Pages

10 April 2014

Earth Hour, bersama Xlamatkan Bumi di Mall Living World-Alam Sutra

Sabtu, 29 Maret lalu, saya dan teman-teman dari Blogger Reporter Indonesia menghadiri undangan dari XL Axiata dan Mall Living World Alam Sutra untuk sama-sama merayakan peringatan Earth Hour yang bertajuk "ONE  HOUR SWITCH OF THE LIGHT".

 Turut hadir Ryan Krisnadi selaku Deputi GM Living World, Rika Anggraini selaku Kepala Korporasi Komunikasi The Body Shop Indonesia serta Bedi Budiman selaku Kepala Bidang SDA dan Konservasi Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Tangerang Selatan.
 Tujuan acara ini adalah untuk mengajak masyarakat agar  berpartisipasi dalam aksi simbolis mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama satu jam, dari pukul 20.30 - 21.30. Saya belum pernah mengikuti acara seperti ini. Selain penasaran membayangkan suasana saat pemadaman lampu, saya juga ingin
ikut terlibat dan peduli pada masa depan bumi yang kita tinggali ini. Sekecil apapun pasti bermanfaat,kan?

 Mall Living World sebagai tempat diselenggarakannya Selebrasi Earth hour Tangerang 2014 ini memang sudah menunjukkan aksi nyata kepeduliannya untuk menghijaukan dan mendinginkan bumi. Landscape gedung di kelilingi tanaman hijau untuk menangkal polusi udara sekitar, penghematan lampu gedung dilakukan dengan  cahaya sinar matahari pada siang dan sore hari. Dan hampir seluruh bagian gedung menggunakan lampu LED. Untuk sistem pendingin ruangan juga menggunakan sistem kontrol otomatis. satu hal lagi yang sangat penting, Mall Living World juga menggunakan air daur ulang untuk menyiram tanaman. Dan untuk mendukung program hemat energi ini salah satu tenant Living World yaitu The Body Shop yang juga sangat berkomitmen terhadap lingkungan melakukan AKSI RAMPOK PLASTIK. Pengunjung yang menggunakan kantong belanja plastik, di ajak untuk sukarela menukarkan kantong plastiknya dengan tas daur ulang yang ramah lingkungan.

 Program Earth Hour ini merupakan kampanye inisiasi publik yang  bermula di Sydney, Australia pada tahun 2007 yang hingga saat ini diikuti oleh 150 negara di dunia termasuk Indonesia. Nah untuk acara Selebrasi Earth Hour 2014 di Mall Living World ini, mengangkat tema "Budaya" . Pertunjukan budaya yang ditampilkan antara lain Wushu dan tarian Lenggang Nyai. Selain itu ada juga pertunjukan dari Endah N Resha, Classmate Journal, Recycled Percussion dan Light Dance. Ikut meramaikan juga beberapa booth yang memamerkan berbagai kreasi barang daur ulang, dan XL dengan promo internet serunya.
Yang juga saya tunggu-tunggu adalah saat pemadaman lampu listrik yang akan digantikan dengan lilin-lilin membentuk angka 60+. Memang rasanya seru waktu menyalakan lilin secara serentak. Saya dan teman-teman ikut larut dalam suasana yang meriah. Selama satu jam di terangi cahaya lilin dan pertunjukan musik yang sangat membumi karena menggunakan bahan-bahan daur ulang, membuat saya bersyukur bahwa kepedulian untuk menyelamatkan bumi bukan sesuatu hal yang mustahil bila di lakukan secara bersama-sama. Mulai dari menghindari pemakaian kantong plastik yang sulit terurai, mematikan lampu dan peralatan yang tidak dipakai, menggunakan energi cahaya matahari seefektif mungkin, menghemat pemakaian air serta menanam pohon di lingkungan sekitar. Sekecil apapun langkah kita, pasti sangat bermanfaat untuk menyelamatkan bumi tempat kita berpijak ini. Tak ada kata terlambat. Lakukan mulai sekarang..





4 comments:

  1. saya belum pernah ikut acara itu, tapi kalau matiin lampu sering Mak.. selama kerja siang hari lampu saya matiin.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru sekali ikut acara kayak gini mak.. seruu :)
      iya betul, kalo masih ada cahaya dari matahari, sebaiknya memang lampu di matikan.Hemat energi,hemat biaya..
      makasih udah mampir ya, mak :)

      Delete
  2. Horeeee earth hour bareng akuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiiii...kita seru-seruan ya, mak.. :)

      Delete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)