Pages

25 September 2014

Ini Dia, Buku Panduan Agar Tak Nyasar di Makassar

Membaca buku panduan  “Backpacking, Makassar & Sekitarnya” yang di tulis oleh Nurul Noe, membuat saya langsung memendam keinginan untuk segera berkunjung dan menjelajahi  keindahan pesona alam yang begitu mengagumkan. Destinasi yang lengkap  seperti  wisata sejarah,alam, jelajah pulau dengan pantai-pantainya,wisata bahari , wisata  kuliner sampai wisata belanja membuat  Makassar menjadi tempat yang sangat menarik untuk di kunjungi.


Jalan-jalan ke Makassar yang memiliki begitu banyaknya tempat wisata beragam, tentunya butuh dana yang tidak sedikit, ya..  dari A sampai Z. Pasti mahal. Ya,  tadinya saya juga berpikir seperti itu.
Tapi, setelah membaca buku panduan ini, ternyata banyak cara yang bisa kita pilih. Mulai dari jalur darat, laut maupun udara. Semua bisa disesuaikan dengan berapa dana yang ingin kita siapkan. 
Berbagai tempat menginap mulai Hotel, Hostel  maupun Guest House semua ada. Begitu juga dengan pilihan transportasi, bisa dengan Taxi, Bis, pete-pete (angkot) atau bahkan menyewa kendaraan patungan dengan teman-teman seperjalanan. Murah dan meriah..

Yang unik, Nurul Noe juga menuliskan kolom “How To Get There” dalam setiap destinasi wisata yang akan kita kunjungi  dengan sangat lengkap .  Situs penyedia tiket pesawat, jenis transportasi setelah sampai di Makassar, lengkap dengan harganya, dan beberapa  nomor telepon   yang bisa di hubungi untuk  Rental Mobil dan Rental Motor.
Untuk berbagai tempat wisata yang di ulas di buku panduan ini, baik itu seputar Makassar, Maros, Tana Toraja dan Bulukumba di lengkapi juga dengan foto-foto keindahan tempat  yang ingin kita tuju.  Bahkan lengkap dengan keterangan   jadwal untuk jam buka tempat wisata, berapa harga tiket masuk, alamat  dan nomor telepon. Dan yang lebih penting lagi, di setiap keterangan tempat wisata,  Nurul Noe juga menyertakan Tip yang bisa membantu kelancaran perjalanan wisata kita.



Ini  contoh “How To Get There” dan Tip yang bisa kita temukan dalam buku panduan ini. Misalnya  kita ingin berkunjung ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

How to Get There:
Dari Makassar, kita bisa naik pete-pete (angkot) kode D dari lapangan Karebosi menuju terminal Daya dengan ongkos RP.4000. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan pete-pete jurusan Maros dan mintalah si sopir mengantarkan hingga ke Bantimurung dengan ongkos Rp.10.000.
Jika dari Bandara Sultan hasanuddin Makassar dan ingin langsung menuju Bantimurung, kita bisa naik Damri (ongkos Rp.20.000), turun di jalan Poros, lalu naik pete-pete jurusan Pangkep dengan ongkos Rp.10.000.

Tip:
Datanglah pada pagi hari agar bisa berkunjung ke Taman Kupu-kupu dan Pusat Budidaya Kupu-kupu.

Coba kalo nggak di kasih Tip, kayak gitu, bisa aja kita datang siang dan pastinya nggak akan enjoy dengan waktu yang mepet dengan jadwal tutup. Iya,kan?

Dalam buku panduan ini juga diselipkan  peta pulau Sulawesi danTanaToraja dengan destinasi wisata  yang di gambar dengan apik oleh mbak Tanti Amelia. 


Nah, untuk pecinta wisata kuliner  dan Shopping ,  di buku ini juga dituliskan berbagai santapan khas  Makassar. Mulai dari  pisang eppe, Coto Maros, Pallubasa sampai Restoran-Restoran Seafood yang terkenal, lengkap dengan foto, alamat , jam buka dan harga. Begitu juga dengan souvenir,  anda bisa menemukannya dengan lengkap,kap,kap di buku ini..

Bagaimana dengan penginapan? Silakan lihat sendiri alamat Hotel, Hostel, Guest House, dari halaman 125 sampai halaman 137. Terlalu lengkap untuk di jelaskan..hehehe

Di halaman terakhirpun kita masih saja di beri kemudahan dengan contoh itinerary.


 Bagaimana cara menyusun  waktu seefektif mungkin. Contoh perjalanan mulai dari weekend, 3 hari 2 malam bahkan  contoh perjalanan satu minggupun ada.  Sangat memudahkan.

Kalau di tanya tentang kekurangan buku ini, saya  hanya bisa bilang, akan lebih baik bila foto-foto yang menyimpan keindahan itu  di buat berwarna. Apalagi ada foto penulis juga yang lagi mejeng di sana.  Tapi, saya yakin, hal itu pasti mempengaruhi harga bukunya,kan? Jadi, nggak masalah juga sih,  melihat info yang ada di dalamnya kekurangan itu terbayar kok. Tinggal siapin dana aja untuk langsung cus ke tempat yang kita idamkan.


Jadi, kalau kata saya, "milikilah  buku panduan ini, maka kau akan memeluk Makassar.."^^
Hohoo..semakin  tak sabar saya untuk melakukan perjalanan ke Makassar dan sekitarnya. 
Dengan berbekal buku panduan lengkap ini, saya yakin nggak bakalan nyasar.



23 comments:

  1. Ahehe... makasiih maak, aku tersipu malu niih. Yuk mak kita ke makassar bareng ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa, yang punya buku tersipu..;)
      hayuuuk, mak Noe..aku pengen bangeet...

      Delete
  2. Jd pengen baca nih...masih nunggu kiriman sang penulis nih hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo,mba' baca.. udah nyampekah bukunya?

      Delete
  3. Wah bukunya Mak Noe super lengkap yaa. KUdu punya nih yang mau travelling ke makassar dan sekitarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku bilang kudu.. semua tersaji lengkap. Percaya deh.. :)

      Delete
  4. a must have book

    tenkyu mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseeek.. sama-sama mba'. makasih juga udah mampir :)

      Delete
  5. Lengkap banget isinya. Semacam #TravelGuide ya, MakWay. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo'i Idah.. nggak perlu nyewa guide. Kantongin aja bukunya :)

      Delete
  6. Waaah Mak Noe dan Mak Waya keren ...... senang sekali ada buku ttg Makassar yang ditulis seorang emak blogger dan diulas seorang emak blogger pula .. makasih ya emak2 sudah menulis ttg kota saya (hah .... kota saya? hihi .. saya cuma numpang tinggal ya ngaku2 memiliki kota :P)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mak Mugniar.. senangnya di kunjungi warga Makassar langsung.
      Aiih..deg-degan saya, tiba-tiba nggak pede.hahaha

      Delete
  7. Wih, bukunya cantik, ya. Jadi pengen ke sana, apalagi kalo ada yang traktir tiket, akomodasi dan uang saku hahahaha... ngarep banget. Desainnya kiyut euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..aku juga mauuu... trus kita berangkat rame-rame ya ;D
      hm,entah kapanlah itu.. :)

      Delete
    2. Mari malakin sponsor... #eeh :D

      Delete
  8. wah,lengkap banget bukunya mak nurul ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, buku mungil ini emang lengkap banget..Puas banget punya buku ini :)

      Delete
  9. Kebayang kalo ke Makasar bawa buku ini, pastinya mbolang tiada henti, emang Makasar ngangeni

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku juga mikir kayak gitu mak.. pagi sampe malam full. Jalan-jalan, kulineran. Hepi banget ituu.. *makin pengen ;)

      Delete
  10. iya maak...mari semuanya berkunjung ke Makassar. selain punya banyak spot-spot menarik,kulinernya juga juara lo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kulinernya ini nggak nahan.hehehe..
      ngumpulin duit dulu nih, biar bisa ke semua spot di sana..

      Delete
  11. Ajakin aku dong, mak ke Makassar ^^

    aku blm baca bukunya mak noe, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo.. Melly, kita nyari yang ngajak..hehehe

      Delete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)