara Sehat.  Program yang dibuat untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bertujuan untuk menciptakan masyarakat sehat yang mandiri. 

Tampil sebagai narasumber hari itu adalah Ibu Diah Saminarsih, Kang Maman yang biasa saya lihat di televisi,  dengan moderator mas Anjari Umarjianto yang memandu diskusi menjadi sebuah perbincangan seru. Gimana nggak seru, banyak hal-hal menakjubkan yang dibahas, perjuangan dan semangat untuk mewujudkan bangsa yang sehat oleh sekumpulan relawan-relawan muda yang bikin berdecak kagum. Sungguh, saya apresiasi banget langkah mereka untuk mensukseskan program ini.


Berawal dari kegelisahan akan budaya hidup sehat dan minimnya pengetahuan, membuat banyak masyarakat mengalami  masalah pada kesehatan. Jangankan daerah yang jauh, Banten yang letaknya begitu dekatnya dengan Jakarta pun masih banyak masyarakat yang masih belum tahu, betapa pentingnya hidup sehat. Nggak cuma itu sih, permasalahan tentang angka kematian ibu dan bayi masih tinggi, begitu juga dengan masalah gizi buruk. Masalah kesehatan ini masih menjadi PR besar bagi negara kita.

Ibu Murti (kepala Puskom Publik Kemenkes
bercerita banyak tentang masalah yang dihadapi di lapangan

Beruntung pemerintah dalam hal ini Kemenkes membuat program Nusantara Sehat yang melibatkan banyak relawan muda terjun langsung sampai ke pelosok-pelosok daerah untuk mengedukasi masyarakat agar memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan. 
Program Nusantara Sehat ini menggabungkan tenaga kesehatan, masyarakat, sukarelawan, pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan pemuda dalam upaya bersama memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer di Indonesia, terutama daerah tertinggal.

Target pelaksanaan program Nusantara Sehat pada tahun 2015 adalah Puskesmas terutama dengan kriteria sangat terpencil di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DPTK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK). Kesulitan ada pada Puskesmas yang memang sudah ada, tapi tenaga kesehatannya yang masih kurang. Inilah yang menjadi target bagi Kemenkes, untuk mengirimkan lebih banyak tenaga kesehatan ke daerah-daerah terpencil, setidaknya 960 tenaga kesehatan akan ditambahkan ke 120 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Peserta Program Nusantara Sehat


Peserta Program adalah tenaga profesional kesehatan dengan latar belakang medis seperti dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga ahli gizi, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga kefarmasian dan tenaga kesehatan masyarakat yang berusia di bawah 30 tahun dan bersedia mengabdikan dirinya untuk terjun langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memiliki semangat untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan umum.

Peserta yang mendaftar menjadi relawan harus melewati tahap seleksi calon berdasarkan resume, tes tertulis dengan esai, wawancara tatap muka, tes psikologi serta Focus Group Discussion (FGD) untuk menilai individu dalam dinamika kelompok. Bayangkan saja, mereka harus berada dalam kelompok yang nantinya akan terus bersama selama masa kontrak 2 tahun. Kebayangkan, apa jadinya kalau mereka tidak mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik. Mampu membuat keputusan serta berkomitmen terhadap tanggung jawab yang telah disepakati. 
Selain itu, mereka juga akan dibekali pengetahuan tentang budaya-budaya lokal yang nantinya akan sangat berguna dalam berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Dari sekian banyak peserta yang mendaftar, sayangnya masih minim yang berprofesi sebagai dokter umum. Padahal keberadaan dokter umum sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya Kemenkes senantiasa mendorong seluruh tenaga kesehatan untuk mendaftarkan diri baik secara online melalui situs resmi Nusantara Sehat, atau langsung menemui panitia pendaftaran program yang berada di Kemenkes.
Semoga, dokter-dokter muda banyak yang terketuk hatinya untuk mengabdi kepada masyarakat,ya..

Kisah Relawan Nusantara Sehat


Di sela-sela diskusi, mas Anjari memutarkan rekaman bincang-bincangnya dengan Putri Indah Nirmala,  salah satu relawan yang bertugas di daerah Kalimantan timur. Perjalanan menjadi sukarelawan yang mengabdi kepada masyarakat bukanlah hal yang mudah. Banyak rintangan yang harus dihadapi. Susahnya jaringan komunikasi sampai sarana transportasi yang belum memadai menjadi "derita" yang mau tak mau harus ditertawakan. Selama dua tahun, tanpa keluhan, tetap semangat demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Salut buat  Putri dan teman-teman relawan yang sepenuh hati menjalankan tugasnya. Dua tahun bukan waktu yang sebentar.  Berpisah jarak dengan keluarga besar, hidup dengan melupakan semua fasilitas yang pernah dirasakan. Padahal, setelah selesai kontrak, mereka tak akan mendapatkan apa-apa. Semua selesai begitu kontrak selesai. Tak ada janji apa-apa.

Berikut ini, rekaman wawancara dengan Putri : 


Luar biasa ya.., saya bisa merasakan kebahagian dari suara Putri, kebahagiaannya mengabdi pada masyarakat dan kebahagiaan bisa menyumbangkan sesuatu kepada negara. Menjadi orang-orang yang bermanfaat di usia yang masih muda. Salut buat semua sukarelawan. Semoga semakin banyak yang terpanggil untuk melakukan hal yang sama.

Selesai acara, saya jadi berpikir tentang apa yang sudah saya lakukan untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain. Rasanya "Nyess" gitu..  
Bila tak bisa jadi relawan seperti mereka, mungkin saya bisa ambil bagian dalam bidang lain sesuai dengan apa yang saya bisa..

Terima kasih kepada pihak Kemenkes yang telah mengundang saya dan teman-teman blogger. Sukses untuk Program Nusantara Sehat. Masyarakat sehat, masa depan cemerlang.


Untuk teman-teman yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Nusantara Sehat, silakan menghubungi bagian informasi di bawah ini, ya..

www.nusantarasehat.kemkes.go.id
twitter : @Nusantara_Sehat
fb         : Nusantara Sehat









bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

12 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. Relawannya hebat, jika tidak ada relawan yang hebat programnya juga gak jadi hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul Om, relawannya hebat. Salut dengan mereka..

      Delete
    2. iya, keren banget relawannya, jadi pengen, hehehe

      Delete
  2. #sahabatJKN ini rutin mengadakan acara, ya. Bagus juga, sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, acaranya juga saling terkait. Bermanfaat buat masyarakat :)

      Delete
  3. Lanjutkan... untuk Indonesia lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.. kalau semua semangat, tentunya Indonesia akan lebih baik.
      Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  4. Replies
    1. Betul, mereka memang orang-orang hebat.. :)

      Delete
  5. semoga banyak orang2 seperti Putri

    ReplyDelete
  6. Lama juga 2 tahun yq, Mbak. Harus kompak selalu antar peserta, nih.

    ReplyDelete
  7. noted... Nusantara Sehat
    mksh infonya mb wayy

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp