02 September 2018

MENGABADIKAN INDAHNYA KEBERSAMAAN DI ASIAN GAMES 2108 BERSAMA VIVA CO ID & SAMSUNG J SERIES


Selasa, 28 Agustus lalu, saya sangat bersemangat untuk mengikuti acara Blogger Gathering, Nonton Bareng Asian Games yang diadakan viva.co.id  #1newstainment bersama Samsung J Series. Meski baru saja pulang dari luar kota, rasanya tak menyurutkan langkah saya untuk menghadiri momen yang sangat bersejarah ini. Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah, kan sudah sangat lama ya.. wajar lah, kalau banyak orang nggak mau kehilangan kesempatan untuk menyaksikannya secara langsung. Termasuk saya tentunya,

Pukul 15 lebih 5 menit, saya sampai di FX Sudirman. Sedikit bingung mencari meeting point, karena di dalam sudah penuh dengan suporter dengan atribut yang meriah. Di lantai atas, terdengar suara riuh para pendukung yang sedang nonton bareng pertandingan final bulutangkis. Kalau nggak ingat waktu, rasanya saya mau ikut nonton juga. Pasti seru banget, nonton di layar TV sebesar itu.

Sayangnya, karena tergoda melirik pertandingan final yang lagi seru-serunya itu, saya terlambat sampai di lokasi acara. Huuft, nggak enak banget deh, kalau datang telat. Untungnya, materi pentingnya belum dimulai. Hari itu ada Mas Rino, seorang fotografer yang akan berbagi ilmu tentang photografi. Materi yang sangat saya sukai.


FOTO KEREN HANYA DENGAN SMARTPHONE


Siapa bilang, untuk mendapatkan foto yang keren, hanya bisa dihasilkan kamera yang canggih dan mahal? Dengan kamera HP juga bisa, kok..

Buktinya, foto-foto mas Rino, kebanyakan diambil dengan kamera HP. Dan hasilnya kereeen banget!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk
mendapatkan hasil foto yang menarik. Selain, pencahayaan dan pengaturan seperti ISO dan lain-lain, ternyata untuk mengabadikan sebuah momen, diperlukan juga perencanaan yang matang. Misalkan untuk meliput sebuah acara, sejak awal cobalah untuk membuat catatan kecil, tentang foto apa saja yang akan diambil. Dengan rencana yang  terkonsep seperti ini, tentunya pekerjaan akan lebih efisien.

Kalau untuk ide foto, banyak banget tema yang bisa dipilih. Semua tergantung gaya favorit masing-masing.  Yang penting, sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Pastikan foto yang diambil nggak goyang. Untuk memotret narasumber, sebaiknya jangan menggunakan zoom, karena hasilnya akan pecah. Jadinya jelek, kan. Usahakan posisi cukup dekat. Atau, setidaknya komposisi fotonya pas.

Selain objek seperti pemandangan, bisa juga mengabadikan objek seperti bentuk atau bidang sebuah benda. Misalnya, bentuk tangga melingkar, jendela atau bentuk bangunan akan terlihat menarik bila diambil dari angle berbeda. Kemudian, lakukan pengeditan secukupnya. banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto. Ada snapseed, pixlr, picsart dan lain-lain.

Intinya sih, rajin latihan akan membuat hasil foto kita akan semakin baik.

Usai menyimak materi dari Mas Rino, ternyata sore itu juga kami harus langsung mencoba sendiri menangkap momen-momen penting di GBK. Sore itu kami akan menyaksikan pertandingan cabang olahraga Atletik. Setiap kelompok yang terdiri dari dua orang, akan dibekali dengan HP Samsung J Series. Saya yang satu kelompok dengan Mbak Tanti, mendapatkan Samsung J8.  Dalam waktu singkat, kami mempelajari fitur-fitur yang ada. Agak kagok juga sih, karena menu di kameranya termasuk beragam. Harus secepatnya mencoba praktik, jepret sana jepret sini.

Ohya, sebagai challenge, kami diharuskan mengambil foto minimal dua untuk satu kategori. Yaitu, selfie, euforia, merah putih, atlet, lanscape atau tampak stadion GBK.


MENGABADIKAN PERISTIWA PENTING DENGAN SAMSUNG J8





Memasuki area GBK, aura positif penuh semangat sangat kental terasa. Berbagai kalangan, tua-muda, tampak riang dan akrab. Meski tak saling mengenal, senyum sapa selalu ada. Selalu ringan tangan membantu yang lainnya. Misalnya, jadi tukang foto dadakan..  selalu ada yang butuh bantuan :)



Di luar, saya sempat mengambil foto, untuk merekam euforia yang ada. Serta beberapa foto lain yang sayang untuk tidak
diabadikan.





MELIHAT PERTANDINGAN SECARA LANGSUNG




Ternyata ya, sensasi menonton pertandingan secara langsung itu rasanya beda banget. Apalagi ketika atlet yang sedang bertanding, mengarahkan wajahnya ke arah kita. Padahal, nggak tau juga, apa emang bener lagi lihat kita :D atau bukan. Pokoknya, kalau atlet mendekat, spontan aja pada teriak-teriak kasih dukungan. Walaupun atletnya bukan dari Indonesia. Tetap aja selalu disupport biar tetap semangat.  Seru banget.




Saya sempat mengambil beberapa foto. Tapi, sepertinya kurang bagus, ya.. *hiks*
Mungkin karena nggak terbiasa dengan fitur kamera yang ada, jadi rasanya agak gimana gitu. Momen yang mau direkam, selalu terlewat. Padahal, kalau dipakai dengan benar, Samsung J8 ini hasilnya oke banget.  
Udah gitu, ada satu yang bikin saya kesel. Itu ilmu yang baru saja dikasih Mas Rino, nggak semuanya bisa terealisasikan. karena semua berlangsung begitu cepat, jadi nggak kepikiran lagi soal tehnik mengambil foto. Sayang banget, kan..
Kenapa saya jadi lupa yaa.. kzl >.<



Ya, tapi gakpapalah.. nggak semuanya gagal kok. Ada juga yang bening dan bagus.

Pokoknya, pengalaman menggunakan Samsung J8 waktu itu, bikin saya ingin memilikinya juga.

Foto saya bersama Diah ini, diambil sebelum ke GBK. Masih santai ngutak-ngatik mode kameranya. Nggak terburu-buru waktu juga. Hasilnya bening ya..



Hm, kalo hasilnya kinclong kayak gini, siapa yang nggak suka ya.. :D




Overall, pengalaman nonton bareng kemaren, bikin saya punya pengalaman seru yang nggak akan pernah terlupa. Menjejakkan kaki ke tempat bersejarah yang menyimpan banyak cerita tentang perjuangan atlet-atlet Indonesia, dalam memberikan yang terbaik untuk negara.

Nggak nyangka kan, Indonesia bisa memboyong 31 emas..
Sebagai rakyat Indonesia, saya bangga!













4 comments:

  1. Benar sekali mba, di saat itu memang ada nonton bareng bulu tangkis di lantai 3 , rame dan pendukung indonesia pakai artribut lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rame banget ya, Mpo. Sungguh aku tergoda pengen ikutan nobarnya :D

      Delete
  2. Pasti seru ya melihat pertandingan secara langsung :)) Sayangnya rumahku jauh.

    ReplyDelete
  3. Tidak terasa ya, sekarang Asean Games udah berakhir. Semoga di Asean Games 2022 Indonesia dapat memboyong lebih banyak emas lagi dan mengharumkan nama bangsa. Bangga sama para atlet yang sudah berjuang sampai akhir:))

    ReplyDelete

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)