23 August 2016

Belajar Menjahit Cardigan untuk Pemula


Menjahit buat saya adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Bayangkan aja, hanya dari selembar kain yang digunting dan dijahit, bisa jadi apapun yang kita inginkan. Misalnya baju, celana, taplak meja bahkan sarung bantal. Benar-benar menyenangkan,kan?

Eh tapi ada juga yang bilang. "Nggak semudah itu lho.. " atau "saya nggak bakat.." atau "saya nggak bakalan bisa deh!"  Duh, belum apa-apa udah pesimis dan merasa nggak bisa. Padahal jahit nggak perlu bakat. Yang penting punya modal kemauan aja udah cukup.

Kalau masih nggak percaya, bisa dilihat dari acara yang baru aja digelar minggu kemarin. Bertempat di Museum Tekstil, Workshop menjahit untuk pemula berhasil digelar oleh mba' Astri Damayanti & Hj. Tati Murtati bersama Kriya Indonesia, Tim Brother-mesin jahit, Kartini Blue Bird dan penerbit buku-buku kreatif, Puspaswara.


Turut hadir dan memberikan kata sambutan, Ibu Hj. Sylviana Murni, sebagai Deputi Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Asdep Kebudayaan Bapak Usmayadi dan Asdep Pariwisata Bapak Eldy.

Menjahit Itu Mudah


Workshop yang dipandu langsung oleh mbak Astri hari itu, tentang  bagaimana cara membuat cardigan. Sekaligus launching buku menjahit untuk pemula yng ditulis mba' Astri bersama Ibu Hj. Tati Murtati yang diterbitkan oleh Puspaswara. Teman-teman yang mau belajar menjahit, segera beli bukunya deh. Pasti berguna banget.

Semua peserta workshop belajar bagaimana mengatur pola di atas kain, menggunting kemudian menjahit menggunakan mesin jahit Brother.

ini contoh cardigan mba Astri. Bagus banget ya.. 

Semua bahan dan peralatan sudah disediakan. Jadi, peserta hanya tinggal mengikuti semua petunjuk. Pola cardigannya juga nggak ribet. Yakin deh, abis ikut workshop, ibu-ibu bakal bisa bikin sendiri.


Saat belajar menggunakan mesin jahitnya juga mudah. Nggak butuh waktu lama buat peserta membiasakan diri mengatur tekanan pada pijakan untuk menjalankan mesin. Selain itu, mas-mas dari tim Brother juga dengan senang hati melayani ibu-ibu yang menanyakan ini itu.



Kelar menjahit lurus, saatnya menggunakan jahitan bordir untuk bagian pinggir cardigan. Ini bagian yang seru, karena kita bisa mencoba jahitan dengan jenis yang beragam. Udah kebayang deh, bakal seru kalo menjahit dengan motif lucu-lucu karena mesin jahit brother memiliki banyak jenis jahitan.

Sampai penghujung acara workshop, peserta bisa menyelesaikan jahitannya. Seneng deh. Ternyata yang dari awalnya kaku dan nggak bisa, malah berhasil bikin cardigan sendiri. Wajah-wajah bangga terpancar dari setiap peserta.


foto dok: Gesang Sari Mawarni


Kartini Blue Bird Ciptakan Peluang Usaha


Acara yang juga diprakarsai oleh Kartini Blue Bird ini adalah bagian dari program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. Blue Bird, Tbk di bidang pemberdayaan perempuan untuk bisa maju dan membantu perekonomian keluarga.

Kegiatan Kartini Blue Bird merupakan program pelatihan ketrampilan yang bisa diaplikasikan menjadi usaha rumahan. Jadi, Kartini Blue Bird membuka kesempatan untuk istri dan anak perempuan karyawan Blue Bird  mengikuti pelatihan menjahit, tata boga, bedding dan souvenir.

Alumni dari pelatihan sebelumnya juga diberi kesempatan untuk mendirikan UKM. Dan sudah banyak yang mandiri dan bisa membuka UKM sendiri. Dengan keberhasilan ini, tentunya banyak yang bisa mengambil manfaat dari terbentuknya Kartini Blue Bird. Membantu perekonomian keluarga tanpa harus mengorbankan waktu untuk bersama keluarga. Ke depannya, Kartini Blue Bird berharap lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat dari program ini.

Mengikuti Workshop dan berkenalan dengan teman-teman yang selalu haus ilmu, memang memberi pengaruh yang luar biasa. Pokoknya semangat jadi makin terpacu.

Memang sudah seharusnya ya, kita menambah ilmu untuk meningkatkan kualitas diri. Melakukan hal yang bermanfaat, positif, dan membanggakan keluarga. Keluarga senang sudah pasti semua bahagia.

Terima kasih untuk semua penyelenggara acara. Semoga makin sukses  ya.. :)

bm

Hai, terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Have a Nice Day! Salam :)

10 komentar

Hai komentar kadang-kadang di moderasi untuk menghindari komentar spam ^^
Terima kasih sudah berkunjung ya.. :)

  1. Udah dari dulu ada niatan belajar menjahit mb, cuma kalau mau ikut kursusnya udah keder duluan. Harus semangat belajar yah, jaman sekarang bisa aja belajar via tutorial di youtube. Asal ada niat pasti ada jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba' setuju. Sekarang sebenarnya lebih mudah bagi kita untuk belajar dari mana saja. Tutorial di youtube memang membantu banget.
      Btw, terima kasih udah mampir :)

      Delete
  2. Asala berani dan ada kemauan ya, pasti bisa menjahit. Apalagi kalau mesin jahit nya sekeren Brother.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..asal punya kemauan, yakin deh menjahit bisa dipelajari. Tentang mesin jahit Brother, pasti bikin tambah semangat ya :)

      Delete
  3. Pernah belajar menjahit yang pake pedal tapi gagal terus mbak. DiJogja ada workshopnya nggak ya, pengen belajar menjahit juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya harus dicoba terus mba, sampe nanti nemu sendiri tekanan pedal yang pas. Seru kalo bisa jahit mba.. Jogja mungkin ada kali ya. Semoga :)

      Delete
  4. Mbak Waya mah jago jahit. Saya pengen bisa jahit, tapi maish sebatas kepengen melulu hihiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jago sih enggak.. sebatas bisa aja sih :D
      Hayuk, jahit yuuuk.. :)

      Delete
  5. Eh saya mampir lagi, gimana cardigan nya sudah jadi apa belum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa.. ada mba, belum difoto tapi :D

      Delete
avatar
Admin Sejenak Bercerita Online
Welcome to Sejenak Bercerita theme
Chat with WhatsApp