09 October 2016

Cara Memilih Buku Yang Baik, Berkualitas dan Bermanfaat

Nggak semua orang bisa pergi kemanapun yang diinginkan karena beberapa faktor. Entah itu karena lokasi yang memang tak terjangkau, atau keadaan yang memang tidak memungkinkan. Tapi bukan berarti kita tidak bisa bersenang-senang. Banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya membaca buku. Lewat buku, kita bisa mendapatkan informasi sekaligus hiburan yang murah meriah. Nggak perlu keluar rumah, tapi bisa menghabiskan waktu membaca buku kesukaan.


Memilih buku untuk dibaca dan dikoleksi tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apalagi memilih buku bacaan untuk anak, tentunya harus dipilih yang sesuai dengan usia. Gambar-gambar dan isi cerita harus mudah dimengerti.

Selain itu, yang paling penting adalah cover dan sinopsisnya. Buku dengan cover atau sampul yang baik dan menarik tentunya akan lebih awet untuk dibaca dan dikoleksi. Anak juga makin meningkat minat bacanya.

Nah, dalam memilih buku untuk anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

- Pilih buku dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.
- Pilih buku dengan gambar yang pantas. Misalnya tidak mengandung unsur SARA, pornografi ataupun kekerasan.
- Berikan sesuai dengan minat anak. Buku-buku  berisi gambar yang bisa diwarnai, seru juga lho. Anak bisa sekaligus latihan mewarnai.

Untuk memilih buku yang tepat, penting juga untuk mencari rekomendasi dan saran dari orang-orang yang sudah membacanya. Dari rekomendasi tersebut kita dapat memperkirakan apakah buku yang akan kita beli bagus atau tidak. Soalnya, kadang ada buku yang disampul rapat dan nggak boleh dibuka. Dengan rekomendasi, minimal kita tau informasi apa yang ada di dalam buku tersebut.

Terakhir yang perlu dipertimbangkan tentunya siapa penulis buku dan status dari buku tersebut. kalau bukunya termasuk dalam buku best seller, lebih mudah bagi kita untuk membelinya. karena buku itu adalah buku berkualitas yang diminati banyak orang.

Dengan mengetahui bagaimana memilih buku yang baik, berkualitas dan bermanfaat sudah pasti  membuat kita dapat memaksimalkan waktu yang kita miliki pada saat membacanya. Membaca jadi lebih asik dan menyenangkan.

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

1 komentar:

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp