25 October 2016

Pesona Jogja Homestay, Indahnya Kebersamaan (Part : 1)

Sebulan yang lalu, saya sempat baper karena nggak jadi ikut acara jalan-jalan ke Jogja karena suatu hal. Padahal, perjalanannya sendiri sudah direncanakan sejak lama. Rasanya  bete dan bete banget. Tapi kemudian, saya berusaha ikhlas dan menerima dengan lapang dada sambil berharap semoga suatu saat nanti saya dapat kesempatan untuk jalan-jalan ke Jogja.

Ajaibnya, nggak sampai sebulan berselang, kesempatan itu datang menghampiri. Asli deh, saya nggak nyangka doa saya dikabulkan dengan cepat. Dengan hati gembira ajakan dari mbak Tanti Amelia saya jawab dalam hitungan detik. Tanpa ragu!
"Yes, saya mau.. " sambil menahan rasa takjub. Begitulah ya, kalau sudah waktunya, tanpa rencana, sesuatu bisa aja terjadi.  Allah memang luar biasa.. :)

Jumat 14 Oktober, saya sampai di bandara lebih awal dari teman-teman lain. Simpel aja sih,  karena pernah punya pengalaman ketinggalan pesawat, saya jadi parno takut ketinggalan lagi. Eh, nggak taunya pesawat delay selama 3,5 jam. Lumayan lama. Untungnya karena bersama teman-teman, menunggu jadi nggak terlalu membosankan.

Sampai di Jogja

Menjelang sore, akhirnya pesawat mendarat di Bandara Adi Sucipto. Seneng banget karena ini adalah kedua kalinya saya menginjakkan kaki ke Jogja. Kali pertama dulu saya masih unyu-unyu. Kebayangkan itu terjadi beberapa tahun yang lalu? hahaha.. sembunyiin KTP ;D

Kami dijemput oleh mbak Widhi yang ramah, dari  Pesona Jogja Homestay tempat kami akan menginap selama di Jogja. Tujuan pertama ketika sampai di Jogja adalah --> MAKAN. Hahaha.. nggak jauh-jauh dari makan ya! Mbak Widhi membawa kami ke sebuah warung makan mie ayam yang katanya lagi hits di Jogja. Mie Ayam bu Tumini.  Emang rame banget sih, kami harus menunggu sebentar untuk mendapatkan kursi. Dan ternyata, mie ayam bu Tumini memang beda dengan mie ayam yang pernah saya coba.

Kuahnya kental dan potongan ayamnya lebih besar.  Pas dicoba, ada sensasi rasa yang khas. Rasanya memang agak manis. Tapi nggak masalah sih, dengan tambahan beberapa  sendok sambal cabai saya bisa mendapatkan rasa yang sesuai di lidah. Kelar makan kami keluar. Pengunjung masih terus berdatangan. Sesaat kemudian saya melihat seorang karyawan memasang papan pengumuman tanda bahwa dagangan mereka habis. Ckckck... saluut. Padahal itu belum jam 5 sore.

Dari mie ayam Bu Tumini kami langsung menuju Pesona Jogja Homestay.  Rasanya udah nggak sabar pengen ngelurusin badan.

Pesona Jogja Homestay

Pesona Jogja Homestay (PJ's) adalah sebuah hunian dengan 6 unit rumah dua lantai, dengan pilihan 3 dan 4 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas modern. Letaknya ada di tengah perkampungan berbaur dengan rumah-rumah penduduk. Tepatnya di area Celeban/ Kusuma Negara yang terkenal dengan kerajinan Batik Jumputan. Nggak jauh juga dari Universitas Terkemuka dan dekat dengan kawasan terkenal Jalan Malioboro, Keraton, Taman Sari, Bandara Internasional Adi Sucipto, Stasiun Kereta Api dan Candi Prambanan.

Pesona Jogja Homestay menyewakan unitnya sesuai dengan permintaan konsumen. Mau sewa satu rumah bisa, mau sewa kamar untuk waktu yang lama juga bisa. Dengar cerita dari Mbak Widhi, ada mahasiswa Australia yang menyewa salah satu kamar di sana lho.. Saya yakin dia tertarik karena suasana homestay yang nyaman.

Saya dan teman-teman kebagian menginap di rumah yang diberi nama Borobudur. Semua rumah diberi nama tempat-tempat wisata, ada Prambanan, Kaliurang, dan lain-lain. Suasananya seperti layaknya rumah pribadi. Hangat dan homey banget.

Rumah Borobudur terdiri dari  ruang tamu, ruang makan dan dapur lengkap dengan dispenser dan peralatan makan.

Di lantai bawah ada satu kamar yang luas dengan kamar mandi di dalam.  Nah, di kamar ini bisa pakai extra bed kalau ingin tidur lebih dari dua orang.

Di bagian atas ada satu kamar mandi dan tiga kamar dengan ukuran yang lebih kecil. Lengkap dengan TV dan AC.

Kamarnya nyaman banget. Sentuhan kain bermotif batik di tempat tidur dan lukisan besar di dinding memberi kesan tradisional tapi kece. Ada lemari pakaian dan meja serbaguna juga. Duh, saya nggak sabar pengen segera leyeh-leyeh. Tapi malam ini kami punya janji untuk jalan-jalan menikmati malam di Jogja.

Ngopi Cantik di Sellie Coffee

Setelah istirahat dan mandi, berbekal petunjuk dari "tante WAZE" kami meluncur ke tempat ngopi-ngopi cantik. Saya sendiri sih sebenarnya nggak terlalu suka kopi. Saya cuma suka menikmati suasananya.

Nah, ternyata, kami dibuat bingung saat menentukan pilihan. Banyak sekali tempat yang menarik. Namun akhirnya kami memilih Sellie Coffee. Penasaran dengan tempatnya yang sempat dipakai untuk syuting film AADC. Dan emang nggak salah sih, menunya juga enak-enak. Kami memesan cemilan singkong goreng dan jamur crispy. Teman-teman nyobain kopi khas Sellie Coffee dan saya memesan Avocado .. duh saya lupa namanya. Tapi itu enak bangeeet!

Nggak lama setelah kami duduk, ada rombongan Pepi dan kru Net TV yang mau syuting acara Oke Food. Hm, oke fix, Sellie Coffee memang tempat yang Oke banget.

Puas menyantap sajian, kami bergegas menuju Pesona Jogja Homestay. Nggak sabar untuk istirahat dan tidur dengan nyenyak.

Cooking Class Yang Seru

Bangun dengan badan segar karena tidur nyenyak semalaman, bikin saya semangat untuk beraktivitas. Setelah sempat jalan-jalan ke Malioboro sebentar, saya langsung balik lagi ke Pesona Jogja Homestay untuk bertemu dengan teman-teman blogger yang ikutan acara Cooking Class.

Ada dua masakan yang didemokan hari itu. Brongkos daging sapi dan dessert berupa puding panas yang dibuat dari santan, telur, gula dan tape ketan hijau. Dua-duanya enaak.. :)

Cooking Class berakhir dengan foto-foto dan makan bersama. Kemudian dilanjut dengan istirahat untuk mengikuti acara Blogger Gathering malam harinya.

Pada tau nggak, kita-kita pada ngapain? Hm, saya, Atanasia Rian dan Anazkia, nonton Pungky bikin vlog di ruang tamu sambil ketawa cekikikan. Ngakak nggak ada habisnya. Hilang sudah semua rasa lelah. Pesona Jogja Homestay menyatukan kami dalam indahnya kebersamaan.

Blogger Gathering

Malam harinya saya dibuat kaget dengan halaman depan Homestay yang sudah berubah dalam sekejap. Kursi-kursi ditata sedemikian rupa lengkap dengan gerobak angkringan dengan berbagai macam jajanan dan nasi kucing, wedang ronde dan pojok kecil tempat alat musik gamelan. Sumpah, kece bangeet!

Saya yang emang suka wedang ronde merasa bahagia, bisa menikmati minuman unik itu sepuasnya. *Hahaha.. abis dua mangkok aja, kakak! ;D

Sambil menikmati jajanan angkringan di halaman, kami berkumpul saling bertukar cerita. Kebayangkan, teman yang selama ini hanya bertemu di dunia maya, kini ada di depan mata. Seru banget.

Dan nggak cuma happy-happy aja, semua dapat ilmu juga. Ada materi bagus dari Yunika yang sharing tentang Fenomena Blogger dan juga persembahan khusus oleh mbak Tanti Amelia yang berduet doodle dengan Carolina Ratri. Weiiz.. hasilnya kereen mbaknyaa! :D

foto : Carolina Ratri

Usai gathering, kami lanjut istirahat karena harus menyiapkan tenaga lagi untuk kegiatan esok harinya.

Yap, masih ada jadwal Yoga dan Doodle Class yang sudah menanti.

*bersambung.. :)

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)