13 October 2015

Hidup Sehat untuk Cegah Penyakit Kanker

Teman-teman pasti sudah tahu kalau di bulan Oktober ini, kampanye Breast Cancer Awareness menggema di seluruh dunia. Penyakit yang satu ini bisa dibilang penyakit yang paling menakutkan dan tak memandang usia baik tua atau muda. Dan bukan hanya wanita, pria juga memiliki resiko untuk terkena kanker payudara. 

Apalagi kalau keberadaannya yang seringkali tidak disadari, tiba-tiba sel kanker  sudah ada aja di dalam bagian tubuh. Kita tak pernah tahu jenis sel kankernya jinak atau ganas. Sel-sel kanker yang ada tak perlu waktu lama untuk menyebar. 
Kalau sudah begini, tentunya harus cepat-cepat menjalani pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Gaya hidup punya hubungan yang erat dengan munculnya sel-sel kanker. Biasanya, gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, stress, makan makanan yang mengandung karsinogen dan kurang istirahat menjadi faktor pencetus, selain faktor keturunan..

Parahnya lagi kondisi saat ini membuat kita seolah-olah terpojok. Mau mencoba makan makanan yang sehat, tapi bahan bakunya masih sering ditemui menggunakan bahan kimia seperti formalin, boraks dan pewarna tekstil yang sangat berbahaya bagi tubuh. Efek buruknya memang gak langsung terlihat, tapi setelah beberapa tahun, baru deh penyakitnya muncul. Serem, ya!

Tapi, meski kita tak bisa menghindari, kita masih bisa melakukan pencegahan agar kanker tak menghampiri. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Misalnya dengan menerapkan gaya  dan cara hidup yang lebih sehat. Memang ini saya akui bukan hal yang mudah juga. seperti saya yang masih belum bisa menghindar dari gorengan. (*tabok diri sendiri)  Gorengan akan menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh. Tentunya ini gak baik buat kesehatan. Mestinya, makanan diolah dengan cara yang lebih sehat. Dikukus atau direbus. Gorengan sesekali aja. Iya,kan?

Selain mengurangi gorengan, tingkatkan juga konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari juga alkohol dan rokok.

Istirahat yang cukup juga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Seperti yang kita ketahui, tubuh yang fit nggak akan dideketin sama penyakit. Dengan tubuh fit kita bisa melakukan apa saja. Pastinya akan lebih produktif dong.. :)

Satu lagi yang sangat-sangat penting dan seringkali membuat kita terjebak adalah keadaan stress. Sekuat mungkin hindari stress. Saat stress tubuh akan kehilangan kekuatannya. Akibatnya penyakit mudah datang. Ibaratnya stress itu mengundang penyakit. Seperti pintu yang sedang terbuka lebar. Jadi kalau lagi ada masalah, kalau bisa dibuat happy,  ya dihappy-in aja. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress.  Gimana,  bisa, kan? 

Oh ya, yang juga gak kalah penting adalah olahraga. lakukan olahraga secara teratur. Tubuh akan selalu sehat dan bugar. Kalau nggak sempat untuk ikut kelas olah tubuh, kita juga bisa melakukannya di rumah. Jalan pagi, senam kecil di depan TV, atau melakukan tugas rumah tangga yang bisa membakar kalori. Pokoknya apapun yang bisa bikin tubuh kita berkeringat. 

Nah, kalau semua sudah dilakukan, jangan juga santai-santai ya.. Tetap waspada dan selalu berdoa itu harus. Perhatikan kondisi tubuh kita sendiri. Rajinlah melakukan pemeriksaan pada payudara sendiri. Dengan melakukan SaDaRi secara rutin, kita bisa mengenali perubahan pada payudara.Dengan peduli pada diri sendiri, berarti kita menyayangi diri  dan keluarga. Kalau semua bahagia, hidup lebih menyenangkan.

























bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

6 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. Nah itu... gorengan itu yang susaaaahhh banget dihindari.
    Pengen memulai hidup sehat tapi susah mup on dari gorengan #dijewer

    ReplyDelete
  2. Semoga kita terhindar dari breast cancer ini ya mak :(

    ReplyDelete
  3. Ngikut mbak reni...gorengan enaj tp ke depannya menakutkan ya mbak.... setuju bgt pola hidup yg swhat gak merokok enggak stress dan ayo berbahagia dan bersyukur

    ReplyDelete
  4. gorengan juga favoritku nih, tapi sekarang sy lagi ruitinin buah juga :)

    ReplyDelete
  5. Gaya hidup sehat memang mengurangi banyak resiko penyakit berbahaya.

    ReplyDelete
  6. Start from ourselves..terima kasih sudah diingatkaaan maaak :)


    Thanks for joining my GA #finishthefight #gopink #breastcancerawareness ...really appreciate it :)

    ReplyDelete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp